Connect with us

Apa Kabar Lampung

SPDB Pangeran Edward Syah Pernong Kukuhkan Raja Jukkuan Paksi

Redaksi LT

Published

on

Lampung : Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke 23 Saibatin Puniakan Dalom Beliau Pangeran Edward Syah Pernong mengukuhkan M. Noverdi Adhitama Putra diangkat sebagai Khaja dengan Adok/Gelar Adat Khaja Penyimbang Alam yang berkedudukan sebagai Kepala Jukkuan Paksi Perwakilan Lamban Banjakh Agung Pekon Kekhang Batu Bekhak Lampung Barat di Pekon Suka Jaya, Kec. Way Khilau, Pesawaran dan Istrinya yang bernama Fajriani Marwah dengan Adok/Gelar Adat Khadin Ayu Kesuma hari ini, Senin (18/2/2019).

Prosesi yang berlangsung dengan khidmat tersebut dihadiri oleh Bupati Pesawaran yang juga kerabat dekat Gedung Dalom Kepaksian Pernong H. Dendi Ramadhona, ST, Pengikhan Faksi Makhga Beserta Istri, Nanda Indiria Dendi, SE, Khatu Kesuma Enton. Dr. Iskandar Zulkarnain, Raden Kiemas Panji Utama, Kombes Pol. Subekti, S.IK, Dirkrimsus Polda Lampung, AKP. Edi Qorinas, SH, Pengiran Kepala Mega, Kasatreskrim Polres Tanggamus yang juga salah satu penyimbang Sungkai serta Pemuka Agung, Bustami, SP, Ketua Kesatuan Penyimbang Marga Putuh Waylima.

Dalam amanah adatnya, Pangeran Edward Syah Pernong mengatakan bahwa untuk menjaga adat diperlukan kesetiaan dan pengorbanan.

“Kita bisa melihat para punyimbang dan banyak masyarakat dapat mengikuti prosesi adat ini dengan khidmat. Bahkan ada bapak Bupati dan Bapak Dirkrimsus yang mewakili Kapolda tetap hadir sampai saat ini. Ini butuh pengorbanan dari kita semua karena tentu banyak kesibukan yang harus ditinggalkan untuk bisa hadir di tempat ini. Begitu juga dengan para bahatur, punggawa, panglima baik yang dari Lampung Barat, Lampung Selatan maupun wilayah Tanggamus Pringsewu.
Hanibung pekon tuha, Tanno khadu kebun kahua, Kik kutti temon setia, Sai batin kuwawa bella” Sampai Pangeran Edward Syah Pernong.

Sebagai warisan luhur nenek moyang kita, Adat Istiadat harus kita jaga agar tetap lestari dan eksis apalagi diera globalisasi saat ini, Dunia semakin maju.

“Diera globalisasi saat ini dunia semakin maju, Tidak menutup kemungkinan ini akan berpengaruh terhadap eksistensi dan kelestarian adat istiadat yang diwariskan nenek moyang kita sejak dahulu kala” Tambah Pangeran Edward Syah Pernong.(*)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

DPRD Tulangbawang Paripurnakan HUT Kabupaten Tulangbawang ke 22

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang : DPRD Tulang Bawang secara resmi menggelar paripurna peringatan HUT Kabupaten Tulangbawang Ke 22 yang di gelar di Gedung DPRD setempat. Rabu (20/03/2019).

Turut hadir dalam Paripurna tersebut, Bupati Tulangbawang Winarti, Asisten Provinsi Lampung Theresia Sormin, Wakil Ketua DPRD Tuba Herwan Saleh, anggota dewan dan undangan lainnya.

Dalam pidatonya, Ketua DPRD Tulangbawang Sofi’i mengatakan, program yang di jalankan oleh eksekutif sudah sangat dan sangat menyentuh masyarakat luas.

Untuk itu ia meminta kepada seluruh anggota DPRD dan masyarakat mendukung 25 program yang telah di rencanakan dan tercatat di RPJMD tahun 2019 Pemkab Tulangbawang.

Dalam paripurna tersebut, Ketua DPRD Sofi’i menegaskan sebagai fungsi bugeting DPRD Tulang Bawang telah melaksanakan beberapa kegiatan salah satunya pengesahan APBD Murni tahun 2019 yang telah di sahkan para anggota dewan.

Terkait Pemilu yang akan di gelar 17 April 2019, Sofi’i menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan pesta rakyat tersebut dan berama-sama bergotong royong membangun Tulangbawang.

“Atas Nama DPRD Kabupaten Tulang Bawang Saya Ucapan : Dirgahayu Kabupaten Tulang Bawang ke 22. Semoga semakin sukses dan makmur”.

Sementara itu dalam pidatonya, Bupati Tulangbawang Winarti kali menegaskan bahwa 25 program yang telah masuk dalam RPJMD, merupakan hasil inspirasi dari masyarakat.

Terkait 25 program tersebut, Winarti menegaskan bahwa Pemkab Tulangbawang telah melakukan beberapa trobosan salah satunya pendirian Mall Pelayanan Publik (MPP).

Tak hanya itu Bupati Winarti juga mengatakan, untuk meningkatkan SDM guru yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, pihaknya telah memberikan 1000 laptop.

Di penghujung sambutannya, Bupati Winarti mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kondusifitas dan mensukseskan pemilu 2019.

“Saya Atas Nama Bupati Tulang Bawang mengucapkan ” Dirgahayu Kabupaten Tulangbawang Ke 22. Mari bersama bergotong royong membangun Say Bumi Nengah Nyapur”.

Reporter : Fitriyanto
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Cium Tangan Veteran, Winarti Minta Doa Tulangbawang Lebih Makmur

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang : Ada yang berbeda di Peringatan HUT Kabupaten Tulang Bawang ke 22 tahun 2019 kali ini.

Selain memberikan Satya lencana kepada 37 Pegawai Negeri Sipil, Pemkab Tulangbawang juga memberikan bingkisan dan tali asih kepada Veteran yang terlah berjuang untuk Indonesia dan Tulangbawang.

Sambil memberikan bingkisan kepada para veteran, dengan rendah hati Winarti lantas mencium tangan para pejuang seraya meneteskan air mata sekaligus meminta doa kepada pejuang tersebut agar Tulangbawang lebih baik.

Tak hanya mencium tangan, Bupati Winarti juga memeluk erat para pejuang yang telah berjuang untuk Indonesia dan Kabupaten Tulangbawang.

Reporter : Fitriyanto
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

37 PNS Tulang Bawang Terima Satya Lencana

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang : 37 Pegawai Negeri Kabupaten Tulang Bawang mendapatkan penghargaan berupa Satya Lencana. Pemberian penghargaan langsung diserahkan Bupati Tulangbawang Bawang Winarti. Selasa (20/03/2019).

Dalam pemberian penghargaan tersebut, satu persatu para PNS Tulangbawang di pasangkan tanda penghargaan dan diberikan piagam oleh Bupati Winarti.

Penghargaan Satya Lencana Karya Satya diberikan Pemkab Tulangbawang atas dedikasi, kecakapan dan disiplin para PNS dengan masa kerja minimal 10 tahun.

Reporter : Fitriyanto
Editor : Red

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: