Connect with us

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesibar Hadiri Lomba Pelon dan Bumdes Tingkat Provinsi

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menghadiri Penilaian lomba pekon dan penilaian BUMDES tingkat provinsi lampung, dipekon Suka Negara kecamatan pesisir tengah, pada Selasa (23/04/2019).

Dalam Sambutan Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan bahwa dengan dipilihnya pekon suka negara kecamatan pesisir tengah untuk mewakili kabupaten pesisir barat pada acara lomba pekon tingkat provinsi lampung tahun 2019 bukan tanpa alasan atau hanya sekedar menggugurkan kewajiban.

Akan tetapi pekon suka negara merupakan salah satu pekon yang masuk kategori pekon berkembang, dengan luas wilayah 440 ha2 dan jumlah penduduk 1.005 jiwa, 254 kk, mempunyai 4 dusun (pemangku) dengan 5 anggota lhp, dan dihuni oleh penduduk dari beberapa suku, yaitu lampung, jawa dan sunda.

kemudian, berdasarkan hasil survey data lapangan yang dilakukan oleh tim penilai tingkat kabupaten, telah sesuai dengan indikator penilaian lomba desa baik dari bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan, bahwa pekon suka negara memang layak untuk diusulkan mengikuti lomba pekon tingkat provinsi,” jelas Agus Istiqlal.

Masih kata bupati, pemerintah kabupaten pesisir barat sudah berusaha untuk memajukan pekon dengan memberikan perhatian dan komitmen yang tinggi ke seluruh pekon, antara lain dengan memberikan bimbingan teknis, melakukan pembinaan-pembinaan, baik terhadap kelembagaan pekon maupun yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan ekonomi masyarakat, sesuai dengan visi terwujudnya masyarakat yang madani, mandiri dan sejahtera di kabupaten pesisir barat.

Selanjutnya selain lomba pekon pada tahun ini, juga dilaksanakan penilaian terhadap badan usaha milik desa (BUMDES) atau badan usaha milik pekon (Bum Pekon) yang saat ini diwakili oleh Bumpekon mandiri jejama di pekon mandiri sejati kecamatan krui selatan, yang memiliki 2 (dua) unit usaha, yaitu unit usaha rest area (pariwisata), dan usaha penunjang lainnya adalah penggalian pasir dan pembuatan batako, perdagangan sarana dan hasil pertanian, serta industri kecil dan kerajinan rakyat.

kedua unit usaha tersebut baru berjalan setahun terakhir dan pada saat ini diikut sertakan dalam penilaian Bumdes tingkat provinsi, dengan tujuan sebagai ajang evaluasi tingkat provinsi, juga agar pihak pengelola khususnya dan pemerintah kabupaten pesisir barat umumnya memahami seperti apa idealnya sebuah bumdes disebut maju, sehingga dapat menjadi modal pemerintah kabupaten dalam memberikan pembinaan selanjutnya,”jelasnya.

Selanjutnya sambutan gubernur lampung yang diwakili oleh kepala Dinas PMD Drs.Yuda Setiawan,MM selaku ketua tim Penilai menyampaikan Terimakasih kepeda peratin suka negara beserta perangkatnya atas terlaksananya penilaian lomba pekon tingkat provinsi lampung.semoga pekon suka negara ini kedepan dapat mengelola bumdes destinasi desa wisata.

Turut Hadir Kepala OPD, Pabung, peratin Suka Negara, pengurus PKK kabupaten, PPk kecamatan dan seluruh masyarakat setempat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Apa Kabar Lampung

Antusiasnya Puluhan Anak di Krui Belajar Bahasa Inggris

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Potensi Pariwisata yang telah mendunia, rasanya belum dikatakan berhasil jika tidak memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitarnya. ” Bukan itu saja, potensi pariwisata yang telah mendunia juga tidak akan dikatakan berhasil tanpa pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia di sekitarnya “.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang tenaga pengajar bahasa inggris Freelance, Husin, pada Minggu (27/09/2020), saat ditemui di salah satu obyek wisata pantai Labuhan Jukung Krui.

” Pandemi Covid-19 memang sangat terasa sekali bagi para komunitas selancar yang lebih didominasi oleh para anak muda di Kabupaten ini ” ujar Husin.

” Berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelum terjadi pandemi Covid-19, paling tidak para komunitas selancar masih bisa bekerja sebagai Tour Guide (TG) bagi para Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang berkunjung kesini, ” ujar pemilik lembaga kursus bahasa inggris ” Twin English Course “(TEC) ini.

” Selama pandemi Covid-19 ini, bukan berarti kita harus menyerah untuk tetap mempromosikan Kabupaten ini sebagai destinasi pariwisata, ” tambahnya.

” Saat pandemi Covid-19 ini juga, saya ingin memberikan apresiasi positif kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat, melalui bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), ” ujar Husin.

