Connect with us

Apa Kabar Lampung

Ketua PKB Lampura : Pinjam Uang Ke Bank Itu Sama Saja Pemborosan

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lampung utara, Tabrani Rajab, angkat bicara terkait rencana pemerintahan Agung Ilmu Mangkunegara meminjam dana hingga 325 Miliyar ke Bank BJB.

Ia meminta pemerintah meninjau ulang rencana tersebut, karena semuanya harus dikaji secara maslahah, mudarat dan manfaatnya, sebab nantinya yang akan terbebani masyarakat Lampung Utara.

” PKB tegas meminta untuk ditinjau ulang rencana pinjaman ke Bank BJB. Kita sebagai Partai, punya kewajiban mengingatkan Pemerintah Daerah. Nanti, akan kita rapatkan dengan Fraksi PKB yang ada di DPRD Lampung Utara untuk membedah atau mengkaji ulang keinginan Pemerintah itu. Jangan sembronolah kita mau ngambil hutang, karena kita punya keyakinan (hutang ini) akan membebani masyarakat Lampung Utara,” kata Tabrani, ketika ditemui dikediamannya, di Perumahan Kota Alam Permai, Kotabumi, Selasa (18/6/2019).

Tabrani menilai, solusi mengatasi kekurangan anggaran di Lampung Utara ini, tidak musti selalu mengambil hutang. Anggota DPRD Lampung Utara terpilih ini (periode 2019-2024) menawarkan solusi ke Pemerintahan Agung Ilmu Mangkunegara agar melakukan efisiensi penghematan anggaran pada pos-pos yang tidak berpihak kepada kepentingan masyarakat.

” Pemborosan anggaran, tolonglah dikurangi. Efisiensi anggaran, itu cara untuk mengatasinya, dengan memberikan program-program yang skala prioritas,” ujarnya.

Tabrani juga menyinggung tujuan dan kegunaan pinjaman dana sebesar 325 Miliyar yang diperuntukkan Pembangunan Fly Over, Peningkatan RSUD Ryacudu, dan Perbaikan Pasar Central serta Pasar Pagi.

” Kalau Fly Over, sejauh mana kegunaan Fly Over itu. Tingkat kemacetannya, volume kendaraannya berapa besar, coba cek persentasenya di Dinas Perhubungan. Terus peningkatan RSUD Ryacudu, apa tipe RS kita tipe A? yang perlu peningkatan sarana dan prasarananya. Sejauh mana sih pelayanan terhadap pasien atau masyarakat, nah lebih baik meningkatkan SDMnya,” kata Tabrani..

Kemudian, perbaikan pasar central dan pasar pagi, yang menurutnya, itu merupakan pasar rakyat, tinggal pengefektifannya saja pasar-pasar tradisional di Lampung Utara.

” Sekarang ini banyak program-program pasar rakyat dari Kemendes, Kemendag dan sebagainya, untuk memberdayakan pembangunan pasar-pasar. Jemput bolalah pemerintah daerah ke pusat, nah inikan solusi, bukan hanya sekedar menjemput hutang. Kalau programnya untuk mengentaskan kemiskinan, PKB tentu mendukung penuh, its okelah, ” ucap Tabrani.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Apa Kabar Lampung

Kepala BPKAD Nilai BPK Tebang Pilih Dalam Pemeriksaan Keuangan

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG-kepala BPKAD Bandar Lampung Beranggapan Bahwa BPK Tidak Adil Dalam Pemeriksaan Keuangan. Sebelumnya BPK telah mengeluarkan laporan keuangan pada mei 2023 untuk tahun anggaran 2022 , yang dimana dalam laporan tersebut terdapat kelebihan bayar sebesar 2,371 milyar untuk pembayaran honor Pegawai BPKAD.

Kepala BPKAD Bandar Lampung M. Nur Ramdhan mengungkapkan bahwa pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK tebang pilih, pasalnya jika yang dipersoalkan mengenai honor, kenapa tidak di tindak mulai dari tingkat RT Senin (18/9/2023).

“BPK tebang pilih dalam melakukan pemeriksaan, jika masalah honor ini memang salah kenapa untuk honor RT tidak dipersoalkan, pasalnya perbulan anggaran RT mencapai 11milyar” ungkapnya

“Kami hanya mengeluarkan 500juta perbulan untuk pembayaran honor ini” lanjutnya

Ramdhan pula mengungkapkan bahwa penggunaan anggaran tahun 2022 untuk honor ini sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 33 Tahun 2021, namun Peraturan Walikota tersebut dinilai BPK tidak sesuai dengan perpres nomor 33 tahun 2020.

“Anggaran itu digunakan berdasarkan aturan yang ada, jika peraturan walikota yang menjadi dasar penetapan anggaran tersebut tidak sesuai dengan perpres nomor 33 tahun 2020 maka akan kami ajukan untuk mengubah aturan yang ada” tandasnya

“Lagi pula untuk pengembalian kelebihan honor tersebut sudah kami kembalikan walaupun dicicil sesuai dengan kemampuan” imbuhnya

Ketika ditanyai mengenai rencana penjualan aset yang akan dilakukan pemkot apakah untuk menutupi kelebihan honor yang harus dikembalikan, Ramdhan menolak anggapan tersebut, Ia mengatakan bahwa penjualan aset dilakukan berdasarkan aturan, tidak mungkin penjualan yang masuk ke kas negara dapat dipergunakan untuk pembayaran tersebut.

“Tidak ada tujuan begitu, penjualan aset juga baru sebatas rencana, jika dijual pun hasil dari penjualan langsung masuk ke kas negara” pungkasnya(zld/Jul)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bersama Forkopimda, Nanang Ermanto Panen dan Tanam Bawang

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampung today : Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Selatan menanam bawang sekaligus panen semangka di Kebun Edukasi, Kalianda, pada Selasa (12/9/2023).
Nanang Ermanto mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mendorong pertanian berkelanjutan dan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat terkait proses pertanian, dan Kebun Edukasi Lampung Selatan telah menjadi wadah yang ideal untuk mencapai tujuan tersebut.
Langkah ini, harap Nanang, akan memberikan dorongan kepada petani lokal untuk mengembangkan budidaya bawang merah sebagai salah satu komoditas andalan daerah ini.
“Kami sama-sama dengan jajaran Forkopimda, Dinas Pertanian dan seluruh jajaran pejabat pemerintah daerah menanam bawang pada hari ini dan kita sudah melihat aktivitas pertanian, ini dari tanaman asli bukan tempelan,” kata Nanang di sela-sela penanaman bawang.
Selain itu, lanjut Nanang, kegiatan penanaman bawang merah dan memanen semangka di Kebun Edukasi Lampung Selatan ini, diharapkan bisa menjadi langkah inovatif untuk meningkatkan pertanian lokal dan pendidikan pertanian masyarakat setempat.
Nanang menyebut, pertanian di Kebun Edukasi ini merupakan salah satu upaya untuk menekankan pentingnya ketahanan pangan dan mengembangkan sektor pertanian kepada masyarakat, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan pekarangan rumah.
“Tujuannya untuk manfaatkan pekarangan rumah. Bagaimana memafaat kondisi, kita bisa panen, inovasi dari petani itu sendiri. Kita banyak cara untuk menanam gak harus lokasi basah, kita harus kreatif, bagaimana kita menyikapi kondisi keadaan yang ada,” ujarnya.
Setelah selesai menanam bawang, Bupati Lampung Selatan beserta jajaran juga langsung memetik terong lalap, cabai dan buah semangka yang di ada di lokasi kebun edukasi. (Kmf/ko)
Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Apel Mingguan Pemkab Lamsel di Isi Pesan Kemenpora RI

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampung today : Asisten Administrasi Umum (Adum) Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Selatan Badruzzaman memimpin apel mingguan yang disatukan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 tahun 2023.
Apel yang digelar di Lapangan Korpri, Komplek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Senin 11 September 2023, diikuti para pejabat utama, Kepala Perangkat Daerah, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) baik PNS maupun THLS di lingkungan Pemkab setempat.
Dalam peringatan Haornas ke-40, Badruzzaman menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Badruzzaman mengatakan, peringatan Haornas ke-40 Tahun 2023 mengangkat tema yakni “Gelanggang Semangat Pemenang”.
Tema tersebut dimaksudkan pemenang sejati diawali dengan semangat mencetak bangsa yang bugar dan produktif, juga semangat mencetak para pemenang kompetisi pada ajang internasional demi keharuman bangsa dan negara.
“Untuk mencapai semua itu, ada tahapan panjang harus dilalui, diawali pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science. Hal ini tentunya perlu dilakukan secara serius, teroganisir, profesionalisme, dengan pengerahan segenap sumberdaya yang kita miliki,” ucap Badruzzaman.
Lebih lanjut, Badruzzaman menyampaikan, gelanggang semangat pemenang merupakan rangkaian dari berbagai macam bentuk apresiasi terhadap para olahragawan dan segenap lapisan masyarakat Indonesia dalam menyatukan semangat hidup aktif, semangat juang, untuk mengharumkan nama bangsa dalam pentas olahraga dunia.
“Kepada pahlawan dan insan olahraga berprestasi sebagai penerima penghargaan pada Haornas tahun ini kami ucapkan selamat dan terima kasih atas jasa-jasanya. Semoga tetap sukses dengan perjuangannya di dalam peningkatan prestasi dan minat masyarakat untuk berolahraga,” kata Badruzzaman mengakhiri sambutannya. (Kmf/eko)
Continue Reading

Trending