Connect with us

Apa Kabar Lampung

Polisi Tangkap Sindikat Jambret Di Tanggamus

Avatar

Published

on

Tanggamus : Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polres Tanggamus melakukan Penangkapan terhadap Empat orang yang diduga sebagai sindikat kejahatan jambret. Hal itu terungkap usai Polisi mengamankan Mujiman yang melakukan transaksi hasil kejahatan melalui Cash Order Delivery (COD).

Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas menyampaikan, Kronologis penangkapan para pelaku berawal dari upaya paksa penangkapan terhadap terduga pelaku Mujiman. Kemudian Polisi melakukan pengembangan penyelidikan dimana Mujiman mengaku mendapatkan barang curian berupa Handphone tersebut dari membeli melalui COD jaringan online.

“Mujiman mengaku beli secara online dari seorang laki-laki bernama M. Yusron Fadli (16). Kemudian dari hasil penyelidikan dilakukan penangkapan terhadap Yusron pada hari kamis tanggal 17 Januari 2019, jam 14.30 WIB, di pekon Banjar Negeri kec. Gunung Alip Kab. Tanggamus. Kemudian dari keterangannya Yusron mengaku mendapatkan HP merk OPPO G9 tersebut dari temannya bernama Yolan Ade Putra (21), dan Tekab 308 langsung melakukan penangkapan terhadap Yolan di pekon Banjar Negeri Kec. Gunung Alip kab. Tanggamus,” ucapnya.

Selanjutnya, dari hasil interogasi terhadap Yolan, dirinya mengaku mendapatkan HP tersebut dari membeli dengan seorang pria bernama Subangkit (25).

“Setelah mendapatkan keterangan, Tekab 308 langsung melakukan penangkapan terhadap Subangkit pada hari kamis tanggal 17 Januari 2019, jam 17.00 WIB di Way Halom Pekon Banjar Manis Kec. Gisting. Dari pengakuannya, ia mendapatkan HP tersebut dengan cara membeli secara langsung ke Prayitno (35),” beber Kasat.

Setelah mengetahui keberadaan Prayitno, Team Tekab 308 langsung melakukan penangkapan pada hari kamis tgl 17 januari 2019 jam 19.30 WIB di Gisting Nawah Kec. Gisting kab. Tanggamus.

Polisi menjelaskan, rentetan penangkapan tersebut berdasarkan hasil pengembangan atas laporan Polisi Nomor : LP / B – 76/ XII / 2018 / POLDA LPG / RES TGMS / SEK GELAR , Tanggal 3 Desember 2018. Tentang tindak pidana Curas.

Kejadian bermula saat korban berinisial CR (17) warga Dsn. Panutan III Rt.001/003 pkn. Panutan Kec. Pagelaran Kab. Pringsewu melaporkan insiden penjambretan yang dialaminya.

“Pada Hari Senin Tanggal 03 Desember 2018 sekira pukul 19.40 telah terjadi tindak pidana Pencurian Dengan Kekerasan di pekon Panutan Kec. Pagelaran Kab. Pringsewu. Kejadian Berawal Pelapor dan anaknya sedang berjalan kaki di jalan raya pekon Panutan menuju arah Gereja Santa Maria setempat.

Tiba-tiba dari arah belakang pelapor datang menggunakan motor Bebek yang dikendarai oleh tersangka Prayitno. Lalu merebut tas kresek Hp Samsung warna biru yang berisikan Satu unit HP OPPO F9 warna Unggu Galaksi dengan dan Satu buah buku yang berjudul Puji Syukur warna Hitam,” terang AKP Edi.

Setelah mengambil tas pelapor, terlapor lari menggunakan motor menuju arah Pringsewu. Atas kejadian tersebut Pelapor mengalami kerugian sebesar Rp. 4.000.000,- (Empat Juta Rupiah,Red) kemudian Pelapor mengadukan perkara tersebut Ke Mapolsek Pagelaran untuk di tindak lanjuti.

Kini para tersangka berhasil tangkap, dan guna penyidikan lebih lanjut para tersangka diamankan di Mapolres Tanggamus. (Red)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Silahkan Tinggalkna Pesan Anda

Apa Kabar Lampung

Dinkes Pesibar Sosialisasikan Bahaya Virus CORONA

Redaksi LT

Published

on

PESISIR BARAT – Pemkab Pesibar, melalui Dinas Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Pesisir Barat. 

Hal tersebut termasuk dalam sosialisasi preventif dalam menyikapi adanya penyakit yang disebabkan oleh virus corona yang saat ini sedang melanda di beberapa negara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko, SKM., MM. menyampaikan bahwa sampai hari ini 27 Januari 2020, belum ada laporan ataupun terdeteksi adanya kasus Pneumonia berat dengan penyebab yang diduga Virus Corona di Kabupaten Pesisir Barat.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat telah melakukan beberapa langkah antisipasi yakni membuat Surat Edaran Kewaspadaan Pnemonia kepada seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit KH. M. Thohir. 

Diharapkan agar Surveilans rumah sakit dan puskesmas dapat proaktif melaporkan kejadian penyakit berpotensi Kejadian Luar Biasa (KLB), termasuk kejadian Pneumonia berat yang diduga karena Virus Corona, jelas Tedi.

Tindakan preventif yang dilakukan dalam upaya pengamatan penyakit menyerupai lnfluenza (Influenza like illnesses) di puskesmas – puskesmas, dengan melakukan pemantauan dan pengawasan orang asing. 

Kegiatan preventif dan antisipatif ini menggandeng kerjasama dengan kantor Imigrasi Kotabumi, OPD terkait, Camat dan Peratin melalui Tim Pengawas Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Pesisir Barat, jelas Tedi.

Hal lainnya dengan melakukan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat, terutama tentang cara – cara pencegahan dan pengendaIian penyakit Pneumonia, baik itu berupa penyebaran informasi melalui media sosial, maupun dengan cara terjun langsung kepada masyarakat, jelasnya.

Perlu diketahui bahwa RSUD KH. M. Thohir dan seluruh Puskesmas di Kabupaten Pesisir Barat, juga sudah mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) jika ditemui ada terduga terpapar Virus Corona ini.

Apabila terdeteksi gejala maka langsung mengikuti alur proses penanganan sesuai SOP, pasien juga akan ditempatkan di ruangan isolasi, dan penanganan pertama sebelum di lakukan rujukan ke RSUDAM, tutup Tedi.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

IKAMM Pesibar dan Dinas Pariwisata Bersih-bersih Pantai

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Ikatan Mahasiswa Muslim (IKAMM) Pesisir Barat bersama Dinas Pariwisata Pesisir Barat melakukan kegiatan bersih – bersih pantai. Kegiatan bersih – bersih pantai tersebut dipusatkan di pantai Labuhan Jukung, Minggu (26/1/2020).

Ketua IKAMM Pesibar, Fikri mengatakan, bahwa  kegiatan ini merupakan kegiatan IKAMM mengabdi, yang mana kami melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan, pendidikan dan keagamaan. 

Kegiatan ini dilakukan pada saat masa libur perkuliahan, dengan mengajak adik – adik dari sekolah Menengah yang ada di Pesibar ini. 

Kegiatan bersih – bersih pantai ini merupakan wujud kepedulian kami, dengan mengajak adik – adik kami dari berbagai sekolah menengah yang ada di Pesibar ini bahwa pentingnya untuk menjaga kebersihan di sekitar pantai, jelas Fikri. 

Mewakili Kadis Pariwisata Pesibar, Kabid Usaha dan Jasa, Yuliyus Busyairi, di dampingi para stafnya mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat positif sekali. 

” Saya berikan apresiasi yang positif serta mengucapkan terimakasih kepada Ikatan Mahasiswa Muslim (IKAMM) Pesibar dan  para siswa/i dari sekolah menengah yang telah peduli dengan kebersihan pantai, ” jelas Yuliyus. 

” Semoga kegiatan positif yang telah dilakukan oleh IKAMM Pesibar ini bisa menggugah kepedulian adik – adiknya akan kebersihan pantai yang ada di Kabupaten ini, tambahnya.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Longsor TNBBS, Jalan Penghubung Liwa-Krui Lumpuh Total

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bencana alam tanah longsor telah terjadi penghubung  antar dua Kabupaten, di jalan Liwa – Krui, tepatnya di Pal 21 dan Pal 22 Kawasan Taman NasionaL Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balikbukit, Jumat (24/1/2020 ) sekitar pukul 17:30 WIB.

Bencana alam tanah longsor di dua titik tersebut menutup akses  jalan lintas tersebut, akibatnya beberapa kendaraan yang akan melintas memilih berputar arah karena takut akan terjebak longsor, kondisi jalur sementara lumpuh total dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Kasatlantas Iptu Raphiq Hendrawan, mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi S.Ik, M.H, mengatakan, “Bencana longsor itu terjadi di tengah guyuran hujan deras. Saat ini pihaknya telah menerjunkan personel untuk mengatur arus lalulintas.

“Longsor terjadi di dua titik wilayah Pal 21 dan 22. Kondisi arus lalulintas lumpuh total, dan para pengendara sudah kita arahkan untuk mengisi kantong parkir yang ada di sejumlah rumah makan,” terang Raphiq.

Untuk proses evakuasi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) agar segera menurunkan alat berat ke lokasi.

“Saat ini sudah kami koordinasikan ke OPD terkait, insha Allah mereka akan segera menurunkan alat berat ke lokasi agar secepat nya jalan penghubung liwa – krui normal kembali,” jelasnya.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Trending