Connect with us

Apa Kabar Lampung

Puluhan Hektare di Serang Hama, Bupati Lamteng Turun Gunung

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Puluhan hektare tanaman jagung milik masyarakat petani di Dusun Bumi Mertani kampung Negara Aji Tua,kecamatan Anak Tuha, diserang hama jenis ulat bulu,menyebabkan kerugian mencapai Rp.6-8 juta Rupiah.

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto di dampingi kepala dinas pertanian Krisna Rajasa,langsung ke lokasi, terjadinya serangan hama tersebut dan melakukan penyemprotan insektisida untuk mengantisipasi serangan hama ulat.

“Loekman mengetahui adanya musibah yang melanda petani jagung di kecamatan anak tuha dari warga masyarakat bahwa di daerah Anak Tuha ada tanaman jagung yang terserang ulat, sehingga banyak Petani yang merasa merugi antara Rp 6-8juta/hektare ,Dan malam itu melalui grup What’s para pejabat Lampung Tengah bupati memerintahkan langsung Kepala Dinas Pertanian untuk mengatasi musibah ini,(8/5/2019).

Untuk itu Bupati Lampung Tengah Loekman langsung turun kelapangan untuk mengecek kebenarannya, karena dirinya tidak mudah percaya begitu saja, di tegaskan bupati lebih baik dirinya lelah badan dari pada lelah pikiran untuk itu dirinya turun langsung ke lapangan melihat kondisi yang sebenarnya, kemudian setelah melihat di lapangan bersama para tenaga ahli pertanian akan melakukan rapat khusus untuk membahas bagaimana, langkah apa yang terbaik untuk mengantisipasi kondisi ini.kata loekman

“Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Lampung Tengah Krisna Rajasa mengatakan telah memberikan bantuan insektisida untuk mengatasi serangan hama ulat tersebut.

“Dijelaskan krisna dirinya bersama bupati Baru saja melakukan penyemprotan insektisida, dengan insektisida yang kontak langsung yang khusus di gunakan untuk menghadapi jenis ulat semacam ini, Namun petani juga harus melihat tiga hari kemudian, perkembangan ulat nya seperti apa, kalau ulat nya masih ada walaupun presentasi nya kecil agar segera di semprot kembali.ujar krisna

Krisna menambahkan, Dinas Pertanian Lampung Tengah telah menyiapkan kebutuhan insektisida untuk mengatasi serangan ulat bulu ini.

“Dinas Pertanian Lampung Tengah telah menyiapkan kebutuhan insektisida dan telah kita drop ke lokasi untuk mengatasi serangan ulat bulu.Dan diharapkan dengan begitu serangan ulat bulu dapat segera di atasi dan tidak berkembang di daerah lainnya.

Sedangkan menurut Suseno Petani Dusun Bumi Mertani mengatakan ada puluhan hektare lahan petani jagung yang terserang ulat bulu,Suseno menjelaskan bila musim hujan banyak sekali lahan petani yang terserang ulat dan petani banyak mengalami kerugian.

“karena sejak tanaman mulai tumbuh ini sudah di serang, untuk itu Suseno berharap pemerintah dapat segera memberikan bantuan yang di butuhkan para petani setempat. seperti jenis obat, bibit tanaman,dan yang terutama pupuk sehingga para petani bisa sukses ,berhasil dan tidak ada penyakit tanaman.ungkapnya.

Reporter : Candra
Editor : Red

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesiar Hadiri Peringatan Hari Adhyaksa Ke 59

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat ; Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H di dampingi oleh wakil bupati pesisir barat Menghadiri acara hari bakti adhyaksa ke 59, di kantor Kajari liwa, kelurahan way mengaku Kecamatan Balik Bukit, Senin (22/7).

Mengawali sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan selamat hari bakti adhyaksa ke – 59 semoga kedepannya adhyaksa menjadi lebih baik dan menjadi panutan bagi seluruh instansi serta seluruh lapisan masyarakat.

Lanjut Agus Istiqlal, Beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas undangannya semoga kita yang hadir disini diberi kesehatan dan umur yang panjang sehingga kita semua dapat menjalankan tugas kita sebagai pelayan,penganyom masyarakat dan abdi negara dapat berjalan sebagaimana mestinya “harap agus istiqlal”

Kemudian agus istiqlal menceritakan pada saat beliau masih aktif di kejaksaan agung Republik Indonesia sebagi Kasubdit TUT dan HAM Berat JAMPITSUS
beliau berbagi pengalaman kerja dan kiat – kiat dalam menghadapi persoalan -persoalan yang tengah dihadapi. bukan maksud beliau untuk pamer kekuasaan akan tetapi sebagai senior agus istiqlal mempunyai kewajiban untuk berbagi pengalaman dengan harapan junior-juniornya bisa berperan aktif lagi dan selalu semangat dalam menghadapi permasalah yang ada terutama yang berurusan terhadap pelayanan masyarakat tentang hukum, agar dalam pelaksanaan tugas selalu bisa berbuat jujur dan adil yang tidak merugikan sepihak “tutup agus istiqlal”

acara tersebut dihadir oleh kajari liwa, bupati lampung barat, kapolres lampung barat,ketua pengadilan lampung barat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesibar Tanda Tangani MoU Dengan PT. PLN

Redaksi LT

Published

on

Pesibar : Bupati Pesisir Barat Dr.Drs. Agus Istiqla S.H.,M.H didampingi oleh Plh. Sekda Edi Muktar,S.P menghadiri Penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah kabupaten dengan PT. Pln (Persero) unit induk distribusi Lampung di ruang batu gukhi (Senin, 22 Juli 2019).

Jendral menejer PT.PLN Persero unit induk distribusi Lampung dalam hal ini diwakili oleh bapak pandapotan manurung dalam sambutannya, beliau menyampaikan dan menjelaskan di kabupaten Pesisir barat insyaallah percepatan pasang baru bisa terealisasi dalam jangka waktu 2 tahun kedepan yang penting kita saling koordinasi dan komunikasi sehingga bisa terealisasi secara cepat dan yang penting kedua belah pihak bisa bekerja sama dengan baik “tegasnya”

Selanjutnya Sambutan Bupati pesisir barat menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak PT. PLN persero bapak pandapotan manurung beserta rombongan atas perkenannya hadir dalam rangka penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah kabupaten pesisir barat dengan pihak PT.PLN (pesero).

Selanjutnya bupati berharap dalam rangka percepatan pasang baru pln di kabupaten pesisir barat agar di percepat dalam realisasinya apa bila perlu sebelum batas waktu yang ditentukan pasang baru pln sudah selesai. Untuk instansi terkait segera lakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak PLN, pihak TNBBS, “Pungkas Bupati ”

Hadir pada acara tersebut seluruh perwakilan Kepala OPD Kab.Pesisir barat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesibar Hadiri Paripurna KUA-PPAS RAPBD-P 2019

Redaksi LT

Published

on

Pesisir barat – Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H Menghadiri cara rapat paripurna penyampaian nota pengantar KUA-PPAS RAPBD-P kabupaten pesisir barat tahun anggaran 2019, di Gedung Dharma Wanita, kecamatan pesisir tengah, Senin (22/7).

Dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota dewan yang terhomat atas sinergitas yang terjalin antara DPRD kabupaten pesisir barat dengan pemerintah kabupaten pesisir barat.

Selanjutnya berdasarkan pada dasar kebijakan perubahan apbd tahun anggaran 2019 tersebut di atas, untuk target dan sasaran makro daerah pada tahun 2019 tidak mengalami perubahan, yaitu :
1. pertumbuhan ekonomi tumbuh sebesar 5,3-5,4%;
2. tingkat inflasi stabil pada angka 3,5-4%;
3. tingkat kemiskinan ditargetkan sebesar 14,45%;
4. indeks pembangunan manusia diproyeksikan sebesar 63,83 poin;
5. perkembangan indeks gini sebesar 0,29 poin;
6. tingkat pengangguran terbuka berada pada 1,71%;
7. pendapatan perkapita masyarakat pada angka 20.275 (dalam miliar rupiah).

berdasarkan pada uraian rencana perubahan pendapatan daerah dan perubahan belanja daerah , pada kebijakan umum perubahan dan ppas perubahan apbd tahun anggaran 2019 yang memproyeksikan target pendapatan daerah sebesar 841 milyar 859 juta rupiah sekian dan target belanja daerah sebesar 896 milyar 799 juta rupiah sekian menyebabkan perhitungan perubahan apbd tahun anggaran 2019 mengalami defisit sebesar 54 milyar 940 juta rupiah sekian, namun demikian defisit tersebut akan ditutup melalui surplus pembiayaan netto daerah dengan angka yang sama, sehingga perubahan apbd tahun anggaran 2019 akan mengalami anggaran seimbang pada angka 896 milyar 799 juta 550 ribu 772 rupiah 95 sen.
, “Pungkas bupati”.

Turut hadir Ketua DPRD, Wakil Ketua l DPRD, Plh.sekda edy mukhtar, dan 13 Anggota DPRD, Pabung, seluruh Kepala OPD dan camat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: