Connect with us

Advetorial

Dewan Minta Pemkab Cek Kelengkapan Perusahaan di Lampung Tengah

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Tengah mendukung langkah pemerintah daerah mengecek kelengkapan perusahaan di Lamteng.

Pasalnya, di lapangan banyak ditemukan perusahaan yang terindikasi tidak memikiki badah hukum yang lengka.

“Kita sangat mendukung. Apalagi untuk meningkatkan PAD. Kalau bicara PAD untuk kesejahteraan masyarakat Lamteng,” kata anggota DPRD Lamteng Jahri Effendi, Jumat (5/4/2019).

Jahri Effendi menyatakan, pihaknya juga sudah turun lapangan ke beberapa perusahaan. “Kita sudah turun ke beberapa perusahaan. Banyak temuan di lapangan. Kayak izin mendirikan bangunan (IMB) yang bermasalah dan lainnya,” kata dia.

Menurutnya ada sekitar sembilan perusahaan yang dipanggil untuk hearing namun sudah dua kali mangkir. “Kita minta datang untuk membawa data-data. Dalam hal ini, upaya paksa belum bisa dilakukan karena takut mengganggu pemilu,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, Tim Intesifikasi dan Ekstensifikasi PAD Lamteng akan mendatangi 31 perusahaan mulai 15 April 2019.

Hal ini menindaklanjuti Surat Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI No. B/1975/KSP.00/10-16/02/2019 tanggal 25 Februan 2019 tentang Monitoring dan Evaluasi Realisasi Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lamteng A. Helmi menyatakan tahap pertama tim yang diketuai Sekkab Adi Erlansyah akan turun ke 31 perusahaan. “Tahap pertama 31 perusahaan. Kunjungan mulai 15 April 2019,” katanya.

Helmi melanjutkan, tim akan mengecek dokumen perizinan perusahaan. “Perizinan perusahaan akan dicek. Di antaranya profil perusahaan, IPPT, izin lingkungan (UKL/UPL), SIUP, TDP, IMB, akta badan hukum, jumlah karyawan atau pekerja, dan jumlah sumur bor,” paparnya.

Tim Intensifikasi dan Ekstensifikasi dibentuk, kata Helmi, adalah upaya meningkatkan PAD Lamteng. “Ini upaya meningkatkan PAD Lamteng. Kita periksa kebenaran perizinannya, termasuk kewajiban perusahaan atau pelaku usaha. Jika perizinannya belum lengkap, harus dipenuhi. Bila ada perusahaan yang tak memenuhi kewajibannya akan dilaporkan ke Bapak Bupati,” ungkapnya.

Tim yang dilibatkan, kata Helmi, selain dari DPMPTS ada Disnaker, BPPRD, Disdagsar, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, DPRKP, dan PPNS. “Tim gabungan. Jika persyaratan tak dilengkapi harus dilengkapi. Jika ada yang melanggar harus diperbaiki. Jika tidak diindahkan, bisa direkomendasikan ditutup,” tegasnya.(adv) Candra

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Advetorial

Meriah, Pawai Budaya dan Kendaraan Hias Warnai HUT Lampura ke 73

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Pawai Budaya dan Kendaraan Hias yang digelar Pemerintah Lampung Utara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73, senin (24/6/2019), memukau ribuan pasang mata yang menyaksikan di pinggir-pinggir jalan yang dilalui peserta pawai.

Barisan pawai budaya diawali penampilan drumband, disusul barisan 23 Kecamatan di Lampung Utara dengan menampilkan keberagaman Bhinneka Tunggal Ika. Terlihat berbagai budaya nusantara ditampilkan, mulai dari pakaian adat Lampung, pakaian adat daerah lainnya, baju tradisional, baju profesi, serta kostum unik dilengkapi dengan atribut yang memberi keindahan dari penampilan mereka.

Para peserta pawai dari kegiatan ini berasal dari 60 Organisasi Perangkat Daerah‎, organisasi kemasyarakat, dan komunitas kesenian. Pawai Budaya dan Kendaraan hias dimulai pada pukul 09.00 Wib, melalui rute start dari depan Kantor PKK dan finish Di Kantor Pemerintah Lampung Utara.

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, Wakil Bupati Budi Utomo, Wakil Ketua DPRD I Nurdin Habim, unsur Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah, Sofyan, dan para Asisten hingga Kepala OPD serta tokoh masyarakat tampak berdiri diatas panggung utama untuk menyambut peserta pawai, di pintu masuk kantor PKK, Jalan Jendral Sudirman.

Pawai budaya menunjukkan potensi keragaman suku, agama, dan budaya yang ada di Lampung Utara. Berbagai adat, seperti Lampung, Sunda, Jawa, Bali, Batak dan etnis Tionghoa pun ikut menampilkan seni dan budaya yang mereka miliki.

Sesekali mereka menampilkan beberapa atraksi menarik, seperti silat, barongsai, reog, kuda lumping, pertunjukkan permainan tradisional, tarian, dan lainnya, yang membuat masyarakat tertarik dan terpukau dengan penampilan ragam budaya itu.

Yang paling seru dan ditunggu-tunggu masyarakat adalah parade mobil hias dari Instansi pemerintah, yang menampilkan proses pembangunan serta hasil-hasil capaian kerja yang dilaksanakan.

Berbagai bentuk kreatifitas dalam arak-arakan mobil hias menjadi suguhan istimewa untuk masyarakat, ada mobil hias yang dibentuk Ikan, replika tugu kayu rato, replika bus sekolah, replika buku ‘raksasa’ Perda lengkap dengan palunya, dan berbagai potensi yang ada di Lampung Utara.

Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, mengatakan, pawai budaya dan kendaraan hias ini sebagai ruang untuk menggerakkan kreatifitas masyarakat memberi motivasi kepada seluruh elemen masyarakat dalam menggerakkan ekonomi dan potensi yang ada di Lampung Utara.

” Ini moment penting bagi masyarakat, bila dikemas dengan baik maka akan menjadi salah satu kekuatan perubahan Lampung Utara,” ucapnya.

Selain itu, menurut Agung, kegiatan ini merupakan cermin dari persatuan dan kesatuan yang selama ini terjalin di wilayahnya.‎ Sebab, kebudayaan yang ditampilkan tidak hanya berasal dari satu suku saja melainkan dari banyak suku, seperti Jawa, Lampung, Batak, dan bahkan etnis Tionghoa.

” Mari tetap jaga persatuan dan kesatuan ini karena sejatinya‎ perbedaan bukanlah jurang pemisah melainkan perekat supaya kita menjadi satu-kesatuan yang utuh,” ucapnya.

Sementara, Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Lampung Utara, Rahadian Aksa mendampingi Sekretaris Dewan, Adrie, ‎mengatakan, dalam pawai kendaraan hias kali ini, Sekretariat DPRD menyuguhkan kendaraan yang dihiasi dengan sebuah replika yang menyerupai buku ‘raksasa’ Perda lengkap dengan palunya.

Makna yang ingin disampaikan dalam replika tersebut adalah lembaga DPRD selalu bersama – sama dengan pihak eksekutif dalam mewujudkan pembangunan yang Berkeadilan dan sejahtera.

” DPRD dan Pemkab itu merupakan satu-kesatuan yang utuh dan saling melengkapi ‎satu sama lain dalam memajukan dan membangun sebuah daerah,” katanya. (ADVETORIAL)

Continue Reading

Advetorial

Pemkab Lamtim Gelar Sertijab dan Pelepasan Bupati Lampung Timur

Redaksi LT

Published

on

Lampung Timur : Serah terima jabatan dari Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim yang sebelumnya merupakan Bupati Lampung Timur (Lamtim) kepada Zaiful Bukhori. Sertijab berlangsung di Gedung Pusiban komplek perkatoran Sukadana Lampung Timur.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan para ASN pemkab setempat, Rabu (19/06/2019).

Dalam sambutannya, Zaiful memberikan ucapan selamat kepada Arinal dan Chununia yang terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa jabatan 2019-2024 yang belum lama di lantik.

Lanjutnya, Zaiful berharap kepada seluruh pejabat dan masyarakat sekabupaten Lamtim kedepan dapat menjadi lebih baik.

“Semoga lebih baik dan lebih maju lagi sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud sesuai yang diinginkan,”ucapnya.

Zaiful berkomitmen untuk menjadi pemimpin yang dapat mengayomi dan melayani seluruh masyarakat Lamtim, tanpa terkecuali dan akan terus menjaga mandat, kepercayaan masyarakat.

” saya akan bekerja dengan seluruh pikiran, tenaga, waktu dan sumber daya yang saya miliki, akan saya dedikasikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Lampung Timur,”jelasnya

Dalam kesempatan yang sama, wakil Gubernur Lampung Chusnunia mengatakan, kendati saat ini dirinya sudah menjadi Wakil Gubernur Lampung namun ia tetap berharap kepada Plt Bupati Lamtim Zaiful Bukhori agar dapat memajukan Lamtim kedepan untuk lebih baik.

” Dalam masa kepemimpinan saya dan pak Zaiful, banyak suka duka yang kami hadapi guna membangun Lamtim yang lebih baik. Maka saya berharap agar pak Zaiful dapat melanjutkan program pembangunan yang yang belum terlaksana. Mudah-mudahan kedepan akan semakin lebih baik lagi,” tandasnya. (ADV/MANDRA).

Continue Reading

Advetorial

Boytenjuri Jadi Penjabat (Pj) Gubernur Lampung

Redaksi LT

Published

on

JAKARTA : Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri Tjahtjo Kumolo mengukuhkan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kemendagri, Boytenjuri sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Lampung.

Pengukuhan dilaksanakan di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kementerian Dalam negeri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat, Minggu (2/6/2019) pada pukul 10.00 WIB.

Pengukuhan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 58/P Tahun 2019 tanggal 31 Mei 2019 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Lampung.

Mendagri Tjahjo Kumolo menuturkan pengukuhan ini dilakukan mengingat akhir masa jabatan Gubernur Lampung periode 2014-2019 M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri berakhir pada 2 Juni 2019.

“Pengukuhan ini dilakukan karena tidak boleh adanya kekosongan Jabatan Gubernur Lampung. Selanjutnya, Pj. Gubernur Lampung akan bertugas terhitung mulai hari ini hingga Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dikukuhkan,” jelasnya.

Terkait pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Arinal Djunaidi dan Wagub Chusnunia Chalim Tjahjo menjelaskan akan dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Rencananya pengukuhan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Terpilih Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim akan dilaksanakan akan dilaksanakan usai cuti Idul Fitri, tepatnya tanggal 12 Juni 2019,” ujar Tjajo.

Usai Pengukuhan, M. Ridho Ficardo berharap Pj. Gubernur Lampung Boytenjuri dapat segera berkonsolidasi dan bersinergi dengan Forkopimda Provinsi Lampung dan jajaran Pemerintah Provinsi Lampung.

“Mengingat kita akan menghadapi hari besar berupa mudik lebaran, saya berharap Boytenjuri dapat segera bersinergi dengan Forkopimda Provinsi Lampung dan jajaran OPD dilingkungan Pemprov Lampung, sehingga pelaksanaan tugas dapat dilaksanakan dan dijalankan dengan baik,” harap M. Ridho Ficardo. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: