Connect with us

Apa Kabar Lampung

Ditanya Soal DAK 2019, Kadis Pendidikan dan Kabid Dikdas Lampura Kompak Pura-Pura Bodoh

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Aroma penyimpangan pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan kian santer. Terutama pada penentuan sekolah penerima DAK atau juga pada saat pengerjaan proyek fisik dan non fisik.

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Lampung Utara, Suma Wibawa, ST, yang kami coba mewawancarai enggan memberikan penjelasannya prihal DAK Dinas Pendidikan tahun 2019.

Bahkan, pria berpostur tinggi ini dengan gaya berpura-pura bodoh berkelit dan mengarahkan wartawan media ini untuk menanyakan langsung ke Bappeda.

” (DAK 2019) ke Bappeda saja,” kata dia, ketika diwawancarai doorstop soal DAK 2019, di Kantor Pemerintah Lampung Utara, Jalan Jendral Sudirman, Kotabumi, Rabu (8/5/2019).

Ketika dicecar dengan pertanyaan berapa jumlah penerima dan peningkatan nilai DAK tahun 2019 dibandingkan tahun 2018 lalu. Suma Wibawa, ST, malah balik bertanya ke wartawan.

” Tahun 2018 (DAK) berapa,” tanya Suma.
” Sekitar 14 M,” kata si wartawan.
” Ke Bappeda saja,” jawab Suma lagi, sambil ngeloyor pergi.

Setali tiga uang, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Utara yang juga Asisten II Pemerintah Lampung Utara, Toto Sumedi, ketika ditemui diruang kerjanya, tidak mau menjelaskan perihal DAK Dinas Pendidikan Tahun 2019 dengan beralasan dirinya belum membahas sama sekali soal DAK tersebut dengan jajarannya.

” Saya belum sampai kesitu (DAK). (Coba) ke Pak Suma aja (Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar), sudah saya kuasakan ke dia (Suma),” Ucapnya.

Saat didesak soal nilai anggaran DAK Dinas Pendidikan Lampung Utara, Toto Sumedi terlihat agak sedikit kebingungan.

” Timbulnya ngarang saya ini. Masak saya mengarang ini. Apa 19 apa 21 gitu, tapi kan nggak bisa 19 apa 21,” katanya.

Melihat tingkah pola kedua pejabat teras di Dinas Pendidikan Lampung Utara ini, menimbulkan kecurigaan besar. Kenapa keduanya terkesan menutup-nutupi DAK Dinas Pendidikan Tahun 2019 di Lampung Utara?
Diketahui, bertambahnya alokasi anggaran dari APBN untuk Pendidikan, terindikasi jumlah penyelewengan dalam pengelolaan dana tersebut semakin meningkat.

Adapun objek dana korupsi paling besar teridentifikasi adalah DAK untuk pendidikan.

Banyak ditemui kasus korupsi DAK Pendidikan baik yang ditangani Kejaksaan, Kepolisian hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang membuktikan bahwa DAK Pendidikan memang rentan terjadi penyelewengan.

Reporter : Alex Bw
Editor : Red

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Silahkan Tinggalkna Pesan Anda

Apa Kabar Lampung

Krui Pro World Surf Leaque (WSL) 2020 Mulai di Bahas

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : Even selancar berkelas dunia yang bertajuk Krui Pro 2020 World Surf Leaque (WSL) akan diselenggarakan pada 13 – 19 April 2020 di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Even tahunan tersebut bekerjasama dengan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) dibawah naungan World Surf League (WSL).

Kadis Kominfo Pesisir Barat Tedi Zadmiko menginformasikan, ” terkait hal tersebut, Pemkab. Pesisir Barat membangun sinergitas dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan juga Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait “.

Pemkab. Pesisir Barat telah melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi Lampung, pada Selasa (25/2/ 2020), dan diterima langsung oleh Gubernur Lampung, Ir Arinal Djunaidi, yang di dampingi oleh para pejabat di ruang rapat Gubernur Lampung.

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menyampaikan bahwa penyelenggaraan Krui Pro tahun 2020 ini merupakan penyelenggaraan yang ke 4 (empat). 

Pelaksanaan Krui Pro tahun 2019 lalu,  jumlah peserta sebanyak 131 orang dari 22 negara dan untuk satu orang peserta mengikutisertakan tiga orang baik sebagai crew, pelatih, Kameramen, jelasnya. 

Agus Istiqlal sangat yakin dengan penyelenggaraan even berkelas dunia ini, tentunya akan berpengaruh positif, khususnya dengan destinasi wisata yang ada di Provinsi Lampung. 

Sementara itu, Gubernur Lampung dalam sambutannya menegaskan, bahwa Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh even Krui Pro ini, ” even ini merupakan even unggulan dari Provinsi Lampung dan even berkelas dunia “, tegasnya.

Dalam waktu dekat, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan PSOI akan akan melakukan audiensi di Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dengan harapan, agar Pemerintah Pusat dapat mendukung dengan maksimal penyelenggaraan Krui Pro tahun 2020 ini, tutupnya.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Agus Istiqlal Daftarkan Diri Secara Online Pada Sensus Penduduk Tahun 2020

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Agus Istiqlal ikut berpartisipasi mensukseskan Program Badan Pusat Statistik yaitu Sensus Penduduk Tahun 2020 secara Online, di ruang Batu Gukhi, Setdakab Pesisir Barat, Kamis (20/02).

Bupati mendaftarkan diri secara online yang di dampingi langsung oleh Kepala BPS Lampung Barat.

Bupati mengajak masyarakat Kabupaten Pesisir Barat untuk mensukseskan dan berpartisipasi mendaftarkan diri melalui sensus penduduk 2020 secara online, melalui laman sensus.bps.go.id dari tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020.

Bupati mengatakan, pastikan dirimu tercatat, menuju Indonesia maju, masyarakat Pesisir Barat Madani, mandiri dan sejahtera.

Turut mendampingi juga Sekdakab, Lingga Kusuma, Asisten Administrasi Umum dan seluruh Kepala Bagian Setdakab. Pesisir  Barat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Agus Istiqlal Ajak Tim Kejagung Ri Kunjungi Pulau Pisang

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Agus Istiqlal mendampingi rombongan tim Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kajagung RI) ke Kecamatan Pulau Pisang. Kunjungan tersebut juga dalam rangka mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (20/02/2020).

Rombongan yang terdiri dari Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Lampung yang diwakili oleh Asisten Deputi Bidang Hukum dan HAM dan Aparatur Negara, Sekretariat Kabinet, Purnomo Sucipto, Kabag. Organisasi dan Tata Laksana, Biro Perencanaan Kejagung, Eko Siwi Iriyani, dan Asisten Pembinaan Kejati Provinsi Lampung, Yulitaria.

Bupati memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, khususnya sektor wisata yang ada di Kecamatan Pulau Pisang. Bupati mengatakan bahwa di Pulau Pisang ini bukan hanya daerah pantainya saja yang indah.

Pulau Pisang juga memiliki histori sendiri, seperti halnya kerajinan tenun tapis, perkebunan cengkeh yang pernah jaya pada tahun 90an, ujarnya.

Tidak hanya itu, Bupati juga memperkenalkan kuliner khas dari Pulau Pisang, serta bangunan pada peninggalan jaman Belanda saat menjajah Indonesia masa silam dan bangunan sekolah yang sudah ada sejak jaman Belanda, jelas Bupati.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Trending