Connect with us

Apa Kabar Lampung

Gubernur Ridho Soal Industri Pertahanan, Lampung Paling Siap Dibanding Provinsi Lain

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo memberi masukan “feasibility study” untuk pengembangan Industri Pertahanan di Provinsi Lampung di depan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan PT. Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia Institut Teknologi Bandung (LAPI ITB), saat menerima Kunjungam kedua lembaga penelitian itu, di ruang rapat kerja Gubernur Lampung, Selasa (21/5/2019) malam.

“Di Lampung saya meyakini siap dan cukup ideal dari sisi letak, sumberdaya, konektiviti. Bisa dibilang over all Lampung termasuk yang paling siap dibandingkan Provinsi yang lain,” ujar Gubernur Ridho.

Ridho mengatakan berdasarkan arahan dari Menhan, pengembangan industri pertahanan di Lampung memang sudah lama menjadi bagian dari dokumen negara. “Selain pengembangan Kawasan Industri Maritim, juga perencanaan pengembangan industri pertahanan yakni PT. PAL termasuk juga PT. Dirgantara Indonesia (Persero) dan PT. Pindad (Persero),” ucapnya.

Ridho menilai banyak alternatif lahan di Lampung yang bisa digunakan untuk melakukan pengembangan industri pertahanan. “Kita menyajikan arah visi pengembangan Provinsi Lampung termasuk juga kondisi lahan-lahan negara yang ada di Provinsi Lampung yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan industri pertahanan,” katanya.

Ridho menyebutkan alternatif lahan yang bisa digunakan seperti Lanud Pangeran M. Bun Yamin di Kabupaten Tulang Bawang, lahan bekas PT. Pertamina yang memang masuk dari bagian perencanaan Kawasan Industri Maritim di Kabupaten Tanggamus, dan lahan negara lainnya dibawah kendali Kementerian yang ada di Lampung.

“Seperti di Lanud Pangeran M. Bun Yamin dengan luas lahan sebesar 4.200 Ha didukungan juga dengan dekat jalan tol dan bisa jadi pengembangan kedirgantaraan. Lalu, di Tanggamus dekat dengan teluk yang menangani pengembangan armada, sehingga disitu ada armada yang melindungi,” ujarnya.

Gubernur menuturkan pemilihan lahan juga harus didukung pertimbangan lingkungan. “Jadi tidak boleh salah. Harus perfect visinya dan lahannya juga harus siap dan terdukung lingkungannya untuk minimal 30 tahun ke depan bahkan idealnya sampai 50 tahun kedepan,” katanya.

Dengan lahan dan sumber daya yang ada itu, Ridho mengatakan Lampung mampu menjadi bagian dari pengembangan industri pertahanan.
“Industri pertahanan butuh pasokan barang dan sarana prasarana lainnya seperti dukungan sumber daya, lingkungan akademi, pekerja dan lainnya yang semuanya ada di Lampung. Saya harap anak-anak di Lampung dapat jadi tuan rumah di tanah sendiri, anak Lampung punya kebanggaan dan kelebihan,” ujarnya.

Harapan Ridho pertahanan di Indonesia dapat disegani dunia. Selain itu, menjadikan Lampung dari komparatif menjadi kompetitif sehingga juga menjadi kebanggaan untuk masa depan Provinsi Lampung.

Saya memastikan akan siap memberikan bantuan setiap tahapannya, lalu komunikasi juga. Ini harapan besar buat Lampung, menjadi bagian dari sumbangsih Lampung untuk Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Balitbang Kemhan, Brigjen TNI Abdullah Sani memberi apresiasi kepada Gubernur Ridho yang memulai mengawali inisiasi untuk dilakukannya pengembangan industri pertahanan di Lampung.

“Kemhan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung terutama dengan Pak Gubernur Ridho yang sudah mengawali inisiasi ini sehingga harapan kami juga, termasuk saya sebagai putra daerah Lampung juga untuk bisa dikembangkan industri pertahanan di Lampung,” ujarnya.

Abdullah Sani juga menyampaikan dengan bekerjasama dengan PT. LAPI ITB, juga sedang melakukan Feasibility Study (FS)/Studi Kelayakan di titik-titik lahan di Provinsi yang menjadi rekomendasi pengembangan industri pertahanan.

“Untuk prospek ke depannya kita masih menunggu hasil dari FS yang dilakukan oleh PT. LAPI ITB yang sedang berjalan,” tandasnya.(Humas Prov Lampung)

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel Bagikan 39 Ekor Hewan Kurban

Avatar

Published

on

LAMPUNG SELATAN, LTD : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan berhasil mengumpulkan 39 ekor hewan kurban berupa sapi dari bupati dan perangkat daerah.

Hal ini terungkap setelah Jajaran Pemkab Lampung Selatan menggelar rapat persiapan pelaksanaan salat Idul Adha (Id) 1445 Hijriah dan penyembelihan hewan kurban di ruang kerja Staf Ahli Bupati, Kamis, 13 Juni 2024.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik (PHP) Anton Carmana, mengatakan hewan kurban yang berhasil dikumpulkan tersebut akan di distribusikan kepada sejumlah lembaga, pondok pesantren, organisasi, Tenaga Harian Lepas Sukarela (THLS) dan masyarakat.

“Ya, makna dari berkurban inikan berbagi, untuk menumbuhkan jiwa sosial. Harapannya, disaat merayakan Hari Raya Idul Adha, masyarakat turut merasakan kebahagian,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag Sosial Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Lampung Selatan Dhanil, menyatakan dari target 52 ekor sapi yang terkumpul total 39 ekor. Dimana, 32 ekor akan didistribusikan untuk pondok pesantren, lembaga dan organisasi.

“Sisanya, 4 ekor akan diprioritaskan untuk THLS, yang nantinya akan di kelola Satpol-PP Lampung Selatan dan 3 ekor lagi akan diserahkan kepada pihak Masjid Agung, untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar,” katanya.

Gelar Salat Id

Anton Carmana, menjelaskan jika Pemkab Lampung Selatan juga akan menggelar salat Id di dua lokasi saat hari raya kurban yang jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.yakni di lapangan sepakbola Desa Waygalih, Kecamatan Tanjungbintang dan di Lapangan Korpri Pemkab Lampung Selatan.

“Insya Allah, pak bupati akan melaksanakan salat Id di Desa Waygalih,”jelasnya.

Sementara, Kasubbag Sosial Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Lampung Selatan Dhanil mengatakan pada pelaksanaan salat Id di Lapangan Desa Way Galih akan di Imami Ustad Pendi dan Khotib Ustad Suparman serta Bilal Ustad Fuad.

“Sedangkan, di pelaksanaan salat Id di Lapangan Korpri depan Kantor Bupati Lampung Selatan akan di imami oleh Ustad Khoriul Ulum dan bilalnya Rian. Untuk Khotib -nya belum final. Sebab, imam khotibnya masih dicari,” katanya. (Rls)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Polwan Polresta Bandar Lampung Jalani Pemeriksaan Gaktiblin

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung – Sebanyak 98 personel Polisi wanita Polresta Bandar Lampung menjalani pemeriksaan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktiblin) di Mapolres setempat, Kamis (13/6/2024) pagi.

Kasi Propam Polresta Bandar Lampung Iptu B. Panggabean, mengatakan bahwa pemeriksaan sendiri meliputi sikap tampang, gampol serta surat surat administrasi pribadi.

“Yang bisa hadir ada 98 personel, sementara 4 orang lainnya sedang cuti melahirkan” jelas Kasi Propam Polresta Bandar Lampung Iptu B. Panggabean.

Didampingi oleh senior Polwan Polresta Bandar Lampung, pemeriksaan dilakukan di Aula Mapolresta Bandar Lampung.

“Hasil pemeriksaan, Alhamdulillah kita tidak menemukan pelanggaran baik dari segi sikap tampang, gampol maupun terkait surat administrasi pribadi” ungkap Kasi Propam.

Panggabean mengimbau kepada seluruh Polwan untuk menjaga diri baik perfoma maupun tingkah laku baik itu di lingkungan dinas maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

“Ini rutin kita lakukan sebagai bentuk pengawasan” ungkap Kasi Propam.(*)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Popularitas Kepemimpinan Nanang Ermanto Masih Tinggi

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Kepemimpinan Bupati Lampung Selatan Hi. Nanang Ermanto terbilang positif dan populer dimata warganya.
Kegiatan tugas pokok fungsi (tufoksi) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, dinilai menyentuh dan disukai serta direspon baik.
Melalui publikasi – publikasi baik dari media cetak, online, elektronik, dan sosial media (sosmed) terekspose meluas dikalangan masyarakat.
Seperti halnya diungkapkan Nadjwa Artha Yaneva (17) warga Kalianda, yang juga seorang putri jurnalis senior.
Dikutip dari web media online newslampung.co, Nadjwa yang duduk dibangku SMA salah satu sekolahan di Lampung Selatan ini mengatakan, berita – berita mengenai kegiatan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang tersebar di sosmed banyak mendapat respon like (suka) para netizen di Lampung Selatan.
“Semalaman Nadjwa, baca berita yang dibuat sama papa di media papa. Dari yang Nadjwa baca dan perhatiin, ternyata berita papa soal Pak Nanang di banding berita lainnya paling banyak disukai pembaca. Rata – rata yang ngelike berita papa soal kegiatan Pak Nanang diatas 100 semua. Gak, ada yang dibawah 100, pa. Itu artinya, nitezen banyak yang suka dengan Pak Nanang mimpin Lamsel lagi,” beber Nadjwa dengan polosnya saat bincang santai dengan orang tuanya diruang keluarga kediamannya, Rabu sore (12/06/2024).
Secara spontan, ucapan Najdwa tersebut ditimpal oleh ibunya, yakni Eva Kontesa, SE. Dirinya membenarkan apa yang dikatakan Najdwa benar adanya tanpa di rekayasa.
“Ya, bener itu apa kata anak mu, pa. Di kantor mama juga, banyak yang suka dengan cara kepemimpinan Pak Nanang, pa,” tukas Eva Kontesa saat itu duduk bersebelahan dengan Nadjwa.
“Apalagi, Nadjwa spontanitas dan gak ada yang suruh bilang begitu. Artinya, Pak Bupati Nanang Ermanto, paling kuat duduk lagi jadi Bupati Lamsel,” tambahnya.
Mendengar ucapan ibunya itu, Nadjwa menyebutkan bahwa kawan kawannya di sekolah pun banyak yang bilang Pak Nanang itu sangat perhatian dengan masyarakat. Termasuk, perhatian sama anak sekolah.
“Buktinya, Pak Nanang kunjungan ke sekolah Nadjwa SMAN 1 Kalianda. Waktu itu, temen temen, termasuk Nadjwa senang, Pak Nanang banyak bagi bagi hadiah,” pungkasnya.
Disisi lain, perbincangan keluarga tersebut mengenai kepemimpinan Bupati Nanang Ermanto dapat dijadikan refrensi para pemilih Pemilukada Lampung Selatan pada November 2024 mendatang.
Sebagai informasi, Nanang Ermanto bakal maju kembali di Pemilukada Lampung Selatan sebagai calon incumbent. (Rls).
Continue Reading

Trending