Connect with us

Apa Kabar Lampung

Lamsel Peringkat Ke-4 Evaluasi Rencana Aksi Pencegahan Korupsi

Avatar

Published

on

Lampung Selatan  – Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mendukung aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diterapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui aplikasi Monitoring Centre For Prevntion (MCP) sukses menduduki peringkat 4 se-Provinsi Lampung. Dimana untuk peringkat 1 diduduki Pemerintah Provinsi Lampung.

Kepastian itu disampaikan Satgas Korwil III Koordinator Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK RI Uding Juharudin, dalam rapat koordinasi supervisi rencana aksi pencegahan korupsi terintegrasi yang dilaksanakan di Aula Krakatau, Kantor Bupati Lampung Selatan, Jumat (26/4/2019).

“Dari capaian MCP Lampung Selatan tahun 2018 berada diposisi keempat, ini sudah cukup baik. Mudah-mudah dengan rapat koordinasi dan dari evaluasi sepanjang tahun 2018, diakhir tahun 2019 nanti prestasi Lampung Selatan bisa semakin meningkat,” kata Uding dalam paparannya.

Lebih lanjut Uding menjelaskan, capaian MCP atau program pencegahan korupsi dalam manajemen pemerintahan yang dimaksud, merupakan tindak lanjut Rencana Aksi Pencegahan Korupsi yang meliputi 8 sektor area intervensi.

Dia menyebut sektor itu yakni, Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kapabilitas APIP, Manajemen ASN, Dana Desa, Optimaslisasi Pendapatan Daerah, dan Barang Milik Daerah.

Uding mengungkapkan, meskipun secara keseluruhan hasil evaluasi Rencana Aksi Pencegahan Korupsi pada Pemkab Lampung Selatan dinilai cukup baik, namun menururtnya masih terdapat beberapa sektor yang perlu ditingkatkan.

Untuk itu dia menginstruksikan, Plt Bupati Lampung Selatan agar mendorong Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  lebih optimal dalam mengatasi permasalahan tersebut, baik dengan cara sendiri-sendiri, maupun terintegrasi dengan melibatkan OPD lainnya, sehingga indikator dalam area intervensi dapat tercapai secara maksimal.

“Artinya mari kita bersama-sama memperbaiki ini, supaya nanti 2019 pringkatanya jangan anjlok, minimal bisa bertahan atau bisa lebih bagus lagi. Karena nanti disitu (aplikasi MCP) bisa dilihat permasing-masing kabupaten/kota,” imbuhnya.

Sementara, Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto mendukung penuh program KPK tersebut. Menurutnya, kegiatan itu menjadi kesempatan bagi para OPD untuk lebih memahami pencegahan korupsi, dalam pengelolaan anggaran agar terhindar dari korupsi.

“Tentunya ini salah satu upaya yang sangat penting dalam mendorong terciptanya pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi. Mengingat program kita adalah mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dalam pengelolaan keuangan daerah,” kata Nanang dalam sambutan tertulisnya. (Kmf/Eko)

Apa Kabar Lampung

WaRu Menyerahkan 70 Dukungan Perbaikan Jalur Independen Pilkada Kota Metro

Zuli Ardiansyah

Published

on

Atribut HSpace di Tag Marquee LAMPUNGTODAY.COM
APA KABAR LAMPUNG
KOTA METRO

LAMPUNGTODAY.COM_Metro — Tim Liaison Officer (LO) Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Metro, dr. H. Wahdi, Sp.OG dan Drs. H. Qomaru Zaman, M.A menyerahkan 70 dukungan perbaikan jalur independen Pilkada Kota Metro, Sabtu (08/08/20).

Diketahui dari sebanyak 70 yang diserahkan dan ketika melalui verifikasi administrasi ada satu yang TMS dikarenakan NIK KTP tidak terbaca di sistem karena buram.

L.O pasangan jalur independen Efril Hadi mengatakan, menyerahkan 70 dukungan dan 69 siap di verifikasi faktual hari ini. “Alhamdullilah kami menyerahkan 70. Dan kami hari ini akan diverifikasi faktual sebanyak 69. Insallah kami lulus untuk menjadi calon pasangan independen,” katanya.

Menurutnya, apabila dukungan lebih dari 10, maka dinyatakan sah maju di Pilkada Kota Metro. “Insyaallah kami maju di Pemilu. Dan kemudian kami menyusun strategi untuk pemenangan ke depan, dan kami akan menyampaikan program-program dari WaRu agar diterima masyarakat,” tandasnya.

Masih di suasana penyerahan berkas dukungan di gedung KPU Kota Metro, Ketua KPU Kota Metro, M. Nurris Septa, menjelaskan bahwa hari ini dilakukan verifikasi faktual yang didampingi langsung oleh Komisioner KPU Provinsi Lampung.

“Kalau dihitung waktunya selama tujuh hari, dari hari ini. Dan nanti didampingi ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami, serta Bawaslu Kota Metro, dibagi beberapa tim untuk melakukan verifikasi faktual,” katanya.

M. Nurris Septa, menjelaskan, selama tidak ada perubahan dukungan dari nama-nama yang akan diverifikasi maka dukungan dinyatakan memenuhi syarat.

“Kan mereka sudah memasukkan dukungan, maka nanti akan dicocokkan, antara KPU dan B1-KWK, apakah dia menyatakan mendukung atau tidak, apabila tidak mendukung maka dia akan menandatangani B5, apabila tidak mau menandatangani B5, maka dia tetap dinyatakan mendukung,” tuntasnya.

(Samsul)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Weekend, Budi Utomo Ke Rutan Kotabumi

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Di akhir pekan (weekend), Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, menghadiri acara Ramah Tamah dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Danan Purnomo.

Ramah tamah ini berlangsung , di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB, Tulung Batuan, Kotabumi, Lampung Utara, Sabtu (8/8/2020).

Selain Budi Utomo, petinggi-petinggi Lampung Utara juga terlihat hadir dalam ramah tamah tersebut, tampak Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, Kapolres AKBP. Bambang Yudho Martono, Dandim 0412 Letkol Inf. Harry Prabowo, dan Kepala Rutan Kelas II B Kotabumi, Denial Arif.

Mereka pun duduk melingkar bersama disebuah pondokan. Sesekali mereka berbincang diselingi gelak tawa. Nuansa keakraban menyelimuti suasana ramah tamah itu.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pemkot Metro Membenarkan Perjanjian MoU Dengan PT. Nolimax Jaya

Zuli Ardiansyah

Published

on

Atribut HSpace di Tag Marquee LAMPUNGTODAY.COM
APA KABAR LAMPUNG
KOTA METRO

LAMPUNGTODAY.COM_METRO — Pemerintah Kota Metro mengadakan pertemuan antara TNI, POLRI dengan pedagang shopping pertokoan dan kaki lima, Jumat (07/08/20).

Bertempat di Aula Pemkot Metro membeberkan mengenai perjanjian MoU dengan PT. Nolimax Jaya sejak tahun 2007 sebagai pihak ke-3 (tiga).

Asisten II Yerri Ehwan mengatakan, untuk mencapai kesepakatan bersama maka Pemkot Metro bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan melakukan pengukuran yang diawasi oleh masyarakat atau pedagang.

“Untuk pengukuran akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus, untuk penerbitan Hak Guna Bangunan (HGB) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sedangkan hak PT. Nolimax Jaya seluas 1296 m2 yang sudah mencakup parkir,” ujarnya.

Wakapolres Metro Gusti Iwan Wijaya, menyatakan bahwa TNI dan POLRI tidak memihak kepada PT. Nolimax Jaya ataupun kepada para pedagang.

“Yang kami lakukan sebagai pengamanan yang sesuai dengan aturan hukum. Kami juga minta kepada yang terkait untuk bersepakat guna perekonomian terus berkembang, pusat perdagangan tetap bertumbuh,” ungkap Wakapolres.

Sedangkan dari perwakilan pedagang Pasar Shopping Metro Toro, menuturkan akan mendukung pembangunan ekonomi di Kota Metro. “Kami akan mendukung semua pembangunan, namun pertimbangkan lagi dalam proses pembangunan, jika itu mempersulit kami,” katanya.

Rls (Samsul)

Continue Reading

Trending