Connect with us

Advetorial

Bupati Loekman Resmikan Penggilingan Padi

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Bupati Loekman resmikan penggilingan padi dan produksi Padi Sehat Gasera binaan PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bersama Lembaga Amil Zakat (Laznas) BSM Umat

Bupati Lampung Tengah menjelaskan adanya program ini tentunya sangat menguntungkan Pemerintah daerah dan para Petani di Kampung Rejo Asri Seputih Raman sehingga dengan adanya padi Sehat ini akan meningkat kan kesejahteraan masyarakat Kampung Rejo Asri ujarnya. (18/2/2019).

Adanya produk padi sehat tanpa bahan Kimia,bisa menjadi contoh para petani lainya agar bisa melakukan nya,dengan adanya padi tanpa Bahan kimia,ini lebih baik untuk kesehatan.

“Loekman juga pinta dedak hasil penggilingan Beras Sehat jangan di jual tempat Lain,kita akan ambil untuk pembuatan pakan ikan,nanti kordinasi dengan dinas Perikanan dan Peternakan kita punya program pembuatan pakan ikan ,dengan memakai dedak dari Padi Sehat pasti akan baik untuk budidaya ikan. Bebernya.

Direktur Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasah menjelaskan dengan peluncuran Desa Berdaya Sejahtera Mandiri di Desa Rejo Asri, desa BSM merupakan program yang dilakukan dalam upaya penguatan ekonomi, sosial dan lingkungan melalui pengembangan sumberdaya lokal.

“Desa Berdaya Sejahtera Mandiri juga merupakan salah satu kontribusi Mandiri Syariah sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional,” jelas Putu.

Mandiri Syariah senantiasa berusaha menyelaraskan antara kepentingan ekonomi (profit), sosial, dan lingkungan hidup (planet) sehingga mampu mendorong terciptanya pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Semoga keberadaan Desa Berdaya Sejahtera Mandiri ini memberi manfaat bagi petani, dan apa yang kami lakukan menjadi berkah bagi negeri,” tambah Putu.

Program Desa Berdaya Sejahtera Mandiri pada tahun ini menyasar sektor pertanian dengan memberdayakan kelompok-kelompok tani melalui pengembangan klaster usaha agribisnis (hulu-hilir).

Ada 100 orang petani sebagai pemetik manfaat (mustahik) di Desa Rejo Asri ini dengan luas lahan 25 Ha dari total luas lahan pertanian di lokasi program seluas 670 Ha.

Adapun total biaya yang dikeluarkan untuk program ini sekitar Rp3,7 miliar dengan jangka waktu selama dua tahun.

Penguatan usaha pertanian yang akan dilakukan, yaitu mengembangkan pola pertanian ramah lingkungan (pertanian sehat) sebagai upaya menjaga sistem pertanian yang berkelanjutan.

Secara umum konsep pertanian sehat saat ini terus didorong pengembangannya di seluruh dunia yang dilakukan melalui pendekatan “Good Agricultural Practices” (GAP).

Secara mendasar konsep pertanian sehat merupakan sebuah proses dalam budidaya tanaman yang memprioritaskan pada penggunaan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, efisien (mudah-murah) namun tetap dapat menjaga produktivitas serta kualitas hasil pertanian.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lampung Tengah, Edi Daryanto menyambut baik program Desa BSM yang diluncurkan Mandiri Syariah, karena bisa mendorong peningkatan kesejahteraan petani untuk menghasilkan pangan sehat.

Ia menjelaskan, Kabupaten Lampung Tengah merupakan daerah yang mempunyai areal tanam padi cukup luas mencapai 82.000 ha, dan yang terbesar berada di Kecamatan Seputih Raman seluas 7.025 ha.

Pihaknya terus mendorong petani untuk melaksanakan budidaya padi sehat, yang telah dilakukan di beberapa titik di Lampung Tengah, salah satunya di Desa Rejo Asri.

“Kami harapkan apa yang telak dilakukan oleh Gapoktan Subur Asri bersama Syariah Mandiri bisa dicontoh oleh petani atau kelompok petani lainnya untuk mengembangkan pertanian sehat.ujarnya (ADV).

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Advetorial

Bupati Loekman Pimpin Ucapara HUT Provinsi Lampung Ke 55

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menjadi Inspektur Upacara pada hari jadi Provinsi Lampung Ke-55 tahun 2019,dilapangan Merdeka Gunung sugih Selasa (19/3/2019).

Dalam Sambutannya Loekman Membacakan Amanat Gubernur Lampung, mengatakan hadi jadi Propinsi Lampung ke 55 Tahun ini, mari kita bangun terus komitmen untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan kekompakan, menciptakan suasana damai, membangun sinegritas antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten / Kota, dengan harapan seluruh lapisan masyarakat memberikan dukungan atas kebijakan dan program pemerintah. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat, yaitu Lampung Maju untuk Indonesia”.

Untuk itu, saya mengharapkan agar koordinasi dan sinergitas yang selama ini berjalan dengan baik dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga geliat pembangunan dapat betjalan dengan baik bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya Provinsi Lampung.

Di sisi lain, Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ini juga merupakan wahana untuk melakukan refleksi atas kinelja pembangunan dan pemerintahan secara obyektif selama peljalanan kurun waktu tahun 2018. Oleh karena itu, segenap keberhasilan yang telah dicapai akan terus dipenahankan dan ditingkatkan, sedangkan program

program daerah yang belum dicapai, haruslah menjadi Sumber inspirasi bagi kita semua untuk terus bekelja keras dimasa yang akan datang. Peserta Upacara Yang Saya Hormati,

Sebagaimana kita ketahui, tantangan, peluang serta hambatan selama pexjalanan kurun waktu 55 (lima puluh lima) tahun Provinsi Lampung, sangatlah kompleks dan beragam. Di tahun 2019 ini sejumlah tugas berat menanti kita, antara lain : Pada tanggal 17 April 2019, Bangsa Indonesia, khususnya Provinsi Lampung akan melaksanakan Pemilihan Umum Presiden/ Wakil Presiden RI, DPR-RI, DPRD dan DPRD Kabupaten/ Kota seProvinsi Lampung.

Menyikapi hal tersebut, saya minta kepada Institusi terkait dan masyarakat untuk tetap menjaga kondusifltas dilingkungannya, sehingga pelaksanaan Pilpres dan pemilihan anggota Legislatif tersebut dapat berj alan dengan aman, lancar dan sukses. (ADV) Can

Continue Reading

Advetorial

HUT Lampung ke-55 DPRD Lampung Gelar Paripurna

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Rombongan arak-arakan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo beserta jajaran Pemprov Lampung berjalan perlahan dari kantor Gubernur Lampung menuju Gedung DPRD Provinsi Lampung. Arak-arakan Gubernur dengan pakaian adat Lampung tersebut kemudian di sambut dengan upacara adat Kanjauan Agung oleh Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal di halaman Gedung DPRD Lampung, Senin (18/03) pagi.

Adapun kehadiran Gubernur Ridho beserta rombongan ke Gedung DPRD Lampung adalah untuk mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD Lampung, dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Lampung ke-55 tahun 2019 yang jatuh pada hari ini, 18 Maret 2019.

Dalam sambutannya Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo memaparkan berbagai hasil pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, serta pembangunan strategis nasional di Provinsi Lampung.

Diantaranya adalah pembangunan infrastruktur jalan, perpustakaan modern, Observatorium terbesar se-Asia tenggara, dermaga eksekutif, Jalan Tol Trans Sumatera, Bandara Internasional Radin Inten II, Bandara Gatot Subroto, Bandara Taufiq Kiemas, dan sebagainya.

Begitu pula dengan pembangunan dibidang pertanian, yang menurut Gubernur Ridho menjadi salah satu pembangunan stategis di Provinsi Lampung. Dengan pembangunan saluran irigasi yang baik, Provinsi Lampung berhasil menduduki peringkat 4 surpus beras nasional. Begitu juga dengan jagung dan peternakan.

Bahkan Nilai Tukar Petani (NTP) Lampung terus meningkat setiap tahun dan merupakan tertinggi se-sumatera. Gubernur Ridho menilai, kenaikan NTP tersebut merupakan prestasi seluruh jajaran pertanian, terutama petani Lampung.

Namun, dari berbagai deretan kemajuan yang berhasil diraih oleh Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Ridho menekankan untuk lebih memfokuskan pembangunan pada sektor pendidikan.

Menurut Gubernur Ridho, hakikat dari pembangunan adalah dengan membangun manusia Indonesia seutuhnya. Oleh karenanya berbagai pembangunan disektor pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemprov Lampung.

Diantaranya adalah dengan memperbesar kapasitas berbagai perguruan tinggi untuk menampung lebh banyak anak-anak lampung berprestasi. Yakni dengan memberikan hibah tanah kepada perguruan-perguruan tinggi di Lampung, baik Negeri maupun Swasta.

“Hakikat dari pembangunan Indonesia adalah membangun manusia indonesia seutuhnya. Jadi fokusnya adalah di pendidikan. Saya tidak ingin ketika pembangunan di Lampung sudah semakin pesat, konektifitas dengan dunia Internasional semakin semakin lebar, tapi justru memakan anak-anak kita sendiri. Saya mau anak-anak kita, yang meneruskan tongkat pembangunan di Lampung, bukan orang lain,” Tegas Gubernur.

Mengakhiri sambutanya Gubernur Ridho mengucapkan terimakasih kepada para sesepuh, senior, tokoh adat dan tokoh pejuang pendiri Provinsi Lampung yang telah melakukan yang terbaik pada masanya untuk pembangunan di Provinsi Lampung

Sementara itu Dedi Afrizal Ketua DPRD Provinsi Lampung, menyatakan bahwa telah banyak pembangunan yang berhasil diraih oleh pemerintah Provinsi Lampung. Untuk itu Dedi mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang berpartisipasi dalam pembangunan Provinsi Lampung.

“Pada kesempatan yang baik ini, Hut ke-55 Provinsi Lampung, kami ingin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi Lampung, serta seluruh jajaran masyarakat atas partisipasinya dalam pembangunan. Tapi kami sadar bahwa masih belum sempurna, untuk itu kami mohon bantuan, dukungan, partisipasi, dan doa dari seluruh masyarakat Lampung untuk dapat terus membangun Provinsi Lampung yang kita cintai,” papar Dedi

Kegiatan Rapat Paripurna kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Istri Gubernur Lampung Aprilani Yustin Ficardo, dan diberikan kepada Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal. Kemudian sebaliknya Istri Ketua DPRD Lampung yang melakukan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada Gubernur Ridho. Usai acara, seluruh undangan melakukan ramah tamah bersama Gubernur dan seluruh anggota DPRD Provinsi Lampung yang hadir.

Continue Reading

Advetorial

DPRD Lampung Tengah Gelar Paripurna HUT Provinsi Lampung ke 55

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Dewan perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT ke-55 Provinsi Lampung, di ruang sidang DPRD setempat, Senin (18/3/2019).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Lampung Tengah, Junaidi Sunardi, SH, MH didampingi Wakil Ketua Raden Zugiri,Ria Agusria , dan Joni Hardito. Turut hadir Gubernur Lampung Yang diwakili Kadis Pemdes Yuda Setiawan MM Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto Ssos Seketaris Daerah Adi Erlansyah dan jajaran Fokorpimda Lampung Tengah.

Dalam kata pengatarnya, Junaidi berharap, melalui momentum peringatan hari jadi Provinsi Lampung, Dengan Tema Lampung Maju untuk Indonesia dapat memberikan makna dan rasa syukur serta motivasi dan semangat pengabdian terhadap masyarakat.

Menurutnya, usia ke-55 tahun merupakan usia yang yang sudah cukup matang dan dewasa. Ia menuturkan, telah banyak hal yang dilakukan baik dalam menetapkan pondasi pemerintahan maupun proses pembangunan.

“Sangatlah bijaksana apa bila momentum HUT Provinsi Lampung yang ke-55 tahun ini kita jadikan sarana introspeksi diri yang menyeluruh terhadap segala karya dan pengadian kita,” ujar junaidi.

Dalam sambutanya, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosomarto Mengatakan,Rasa terima kasih dan rasa hormat saya,kepada elemaen Masyarakat lampung tengah.Dalam rangka ulang tahun yang ke 55 Provinsi lampung ini adalah bukti nyata pemerintah daerah lampung tengah untuk membangun provinsi lampung kedepan.

Dalam membangun lampung tengah kita harus menjaga suasana kondusip agar dapat memberikan rasa nyaman kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat melaksanakan pembangunan yang lebih baik.

Dalam menatap masa depan Lampung, Perlu terus dibangun sinergiritas,dan komitmen dari semua pelaku pembangunan, untuk membangun dan melayani sesuai bidang tugas masing masing.

“Oleh karena itulah,pemerintah kabupaten lampung tengah sangat mendukung apa yang diangkat sebagai tema ,hari jadi yang ke 55 provinsi Lampung tahun 2019, yaitu lampung Maju Untuk Indonesia “tema ini sesungguhnya mengajak masyarakat lampung, untuk terus bekerja keras meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam membangun dan melayani seluruh elemen masyarakat lampung khususnya lampung tengah .kata loekman (ADV) Can.

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: