Connect with us

Apa Kabar Lampung

Sidak Natal 2018, Pangan Relatif Aman Dikonsumsi dan Stok Sembako Mencukupi

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) dan Satgas Pangan melakukan sidak di tiga rute pasar tradisional maupun pasar modern menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Kota Bandar Lampung, Kamis (20/12/2018). Hasilnya, ketersediaan sembako mencukupi dan bahan pangan relatif aman dikonsumsi karena bebas formalin dan residu pestisida.

Tiga rute tersebut yakni Pasar Tugu, Giant Antasari, dan Transmart. Sidak tersebut juga memantau ketersediaan dan harga sembilan bahan pokok strategis seperti beras, gula pasir, telur, dan lainnya.

Landasan Operasional pelaksanaan Pemantauan dan Pengawasan Keamanan Pangan hari ini, yakni Surat Perintah Gubernur Lampung Nomor 825/2966/V.09/2018 tanggal 14 Desember 2018 tentang Pemantauan dan Pengawasan Keamanan Pangan Segar, Pangan Olahan, Pangan Dalam Kemasan, dan Pangan Siap Saji (inspeksi mendadak) di Pasar Tradisional dan Pasar Modern (mall, supermarket) di Kota Bandar Lampung.

Pada rute yang pertama yakni di Pasar Tugu, Tim JKPD melakukan uji sampel terhadap buah seperti pear, apel fuji, dan kelengkeng menggunakan test kit formalin. Hasil test menunjukan tiga jenis buah tersebut dinyatakan negatif.

Selain itu, turut dilakukan uji sampel terhadap cabai merah menggunakan test kit residu pestisida dan hasilnya dinyatakan negatif. “Di Pasar Tugu, alhamdulillah secara umum baik, untuk panganan segar kita tidak menemukan bahan-bahan berbahaya, dan untuk sektor peternakan suplay juga cukup, harga untuk tahun ini juga stabil,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Kusnardi.

Kusnardi yang juga Ketua Tim Pelaksana JKPD Provinsi Lampung mengakui di Pasar Tugu ditemukan barang-barang dalam kemasan seperti garam yang memiliki nomor Standar Nasional Indonesia (SNI) pada kemasan yang tidak jelas alias bodong.

“Ada beberapa yang perlu jadi catatan di sini, yang pertama adalah masalah barang-barang dalam kemasan seperti garam, ditemui ada garam yang SNI nya bodong, atau memakai SNI dengan nomor yang tidak jelas. Kita perlu garam yang baik dan beryodium, karena yodium itu baik untuk pertumbuhan anak-anak kita, masalah ini nanti akan kita tindaklanjuti,” katanya.

Selain itu, ditemui pula para pedagang yang menggunakan pewarna yang tidak semestinya ada pada makanan. “Yang kedua adalah masih belum jelasnya pembagian antara pewarna makanan. Ada pewarna makanan dicampur pewarna tekstil, terkadang pedagang menjual saja mana yang laku, tidak mau menanyakan apakah untuk tekstil atau untuk makanan,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Kusnardi mengatakan pihaknya akan menindak lanjuti persoalan tersebut dan akan menertibkannya.
“Kami sudah memberi tahu pedagang bahwa itu salah dan dosa untuk makanan tetapi memakai pewarna tekstil, itu namanya meracuni masyarakat. Kita akan tindak lanjuti masalah-masalah seperti itu agar tidak berlanjut dan kita tertibkan,” katanya.

Untuk lokasi yang kedua di Giant Antasari, Tim melakukan uji sampel terhadap buah di antaranya jeruk lemon, jeruk santang, pear packham, dan tomat hasilnya negatif.

“Alhamdulillah kita sidak ke Giant ini tidak ada sesuatu yang berarti artinya untuk bahan berbahaya yang mengkontaminasi bahan pangan tidak ada. Cuma ada sedikit masalah seperti kemasan rusak, sebenarnya tidak berbahaya tetapi ini berkaitan dengan kualitas. Tapi untuk keamanan pangan secara umum tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan di Giant ini,” ujarnya.

Lalu, pada rute terakhir yakni di Transmart, tim melakukan uji sampel terhadap buah di antaranya melon, apel hijau, bayam cabut, dan taoge hasilnya adalah negatif.

Kusnardi mengimbau kepada para masyarakat untuk tetap peduli, waspada dan selalu memperhatikan kode tanggal pada kemasan dalam pembelian suatu produk makanan. “Kami tetap memohon kepada konsumen untuk tetap waspada dalam pembelian, teliti sebelum membeli, dan baca label kemasan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Dessy Desmaniar Romas menyampaikan bahwa pada sidak tersebut, dlihat dari bidang peternakan, pada umumnya harga dalam kondisi stabil.

“Hanya pada telur yang sedikit naik, dari semula Rp.23.000/kg naik menjadi Rp24.000/kg. Tetapi pada hari ini kita sudah menyurati juga para pengusaha telur kemudian ayam dan sapi untuk bisa menjaga pasokan atau suplay bahan baku, kemudian harga yang tidak terlalu melonjak naik,” ujarnya.

Pada sidak tersebut juga, adanya pengujian sampel terhadap beberapa jenis ikan. Seperti uji sampel yang dilakukan di Pasar Tugu yakni bakso ikan dan ikan kembung. Lalu, di Giant Antasari yakni cumi, ikan selar, dan juga ikan kembung, serta di Transmart yakni cumi, ikan asin sepat, gurita, dan kerang.

Kepala UPTD Laboratorium Pengujian dan Pengembangan Hasil Perikanan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Debi Hardian mengatakan dari ketiga tempat tersebut, seluruhnya dinyatakan negatif.

“Dari sembilan sampel yang kita ambil, alhamdulilah semuanya negatif. Yang kita curigai seperti kerang maupun gurita dan juga bakso ikan, alhamdulilah semua negatif jadi semua aman untuk dikonsumsi,” tandasnya.(Humas Prov Lampung)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Apa Kabar Lampung

Pulang Kampung, M. Yamin Jabat Panitera PN Kalianda

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Ketua Hakim Pengadilan Negeri Kalianda Kelas I B Nataline Setyowati mengambil sumpah jabatan dan melantik M. Yamin, SH sebagai Panitera PN Kalianda Kelas I B.
Pelantikan berlangsung di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Kalianda Kelas I B, Jum’at (18/11/2022), dihadiri para Hakim, Sekretaris, para pejabat struktural fungsional, Staf, PPNPN dan TKS Pengadilan Negeri Kalianda.

Ketua PN Kalianda Kelas I B Nataline Setyowati, yang juga memimpin acara pelantikan tersebut menyampaikan sambutan, kepada Panitera yang baru saja dilantik dapat membawa perubahan kearah positif khususnya bagi PN Kalianda Kelas I B.
“Pertama-tama saya ucapkan selamat datang sekaligus pulang kampung Bapak M. Yamin. Saya berharap, bapak mampu menghadapi tantangan-tantangan,” katanya.
Ia menambahkan, pergantian atau penyegaran jabatan dilingkungan institusi naungan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia yang biasa terjadi. Diharapkan kepada Panitera yang baru, dapat membawa perubahan yang positif, serta peningkatan integritas dan profesionalitas.
“Saya yakin, bisa membawa perubahan yang positif PN Kalianda. Begitu juga dengan ibu, bisa meningkatkan silaturahmi anggota PN Kalianda,” bebernya.
Dilain sisi, Panitera PN Kalianda Kelas I B M. Yamin, SH pada sambutannya mengatakan, kerjasama baik dengan para hakim beserta jajaran sangat diperlukan. Dengan harapan, kata pria kelahiran Kota Kalianda ini, terciptanya kolaborasi kinerja yang positif.
“Saya berharap mendapatkan arahan-arahan dan bimbingan para hakim serta jajaran PN Kalianda Kelas I B. Dengan harapan, tercapainya visi dan misi MA RI,” ujarnya.
Sebagai informasi, Panitera PN Kalianda Kelas I B yang baru M. Yamin, SH menggantikan Sugandi Syarif, S.H., M.H. (Eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Lampung Selatan Resmikan Arena Sirkuit Motocross Serta Membuka Kejuaraan Grasstrack

