Connect with us

Apa Kabar Lampung

Sosialisasi Keamanan Pangan, DKP Lamsel Sasar Sekolahan Dasar

Avatar

Published

on

Lampung Selatan – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) sosialisasikan keamanan, mutu dan gizi jajanan dilingkungan sekolah.

Sasaran sosialisasi sendiri tertuju pada sejumlah sekolah dasar (SD) di Kabupaten Lamsel, dalam rangka peran serta pemerintah kabupaten Lamsel dalam bidang ketahanan pangan.

Menurut Kepala DKP Kabupaten Lamsel Ir. Yansen Mulya, sosialisasi tersebut dilakukan karena ada keprihatinan terhadap keamanan, mutu dan gizi jajanan yang dijual dilingkungan sekolah.

“Sekarang ini, banyak anak-anak yang mengandalkan jajanan di sekolah, jarang sarapan atau membawa bekal dari rumah. Padahal usia SD, adalah masa pertumbuhan pesat kedua setelah Balita,” beber Yansen Mulia, ditemui dikantornya, Senin (25/03/2019).

Dirinya mengatakan, jajanan dilingkungan sekolah belum tentu bisa dipastikan jajanan yang bergizi bagi para siswa. Maka dari itu, peran serta orangtua sangat diperlukan mengontrol jajanan anak-anaknya, salah satunya membiasakan membawakan bekal makanan bagi anaknya.

“Tadi sempat saya tanya jumlah uang jajan per hari ke siswa, jawabannya macam-macam ada yang Rp.2000,- bahkan ada yang Rp. 20.000 per hari. Kebiasaan jajan belum tentu baik, tadi saya sampaikan ke anak-anak, agar biasakan bawa bekal dari rumah,” kata Yansen.

Sementara itu, Kepala Bidang Mutu dan Keamanan Pangan, Hilmiyati mengatakan, pembinaan ini bertujuan untuk mengedukasi anak sekolah bagaimana memilih jajanan yang sehat dan bernutrisi.

“Seperti pentingnya sarapan sebelum berangkat ke sekolah serta siswa memiliki kesadaran untuk makan sayur. Pada sosialisasi ini kita utamakan makan sayur dan buah lokal. Karena hasil penelitian perguruan tinggi, sekitar 95,5 % anak dan dewasa tidak mengkomsumsi buah dan sayur, sementara buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh yang tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh manusia,” ujarnya.

Lebih jauh Hilmiyati menambahkan, tahun ini pihaknya menargetkan dapat melakukan penyuluhan di 20 SD yang tersebar di 17 kecamatan.

“Pada sosialisasi ini selain siswa, kita juga mengikutsertakan pedagang kantin di lingkungan sekolah serta perwakilan guru. Harapannya siswa bisa memilih jajanan yang sehat, pedagang kantin menyediakan jajanan yang bergizi, guru bisa mengawasi dan mengontrol jajanan yang di jual di lingkungan sekolah. Kebersihan kantin juga menjadi konsen kita. Alhamdulillah sejauh ini, respon pihak sekolah sangat baik,” tutupnya. (Eko)

Apa Kabar Lampung

Baznas Tubaba Bantu Rehab Rumah Korban Puting Beliung

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang Barat : Kasmuri (31) warga Penumangan Baru Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba)merupakan salah saru korban puting beliung yang mendapatkan bantuan rehap rumah oleh Baznas Tubaba. Penyerahan tersebut langsung diserahkan pihak Baznas melalui aparatur Tiyuh, Senin 12/4.

Kegitan sosial tersebut di hadiri oleh perangkat Tiyuh Penumangan Baru dan warga sekitar serta dari unsur pimpinan Kecamatan Tulang Bawang Tengah yang di wakili Sekcam Tulang Bawang Tengahl

Dalam s3ambutannya, pengurus Baznas Tubaba yang di wakili oleh H. Purwanto mengungkapkan bahwa Baznas akan selalu ada dan hadir membantu masyarakat yang membutukan. “kami sifatnya hanya menyalurkan apa yang menjadi kewajiban kami selaku pengurus untuk selalu mendampingi masyarakat rentan” ujar H. Purwanto.

Sementara itu Aris Sutopo Juru Tulis Tiyuh Penumangan menyampaikan terimakasih atas kepedulian Baznas pada salah seorang warga nya yang terkena puting beliung. “saya berharap ada manfaat dan menjadi keberkahan bagi para muzakki dan penerima nya “ujar Aris Sutopo.

Mewakil Camat Tulang Bawang Tengah memberikan apresiasi yang tinggi atas gerak cepat Baznas dalam bekerja membantu warga yang terkena musibah. “semoga ini menjadi penguat kepedulian sosial di antara kita dan menjadi inspirasi bagi warga untuk saling membatu antar sesama ” ujar Sekcam Samsul Hadi. (Jonsi Putra).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel Dan BPD Tandatangani PKS

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung (Bank Lampung) Cabang Kalianda, Jumat (9/4/2021).
Penandatanganan PKS itu dilakukan antara Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Bank Lampung terkait pengelolaan keuangan kas daerah Pemkab Lampung Selatan, dengan masa waktu 1 tahun.
Kemudian PKS antara BPPRD dan Bank Lampung terkait dengan penunjukan PT. Bank Lampung Cabang Kalianda sebagai bank operasional tempat pembayaran pajak dan retribusi daerah di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, dengan masa waktu 2 tahun.
Kegiatan yang berlangsung di ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan itu, turut disaksikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Supriyanto, S.Sos, MM, dan sejumalah pejabat utama setempat.
Nampak hadir pula Kepala PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung Cabang Kalianda, Mala Tisno, beserta jajaran.
Supriyanto mengatakan, penandatanganan PKS tersebut merupakan tindak lanjut dari berbagai proses kegiatan yang telah dilaksanakan sejak bulan Desember 2020.
“PKS ini tindak lanjut dari proses rangkaian yang kita lalui sejak Desember dan Januari. Karena kerjasama ini, didalamnya juga memuat beberapa poin-poin yang perlu kita sepakati dan telah disepakati,” ujarnya.
Supriyanto berharap, kedepan akan terjalin kembali PKS lainnya antara Pemkab Lampung Selatan dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung Cabang Kalianda. (Eko/kmf)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bersama Nanang Ermanto Keliling Kebun Edukasi, Rektor ITERA : Kami Siap Bantu Kembangkan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima kunjungan silaturahmi Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc, P.hD di Rumah Dinas, Jumat (09/04/2021).
Dalam kesempatan tersebut, Nanang didampingi Sekda Thamrin, Staf Ahli Bidang Keuangan Akar Wibowo, Kadis Pariwisata Rini Ariasih, Plt Staf Ekobang Muhadi dan Plt Kadis Kesehatan Eka Riantinawati.
Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana santai di gazebo halaman samping rumdin tersebut, Rektor ITERA banyak menyampaikan usulan kepada Bupati Lamsel, diantaranya perlu penambahan gedung baru sarana olahraga, beasiswa dan keberlangsungan luring di kampus yang bakal mencetak ahli-ahli di bidang teknologi tersebut. Terkait gedung baru, Rektor ITERA akan membuat gedung tersebut sebagai Icon Lamsel.
Usai berbincang sekitar 1 jam lamanya, rombongan Rektor ITERA diajak berkeliling dan memanen buah semangka di Kebun Edukasi.
“Kami bagian daripada Kabupaten Lampung Selatan, Kampus ITERA adalah milik Lampung Selatan pada hari ini kami bersilaturahim bagaimana dan apa yang bisa kami kerjakan, apa yang ada di kita itu akan kami berikan dengan ikhlas untuk perkembangan Lampung Selatan,” ujar Profesor Ofyar, pakar tranportasi sipil jebolan University Of Birmingham tersebut.
Untuk perkembangan Kebun Edukasi, Profesor Ofyar akan siap membantu mewujudkan keinginan Bupati Lamsel dengan segenap SDM yang dimiliki Kampus Teknologi diluar Pulau Jawa tersebut.
“Banyak sekali Prodi-Prodi dikami itu bisa dimanfaatkan demi kemajuan Lampung Selatan. Banyak hal yang bisa kami lakukan disini, kita banyak mahasiswa, kita banyak dosen yang membutuhkan lapangan, kami akan terjunkan mahasiswa praktek disini khususnya dibidang kebun, kan ada teori dan ada praktek. Yang penting adalah saling menguntungkan,” pungkas Profesor Ofyar. (Eko/Kmf)

Continue Reading

Trending