Connect with us

Apa Kabar Lampung

Usia 55 Tahun, Gubernur Ridho: Lampung Tumbuh Maju untuk Indonesia

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Provinsi Lampung Ke-55 bertema ‘Lampung Maju untuk Indonesia’ Senin (18/3/2019) dibuka dengan Prosesi Adat Kanjauan.

Rombongan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo didampingi jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis, beserta kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, diarak dari kantor Gubernur Lampung menuju gedung DPRD Provinsi Lampung dengan mengenakan pakaian adat khas Lampung.

Sesampainya di depan gedung DPRD Provinsi Lampung, rombongan Gubernur Lampung disambut dengan prosesi adat Lampung berupa tanya jawab oleh ’juru baso’ dari pihak tamu dan pihak tuan rumah.

Suasana hangat dan meriah sangat terasa dalam acara tersebut. Setelah prosesi itu, Gubernur Ridho disambut Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal memasuki Ruang rapat DPRD Lampung.

Dalam rapat paripurna itu, Gubernur Ficardo menjelaskan di usia ke-55 Provinsi Lampung menapaki perjalanan sejarah cukup panjang. Seluruh bidang berkembang pesat dari sisi pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran, lapisan masyarakat dan komponen pembangunan di Provinsi Lampung yang ikut memberikan kontribusi nyata dalam proses pembangunan di Provinsi Lampung,” kata Gubernur.

Ridho mengajak seluruh komponen pembangunan di Provinsi Lampung, agar menjadikan Hari Jadi ke-55 sebagai sarana introspeksi diri demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Lampung.

Saat ini, jelas Gubernur Ridho, Provinsi Lampung mengalami kemajuan pesat dan diiringi berbagai program prioritas pembangunan Provinsi Lampung. “Provinsi Lampung mengalami kemajuan yang sangat pesat. Di antaranya peningkatan daya saing dari peringkat 25 di 2014 menjadi peringkat 12 di 2018, pertumbuhan ekonomi Lampung tumbuh sebesar 5,25% berada di atas rata-rata nasional sebesar 5.17%.

Keberhasilan pembangunan dibidang pertanian ditandai dengan naiknya NTP di Provinsi Lampung yaitu sebesar 104,21 menjadi 105,86 di 2018, berhasil menurunkan tingkat kemiskinan secara siginifikan dari 14,21% di 2014 menjadi 13,01% di 2018, dan terus berusaha untuk menurunkan persentase kemiskinan menjadi di bawah satu digit atau di bawah 10%, dan kemajuan pesat di bidang sektor lainnya,” jelas Gubernur Ridho.

Dalam mengupayakan menurunkan tingkat kemiskinan di bawah satu digit, Gubernur Ridho menjelaska salah satu upayanya yaitu dengan membuka lapangan kerja. Dengan terbukanya konektivitas Provinsi Lampung, investasi di Provinsi Lampung makin meningkat.

“Tentunya selain membuka lapangan kerja, pendidikan juga harus terus diperhatikan, sehingga secara langsung juga akan berpengaruh terhadap menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran di Provinsi Lampung,” jelas Gubernur Ridho.

Lebih lanjut, Gubernur Ridho menuturkan Pemprov Lampung juga terus fokus meningkatkan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung, Bandara Internasional Raden Inten II, Pembangunan Dermaga Eksekutif, pembangunan bendungan baru dalam meningkatkan pertanian Provinsi Lampung, pembangunan bumi perkemahan, pembangunan perpustakaan modern dan pembangunan Lampung Astronomical Observatory (LAO). Upaya itu untuk meningkatkan pendidikan di Provinsi Lampung dan upaya pembangunan di sektor lainnya.

Gubernur Ridho menjelaskan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar 140,9 KM diresmikan Presiden Joko Widodo dan beroperasi. Selain itu, Ruas Terbanggi Besar-Mesuji dalam beberapa bulan ke depan akan mampu beroperasi secara penuh.

“Kita harus bangga karena berhasilnya pembangunan JTTS ini tak lepas dari upaya percepatan yang dilakukan oleh ASN Lampung yang diketuai oleh Almarhum Adeham. Ini sesuatu yang sangat berarti karena kita tidak pernah mendengar hal ini di Provinsi yang lainnya. Dan hal ini diakui langsung oleh Presiden Jokowi sebagai kinerja ASN dalam membangun NKRI,” jelas Gubernur.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Lampung juga terus memfokuskan untuk memantapkan infrastruktur jalan, peningkatan pembangunan disektor pendidikan, kesehatan, pembangunan pariwisata, ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi Lampung, dan menurunya tingkat kemiskinan, dan peningkatan pembangunan.

Semua itu tentu tidak mudah diwujudkan, oleh karenanya Gubernur Ridho mengajak seluruh lapisan masyarakat Lampung untuk berkomitmen dalam meningkatkan sinergi serta berkeyakinan sungguh-sungguh untuk mewujudkannya. Gubernur Ridho juga berharap di Hari Jadi Lampung ke-55, Lampung dapat semakin maju dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Lampung bagi kesejahteraan masyarakat Lampung.

“Tentunya berbagai upaya pembangunan dalam memajukan dan mensejahterakan Provinsi Lampung diharapkan mampu memberikan kemakmuran bagi masyarakat Lampung. Dan apa yang telah kita siapkan harus dapat dirasakan dan dinikmati oleh anak-anak Lampung dan Generasi Lampung kedepannya,” harap Gubernur Ridho.

Di sisi Iain, dalam sambutannya Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal menjelaskan dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Lampung ke-55, Lampung sudah banyak menorehkan berbagai prestasi dan kemajuan yang sangat pesat, walau ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

“Provinsi Lampung saat ini tengah mengalami kemajuan, baik dari segi infrastruktur seperti beroperasinya Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Bandara Internasional Raden Intan II, Pengembangan Bandara Gatot Subroto Way Kanan untuk penerbangan sipil, pembangunan bendungan ekonomi daerah, dan pembangunan perumahan untuk rakyat sebagai langkah utama menciptakan hunian masyarakat yang murah,” jelas Dedi.

Kemudian, dari berbagai peningkatan pembangunan Iain. Seperti pendidikan, kesehatan, pembangunan pariwisata, ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi Lampung, dan menurunya tingkat kemiskinan, dan peningkatan pembangunan.

Tantangan ke depan, jelas Dedi, akan semakin berat. Untuk itu, dibutuhkan solidaritas tinggi, gotong royong, bahu membahu, serta meningkatkan sinergi seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk kemajuan Provinsi Lampung tercinta. (Humas Prov Lampung)

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel Bagikan 39 Ekor Hewan Kurban

Avatar

Published

on

LAMPUNG SELATAN, LTD : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan berhasil mengumpulkan 39 ekor hewan kurban berupa sapi dari bupati dan perangkat daerah.

Hal ini terungkap setelah Jajaran Pemkab Lampung Selatan menggelar rapat persiapan pelaksanaan salat Idul Adha (Id) 1445 Hijriah dan penyembelihan hewan kurban di ruang kerja Staf Ahli Bupati, Kamis, 13 Juni 2024.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik (PHP) Anton Carmana, mengatakan hewan kurban yang berhasil dikumpulkan tersebut akan di distribusikan kepada sejumlah lembaga, pondok pesantren, organisasi, Tenaga Harian Lepas Sukarela (THLS) dan masyarakat.

“Ya, makna dari berkurban inikan berbagi, untuk menumbuhkan jiwa sosial. Harapannya, disaat merayakan Hari Raya Idul Adha, masyarakat turut merasakan kebahagian,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag Sosial Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Lampung Selatan Dhanil, menyatakan dari target 52 ekor sapi yang terkumpul total 39 ekor. Dimana, 32 ekor akan didistribusikan untuk pondok pesantren, lembaga dan organisasi.

“Sisanya, 4 ekor akan diprioritaskan untuk THLS, yang nantinya akan di kelola Satpol-PP Lampung Selatan dan 3 ekor lagi akan diserahkan kepada pihak Masjid Agung, untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar,” katanya.

Gelar Salat Id

Anton Carmana, menjelaskan jika Pemkab Lampung Selatan juga akan menggelar salat Id di dua lokasi saat hari raya kurban yang jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.yakni di lapangan sepakbola Desa Waygalih, Kecamatan Tanjungbintang dan di Lapangan Korpri Pemkab Lampung Selatan.

“Insya Allah, pak bupati akan melaksanakan salat Id di Desa Waygalih,”jelasnya.

Sementara, Kasubbag Sosial Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Lampung Selatan Dhanil mengatakan pada pelaksanaan salat Id di Lapangan Desa Way Galih akan di Imami Ustad Pendi dan Khotib Ustad Suparman serta Bilal Ustad Fuad.

“Sedangkan, di pelaksanaan salat Id di Lapangan Korpri depan Kantor Bupati Lampung Selatan akan di imami oleh Ustad Khoriul Ulum dan bilalnya Rian. Untuk Khotib -nya belum final. Sebab, imam khotibnya masih dicari,” katanya. (Rls)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Polwan Polresta Bandar Lampung Jalani Pemeriksaan Gaktiblin

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung – Sebanyak 98 personel Polisi wanita Polresta Bandar Lampung menjalani pemeriksaan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktiblin) di Mapolres setempat, Kamis (13/6/2024) pagi.

Kasi Propam Polresta Bandar Lampung Iptu B. Panggabean, mengatakan bahwa pemeriksaan sendiri meliputi sikap tampang, gampol serta surat surat administrasi pribadi.

“Yang bisa hadir ada 98 personel, sementara 4 orang lainnya sedang cuti melahirkan” jelas Kasi Propam Polresta Bandar Lampung Iptu B. Panggabean.

Didampingi oleh senior Polwan Polresta Bandar Lampung, pemeriksaan dilakukan di Aula Mapolresta Bandar Lampung.

“Hasil pemeriksaan, Alhamdulillah kita tidak menemukan pelanggaran baik dari segi sikap tampang, gampol maupun terkait surat administrasi pribadi” ungkap Kasi Propam.

Panggabean mengimbau kepada seluruh Polwan untuk menjaga diri baik perfoma maupun tingkah laku baik itu di lingkungan dinas maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

“Ini rutin kita lakukan sebagai bentuk pengawasan” ungkap Kasi Propam.(*)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Popularitas Kepemimpinan Nanang Ermanto Masih Tinggi

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Kepemimpinan Bupati Lampung Selatan Hi. Nanang Ermanto terbilang positif dan populer dimata warganya.
Kegiatan tugas pokok fungsi (tufoksi) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, dinilai menyentuh dan disukai serta direspon baik.
Melalui publikasi – publikasi baik dari media cetak, online, elektronik, dan sosial media (sosmed) terekspose meluas dikalangan masyarakat.
Seperti halnya diungkapkan Nadjwa Artha Yaneva (17) warga Kalianda, yang juga seorang putri jurnalis senior.
Dikutip dari web media online newslampung.co, Nadjwa yang duduk dibangku SMA salah satu sekolahan di Lampung Selatan ini mengatakan, berita – berita mengenai kegiatan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang tersebar di sosmed banyak mendapat respon like (suka) para netizen di Lampung Selatan.
“Semalaman Nadjwa, baca berita yang dibuat sama papa di media papa. Dari yang Nadjwa baca dan perhatiin, ternyata berita papa soal Pak Nanang di banding berita lainnya paling banyak disukai pembaca. Rata – rata yang ngelike berita papa soal kegiatan Pak Nanang diatas 100 semua. Gak, ada yang dibawah 100, pa. Itu artinya, nitezen banyak yang suka dengan Pak Nanang mimpin Lamsel lagi,” beber Nadjwa dengan polosnya saat bincang santai dengan orang tuanya diruang keluarga kediamannya, Rabu sore (12/06/2024).
Secara spontan, ucapan Najdwa tersebut ditimpal oleh ibunya, yakni Eva Kontesa, SE. Dirinya membenarkan apa yang dikatakan Najdwa benar adanya tanpa di rekayasa.
“Ya, bener itu apa kata anak mu, pa. Di kantor mama juga, banyak yang suka dengan cara kepemimpinan Pak Nanang, pa,” tukas Eva Kontesa saat itu duduk bersebelahan dengan Nadjwa.
“Apalagi, Nadjwa spontanitas dan gak ada yang suruh bilang begitu. Artinya, Pak Bupati Nanang Ermanto, paling kuat duduk lagi jadi Bupati Lamsel,” tambahnya.
Mendengar ucapan ibunya itu, Nadjwa menyebutkan bahwa kawan kawannya di sekolah pun banyak yang bilang Pak Nanang itu sangat perhatian dengan masyarakat. Termasuk, perhatian sama anak sekolah.
“Buktinya, Pak Nanang kunjungan ke sekolah Nadjwa SMAN 1 Kalianda. Waktu itu, temen temen, termasuk Nadjwa senang, Pak Nanang banyak bagi bagi hadiah,” pungkasnya.
Disisi lain, perbincangan keluarga tersebut mengenai kepemimpinan Bupati Nanang Ermanto dapat dijadikan refrensi para pemilih Pemilukada Lampung Selatan pada November 2024 mendatang.
Sebagai informasi, Nanang Ermanto bakal maju kembali di Pemilukada Lampung Selatan sebagai calon incumbent. (Rls).
Continue Reading

Trending