Connect with us

Apa Kabar Lampung

Tim International Coconut Community dan Delegasi Papua Nugini Sambangi Lampung Selatan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan – Tim International Coconut Community (ICC) dan Delegasi Papua Nugini mengungjungi Kabupaten Lampung Selatan, Senin (8/4/2019).

Kedatangan rombongan yang dipimpin langsung Uron N. Salum selaku Direktur Eksekutif ICC bersama Kris Magaya sebagai Ketua Delegasi Papua Nugini diterima oleh Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Ekonomi Pembangunan Syahlani, di Aula Krakatau, kantor bupati setempat.

Turut hadir juga sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang membidangi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pangan, perindustrian, usaha kecil menengah, dan pariwisata.

Adapun kunjungan Tim ICC dan Delegasi Pemerintah Papua Nugini tersebut dalam rangka peningkatan pemahaman dan kapasitas pegawai pemerintah di negara anggota ICC dalam pengolahan produk-produk turunan kelapa, khususnya yang ada di Lampung Selatan.

Selain itu, kedatangan Tim ICC itu juga untuk memberikan dukungan, mempromosikan, mengoordinasikan dan menyelaraskan semua kegiatan industri kelapa yang menopang kehidupan petani kecil serta mereka yang terlibat dalam produksi, pengolahan dan pemasaran produk kelapa.

Sementara, dalam kata sambutannya, Syahlani memaparkan gambaran umum Kabupaten Lampung Selatan. Dimana katanya, kabupaten yang terdiri dari 17 kecamatan dengan 256 desa dan4 kelurahan  itu memiliki jumlah penduduk sebanyak1.261.393 jiwa.

Lebih lanjut Syahlani mengungkapkan, komoditas perkebunan yang dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Lampung Selatan adalah kelapa dalam, kelapa sawit, kakao, karet, cengkeh, tembakau dan kelapa puan (kopyor) yang merupakan komoditas populer di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kabupaten Lampung Selatan juga merupakan penghasil kelapa terbesar di Provinsi Lampung dengan produksi sebanyak 126.618 ton per tahun,” ungkap Syahlani yang menyampaikan sambutan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Syahlani juga mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, Kabupaten Lampung Selatan senantiasa menyelenggarakan peringatan Hari Perkelapaan Dunia atau yang dikenal dengan World Coconut Day.

Hal itu menurutnya, sebagai bentuk komitmen pemerintah bersama-sama dengan masyarakat baik pelaku utama atau petani, pengrajin, bersama lapisan masyarakat lainnya untuk membangun kembali komoditas kejayaan Lampung Selatan yaitu kelapa sebagai pohon kehidupan (the tree of life).

“Bagi sebagian masyarakat Lampung Selatan, kelapa masih menjadi komoditas andalan sebagai sumber pendapatan baik dalam bentuk segar maupun olahan dan turunannya. Dengan luas kebun kelapa seluas 23.133 Hektar dan potensi produksi kopra mencapai 126.618 ton pertahun, Lampung Selatan menjadi pemasok kelapa segar untuk Bandar Lampung dan Pulau Jawa serta industri pengolahan kelapa,” kata Syahlani.

Syahlani menambahkan, selain pekebun yang menghasilkan komoditas kelapa segar, di Kabupaten Lampung Selatan juga terdapat sejumlah pelaku utama yang memperoleh pendapatan sebagai pengrajin gula kelapa, nata de coco, pengrajin batok kelapa dan penangkar benih kelapa.

“Pengolahan turunan kelapa di Lampung Selatan dilakukan oleh perorangan, kelompok maupun perusahaan. Diantaranya di Kecamatan Kalianda, Palas, Candipuro, Sidomulyo, dan Natar. Dan hampir disemua kecamatan memiliki industri pengolahan turunan kelapa,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun, Tim ICC dan Delegasi Papua Nugini itu akan melakukan kunjungan lapangan ke sejumlah perkebunan kelapa yang dikelola masyarakat. Rencananya tim tersebut akan berada di Kabupaten Lampung Selatan hingga Jumat (12/4/2019) mendatang. (kmf/eko)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesiar Hadiri Peringatan Hari Adhyaksa Ke 59

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat ; Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H di dampingi oleh wakil bupati pesisir barat Menghadiri acara hari bakti adhyaksa ke 59, di kantor Kajari liwa, kelurahan way mengaku Kecamatan Balik Bukit, Senin (22/7).

Mengawali sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan selamat hari bakti adhyaksa ke – 59 semoga kedepannya adhyaksa menjadi lebih baik dan menjadi panutan bagi seluruh instansi serta seluruh lapisan masyarakat.

