Connect with us

Apa Kabar Lampung

DKP Lamsel Gelar Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Pengelolaan Administrasi Bagi Gapoktan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kabupaten Lampung Selatan lakukan pelatihan peningkatan kualitas dan pengelola administrasi bagi gapoktan/kelompok tani Pengambangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) diaula kantor setempat, Rabu (24/04/2019).

Kegiatan itu mengundang beberapa pengusaha penggilangan padi yang ada di Lamsel terutama pada penerima bantuan operasional PUPM.

Pada kesempatan itu, kepala Dinas DKP Lamsel Ir. Yansen Mulia, M.P juga membahas terkait kendala apa saja yang ada dilapangan, terutama dalam rangka pengadaan beras murah TTI (Toko Tani Indonesia).

“Sementara yang kita undang ini yang telah menerima bantuan dari pusat. Dengan adanya kegiatan ini juga bertujuan untuk dapat mencari solusi ataupun mengetahui kendala apa saja yang ada dilapangan khususnya pada pengadaan beras murah Toko Tani Indonesia (TTI),” kata Yansen.

Selain itu, pihaknya juga mensosialisasikan terkait Permentan RI nomor 53 tahun 2018 tentang keamanan dan mutu PSAT (Pangan Segar Asal Tumbuhan). Yang mana dijelaskan, para pengusaha penggilingan padi harus dapat memenuhi kewajiban-kewajiban syarat yang telah ditentukan didalamnya.

“Sebelum Permentan RI nomor 53 tahun 2018 itu diberlakukan, terlebih dahulu kita sosialisasikan. Sehingga pengusaha penggilingan padi ini harus sudah mempunyai seperti uji lab berasnya, sudah teregistrasi perusahaannya, dan harus sudah punya merk dagang masing-masing. Nantinya tidak ada lagi kemasan merk dagang yang dijual menggunakan nama perusahaan lain. itu semua nanti akan ada penuntutan-penuntunan terkait pemalsuan merk dagangnya,” kata Yansen.

Lebih lanjut Yansen mengatakan, Sasaran utama sementara ini hanya untuk yang berada dibawah koordinasi binaan Dinas Ketahanan Pangan (DKP), terutama pengusaha-pengusaha padi yang mendapatkan bantuan operasional PUPM tersebut.

“Selain kita mengundang pengusaha padi kita juga mengundang kelompok tani yang penggilingan padinya telah dibangun oleh pemerintah, mereka inilah yang diharapkan menjadi contoh lainnya dalam mengeluarkan beras yang berkualitas,” ujarnya.

Dalam hal ini Yansen berharap, ketika peraturan itu berlaku setidaknya ada beberapa pengusaha penggilingan padi yang dapat memenuhi syarat tersebut.

“Meski nanti tak semua dapat memenuhi syarat, kita berharap ada beberapa yang memenuhi syarat tersebut. Sebab dari sekian ratus penggilingan padi di Lamsel belum ada satu pun yang memenuhi itu. Dan belumnya ini apakah tidak mau, tidak mampu ataukah tidak tahu. Maka dengan diundangnya pada kegiatan ini kita memberitahu itu, mudah-mudahan yang memang belum mengetahuinya segera dapat memenuhi registrasi tersebut,” pungkasnya. (Eko)

Apa Kabar Lampung

WaRu Menyerahkan 70 Dukungan Perbaikan Jalur Independen Pilkada Kota Metro

Zuli Ardiansyah

Published

on

Atribut HSpace di Tag Marquee LAMPUNGTODAY.COM
APA KABAR LAMPUNG
KOTA METRO

LAMPUNGTODAY.COM_Metro — Tim Liaison Officer (LO) Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Metro, dr. H. Wahdi, Sp.OG dan Drs. H. Qomaru Zaman, M.A menyerahkan 70 dukungan perbaikan jalur independen Pilkada Kota Metro, Sabtu (08/08/20).

Diketahui dari sebanyak 70 yang diserahkan dan ketika melalui verifikasi administrasi ada satu yang TMS dikarenakan NIK KTP tidak terbaca di sistem karena buram.

L.O pasangan jalur independen Efril Hadi mengatakan, menyerahkan 70 dukungan dan 69 siap di verifikasi faktual hari ini. “Alhamdullilah kami menyerahkan 70. Dan kami hari ini akan diverifikasi faktual sebanyak 69. Insallah kami lulus untuk menjadi calon pasangan independen,” katanya.

Menurutnya, apabila dukungan lebih dari 10, maka dinyatakan sah maju di Pilkada Kota Metro. “Insyaallah kami maju di Pemilu. Dan kemudian kami menyusun strategi untuk pemenangan ke depan, dan kami akan menyampaikan program-program dari WaRu agar diterima masyarakat,” tandasnya.

Masih di suasana penyerahan berkas dukungan di gedung KPU Kota Metro, Ketua KPU Kota Metro, M. Nurris Septa, menjelaskan bahwa hari ini dilakukan verifikasi faktual yang didampingi langsung oleh Komisioner KPU Provinsi Lampung.

“Kalau dihitung waktunya selama tujuh hari, dari hari ini. Dan nanti didampingi ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami, serta Bawaslu Kota Metro, dibagi beberapa tim untuk melakukan verifikasi faktual,” katanya.

M. Nurris Septa, menjelaskan, selama tidak ada perubahan dukungan dari nama-nama yang akan diverifikasi maka dukungan dinyatakan memenuhi syarat.

“Kan mereka sudah memasukkan dukungan, maka nanti akan dicocokkan, antara KPU dan B1-KWK, apakah dia menyatakan mendukung atau tidak, apabila tidak mendukung maka dia akan menandatangani B5, apabila tidak mau menandatangani B5, maka dia tetap dinyatakan mendukung,” tuntasnya.

(Samsul)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Weekend, Budi Utomo Ke Rutan Kotabumi

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Di akhir pekan (weekend), Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, menghadiri acara Ramah Tamah dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Danan Purnomo.

Ramah tamah ini berlangsung , di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB, Tulung Batuan, Kotabumi, Lampung Utara, Sabtu (8/8/2020).

Selain Budi Utomo, petinggi-petinggi Lampung Utara juga terlihat hadir dalam ramah tamah tersebut, tampak Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, Kapolres AKBP. Bambang Yudho Martono, Dandim 0412 Letkol Inf. Harry Prabowo, dan Kepala Rutan Kelas II B Kotabumi, Denial Arif.

Mereka pun duduk melingkar bersama disebuah pondokan. Sesekali mereka berbincang diselingi gelak tawa. Nuansa keakraban menyelimuti suasana ramah tamah itu.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pemkot Metro Membenarkan Perjanjian MoU Dengan PT. Nolimax Jaya

Zuli Ardiansyah

Published

on

Atribut HSpace di Tag Marquee LAMPUNGTODAY.COM
APA KABAR LAMPUNG
KOTA METRO

LAMPUNGTODAY.COM_METRO — Pemerintah Kota Metro mengadakan pertemuan antara TNI, POLRI dengan pedagang shopping pertokoan dan kaki lima, Jumat (07/08/20).

Bertempat di Aula Pemkot Metro membeberkan mengenai perjanjian MoU dengan PT. Nolimax Jaya sejak tahun 2007 sebagai pihak ke-3 (tiga).

Asisten II Yerri Ehwan mengatakan, untuk mencapai kesepakatan bersama maka Pemkot Metro bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan melakukan pengukuran yang diawasi oleh masyarakat atau pedagang.

“Untuk pengukuran akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus, untuk penerbitan Hak Guna Bangunan (HGB) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sedangkan hak PT. Nolimax Jaya seluas 1296 m2 yang sudah mencakup parkir,” ujarnya.

Wakapolres Metro Gusti Iwan Wijaya, menyatakan bahwa TNI dan POLRI tidak memihak kepada PT. Nolimax Jaya ataupun kepada para pedagang.

“Yang kami lakukan sebagai pengamanan yang sesuai dengan aturan hukum. Kami juga minta kepada yang terkait untuk bersepakat guna perekonomian terus berkembang, pusat perdagangan tetap bertumbuh,” ungkap Wakapolres.

Sedangkan dari perwakilan pedagang Pasar Shopping Metro Toro, menuturkan akan mendukung pembangunan ekonomi di Kota Metro. “Kami akan mendukung semua pembangunan, namun pertimbangkan lagi dalam proses pembangunan, jika itu mempersulit kami,” katanya.

Rls (Samsul)

Continue Reading

Trending