Connect with us

Apa Kabar Lampung

Gubernur Ridho Sambut Baik KUR Peternakan

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyambut baik disalurkannya Kredit Usaha Rakyat (KUR) Peternakan Rakyat dan optimistis Provinsi Lampung akan menjadi Lumbung Pangan Nasional bahkan hingga tingkatan dunia.

Ungkapan Gubernur itu disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Lampung Taufik Hidayat pada saat memberi sambutan dalam acara Penyaluran KUR Peternakan Rakyat, di Kantor BRI Cabang Bandar Jaya Kabupaten Lampung Tengah, Sabtu (9/2/2019).

“Dengan banyaknya potensi dan komoditas unggulan yang dimiliki Provinsi Lampung di bidang peternakan, kita mampu menjadi lumbung pangan nasional bahkan dunia,” ujar Taufik.

Taufik menjelaskan program penyaluran KUR bagi para peternak tersebut akan menopang keberhasilan peternak dalam mengembangkan usaha agribisnis peternakannya melalui penerimaan bantuan akses permodalan dan pembiayaan KUR peternakan rakyat.

“Saya yakin dan optimistis bahwa program ini akan sangat bermanfaat dan berhasil karena didukung semua stake holder peternakan, penyuluh, petugas lapangan dan Inseminator di seluruh kabupaten/kota, serta kalangan lembaga keuangan,” ujarnya.

Keberhasilan pengembangan usaha agribisnis peternakan ini, lanjut Taufik, dicirikan dengan peningkatan populasi ternak.

Taufik juga menjelaskan, saat ini Lampung memiliki potensi sumberdaya yang sangat besar untuk pengembangan ternak sapi, kambing, kerbau dan ayam. Sebab, Lampung memiliki sumberdaya pakan berlimpah serta peternak yang terampil yang didukung dengan beberapa perusahaan budidaya sapi yang sudah berkembang.

“Berdasarkan analisis teknis paling tidak Lampung mampu menampung ternak sapi sampai 3,4 juta ekor. Jumlah populasi sapi di Provinsi Lampung pada tahun 2017 sebanyak 665.244 ekor, dengan jumlah sapi betina sebanyak 317.272 ekor. Sehingga masih tersedia sumberdaya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan populasi sapi di Lampung,” papar Taufik.

Sementara itu, Kemenko Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution, yang diwakili Asisten Deputi Bidang Peternakan dan Perikanan Kemenko Perekonomian RI Jafi Alzagladi menjelaskan program KUR merupakan program yang diperuntukkan mengatasi kendala akses pembiayaan UMKM baik kepada Lembaga perbankan maupun Lembaga non perbankan.

“Tujuan dari program ini adalah meningkatkan kapasitas daya saing usaha UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja,” jelasnya.

Menurut Jafi, total penyaluran KUR Peternakan Rakyat sebesar Rp 35,7 miliar yang diberikan kepada 1354 debitur. “Kabupaten Malang sebesar Rp 4,1 miliar kepada 30 debitur, Kabupaten Magelang sebesar Rp 4,5 miliar kepada 150 debitur, Kabupaten Garut sebesar Rp 13,86 miliar kepada 176 debitur, Kabupaten Lampung Tengah sebesar Rp 3,4 miliar kepada 120 debitur, Kabupaten Sumba Timur sebesar Rp 2,1 miliar kepada 13 debitur, dan Kabupaten Sinjai sebesar Rp 10,5 miliar kepada 94 debitur,” tuturnya.

Jafi juga berharap agar KUR dapat dipergunakan sebaik-baiknya oleh para peternak, Tidak lupa Jafi juga berikan apresiasi dan terimakasih kepada para pihak dari Kementerian/Lembaga Teknis, Pemerintah Daerah, seluruh Penyalur dan Penjamin KUR, serta seluruh stakeholder terkait yang telah berpartisipasi aktif dalam program KUR tersebut. (Humas Prov Lampung)

Apa Kabar Lampung

Andika Kangen Band Bakal Manggung di Acara Milenial Road Safety Festival Polres Mesuji

Redaksi LT

Published

on

MESUJI : Masyarakat Kabupaten Mesuji nampaknya harus menghadiri Acara Milenial Road Safety Festival Polres Mesuji, yang akan diselenggarakan pada Minggu (03/03/2019) di Alun-alun Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh jajaran Kepolisian Resort (Polres) Mesuji itu juga akan dimeriahkan oleh penampilan beberapa artis ibukota yakni diantaranya Andika Kangen Band, Duo Miyoubi, DJ Leviana, dan penampilan artis-artis Intan Music.

Rencananya, agenda kegiatan akan diawali dengan deklarasi milenial oleh Plt Bupati Mesuji Hi.Saply.TH., diikuti seluruh peserta, kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat, senam massal, testimoni pelaku laka lantas, hiburan artis, undian doorprize, serta ada atraksi safety ridding dan frestyle.

Rasanya rugi sekali jika melewatkan kegiatan ini, sebab banyak sekali undian doorprize yang sudah disiapkan seperti Sepeda Motor ,Sepeda Sport, Kulkas,TV LED, Dispenser, Kipas angin, serta biaya pendidikan milenial.

“Untuk itu, Kami mengajak seluruh masyarakat Mesuji untuk menghadiri acara ini, khususnya kaum Millenial,”Kata Kapolres Mesuji AKBP Eddie Purnomo.S.IK., saat dikonfirmasi media ini via pesan Whatsaapnya, kamis(21/02).

Selain itu, pada kesempatan itu, Polres Mesuji juga memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat yang hadir, dan ingin melakukan perpanjangan sim, donor darah, cek kesehatan gratis, service motor gratis, dan diakhir kegiatan akan diadakan bazar murah sembako.

Reporter : Erwan EP
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Jatuh Cinta Dengan “Krui”, Dokter Muda Asal Perancis Sampai Empat Kali Kunjungi Pesibar

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Kunjungan para wisatawan mancanegara (Wisman) ke Krui Kabupaten Pesisir Barat Lampung , tentunya banyak sekali ditemui para wisman dari berbagai macam latar belakang profesi yang berbeda di setiap negaranya.

Hal tersebut tentunya membuat Kabupaten termuda di Provinsi Lampung ini memang benar-benar menjadi terkenal oleh mereka para wisman khususnya bagi mereka para pecinta olahraga wisata air (selancar).

” Seperti halnya salah seorang wisman yang berprofesi sebagai seorang dokter di negara asalnya Perancis yang bernama Lucien Pierot (26), saat ditemui pada Kamis (21/02/2019) sedang duduk santai menikmati pesona pantai di salah satu Kafe yang ada di lokasi objek wisata pantai Labuhan Jukung Krui “.

” Lucien mengatakan bahwa ini adalah yang keempat kalinya dia berlibur di Krui, dan dia pertamakali berkunjung untuk berlibur di Krui pada tahun 2014 “.

” Saya sangat senang berlibur di Krui, di sini saya bisa bermain selancar dengan sepuasnya, saya bisa menikmati suasana alam yang masih alami, bahkan juga saya merasa nyaman karena jauh dari keramaian. Belum lagi orang-orang atau masyarakat lokal yang saya jumpai sangat bersahabat juga, ujar pria yg berprofesi sebagai dokter Anastesi ini sambil tersenyum “.

” Harapan saya kepada Pemerintah Daerah Krui, agar tetap mempertahankan kealamian alam ini, tambah Lucien “. ” Saya berharap kepada Pemerintah Daerah Krui agar jangan gegabah untuk memberikan ijin jika ada para investor yang ingin mendirikan industri atau pabrik-pabrik yang pada akhirnya limbah-limbah pabrik tersebut akan mencemari lingkungan di Krui ini nantinya “, ujar Lucien. ”

Saya yakin sekali jika Pemerintah Daerah Krui melakukan hal tersebut, akan banyak sekali para wistawan yang akan berkunjung untuk berlibur di sini, jelas Lucien “.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Parosil Secara Resmi Gulirkan PKH Kecamatan Sekincau

Redaksi LT

Published

on

LAMPUNG BARAT : Bupati Lambar Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Drs. H. Mad Hasnurin menghadiri Launching dan resmi gulirkan Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Sekincau di GSG Jaya Sakti Pekon Tiga Jaya, Kamis (21/2/2019).

“Program ini tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan, mengentaskan kemiskinan dan mencerdaskan anak bangsa, sehingga bantuan harapannya digunakan untuk kepentingan dan kelangsungan hidup atau untuk usaha sehingga tercapai ekonomi produktif,” ujar Parosil dalam sambutannya.

Kemudian, PKH dimaksudkan untuk membantu keluarga sangat miskin, sehingga memperoleh pelayanan pendidikan dan kesehatan yang memadai.Sehingga generasi berikutnya diharapkan menjadi generasi yang lebih sehat, berpendidikan, dan terlepas dari kemiskinan. Mari kita bersama mendukung PKH untuk Indonesia yang lebih baik.

Terakhir,kepada masyarakat penerima PKH agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan semangat kemandirian sehingga tidak hanya menggantungkan diri dari bantuan pihak lain, karena kunci keberhasilan dari setiap usaha adalah keinginan untuk maju, bantuan dari pihak lain merupakan stimulus atau penopang dari usaha yang kita lakukan.

Plt. Kepala Dinas Sosial Raswan, SH, MH melaporkan bahwa PKH Tahap 1 untuk Lampung Barat tahun 2019 berjumlah 14.524 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) sedangkan untuk Kecamatan Sekincau sejumlah 883 KPM.

Pihaknya menyampaikan agar pemdamping PKH untuk emberi penjelasan kepada keluarga penerima manfaat KPN dan masyarakat yang menerima dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik.

Reporter : WO
Editor : Red

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: