Connect with us

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lampura Mulai Bahas Persiapan HUT ke – 73

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan pesta hari jadi kabupaten tertua di propinsi lampung ini sedang digodok secara matang oleh jajaran Pemerintahan Agung Ilmu Mangkunegara.

Bahkan, direncanakan peringatan HUT Lampung Utara di tahun 2019 kali ini akan kembali memecahkan rekor muri dengan menggelar “Begawi” (adat Lampung) dengan peserta sebanyak 1.052 orang.

Diketahui pada tahun-tahun sebelumnya, salah satu kegiatan acara adat Lampung yang ikut memeriahkan perayaan HUT Lampung Utara waktu itu yakni “Nyubuk” berhasil meraih piagam Rekor Muri.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lampung Utara, Ilham Akbar, mengatakan bahwa pemerintah telah menggelar rapat persiapan untuk memecahkan rekor muri Begawi dalam rangka menyambut HUT Lampung Utara.

Ia mengklaim Begawi dengan 1.052 orang ini merupakan pertama kali dilakukan di provinsi Lampung. Tentu, tujuannya untuk mempertahankan nilai-nilai seni budaya dan adat Lampung Pepadun dan Sai batin.

“ Kita bukan hanya mengejar rekor murinya saja, tetapi nilai-nilai seni budaya dan adat Lampung Pepadun dan Sai batin yang harus kita pertahankan,” kata Ilham kepada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Ilham berharap, begawi ini bukan hanya pelaksanaan kegiatan yang biasa-biasa saja, akan tetapi memberikan pemahaman kepada anak cucu kita apa saja rangkaian acara begawi yang sebenarnya.

“ Artinya kita wajib memberikan pemahaman apa saja syarat begawi itu dilaksasnakan, mulai dari kelengkapan-kelengkapan secara adat istiadat yang wajib dipenuhi,” ucapnya.

Disamping itu juga dirinya berharap kedepannya, ketika berbicara pagelaran adat Begawi, masyarakat luar daerah akan melirik Lampung Utara. Pagelaran adat Begawi ini juga diharapakan akan menjadi kegiatan tahunan, seperti halnya pagelaran – pagelaran adat yang dilaksanakan di sekitaran keratun Djokjakarta.

“ Kegiatan ini akan kita laksanakan dan akan kita koordinasikan menjadi kalender wisata, Jadi ketika memasuki bulan Juni atau Juli masyarakat luar ingin melihat pertunjukan pergelaran begawi mereka akan datang ke Lampung Utara,” katanya.

Dijelaskan Ilham, Begawi atau yang kerap disebut dengan istilah lengkap Begawi Cakak Pepadun adalah upacara adat masyarakat Lampung untuk memberikan gelar adat kepada seseorang.

Adapun masyarakat suku Lampung yang melaksanakan begawi adalah yang berasal dari kelompok adat Lampung Pepadun. Istilah Pepadun sendiri berasal dari nama salah satu perangkat yang digunakan dalam begawi, yaitu singgasana dari kayu yang menyimbolkan suatu status sosial dalam keluarga.

Di singgasana inilah gelar adat diberikan setelah orang yang ingin mendapat kenaikan status dari gelar tersebut diharuskan memberikan uang dan menyembelih kerbau dengan jumlah tertentu.

Sementara itu, begawi dapat diartikan sebagai suatu pekerjaan atau membuat gawi. Bagi masyarakat Lampung Pepadun, begawi cakak pepadun sifatnya wajib dilakukan oleh seseorang sebelum menyandang hak untuk menduduki posisi penyimbang yang dilakukan oleh lembaga perwatin adat.

“ Pelaksanaan memecahkan rekor muri Begawi ini masih menunggu jadwal, saat ini kami masih mempersiapkan segala sesuatunya, diperkirakan akan dilaksanakan diatas tanggal 15 Juni 2019,” ujar Ilham.

Apa Kabar Lampung

Manfaatkan DD, Pembangunan Tiyuh Tirta Kencana Merata

Redaksi LT

Published

on

Tulang Bawang Barat : Pembangunan Melalui Dana Desa Tiyuh Tirta Kencana Tahun Anggran 2019 terus di lakukan pembangunan secara merata.,baik fisik atau pun pemberdayaan masrakat.

Kepalo Tiyuh Tirta Kencana Samidi saat ditemui di ruang kerja nya senin 19/08/19 Mengatakan.,Tiyuh Tirta kencana mendapatkan anggaran Transper Dana Desa Pusat sebesar Rp.956.471.000.Dana tersebut akan terus di lakukan untuk pembangunan fisik baik Itu pembukaan badan jalan baru atau untuk pembangunan gedung Paud dan untuk Perehapan gedung Balai Tiyuh yang saat ini sedang dalam keadaan rusak yang memang sepatut nya sudah dalam perbaikan.

“Dana Desa Tahun Anggran 2019 ini,kami akan melakukan pembangunan gedung paud yang terletak di RK, 01.,pembuatan 2 titik sumur bor yang terletak di RK 02 dan RK,08 Pembukaan Badan Jalan Baru untuk pemakaman umum, Sampai ke pembangunan Handelag sepanjang 500 meter serta perehapan Gedung Balai Tiyuh Tirta Kencana dan sisa nya akan kita pergunakan untuk pemberdayaan masyarakat”.kata nya

Lanjut Samidi.Dia berharap kepada seluruh lapisan masyarakat tiyuh tirta kencana agar dapat sama-sama mengawasi dan merawat pembangunan,sesuai dengan tujuan dari Dana Desa bisa membuat Tiyuh lebih maju dan sejahtera dapat menjadi salah satu daya saing untuk mengejar ketertinggalan Tiyuh tirta Kencana dari Tiyuh/Desa yang lain nya.

“Semoga pembangunan yang Tiyuh lakukan ini dapat dimanfaatkan sebenar-benar nya oleh warga Masyarakat,sebab pembangunan Tiyuh tahun Anggaran 2019 ini memang sudah suatu keputusan bersama dalam musrembang di tingkatTiyuh pada tahun 2018 yang lalu.yang mana telah kita ketahui bersama bahwa Dana Desa memang di prioritaskan untuk Kesejahteraan warga masyarakat,”pungkas nya. (ADV Jonsi).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Hari Ini Anggota DPRD Lampura Resmi Lantik

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : 44 anggota DPRD Lampung Utara diambil sumpahnya sebagai anggota legislatif untuk masa jabatan 2019-2024 di gedung DPRD Lampung Utara, Senin pagi (19/8/2019).

Jumlah anggota DPRD Lampung Utara yang dilantik sebenarnya berjumlah 45 orang, namun satu calon anggota legislatif DPRD Lampung Utara (Sandy Juwita) terkendala masalah internal partai sehingga ditunda sementara pelantikannya.

Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kotabumi, Lampung Utara, Vivi Purnamawati. Pelantikan ini berdasarkan surat keputusan Gubernur Lampung dengan nomor G/588/B.01/HK/2019 tertanggal 15 Agustus 2019.

‎Tampak, Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dan seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta Kepala OPD dan unsur pemerintahan Lampung Utara terlihat hadir.

Usai pelantikan, Pimpinan DPRD sementara sesuai aturan ditunjuk Rendy Apriansyah dari PartaI Demokrat (Pemenang Pileg Lampura 2019) sebagai Ketua DPRD Lampung Utara sementara, dengan didampingi Wakil Ketua DPRD sementara dari Partai Gerindra yang meraih suara kedua terbesar dalam Pileg 2019, Nurdin Habim.

Dalam sambutannya, Rendy Apriansyah menyampaikan harapannya supaya para anggota legislatif untuk periode lima tahun ke depan dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

“Kepada rekan – rekan yang telah selesai masa jabatannya, terima kasih atas semua dedikasinya selama lima tahun terakhir ini,” ucap Rendy.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi melalui sambutan yang dibacakan oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara mengatakan bahwa ‎legislatif merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan.

‎” Sebagai penyelenggara pemerintahan, penting bagi seluruh anggota legislatif dapat memahami dan menjalankan tugasnya sesuai tugas pokok dan fungsi dengan baik,” Kata Agung.

Seperti yang diketahui tugas pokok dan fungsi utama dari anggota legislatif itu ada tiga, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan. Dengan pemahaman yang baik tentang tupoksi ini maka diharapkan para anggota legislatif akan mampu memberikan gagasan cemerlang dalam pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan rakyat.

‎” Untuk itu diperlukan dukungan menyeluruh pada anggota DPRD untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam bentuk bimbingan teknis dan sejenisnya,” ujar Agung.

Mengingat pentingnya peranan lembaga legislatif yang menjadi bagian dari unsur pemerintah, Agung yang menyampaikan amanat Gubernur lampung berharap lembaga legislatif dapat terus bersama – bersama untuk membangun dan memajukan daerah.

“Di pundak kita ada tanggung jawab besar kepada rakyat, mari bersama – sama bersinergi dalam mengabdi dan membangun daerah,” tukasnya.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Kepala Tiyuh Bandar Dewa : Kami Fokus Memeratakan Pembangunan

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang Barat : Pembangunan secara merata melalui Dana desa (DD) tahun 2019 tiyuh/Desa Bandar Dewa kecamatan Tulangbawang Tengah, kabupaten Tulangbawang Barat terus di lakukan secara merata.

Kepalo Tiyuh Bandar Dewa Anuar mengatakan.Di Tahun Anggaran 2019 Tiyuh bandar dewa mendapat kan Anggaran Dana Desa pusat sebessr Rp.874.492.000.,Dana tersebut akan terus di lakukan untuk Pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat

“Kegiatan pembangunan fisik yang akan di laksanakan pada pencairan dana desa mulai dari tahap pertama kita Pembuatan 1 unit Gorong-gorong yang terletak di suku 02.,Galian Siring drainase sepanjang 1000 meter yang terletak di suku 05.,pembuatan Tralis Pintu Balai Tiyuh sebanyak 3 Buah.

Untuk tahap ke 2 akan di lakukan pembuatan.Lampu penerang jalan Tiyuh sebanyak 110 titik yang terletak di suku 01-02–03.,pembuatan jembatan 1 Unit yang terletak di Suku 04.,pembuatan Gorong-Gorong 2 unit yang terletak di suku 05 dan pengecatan Pagar dan gedung balai tiyuh.,

Untuk tahap ke 3., kita akan bangun pembuatan pagar Temapat Pemakaman Umum TPU di suku 03.,Drainase sepanjang 200 Meter terletak di suku 05 Pembuatan Paping Makam sepanjang 145 Meter yang terletak di Suku 04., untuk pemberdayaan masyarakat kita Tiyuh bandar dewa hanya kisaran 8 persen saja dari anggran Dana Desa (DD) pusat” kata nya

Anuar menambahkan.Berbagai program pembangunan baik fisik maupun infrastruktur yang sedang di langsungkan itu tentunya tidak akan berjalan maksimal jika tidak ada dukungan dari masyarakat di lingkup Tiyuh Bandar Dewa.

”Jadi saya berharap dukungan dan peran aktif masyarakat, agar seluruh program pembangunan yang telah tersusun ini bisa terlaksana dengan baik,”pungka nya.

Reporter : Jonsi
Editor : Red

Continue Reading

Trending