” Saat pandemi Covid-19 ini, ada kontribusi program kegiatan mengajar dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat “. ” Program meningkatkan kualitas SDM ini tentunya untuk mengisi kegiatan di tengah pandemi Covid-19 ini, ” tambahnya.

Alhamdulillah kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata melalui bidang Pengembangan SDM telah berjalan sejak bulan Juli 2020 sampai sekarang, dan kegiatan ini terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa inggris, “ujar Husin.

” Tahap awal pelatihan bahasa inggris dari Dinas Pariwisata ini dilaksanakan di Kecamatan Pulau Pisang, ” ujarnya. ” Antusias para anak yang ingin belajar bahasa inggris memang mengalami peningkatan yang sangat signifikan, ” ujar Husin.

” Dari awal jumlah siswa sebanyak 15 orang dan sampai dengan sekarang telah mencapai sebanyak 56 orang, dan umumnya mereka para anak antara usia 8 – 14 tahun, ” tambah Husin.

” Jadwal mengajarnya dilakukan setiap hari Rabu bagi para anak dan Alhamdulillah malam harinya ada juga masyarakat umum yang tertarik untuk mengikuti kursus, ” tambah Husin.

” Sampai saat ini sudah ada 9 orang dari masyarakat yang telah mengikuti kursus bahasa inggris ini, ” ujar Husin. ” Sekali lagi, saya memberikan apresiasi yang positif dengan kegiatan ini “. ” Harapan saya kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat, agar kegiatan ini tetap terus dilakukan berkelanjutan “, ujar Husin. ( Indra )

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Beri Contoh Berdemokrasi Yang Baik, WaRu Turunkan Langsung APKnya

Zuli Ardiansyah

Published

on

www.lampungtoday.com
KABAR LAMPUNG KOTA METRO
#WAHDI QOMARU #SAHABAT WARU #SAHABAT WARU CERIA #KOTA METRO CERIA #METROBISA #WARUBERGERAK #WARU UNTUK METRO #INDEPENDEN

METRO — Pasangan calon Independen, WaRu (Wahdi – Qomaru) nomor 1 langsung menurunkan APKnya berupa Baleho, Banner dan Spanduk dimulai dari Lapangan Hadimulyo 22 Metro Pusat.

Penurunan APK WaRu itu di mulai hari ini, Sabtu (27/9) di Lapangan Hadimulyo dipimpin langsung dr Wahdi SpOG dan Drs Qomaru Zaman MA dibantu Tim Pemenangannya.

Usai menurunkan APK, Wahdi kepada media ini mengatakan, pihaknya sangat komit dengan aturan dan protokol kesehatan. “Kami sangat mendukung aturan kampanye dan memberikan contoh terbaik, ” jelasnya.

Di sisi lain Wahdi maupun Qomaru menambahkan, jika WaRu selalu ingin yang terbaik. Itu semuanya dilakukan untuk menciptakan suasana damai pilkada. “Kalau kita ingin masyarakat tertib, damai dan harmonis maka kita harus berbuat lebih dulu, ” kata Wahdi.

Penurunan APK WaRu sesuai jadwal atau tahapan pilkada serentak 2020. Dan, dr Wahdi – Qomaru saat melakukan penurunan juga, bekerja sendiri, membongkar paku kerangka Baleho, kemudian mereka berdua mengusung baleho, untuk dinaikkan ke mobil terbuka.

Bahkan, masyarakat yang melintasi prapatan 22 Hadimulyo sempat mengacungkan jempol, isyarat memberikan apresiasi kepada WaRu.
WaRu juga mendapat aplusan dari beberapa petugas yang mendampinginya. (Mery).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Septi Istiqlal Sosialisasi Senam Bersama Untuk Cegah Covid-19

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat Hj. Septi istiqlal mengikuti senam bersama, dalam rangka sosialisasi penceghan covid-19 dengan berolahraga di lapangan Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (25/09/2020).

Septi Istiqlal juga menyampaikan bahwa senam bersama ini bertujuan untuk Sosialisasi senam covid-19 sekaligus untuk meningkatkan imun tubuh, agar supaya seluruh pegawai di dinas selalu tetap sehat.

Septi istiqlal mengingatkan agar selalu mengikuti protokol Covid-19, yaitu melaksanakan 4 M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan selalu menghindari kerumunan.

Launching senam covid-19 ini agar dapat dilakukan di di setiap Kecamatan dan di OPD Pesisir Barat, ujarnya.
Septi Istiqlal juga berpesan kepada Karang Taruna agar dapat mensosialisasikan wajib memakai masker sebagai langkah awal untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Acara dilanjutkan dengan pembagian masker kepada para pegurus Karang Taruna di beberapa Kecamatan.

Turut hadir dalam senam bersama tersebut perwakilan seluruh OPD Pesisir Barat, para anggota TP-PKK Pesisir Barat dan para anggota Karang Taruna Pesisir Barat. (Indra)

Continue Reading

Trending