Connect with us

Tak Berkategori

Empat Menteri Kabinet Kerja Kunjungi Korban Tsunami di Lampung Selatan

Published

on

KALIANDA : Empat Menteri Kabinet Kerja mengunjungi korban terdampak tsunami di Lampung Selatan, Selasa (25/12/2018). Pemerintah pusat memberikan santunan kepada korbang meninggal masing-masing Rp15 juta.

Keempat Menteri itu yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Anfasa Moeloek.

Kunjungan ini didampingi Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan Wakil Gubernur Bachtiar Basri. Kedatangan rombongan disambut di Stadion Radin Inten, Kalianda, Lampung Selatan.

Diiringi mendung dan gerimis kunjungan yang juga didampingi Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, Danrem 043 Garuda Hitam Kolonel Kav Erwin Djatniko, dan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis, mendatangi posko bantuan. Kemudian, rumah warga yang roboh di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa.

Rumah tersebut juga bersebelahan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang ikut rata dengan tanah karena berada tepat di sebelah pinggir bibir pantai. Hingga Senin (24/12/2018), korban meninggal tercatat sebanyak 108. Peninjauan juga ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Bob Bazar Kalianda. Sebanyak 328 pasien dirawat dan sedikitnya 14 masuk UGD.

“Saat ini masih dalam kondisi tanggap darurat, yang penting bagaimana penanganan korban terlebih dahulu. Saat ini juga sedang dilakukan validasi terkait ahli waris yang nantinya akan mendapatkan santunan dari Presiden Joko Widodo,” ujar Puan.

Puan menyampaikan penanganan korban tetap dilakukan. “Seperti penanganan pengungsi, layanan kesehatan, dan melakukan pecatatan atau pendataan terkait sarana dan prasarana atau infrastruktur terkait kerugian rumah. Di antaranya rumah yang rusak sedangdan rusak berat sedang dicatat. Jadi, tolong koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah tetap dilakukan terus menerus,” kata Puan.

Puan menuturkan, bantuan untuk Lampung Selatan, secara terkoordinasi masuk di seluruh wilayah yang terkena bencana. “Seperti untuk warga di Pulau Sebesi, mulai dilakukan peninjauan ke sana secara terkoordinasi. Memang beberapa hari setelah bencana tidak semua tempat bisa langsung dijangkau. Tetapi secara perlahan dan bertahap kita lakukan penanganan. Saya mendapatkan laporan bantuan masuk ke semua wilayah,” ujar Puan.

Pada bagian lain, Menteri Nila Djuwita Anfasa Moeloek mengatakan penyediaan obat cukup. “Kalau kurang, Dinas Kesehatan selalu menyiapkan buffer stock (persediaan). Jadi, tidak perlu khawatir obat cukup, kita punya buffer stock di sini, yang terpenting bagaimana masyarakat lebih sehat,” kata Nila.

Dia meminta Dinas Kesehatan memperhatikan kebersihan lingkungan agar warga tetap sehat. “Bagaimana prilaku budaya hidup sehat atau sanitasi. Tidak peduli terhadap itu juga bisa menyebabkan diare. Kita bisa lihat, masak bersama pun juga bisa risiko terkena diare. Saya usul di sini ada dapur umum berkelompok,” ujar Menteri Kesehatan.

Nila menyampaikan terhadap psikologis anak, di posko bantuan tersebut ada edukasi atau bimbingan untuk menghilangkan sejenak trauma yang dialami anak-anak.

“Mungkin ada trauma pada setiap anak dan coba kita mengajak mereka untuk melupakan dengan seperti story teller kepada anak, bermain, dan sebagainya,” kata dia.

Kunjungan ini, menurut Gubernur Ridho Ficardo untuk koordinasi bersama Kementerian PUPR dalam merekonstruksi pemukiman warga yang rumahnya hancur akibat tsunami. “Begitu banyak warga masyarakat terkena musibah yang rumahnya rata dengan tanah.

Ini yang sesegera mungkin direhabilitasi dan direkonstruksi. Tidak mungkin menampung di rumah sakit sedemikian lama dan penampungan yang disediakan pemda, itu pun tidak bisa terlalu lama,” ujar Gubernur.

Ridho mengatakan bersama juga Plt. Bupati Lampung Selatan menyiapkan pemukiman sesegera mungkin dan digambarkan ada beberapa alternatif lahan. “Kita cari yang terbaik yang aman tetapi juga yang tidak jauh dari mata pencaharian mereka, karena sebagian mereka adalah nelayan. Tetapi kita cari lokasi yang aman dan mudah mengakses ke laut tetapi agak di atas. Jadi, tidak terkena bencana yang seperti kemarin terjadi,” kata Ridho.