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto membuka Kejuaraan Motocross dan Grasstrack sekaligus meresmikan Arena Sirkuit Motocross yang terletak di Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, Minggu (13/11/2022).
Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Lampung Selatan dan disaksikan oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Selatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, S.Sos., M.M., beserta para pejabat daerah, CEO Respati Management dan Brothers Dog Chandra dan beberapa tamu undangan lainnya.
Event bertajuk Motocross dan Grasstrack Dirtwar Championship 2022 ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama dengan Respati Management dan Brothers Dog, dalam rangka memperingati HUT ke-66 Kabupaten Lampung Selatan yang jatuh pada tanggal 14 November 2022.
Selain pembalap lokal Lampung Selatan, pembalap asal Provinsi Lampung, pembalap asal Jawa Barat, pembalap asal Jawa Tengah, pembalap asal Papua, serta Nasional ikut meramaikan event Motocross dan Grasstrack Dirtwar Championship.
Ketua Panitia Penyelenggara Event Motocross dan Grasstrack Dirtwar Championship 2022 Muhadi melaporkan, event tersebut diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan sirkuit Way Ragom, kepada para pecinta motocross dan grasstrack di seluruh daerah se-Indonesia.
Kemudian, lanjut Muhadi, juga sebagai wahana untuk mencetak para crosser daerah yang memiliki minat dan bakat dalam sektor olahraga motor. Selain itu, melalui event ini diharapkan pula akan mendongkrak kebangkitan pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lampung Selatan.
“Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih kepada Respati Management dan Brothers Dog yang telah ikut berpartisipasi dalam event kejuaraan motocross ini,” ujarnya.
“Kejuaraan motocross ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk ajang promosi para crosser diluar daerah Kabupaten Lampung Selatan, juga sebagai pemacu semangat para crosser Lampung Selatan dalam menyalurkan minat dan bakatnya,” kata Muhadi.
Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengucapkan selamat datang kepada para crosser yang mengikuti event Motocross dan Grasstrack Dirtwar Championship 2022.
Nanang menjelaskan, ajang sport ini merupakan salah satu promosi Kabupaten Lampung Selatan dikancah nasional. Dirinya berharap dengan adanya arena Sirkuit Motocross dan Kejuaraan ini di Kabupaten Lampung Selatan dapat mencetak para crosser nasional asli dalam daerah.
“Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada Forkopimda yang telah mendukung kegiatan tersebut. Sehingga, arena Sirkuit ini bisa menjadi ajang kita untuk mencetak atlet-atlet, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan,” ungkap Nanang. (Kmf/Eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Rasa Syukur Serta Instrospeksi Diri Pemkab Lamsel Gelar Doa Bersama HUT Lampung Selatan ke 66

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Doa bersama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Kabupaten Lampung Selatan, di aula sebuku rumah dinas bupati setempat, Sabtu sore (12/11/2022).
Doa bersama tersebut dibuka langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dengan dipandu oleh K.H Almukhlisin M.Pd, serta diikuti Ketua TP PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto, Sekertaris Daerah (Sekda) Thamrin, para Kepala Perangkat Daerah beserta istri dan para undangan lainnya.
Hari jadi Kabupatan Lampung Selatan yang diperingati setiap tanggal 14 November itu, diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Gelar Seni Budaya, pasar rakyat, coffee festival, cookie festival, Kejuaraan MT-GTX Championship Dirtwar Motorcross, fashion show, Band Competition dan kegiatan lainnya serta akan dimeriahkan oleh penampilan Band Lokal maupun Nasional seperti Jamrud, /Rif, dan ST12.
Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengungkapkan gelaran doa bersama itu, merupakan ungkapan rasa syukur dan sarana introspeksi diri untuk terus berusaha membuat dan menjalankan berbagai program terbaik demi kemajuan Lampung Selatan.
“Dimana usia Kabupaten kita tercinta ke-66 tahun ini sebagai ajang kita mengintrosepeksi diri dan syukur kita, apa yang sudah kita kerjakan khususnya untuk kepentingan Kabupaten Lampung Selatan,” jelas Nanang
“Saya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang sangat positif ini. Semoga dengan ketulusan hati dan kekuatan do’a kita semua, rangkaian kegiatan dan Puncak Acara HUT Lampung Selatan Ke-66 Tahun 2022 dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sukses seperti harapan kita bersama,” ucapnya.
Nanang juga mengungkapkan, didalam momentum doa bersama ini, diharapkan dapat menguatkan rasa persaudaraan sebagai umat muslim. Mudah-mudahan dengan jalinan silaturahmi yang kuat akan memperkokoh ukhuwah Islamiah.
“Jadikan ajaran Islam sebagai tuntunan dan pedoman dalam menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan kita. Sebab agama dapat membentuk kepribadian yang baik dan mulia, yang dapat membawa manusia pada kehidupan yang layak dan bermartabat dan tidak mudah tergoda untuk melakukan kemaksiatan, sehingga membawa manusia terjerumus dalam lubang kenistaan,” ungkap Nanang.
Nanang berharap, kepada seluruh keluarga besar jajaran ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan yang hadir dalam doa bersama ini, untuk dapat berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan rangkaian kegiatan HUT Lampung Selatan.
“Untuk itu mari kita semarakkan dan meriahkan event besar tahunan ini bersama-sama dan marilah kita jaga kondisi daerah kita agar senantiasa dalam suasana yang kondusif, aman dan damai, sehingga pembangunan yang tengah kita laksanakan dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan,” tandasnya. (Kmf/Eko)

Continue Reading

Trending