Connect with us

Advetorial

Meriah, Pawai Budaya dan Kendaraan Hias Warnai HUT Lampura ke 73

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Pawai Budaya dan Kendaraan Hias yang digelar Pemerintah Lampung Utara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73, senin (24/6/2019), memukau ribuan pasang mata yang menyaksikan di pinggir-pinggir jalan yang dilalui peserta pawai.

Barisan pawai budaya diawali penampilan drumband, disusul barisan 23 Kecamatan di Lampung Utara dengan menampilkan keberagaman Bhinneka Tunggal Ika. Terlihat berbagai budaya nusantara ditampilkan, mulai dari pakaian adat Lampung, pakaian adat daerah lainnya, baju tradisional, baju profesi, serta kostum unik dilengkapi dengan atribut yang memberi keindahan dari penampilan mereka.

Para peserta pawai dari kegiatan ini berasal dari 60 Organisasi Perangkat Daerah‎, organisasi kemasyarakat, dan komunitas kesenian. Pawai Budaya dan Kendaraan hias dimulai pada pukul 09.00 Wib, melalui rute start dari depan Kantor PKK dan finish Di Kantor Pemerintah Lampung Utara.

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, Wakil Bupati Budi Utomo, Wakil Ketua DPRD I Nurdin Habim, unsur Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah, Sofyan, dan para Asisten hingga Kepala OPD serta tokoh masyarakat tampak berdiri diatas panggung utama untuk menyambut peserta pawai, di pintu masuk kantor PKK, Jalan Jendral Sudirman.

Pawai budaya menunjukkan potensi keragaman suku, agama, dan budaya yang ada di Lampung Utara. Berbagai adat, seperti Lampung, Sunda, Jawa, Bali, Batak dan etnis Tionghoa pun ikut menampilkan seni dan budaya yang mereka miliki.

Sesekali mereka menampilkan beberapa atraksi menarik, seperti silat, barongsai, reog, kuda lumping, pertunjukkan permainan tradisional, tarian, dan lainnya, yang membuat masyarakat tertarik dan terpukau dengan penampilan ragam budaya itu.

Yang paling seru dan ditunggu-tunggu masyarakat adalah parade mobil hias dari Instansi pemerintah, yang menampilkan proses pembangunan serta hasil-hasil capaian kerja yang dilaksanakan.

Berbagai bentuk kreatifitas dalam arak-arakan mobil hias menjadi suguhan istimewa untuk masyarakat, ada mobil hias yang dibentuk Ikan, replika tugu kayu rato, replika bus sekolah, replika buku ‘raksasa’ Perda lengkap dengan palunya, dan berbagai potensi yang ada di Lampung Utara.

Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, mengatakan, pawai budaya dan kendaraan hias ini sebagai ruang untuk menggerakkan kreatifitas masyarakat memberi motivasi kepada seluruh elemen masyarakat dalam menggerakkan ekonomi dan potensi yang ada di Lampung Utara.

” Ini moment penting bagi masyarakat, bila dikemas dengan baik maka akan menjadi salah satu kekuatan perubahan Lampung Utara,” ucapnya.

Selain itu, menurut Agung, kegiatan ini merupakan cermin dari persatuan dan kesatuan yang selama ini terjalin di wilayahnya.‎ Sebab, kebudayaan yang ditampilkan tidak hanya berasal dari satu suku saja melainkan dari banyak suku, seperti Jawa, Lampung, Batak, dan bahkan etnis Tionghoa.

” Mari tetap jaga persatuan dan kesatuan ini karena sejatinya‎ perbedaan bukanlah jurang pemisah melainkan perekat supaya kita menjadi satu-kesatuan yang utuh,” ucapnya.

Sementara, Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Lampung Utara, Rahadian Aksa mendampingi Sekretaris Dewan, Adrie, ‎mengatakan, dalam pawai kendaraan hias kali ini, Sekretariat DPRD menyuguhkan kendaraan yang dihiasi dengan sebuah replika yang menyerupai buku ‘raksasa’ Perda lengkap dengan palunya.

Makna yang ingin disampaikan dalam replika tersebut adalah lembaga DPRD selalu bersama – sama dengan pihak eksekutif dalam mewujudkan pembangunan yang Berkeadilan dan sejahtera.

” DPRD dan Pemkab itu merupakan satu-kesatuan yang utuh dan saling melengkapi ‎satu sama lain dalam memajukan dan membangun sebuah daerah,” katanya. (ADVETORIAL)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Advetorial

Bupati Loekman Hadiri HUT Bhayangkara Ke – 73

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke – 73, di Lapangan Merdeka Punggur, Rabu (10/07/19).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Loekman menyampaikan rasa bangga atas terselenggaranya perayaan hari jadi Bhayangkara Ke – 73 Tahun 2019. Semoga di momen ini Polri semakin profesional dalam menjalankan tugas.

“Polres Lamteng saya kira sudah bekerja dengan baik. Harapan saya semoga semakin profesional dan dicintai masyarakat. Selamat HUT Bhayangkar Ke – 73, semoga selalu jaya dan sukses kedepannya, ” ujar orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini.

Ucapan selamatpun disampaikan Komandan Distrik Militer (Kodim) 0411/LT Letkol Czi Burhanudin. Ia berharap TNI dan Polri selalu solid, sehingga Indonesia akan semakin kuat.

“Bisa dilihat hubungan antara TNI dan Polri saat ini sangat luar biasa, kita sudah sama-sama satu jiwa dan satu hati, ” ungkap Dandim.

Lebih lanjut Letkol Czi Burhanudin mengatakan, momen ini adalah perwujudan bahwa hubungan TNI dan Polri sangat baik, khususnya di wilayah Kabupaten Lampung Tengah.

“Selamat untuk rekan kita anggota Bhayangkara yang Ke – 73. Pelaksanaan kegiatan ini yang sangat luar biasa, semoga kedepan bisa semakin baik, ” tuturnya. (Adv)

Continue Reading

Advetorial

Bupati Loekman dan Ketua TP-PKK Lampung Tengah Sebar 7000 Bibit Ikan Nila

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto didampingi Ketua PKK, Elly Lusiana bersama Camat Way Seputih, Akhmadi, Kadis Perikanan, beserta perangkat desa dan masyarakat Kampung Sri Budaya, Way Seputih menyebar sebanyak 7.000 bibit ikan nila dan patin di Bendungan Way Srenseng kampung setempat, Selasa (9/7).

Dalam kesempatan tersebut Loekman menyampaikan, bahwa kondisi bendungan masih perlu perhatian semua pihak. Selain masih alami, diminta dijaga ekosistemnya.

“Saya minta kepada masyarakat di jaga bendungan Way Srenseng, apa lagi sudah di seber benih ikan,”kata Loekman.

Lanjut Bupati, ia berharap masyarakat yang hendak mencari ikan jangan di jala, dijaring apalagi disetrum, atau diputas.

“Kasian ikan masih ada yang kecil pada mati karena di putas atau disetrum. Saya perbolehkan mencari ikan di bendungan Srenseng dengan cara dipancing,”pungkasnya(adv)

Continue Reading

Advetorial

Bupati Loekman Resmikan Pasar KWT di Kampung Setia Bumi

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah- Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoysoemarto meresmikan pasar Kelompok Wanita Tani (KWT) Kampung Setia Bumi, Kecamatan Seputih Banyak, Selasa (09/07/2019).

“Dengan adanya pasar KWT ini saya harap mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Lampung Tengah, khususnya di Kecamatan Seputih Banyak. Saya ucapkan selamat atas prestasi ini, “ujar Bupati.


Orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini juga berharap pasar KWT di Kampung Setia Bumi dapat lebih berkembang kedepannya.

“Untuk itu kita support agar pasar ini terus berkembang, sehingga menjadi pasar permanen di Kampung Setia Bumi. Semakin banyak pasar tentunya perekonomian akan semakin maju, yang dampaknya pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” terang Loekman.

Menurut Loekman, dengan adanya pasar KWT ini menunjukkan bahwa masyarakat di Kampung Setia Bumi sudah bergerak membangun daerahnya. Dengan begitu perekonomian daerah akan semakin maju. Sehingga pihaknya meminta peran dari para pedagang untuk lebih membantu pengembangan pasar KWT ini.

“Saya acungi jempol kepada Kepala Kampung dan jajaran KWT beserta anggotanya, dan masyarakat Kampung Setia Bumi atas peresmian pasar KWT ini. Tapi saya minta pedagang harus peduli dan disadari kalau ini perlu biaya. Jangan marah kalau di minta uang salar, karena uang yang masuk itu nantinya akan digunakan untuk mengelola pasar ini yang lebih baik lagi kedepannya, ” ungkap Bupati.

Sementara Ketua Forum Komunikasi KWT Lamteng, Hj. Ellya Luciana Loekman mengatakan, dengan adanya pasar KWT ini diharapkan perputaran uang di Kampung Setia Bumi ini kembali ke masyarakat.

“Saya harap uang masyarakat beredar disini saja bukan di bawa keluar. Bahkan orang di luar kampung juga datang sehingga ekonomi masyarakat di Setia Bumi menjadi meningkat,” ujar Ketua Forum Komunikasi KWT Lamteng ini.

Arum, salah satu pedagang yang juga Anggota KWT Kampung Setia Bumi sangat senang sekali dengan di buka nya Pasar KWT tersebut. Karena dapat mengenalkan produk yang di hasilkan oleh KWT di Lamteng.

“Saya sangat senang sekali karena dengan adanya pasar KWT ini, kami dapat mengenalkan produk KWT ke masyarakat luas, dan harapannya perekonomian kita akan semakin meningkat,” ungkapnya. (Adv)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: