Connect with us

Apa Kabar Lampung

Ridho-Bachtiar dan 40 Ribu Generasi Milenial Deklarasi “Road Safety Festival Polda Lampung”

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan Wakil Gubernur Bachtiar Basri serta Forkopimda Provinsi Lampung membacakan “Deklarasi Millenial Road Safety Festival Polda Lampung 2019” bersama 40 ribu generasi milenial, di Tugu Adipura Bandar Lampung, Minggu pagi (3/2/2019).

Deklarasi tersebut mendukung Road Safety menuju Zero Accident, berisi 3 point yaitu pertama Generasi yang peduli Keselamatan Berlalu Lintas, kedua Mendukung sepenuhnya program Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mewujudkan kemanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dan ketiga menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Dalam sambutannya, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, mengatakan bahwa perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, menyebabkan lalu lintas telah menjadi urat nadi mobilitas kehidupan manusia.

“Di dalam amanat PBB tentang dekade aksi keselamatan jalan tahun 2011 hingga 2020 yang di ratifikasi dalam Instruksi Presiden No. 4 tahun 2013, Pemerintah melaksanakan rencana umum nasional keselamatan yang terdiri dari Road Safety Management, Jalan yang berkeselamatan Safer Road, Safer Vehicle, Safer People or Road Users, serta Post Crash Response,” ujar Kapolda.

Generasi millennial sendiri, lanjut Kapolda, merupakan salah satu generasi yang menjadi perhatian dalam berlalu lintas, hal ini disebabkan karena 57 persen korban laka lantas di Indonesia adalah usia produktif, yaitu usia 15 hingga 38 tahun di mana trendnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Oleh sebab itu, peran generasi millennial sangatlah penting untuk menjadi inspirator dan motivator bagi pengguna jalan lainnya tentang pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Juga menggelontorkan kesadaran nasional dalam keselamatan berlalu lintas sehingga dapat berperan aktif dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban meninggal dunia di Provinsi Lampung.

“Menurut data WHO pada 2013, Republik Indonesia menempati posisi ke-5 terbesar yang mencatat korban meninggal dunia terbanyak yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas,” ujar Purwadi Arianto.

Pembacaan Deklarasi ini di laksanakan karena melihat tingginya angka kecelakaan lalu lintas di indonesia. Saat ini angkanya sudah sampai pada titik yang sangat memprihatinkan, secara nasional jumlah korban laka lantas sebanyak 171.436 orang di antaranya 29.083 meninggal, 13.256 luka berat, dan 129.095 luka ringan.

Sementara untuk wilayah Lampung sendiri jumlah korban laka lantas pada tahun 2018 sebanyak 4.003 orang diantaranya 814 meninggal dunia, 1.220 luka berat, dan 1.969 luka ringan. (Humas Prov Lampung)

Apa Kabar Lampung

Walikota Bandar Lampung Hadiri Acara Istighosah dan Doa Bersama di Aula Gedung Semergow

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG—Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) di Bandar Lampung melaksanakan istighosah dan Do’a bersama dalam rangka memperingati Isra Mi’raj 1445 H dan Pemilu Damai tahun 2024, di gedung Semergow Kota Bandar Lampung, pada Sabtu (10/02/2024).

Hadir diantaranya,Wakil WaliKota Bandar Lampung,Sekda Kota Bandar Lampung, Dandim 0410/KBL Letkol Arh. Tan Kurniawan, S.A.P., M.I,Pol. Kapolresta Bandar Lampung, Kepala Kemenag Bandar Lampung, Ketua MUI Bandar Lampung, Ketua FKUB Kota Bandar Lampun, para alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh adat se-kota Bandar Lampung serta organisasi kemahasiswaan (Cipayung Plus).

Untuk diketahui, kegiatan tersebut ditandai dengan melakukan Deklarasi Pemilu Damai oleh Mahasiswa yang tergabung Kelompok Cipayung Plus ( KAMMI, HMI, PMII, PMKRI, LMND, GMNI, KMHDI, IMM, GMKI ) sebagai wujud komitmen bersama dalam menciptakan Pemilu Damai Tahun 2024.

Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota Bandar Lampung hingga saat ini terus berupaya untuk meningkatkan dan menciptakan kehidupan beragama yang baik di Kota bandar Lampung.

Menurut Bunda Eva, berbagai program telah dilakukan diantaranya pemberian bantuan insentif guru ngaji dan marbot, pelaksanaan program umroh, pemberian bantuan rehab masjid dan mushola serta pemberian bantuan kepada 73 pondok pesantren di Kota Bandar Lampung.

Dikesempatan itu, Eva juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Bandar Lampung. Ia berharap, sikap kebersamaan serta gotong royong komponen masyarakat bisa mewujudkan serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 yang aman dan damai khususnya di Kota Bandar Lampung yang kita cintai bersama,”tutupnya.(zld)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Anggota Komisi I DPRD Lampung Hadiri Rakor Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG- Anggota Komisi I DPRD Provinsi Lampung Bapak Budiman AS hadir dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengamanan Pemilu 2024 dan siaga bencana di wilayah Provinsi Lampung, bertempat di Mahan Agung. Rabu (07/02/2024)

Melihat kembali pada Pemilu 2019, diharapkan Pemilu 2024 Khusunya di Provinsi Lampung dapat lebih meningkatkan partisipasi politik dalam pemilihan dan bersama menjaga ketertiban, keamanan agar tercipta Pemilu aman dan damai.

“Kita berharap agar tingkat kesuksesan Pemilu 2019 target pemilih dapat terulang kembali bahkan bisa lebih tinggi pada pelaksanan Pemilu dan Pilkada serentak tahun ini, dimana kita memiliki target tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu dan Pilkada pada tahun 2024 dalam RPJMN 2020-2024 sebesar 79,5%, ” kata Budiman.

Dalam hal ini untuk mensukseskan Pemilu dan menjaga Kamtibmas selama terselenggaranya Pemilu 2024, Polda Lampung menerjunkan sebanyak 6.090 personel pengamanan terdiri dari 4.106 Personel Satwal Jajaran, 882 Personel BKO PAM TPS, 581 personel BKO Brimob, 417 Personel BKO Samapta dan Gakkumdu/Penyidik Polri sebanyak 104 Personel.

“Kita berharap agar Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 ini dapat berlangsung aman, damai dan kondusif, khususnya untuk Provinsi Lampung dan umumnya diseluruh Indonesia, ” ucapnya. (*)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Nilai Pancasila Penting Diterapkan di Masyarakat

Redaksi LT

Published

on

Bandarlampung – Akademisi FISIP Universitas Lampung (Unila) R Sigit Krisbintoro mengajak masyarakat Sukarame untuk mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, Pancasila merupakan dasar yang menjadi patokan untuk keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara di tengah arus globalisasi. Nilai-nilai Pancasila menjadi pemersatu bangsa Indonesia dan menjadikan generasi anak bangsa memiliki karakter yang baik.

“Untuk itu, sudah sewajibnya kita sebagai warga negara Indonesia untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila maupun empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Continue Reading

Trending