Connect with us

Apa Kabar Lampung

Dialog Publik Konektivitas Membangun Bangsa, Ini Yang Disampaikan Gubernur Lampung

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyampaikan kiat-kiat dan solusi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dalam upaya penanganan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1440 H Tahun 2019.
Hal tersebut disampaikan Gubernur Ridho saat menjadi narasumber pada acara Dialog Publik tentang Konektivitas Membangun Bangsa dengan hashtag #MudikSelamatGuyubRukun, di Woods Stairs Cafe, Way Halim, Bandar Lampung, Selasa (23/4/2019).

Acara tersebut kerjasama antara Tempo Media Group, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Pemerintah Provinsi Lampung dan Jasa Rahardja, yang dipandu oleh Pemimpin Redaksi Koran Tempo, Budi Setyarso.

Dialog ini, selain menghadirkan Gubernur Ridho, juga Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Radin Inten II Asep Kosasih Samapta serta Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub RI, Ahmad Yani.

Gubernur Ridho mengatakan kegiatan ini merupakan agenda dari perhelatan besar arus mudik maupun arus balik pada Idul Fitri 1440 H/2019 mendatang.

Ridho menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan Pemerintah Pusat akan konsen dan bersinergi dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pemudik.

“Banyak teknis yang harus dipersiapkan baik Pemprov, Kementerian, dan TNI/Polri, dengan situasi menjelang mudik ini harus kita siapkan,” ucapnya.

Sebagai salah satu alternatif pemudik, dikatakan Ridho adalah menggunakan fasilitas Jalan Tol Trans Sumatera Lampung. “Hari ini di Lampung JTTS merubah kondisi situasi arus mudik dan arus balik sebagai alternatif,” ujarnya.

Untuk sarana lainnya guna menunjang JTTS terhadap lancarnya para pemudik, Ridho menuturkan seperti penyediaan posko kesehatan dan kesiapan pelayanan kesehatan sebagai rujukan terdekat yakni Rumah Sakit Umum Bandara Negara Husada.

“Kita akan siapkan posko kesehatan dan Rumah Sakit Umum Bandar Negara Husada yang lebih cepat diakses jalan tol, juga sudah kita siapkan,” katanya.

Lalu, kesiapan juga Dermaga Eksekutif dan Bandara Gatot Soebroto di Kabupaten Way Kanan yang kini beroperasi sebagai bandara penerbangan sipil juga akan mejadi solusi bagi para pemudik yang ada di sekitar wilayah Provinsi Lampung dan perbatasan Provinsi Sumatera Selatan.

Selain itu, kiat-kiat dalam mengantisipasi terjadi masalah angkutan lebaran lainnya, seperti optimalisasi fungsi terminal dengan melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan angkutan penumpang umum, pemantauan tarif angkutan dan ramp check.

Lalu, penyediaan rest area di jalur lintas sumatera, prioritas angkutan PNP umum dalam pengaturan di lapangan, dan penanganan di titik-titik kemacetan.

“Selanjutnya kita juga melakukan penyediaan sarana informasi mudik lebaran, penyiapan mobil derek pada lokasi tertentu dan pengaturan penumpang diterminal, pelabuhan penyeberangan, stasiun dan bandara,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan melalui kajian yang dilakukan oleh Kemenhub, ada sekitar 18 juta lebih orang dari Jabodetabek yang akan mudik termasuk menuju ke Palembang dan Lampung.
“Untuk itu diperlukan kesiapan demi memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” ujarnya.

Tidak hanya dari segi infrastuktur, Budi mengatakan kesiapan semua aspek dan komponen perlu dilakukan dalam menyelenggarakan angkutan lebaran 2019.

“Akan terwujud kondisi yang baik apalagi semua pihak terlibat. Meningkatkan kepedulian kita terhadap keselamatan berkendara, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Budi mengatakan akan mengadakan rapat teknis bersama dengan Kepolisan termasuk daerah melalui Dinas Perhubungan untuk menentukan langkah-langkah penanganan dimasing-masing tempat yang rawan kecelakaan dan kemacetan.

“Di Lampung ini akan menjadi perhatian kita juga menyangkut masalah penyeberangan laut dan juga mengenai pengguna jalan tol kearah jalan nasional seperti biasa yang perlu kita antisipasi,” ujarnya.

Budi menyebutkan untuk pemudik asal Lampung yang berada di Jakarta, Kemenhub akan menyediakan Kapal Ro-Ro dari Jakarta langsung menuju Lampung. “Saya mengimbau kepada masyarakat Lampung yang ada di Jakarta dan sekitarnya yang mau pulang ke Lampung tidak usah melewati penyeberangan (Merak, Red) langsung dari Jakarta ke Lampung menggunakan kapal Ro-Ro. Dari Tanjung Priok sampai ke Pelabuhan Panjang,” katanya.

Acara dialog ini dihadiri juga peserta dari kalangan mahasiswa/i seperti Universitas Lampung dan UIN Raden Intan Lampung. Dampak kemajuan transportasi di Lampung dirasakan Dimas Aditia (19) Mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Ia menyampaikan bahwa fasilitas yang sudah dibangun oleh Pemerintah baik Pusat maupun Daerah sudah sangat baik demi mempermudah konektivitas antar daerah.

“Sangat bagus dan saya sendiri merasa sangat puas, kenapa? Karena sudah banyak fasilitas khususnya seperti JTTS Lampung untuk memudahkan konektivitas dan aksesbilitas transportasi. Apalagi akan menjelang mudik lebaran dapat menjadi sebuah alternatif baru bagi para pemudik,” ujarnya.(Humas Prov Lampung)

Apa Kabar Lampung

Instruksi Arinal di Musda X Golkar Lampura, Arnol Terpilih Kembali

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, Arinal Junaidi, menginstruksikan seluruh kader Partai Golkar di Lampung Utara berperan aktif
berperan aktif dalam membantu Pemerintah.

Instruksi Arinal ini disampaikan Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, Ismet Roni, ketika mewakili Arinal dalam Musyawarah Daerah X (Sepuluh) DPD Partai Golkar Lampung Utara.

” Pesan beliau (Arinal Junaidi) tegas kepada kita, seluruh kader, anggota fraksi di DPRD agar berperan aktif membantu Pemerintah Lampung Utara,” ucapnya disambut gemuruh tepuk tangan yang hadir, di Aula Kantor DPD Partai Golkar Lampung Utara, Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara, Kotabumi, Selasa (11/8/2020).

Pelaksaanaan Musda X DPP Partai Golkar Lampung Utara kali ini mengusung tema “Golkar Indonesia-Indonesia Golkar”.

Selain Ismet Roni, turut hadir dalam kegiatan Musda tersebut, Ketua AMPG Provinsi Lampung Hi.Aprozi Alam, bersama sejumlah petinggi Partai Golkar Provinsi Lampung lainnya. Selain itu, juga terlihat Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, Wakil Ketua I DPRD Lampung Utara, Madri Daud (Partai Gerindra), Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lampung Utara, Hafiezd, Mantan Wakil Bupati Lampung Utara, Rohimat Aslan, Ketua Partai Nasdem Lampung Utara, Imam Suhada, Ketua PAN Lampung Utara, Darwin Hipni, Ketua PKB Lampung Utara, Tabrani Rajab dan sejumlah petinggi Partai Politik lainnya serta ormas, OKP dan LSM.

Dalam Musda ini, Ismet juga menyampaikan arahan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi, yang juga merupakan Gubernur Lampung saat ini, bahwasannya Musda X DPD Partai Golkar Kabupaten Lampung Utara dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan menjadi agenda konsolidasi dan koordinasi organisasi, sesuai dengan AD ART Partai Golkar.

” Dalam setiap Musda, Partai Golkar menonjolkan perilaku azas musyawarah mufakat. Saya berdoa (Musda X Lampung Utara), Insyaallah mufakat.
Harapan di musda ini, Partai Golkar Lampung Utara bisa menghasilkan kepengurusan yang kuat, kokoh dan solid serta mampu menciptakan pemimpin-pemimpin di Partai Golkar yang potensial dan berkualitas,” katanya.

Ketua DPD Partai Golkar Lampung Utara, Arnol Alam menyatakan dibawah kepemimpinnya Partai Golkar Lampung Utara telah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang selaras dengan program kerja Partai Golkar sebagaimana yang diamanatkan melalui Musda IX dan Rakerda Partai Golkar Lampung Utara.

” Yaitu sukses konsolidasi dan pengembangan partai, sukses kaderisasi dan pembangunan yang berkesejahteraan dan sukses Pemilu (Pilkada,Pileg dan Pilpres),” ujarnya.

Arnol berharap dalam pelaksanaan Musda X Partai Golkar Lampung Utara dapat menghasilkan program kerja DPD Partai Golkar Lampung Utara yang lebih baik dan selaras dengan program kerja Partai Golkar dalam mencapai kejayaan Partai Golkar dan meningkatkan kejeahteraan masyarakat di Lampung Utara.

Dijelaskan Sekretaris DPD Partai Golkar Lampung Utara, Karjuli Ali, pelaksanaan Musda X kali ini akan dikuti beberapa agenda rapat-rapat yang nantinya akan menghasilkan kepengurusan Partai Golkar Lampung Utara untuk kedepannya dalam mencapai kejayaan Partai Golkar.

” Salah satu agenda Musda X adalah pemilihan Ketua DPD Partai Lampung Utara. Untuk calonnya ada tiga yakni Plt.Budi Utomo, Arnol Alam (Ketua DPD Partai Golkar Lampura periode 2016-2020) dan saya sendiri (Sekrtaris Partai Golkar Lampung Utara),” ungkapnya.

Akhirnya, Arnol Alam terpilih kembali sebagai Ketua DPD Partai Golkar Lampung Utara periode 2020 – 2025. Arnol yang juga Ketua Komisi IV DPRD Lampung Utara ini terpilih secara aklamasi dalam Musda X tadi siang.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Ketua Komisi II DPRD Fahmi Anwar, Meminta Pengawasan Pembelajaran Tatap Muka Diawasi Ketat

Zuli Ardiansyah

Published

on

www.lampungtoday.com
Apa Kabar Lampung Kota Metro
Kota Metro

www.lampungtoday.com

Metro — DPRD Kota Metro soroti serius rencana pembelajaran tatap muka di sekolah. Ketua Komisi II DPRD Fahmi Anwar meminta agar pengawasan dalam proses pembelajaran tatap muka di awasi dengan ketat.

“Melihat kondisi saat ini memang diperlukan solusi agar semua dapat berjalan. Baik ekonomi, pendidikan maupun kesehatan masyarakat. Namun kita juga tidak boleh mengesampingkan penanganan Covid-19 ini,” Kata Fahmi Anwar Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Selasa (11/08/20).

Karenanya dewan meminta agar dalam pembelajaran tatap muka nantinya dapat lebih meningkatkan pengawasan. Menurutnya, langkah uji coba dapat dilakukan terlebih dahulu dengan mempertimbangkan kondisi yang ada.

“Dari uji coba ini nantinya pemerintah perlu melalukan evaluasi. Tidak harus serentak namun perlu dilakukan uji coba terlebih dahulu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Protokol kesehatan tersebut, tambah dia, dilakukan dengan memperhatikan ruangan kelas. Misalnya yang biasanya dalam satu kelas 30 orang, dalam sistem pembelajaran tatap muka kali ini bisa dikurangi 50 persen.

“Intinya tidak seperti biasanya. Walaupun bertatap muka, tidak harus serempak tapi bertahap. Umpanya jika biasanya dalam 1 ruang Kelas itu 30 orang bisa diisi 15 orang. Selain itu waktu belajar yang biasanya 6 sampai 7 jam per hari bisa 4 jam. Mudah-mudahan secara bertahap nantinya bisa sempurna semuanya,” tutupnya.

Rls (Samsul)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Dr. Wahdi Memuji Anggota Pepabri Pada Kegiatan di TMII Kota Metro

Zuli Ardiansyah

Published

on

www.lampungtoday.com
Apa Kabar Lampung Kota Metro
#WAHDIQOMARU #SAHABATWARU #SAHABATWARUCERIA #KOTAMETROCERIA #METROBISA #WARUBERGERAK #WARUUNTUKMETRO #INDEPENDEN

Lampungtoday.com_Metro — Dalam balutan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI Polri (Pepabri) menggelar kegiatan di TMII Kota Metro.

Dalam kegiatan itu, Pepabri juga bersilaturahim dengan owner TMII Kota Metro, Dokter Wahdi.

Kegiatan silaturahim Pepabri di TMII tersebut dihadiri oleh puluhan anggota Pepabri yang berdomisili di Kota Metro. Dalam kesempatan sambutan, Mayor Sujadi selaku ketua Pepabri Kota Metro memuji TMII Kota Metro.

“Tempatnya bagus sekali, saya baru kali ini kesini, hanya dengar namanya saja selama ini, ternyata milik Dokter Wahdi ini nyaman sekali,” katanya, Senin (10/08/20).

Menurut Mayor Sujadi, Pepabri merupakan organisasi independen dan tidak berafiliasi dengan partai politik manapun. Kepada Dokter Wahdi, Mayor Sujadi juga menceritakan pengalaman selama menjadi prajurid, perjuangannya di Timor Timur hingga peristiwa Talang Sari.

Dalam kesempatan itu, Dokter Wahdi memuji anggota Pepabri, dimana merupakan pejuang pejuang Indonesia.

“Jadi beliau beliau adalah purnawirawan, warakawuri dan para veteran, dimana sudah berjuang mengabdi untuk Indonesia, tentu dalam peringatan 17 Agustus ini, WaRu bersilaturahim,” kata Dokter Wahdi.

Dr. Wahdi Memuji Anggota Pepabri, dimana Merupakan Pejuang-pejuang Indonesia.

Pepabri juga diberikan medical chek up gratis di acara tersebut, antusiasme anggota Pepabri untuk chek kesehatan sangat kental. Dalam kesempatan itu Dokter Wahdi juga mengajarkan tentang senam sehat, dan cara bernafas, tentu dam rangka covid ini harus menjaga protokol kesehatan,” kata Dokter Wahdi.

Dokter Wahdi juga memuji, seluruh anggota Pepabri yang hadir, terlihat sehat-sehat semua dan ceria. Dokter Wahdi juga menyampaikan, inti dalam kegiatan itu agar terbentuk silaturahim dalam rangka peringatan hari 17 Agustus 1945.

Rls (Samsul)

Continue Reading

Trending