Lanjut Agus Istiqlal, Beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas undangannya semoga kita yang hadir disini diberi kesehatan dan umur yang panjang sehingga kita semua dapat menjalankan tugas kita sebagai pelayan,penganyom masyarakat dan abdi negara dapat berjalan sebagaimana mestinya “harap agus istiqlal”

Kemudian agus istiqlal menceritakan pada saat beliau masih aktif di kejaksaan agung Republik Indonesia sebagi Kasubdit TUT dan HAM Berat JAMPITSUS
beliau berbagi pengalaman kerja dan kiat – kiat dalam menghadapi persoalan -persoalan yang tengah dihadapi. bukan maksud beliau untuk pamer kekuasaan akan tetapi sebagai senior agus istiqlal mempunyai kewajiban untuk berbagi pengalaman dengan harapan junior-juniornya bisa berperan aktif lagi dan selalu semangat dalam menghadapi permasalah yang ada terutama yang berurusan terhadap pelayanan masyarakat tentang hukum, agar dalam pelaksanaan tugas selalu bisa berbuat jujur dan adil yang tidak merugikan sepihak “tutup agus istiqlal”

acara tersebut dihadir oleh kajari liwa, bupati lampung barat, kapolres lampung barat,ketua pengadilan lampung barat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesibar Hadiri Paripurna KUA-PPAS RAPBD-P 2019

Redaksi LT

Published

on

Pesisir barat – Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H Menghadiri cara rapat paripurna penyampaian nota pengantar KUA-PPAS RAPBD-P kabupaten pesisir barat tahun anggaran 2019, di Gedung Dharma Wanita, kecamatan pesisir tengah, Senin (22/7).

Dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota dewan yang terhomat atas sinergitas yang terjalin antara DPRD kabupaten pesisir barat dengan pemerintah kabupaten pesisir barat.

Selanjutnya berdasarkan pada dasar kebijakan perubahan apbd tahun anggaran 2019 tersebut di atas, untuk target dan sasaran makro daerah pada tahun 2019 tidak mengalami perubahan, yaitu :
1. pertumbuhan ekonomi tumbuh sebesar 5,3-5,4%;
2. tingkat inflasi stabil pada angka 3,5-4%;
3. tingkat kemiskinan ditargetkan sebesar 14,45%;
4. indeks pembangunan manusia diproyeksikan sebesar 63,83 poin;
5. perkembangan indeks gini sebesar 0,29 poin;
6. tingkat pengangguran terbuka berada pada 1,71%;
7. pendapatan perkapita masyarakat pada angka 20.275 (dalam miliar rupiah).

berdasarkan pada uraian rencana perubahan pendapatan daerah dan perubahan belanja daerah , pada kebijakan umum perubahan dan ppas perubahan apbd tahun anggaran 2019 yang memproyeksikan target pendapatan daerah sebesar 841 milyar 859 juta rupiah sekian dan target belanja daerah sebesar 896 milyar 799 juta rupiah sekian menyebabkan perhitungan perubahan apbd tahun anggaran 2019 mengalami defisit sebesar 54 milyar 940 juta rupiah sekian, namun demikian defisit tersebut akan ditutup melalui surplus pembiayaan netto daerah dengan angka yang sama, sehingga perubahan apbd tahun anggaran 2019 akan mengalami anggaran seimbang pada angka 896 milyar 799 juta 550 ribu 772 rupiah 95 sen.
, “Pungkas bupati”.

Turut hadir Ketua DPRD, Wakil Ketua l DPRD, Plh.sekda edy mukhtar, dan 13 Anggota DPRD, Pabung, seluruh Kepala OPD dan camat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

TMMD 2019 Pengerjaan Fisik di Batunangkop Mencapai 40 Persen Lebih

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter)

Kodim 0412/LU, Kapten Inf Harpian Sari menyampaikan bahwa pengerjaan pembangunan fisik dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 di Desa Batunangkop, Kecamatan Sungkai Tengah, sudah mencapai 40 persen.

Pembangunan fisik ini meliputi jalan baru, gorong-gorong, rehabilitasi sarana ibadah, dan saluran drainase.

“ (Pengerjaannya) Ya sudah mencapai‎ lebih dari 40 persen,” katanya, Senin (22/7/2019).

Jelas Harpian, pembangunan fisik yang pengerjaannya telah mencapai 40 persen itu, yakni pembangunan jalan baru sepanjang 2,2 KM dengan lebar 6 meter (41 %), Pemasangan keramik dan Pengecatan gereja GKSBS (40 %), Pembuatan MCK dan tempat wudhu masjid Mambaul Huda ukuran 4 x 5 M (45%), Rehab masjid Al-Istiqomah ukuran 10 x 12 M (44%)‎,

‎Selain itu, terus dia, masih ada pembangunan box culvert (gorong-gorong) berukuran 2 x 6 M (36%), ‎pembangunan gorong-gorong Buis Beton 7 unit (38%), ‎pembangunan talud sepanjang 80 M (10%), Cor plat Ukuran 1×6 (10%).

“ Para prajurit TNI dan pihak lainnya terus bahu-membahu untuk segera menyelesaikannya,” ujarnya.

Menurut Harpian, TMMD 105 melibatkan prajurit TNI dari tiga Matra (AD, AL dan AU) , Polri, Pemerintah, dan masyarakat sekitar.

” Total yang terlibat mencapai 235 orang. 124 prajurit TNI AD, AL dan AU, 10 anggota Polri, 16 orang unsur Pemerintah, dan 85 warga sekitar.

Antusiasme warga cukup tinggi dan semangat gotong royongnya luar biasa, dan ini membuat kami (TNI) bangga,” tukasnya.

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: