Connect with us

Apa Kabar Lampung

Peringatan Hari Pancasila di Pesibar Berlangsung Hikmat

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melaksanakan Upacara peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 di lapangan Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah Krui. Sabtu (1/06/2019).

Upacara dipimpin langsung Wakil Bupati ERLINA,SP.,MH selaku Inspektur upacara yang dihadiri oleh para tamu undangan dan diikuti oleh peserta upacara dari seluruh aparatur sipil negara (ASN ) ,TNI/Polri serta sat Pol-PP di lingkungan Pemkab Pesisir Barat.

Pada saat upacara berlangsung wakil Bupati Erlina ,,SP,.MH membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono sebagai berikut :

Salam Pancasila

Pada pagi hari ini, sabtu 1 juni 2019 kita patut panjatkan puji syukur kepada tuhan yang maha esa, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran pancasila. pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam negara kesatuan republik indonesia. 

Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air indonesia”.

kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua samudra, pasifik dan hindia, serta di antara dua benua, asia dan australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah-air sebagai satu kesatuan. ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara. di wilayah nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam.

Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. kita indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman. 

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari tuhan yang maha esa buat bangsa indonesia.

Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila. 

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Berkat pancasila yang berkeadila dengan nilai-nilaj inklusifitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. berkat pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “bhinneka tunggal ika”. 

Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan presiden jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran pancasila setiap tanggal 1 juni merupakan suatu keniscayaan.

Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh bung karno pernah disebut “jas merah”. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride). 

Peringatan hari kelahiran pancasila 1 juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “piagam jakarta” oleh “panitia kecil” tanggal 22 juni dan pengesahan pancasila dalam pembukaan ijud 1945 oleh panitia persiapan kemerdekaan indonesia (ppki) tanggal 18 agustus 1945.

Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran pancasila sudah tidak diperlukan lagi. yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan pancasila secara simultan dan terus menerus. 

Kedua, dengan merayakan hari kelahiran pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “leitstars dinamist’, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan.

Sebagai energi positif bangsa, pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa indonesia.

Bapak, ibu, saudara sebangsa dan setanah air. sebagai negara bangsa yang inklusif dan tidak chauvinis diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektis.

Maksudnya keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun “tamansari kebudayaan” yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat. indonesia untuk kita semua dan pancasila adalah rumah kita semua.

Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan, bukan politik yang menimbulkan ketakutan.

Kita indonesia, kita pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur. 

Melalui peringatan hari kelahiran pancasila 1 juni 2019, pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa indonesia.

Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. kita indonesia, kita pancasila.

Reporter : Indra
Editor : Red

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel Bagikan 39 Ekor Hewan Kurban

Avatar

Published

on

LAMPUNG SELATAN, LTD : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan berhasil mengumpulkan 39 ekor hewan kurban berupa sapi dari bupati dan perangkat daerah.

Hal ini terungkap setelah Jajaran Pemkab Lampung Selatan menggelar rapat persiapan pelaksanaan salat Idul Adha (Id) 1445 Hijriah dan penyembelihan hewan kurban di ruang kerja Staf Ahli Bupati, Kamis, 13 Juni 2024.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik (PHP) Anton Carmana, mengatakan hewan kurban yang berhasil dikumpulkan tersebut akan di distribusikan kepada sejumlah lembaga, pondok pesantren, organisasi, Tenaga Harian Lepas Sukarela (THLS) dan masyarakat.

“Ya, makna dari berkurban inikan berbagi, untuk menumbuhkan jiwa sosial. Harapannya, disaat merayakan Hari Raya Idul Adha, masyarakat turut merasakan kebahagian,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag Sosial Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Lampung Selatan Dhanil, menyatakan dari target 52 ekor sapi yang terkumpul total 39 ekor. Dimana, 32 ekor akan didistribusikan untuk pondok pesantren, lembaga dan organisasi.

“Sisanya, 4 ekor akan diprioritaskan untuk THLS, yang nantinya akan di kelola Satpol-PP Lampung Selatan dan 3 ekor lagi akan diserahkan kepada pihak Masjid Agung, untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar,” katanya.

Gelar Salat Id

Anton Carmana, menjelaskan jika Pemkab Lampung Selatan juga akan menggelar salat Id di dua lokasi saat hari raya kurban yang jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.yakni di lapangan sepakbola Desa Waygalih, Kecamatan Tanjungbintang dan di Lapangan Korpri Pemkab Lampung Selatan.

“Insya Allah, pak bupati akan melaksanakan salat Id di Desa Waygalih,”jelasnya.

Sementara, Kasubbag Sosial Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Lampung Selatan Dhanil mengatakan pada pelaksanaan salat Id di Lapangan Desa Way Galih akan di Imami Ustad Pendi dan Khotib Ustad Suparman serta Bilal Ustad Fuad.

“Sedangkan, di pelaksanaan salat Id di Lapangan Korpri depan Kantor Bupati Lampung Selatan akan di imami oleh Ustad Khoriul Ulum dan bilalnya Rian. Untuk Khotib -nya belum final. Sebab, imam khotibnya masih dicari,” katanya. (Rls)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Polwan Polresta Bandar Lampung Jalani Pemeriksaan Gaktiblin

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung – Sebanyak 98 personel Polisi wanita Polresta Bandar Lampung menjalani pemeriksaan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktiblin) di Mapolres setempat, Kamis (13/6/2024) pagi.

Kasi Propam Polresta Bandar Lampung Iptu B. Panggabean, mengatakan bahwa pemeriksaan sendiri meliputi sikap tampang, gampol serta surat surat administrasi pribadi.

“Yang bisa hadir ada 98 personel, sementara 4 orang lainnya sedang cuti melahirkan” jelas Kasi Propam Polresta Bandar Lampung Iptu B. Panggabean.

Didampingi oleh senior Polwan Polresta Bandar Lampung, pemeriksaan dilakukan di Aula Mapolresta Bandar Lampung.

“Hasil pemeriksaan, Alhamdulillah kita tidak menemukan pelanggaran baik dari segi sikap tampang, gampol maupun terkait surat administrasi pribadi” ungkap Kasi Propam.

Panggabean mengimbau kepada seluruh Polwan untuk menjaga diri baik perfoma maupun tingkah laku baik itu di lingkungan dinas maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

“Ini rutin kita lakukan sebagai bentuk pengawasan” ungkap Kasi Propam.(*)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Popularitas Kepemimpinan Nanang Ermanto Masih Tinggi

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Kepemimpinan Bupati Lampung Selatan Hi. Nanang Ermanto terbilang positif dan populer dimata warganya.
Kegiatan tugas pokok fungsi (tufoksi) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, dinilai menyentuh dan disukai serta direspon baik.
Melalui publikasi – publikasi baik dari media cetak, online, elektronik, dan sosial media (sosmed) terekspose meluas dikalangan masyarakat.
Seperti halnya diungkapkan Nadjwa Artha Yaneva (17) warga Kalianda, yang juga seorang putri jurnalis senior.
Dikutip dari web media online newslampung.co, Nadjwa yang duduk dibangku SMA salah satu sekolahan di Lampung Selatan ini mengatakan, berita – berita mengenai kegiatan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang tersebar di sosmed banyak mendapat respon like (suka) para netizen di Lampung Selatan.
“Semalaman Nadjwa, baca berita yang dibuat sama papa di media papa. Dari yang Nadjwa baca dan perhatiin, ternyata berita papa soal Pak Nanang di banding berita lainnya paling banyak disukai pembaca. Rata – rata yang ngelike berita papa soal kegiatan Pak Nanang diatas 100 semua. Gak, ada yang dibawah 100, pa. Itu artinya, nitezen banyak yang suka dengan Pak Nanang mimpin Lamsel lagi,” beber Nadjwa dengan polosnya saat bincang santai dengan orang tuanya diruang keluarga kediamannya, Rabu sore (12/06/2024).
Secara spontan, ucapan Najdwa tersebut ditimpal oleh ibunya, yakni Eva Kontesa, SE. Dirinya membenarkan apa yang dikatakan Najdwa benar adanya tanpa di rekayasa.
“Ya, bener itu apa kata anak mu, pa. Di kantor mama juga, banyak yang suka dengan cara kepemimpinan Pak Nanang, pa,” tukas Eva Kontesa saat itu duduk bersebelahan dengan Nadjwa.
“Apalagi, Nadjwa spontanitas dan gak ada yang suruh bilang begitu. Artinya, Pak Bupati Nanang Ermanto, paling kuat duduk lagi jadi Bupati Lamsel,” tambahnya.
Mendengar ucapan ibunya itu, Nadjwa menyebutkan bahwa kawan kawannya di sekolah pun banyak yang bilang Pak Nanang itu sangat perhatian dengan masyarakat. Termasuk, perhatian sama anak sekolah.
“Buktinya, Pak Nanang kunjungan ke sekolah Nadjwa SMAN 1 Kalianda. Waktu itu, temen temen, termasuk Nadjwa senang, Pak Nanang banyak bagi bagi hadiah,” pungkasnya.
Disisi lain, perbincangan keluarga tersebut mengenai kepemimpinan Bupati Nanang Ermanto dapat dijadikan refrensi para pemilih Pemilukada Lampung Selatan pada November 2024 mendatang.
Sebagai informasi, Nanang Ermanto bakal maju kembali di Pemilukada Lampung Selatan sebagai calon incumbent. (Rls).
Continue Reading

Trending