Terkait waktu pelayanan tanggap darurat, Ridho mengatakan pelayanan terus dilakukan. “Situasi pelayanan tanggap darurat karena banyak rumah yang rata dengan tanah. Tentu pelayanan tanggap darurat dalam kerangka pelayanan pengungsi sampai dengan dibutuhkan. Rakyat Lampung, Pemerintah Daerah melayani rakyat bukan bicara sampai kapan. Jadi, seterusnya sampai dengan rumah sebagian mereka terbangun, itu masih harus dilayani,” ujar Gubernur.

Bagi warga korban di Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi, Ridho menyebutkan pihak terkait bisa menembus lokasi tersebut dari kemarin.

“Ada Dinas Kelautan dan Perikanan dan lainnya, sudah masuk ke sana bersama dengan tim kesehatan untuk membawa bantuan. Kita terhubung terus, komunikasi dengan Pulau Sebuku dan Sebesi terbilang tidak pernah terputus,” ujar Ridho. (Humaa Prov Lampung)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Tak Berkategori

Gubernur Arinal Terima Kunjungan Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional

Published

on

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima kunjungan Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional, Kamis (17/11/2022) malam, yang akan melakukan pengawasan terhadap Operasi Bedah Jantung Terbuka perdana di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM).

Kunjungan Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional tersebut bersama jajaran Tim bedah jantung Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) dan Tim dari RSUDAM. Mereka akan melakukan bedah jantung perdana pada pukul 08.00, hari ini (Jumat 18/11/2022).

Gubernur Arinal menyambut baik segera dilakukan pelayanan operasi jantung terbuka perdana itu.

“Demi rakyat Lampung, saya mendukung penuh program yang akan diawasi langsung oleh Tim Pengampu Kardiovaskuker Nasional ini,” ujar Arinal.

Gubernur Arinal mengatakan bahwa ini merupakan hal penting agar kedepannya dapat memudahkan masyarakat yang memiliki keluhan penyakit jantung, tidak perlu jauh-jauh ke luar Provinsi Lampung untuk melakukan operasi jantung.

Gubernur Arinal berharap agar tidak hanya pelayanan operasi jantung yang dapat diperhatikan oleh Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional.
“Saya berharap Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional juga dapat memberikan evaluasi mengenai pelayanan kerja maupun kinerja paramedis,” ujar Arinal.

Dalam kunjungan ini, jajaran dokter yang akan melakukan pelayanan Operasi Bedah Jantung Terbuka dari Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional antara lain :
1. DR. dr. Hananto Andriantoro, SpJP (K) sebagai ketua tim pengampu layanan Kardiovaskuler Nasional;
2. Dr. Sugisman SpBTKV (K) sebagai ketua tim bedah terbuka;
3. Dr. Lisa sanjaya,SpAn, KAKV sebagai ketua tim dokter anestesi ;
4. Dr. Ardiyan SpAn, KAKV, KIC sebagai ketua tim dokter anestesi pasca operasi;
5. Ns. Anthoneta Paliama, S. Kp sebagai perawat Bedah;
6. Ns. Agung Dwi N, SKep, Ners sebagai perawat bedah;
7. Deni Misbach, AMK sebagai perawat anestesi;
8. Ns. Ayudhia Putri SKep, Ners sebagai perawat anestesi;
9. Ali Sujana, AMK sebagai perawat ICU;
10. Dr. Fauzi Satria sebagai perwakilan pelayanan RS Harapan Kita;

Sedangkan Tim Dokter Operasi Bedah Jantung dari RSUD dr. H. Abdul Moeloek antara lain :
1. Dr. Riana Handayani, SpJP (K) sebagai kepala instalasi Pelayanan Jantung Terpadu;
2. Dr. Roni Mario, SpJP (K) DPJP Jantung;
3. Dr. Sigit Pratama, SpJP;
4. Dr. M. Danasha Utomo, SpBTKV;
5. Dr. Putu Junita, SpAn, KIC;
6. Dr. Ade Aria, SpAn.

Dr .dr. Hananto Andriantoro, SpJp. menyampaikan bahwa kehadirannya disini salah satunya adalah untuk turut serta mendukung pelayanan kesehatan yang merupakan program dari Kementerian Kesehatan yaitu Program Pengampuan Rujukan Kardiovaskuler Nasional.
Program Kementerian Kesehatan.
“Misi utamanya adalah untuk meratakan pelayanan kesehatan, dan menyamakan kualitas pelayanan,” ujar Hananto.

Ketua Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional
Hananto menjelaskan bahwa Program Pelayanan Operasi Bedah Jantung Terbuka adalah untuk mempercepat akses pasien-pasien yang terkena serangan jantung untuk mendapatkan pelayanan, dan sebagai upaya menurunkan angka kematian disebabkan serangan jantung.

Dukungan Gubernur merupakan unsur yang sangat penting dalam keberlangsungan berjalannya pelayanan Layanan Operasi Jantung Terbuka.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD dr.H. Abdoel Moeloek Lukman Pura menyampaikan terimakasih atas waktu yang disediakan Gubernur untuk menerima kehadiran dari Tim Bedah Jantung RSJPDHK.

Seperti diketahui, RSUD dr. H. Abdoel Moeloek merupakan rumah sakit ke-18 yang dapat melakukan layanan operasi jantung.

Lukman Pura menjelaskan saat ini tengah dibangun fasilitas Modular Operating Theater (MOT) yang akan difungsikan sebagai Gedung Operasi Jantung, dan akan menjadi yang terbaik di Provinsi Lampung (Adpim)

Continue Reading

Tak Berkategori

Gubernur Arinal Lepas Kontingen Porwanas XIII Tahun 2022 ke Malang-Jawa Timur

Published

on

Bandar Lampung : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melepas keberangkatan Kontingen Porwanas XIII Tahun 2022 ke Malang-Jawa Timur, bertempat di Mahan Agung, Kamis (17/11/2022).

Dalam sambutannya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang diadakan setiap 3 (tiga) tahun sekali ini hendaknya dapat lebih menumbuhkan dan membangun semangat kebersamaan, dapat mempererat keteguhan komponen Pers untuk tetap komit dan menjunjung tinggi etika profesionalisme pers Indonesia.

Persatuan Wartawan Indonesia juga diharapkan dapat menjadikan Porwanas XIII tahun 2022 sebagai wadah bertukar pikiran sesama wartawan Indonesia dalam menyikapi berbagai isu, baik nasional, regional maupun internasional.

Gubernur juga berpesan kepada seluruh kontingen PWI Lampung untuk tetap menjunjung sportifitas dan kebersamaan demi untuk menjaga nama baik Lampung.

“Sebagai Gubernur, saya berpesan kepada kontingen PWI Lampung untuk tetap menjunjung sportifitas dan kebersamaan demi untuk menjaga nama baik Lampung diajang Porwanas tingkat Nasional. PWI Lampung juga harus selalu memupuk kebersamaan karena dengan itulah PWI akan semakin kokoh dan semakin dipercaya,” ucapnya.

Diakhir sambutannya Gubernur Lampung mengucapkan selamat berjuang kepada kontingen PWI yang berangkat untuk Porwanas XIII. “Selamat berjuang, semoga sukses menjunjung tinggi harkat martabat Lampung dimata nasional,” tutupnya.

Sementara itu, Komandan Kontingen Porwanas XIII PWI Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda dalam laporannya menyampaikan bahwa Kontingen Lampung akan mengikutsertakan 160 orang, yang didalamnya terdapat atlet, official, manajer dan panitia yang akan mengikuti 9 cabang olah raga yaitu : atletik, billiar, bulutangkis, bridge, tenis Lapangan, catur, futsal, Tenis Meja, E-Sport dan lomba jurnalistik serta Eksebisi IKWI.

Turut hadir melepas keberangkatan kontingen PWI Lampung, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Forkompinda Provinsi Lampung, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Ketua PWI Provinsi Lampung, Ketua IKWI Provinsi Lampung.
(Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Continue Reading

Tak Berkategori

Wakili Gubernur, Sekdaprov Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan 52 PNS dalam Jabatan Fungsional

Published

on

BANDAR LAMPUNG—Mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, melantik dan mengambil sumpah jabatan PNS dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, bertempat di Aula BKD Provinsi Lampung, Selasa,(18/10/2022).

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Lampung Nomor 821.29/522/VI.04/2022 tanggal 13 Oktober 2022 tentang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Dalam dan Dari Jabatan Administrator di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, sebanyak 52 PNS dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dilantik dalam jabatan fungsional.

Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada PNS yang mengemban tugas dan amanah. “Tidak semua orang berkesempatan bisa duduk menjadi pegawai negri sipil dan ini harus di syukuri, ” ujar Sekdaprov

Menurut Fahrizal Darminto, fungsi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas. serta mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Continue Reading

Trending