Connect with us

Apa Kabar Lampung

Kacau 53 Kolam Di Desa Wiralga Tak Berfungsi

Redaksi LT

Published

on

Mesuji : Sebanyak 53 kolam yang terletak di Desa Wiralaga 1 Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji tidak produksi lagi.hal ini lantaran kurangnya ilmu pengetahuan dari para petani ikan sehingga mengakibatkan gagal panen setiap tahunnya.

Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mesuji berencana akan menghidupkan kembali kolam yang di bangun sejak tahun 2015 lalu ini agar bisa produksi atau panen kembali.

Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Pariman mengatakan kalau Pemkab siap membantu apa yang menjadi kebutuhan para petani ikan di Desa Wiralaga 1 tersebut seperti, bibit ikan, pakan, serta memberikan pelatihan atau penyuluhan agar tidak kembali gagal panen seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Pemkab mesuji siap membantu bibit ikan maupun pakannya asalkan komitmen dan keseriusan dari masyarakatnya benar-benar serius dalam menghidupkan kolam-kolam yang telah lama vakum ini.kami juga akan memberikan pelatihan khusus kepada masayarakat atau kelompok agar tidak gagal seperti sebelumnya.” Jelasnya.

Senada dengan Pariman, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten mesuji melalui anggota Komisi B Bob Nasution, merespon positif dan mendukung sepenuhnya program Dinas Kelautan dan Perikanan tersebut.menurutnya program kolamnisasi atau budi daya ikan kolam yang akan digalakkan kembali dengan mengelola kembali kolam-kolam yang telah lama tidak terpakai tersebut dinilai sangat berpotensi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

” Dengan digalakkannya program kolamnisasi ini diharapkan dapat menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat setempat,untuk itu,dalam pelaksanaan nantinya program ini dapat berjalan secara berkesinambungan”. Paparnya.

Politisi Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia ini juga menambahkan, minimnya ilmu dan pengetahuan warga dalam tekhnis budi daya ikan kolam ini menjadi faktor utama gagal nya pengelolaan ikan kolam di masa sebelumnya, untuk itu Putra Asli Daerah Mesuji yang telah dua periode menduduki Komisi B DPRD Mesuji ini berharap agar dinas terkait dapat melibatkan langsung tenaga tekhnis khusus dalam pengelolaan ikan kolam,

Sebagai pendamping warga dalam memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang tekhnis pengelolaan budidaya ikan kolam,baik dari proses pemberian pakan hingga pola pemeliharaan ikan itu sendiri,sehingga para warga yang mengelola kolam dapat memetik hasil hasil yang maksimal..

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Silahkan Tinggalkna Pesan Anda

Apa Kabar Lampung

Septi Istiqlal Beri Pembinaan Kader PKK di Kecamatan Karya Penggawa

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Ketua TP. PKK Kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal melakukan Pembinaan PKK di tiga Pekon, diantaranya Pekon Penggawa Lima Ulu , Pekon Penengahan dan Pekon La’ay, di Balai Pekon Penengahan, Kecamatan Karya Penggawa, Kamis (27/2).

Dalam sambutannya Septi Istiqlal menyampaikan kepada seluruh Kader PKK Pekon, hal ini dilakukan dalam rangka  mempersiapkan kedatangan Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung.  Tentunya kita para ibu PKK harus mempersiapkan diri dengan melakukan pembinaan PKK Pekon, jelas Septi Istiqlal.

Pembinaan tidak hanya sebatas itu saja, melainkan nantiny ada proses lanjutan, agar pekon yang dibina ini dapat mencapai hasil yang optimal dalam proses menjalankan kinerja PKK, jelas Septi Istiqlal.

Dalam acara tersebut, Septi Istiqlal juga menyerahkan bantuan berupa 20 bibit cabe kepada tiga Pekon, dilanjutkan dengan membuka lomba tutorial make up para ibu PKK.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Agus Istiqlal Berikan Bantuan Pada Para KPM

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Agus Istiqlal menghadiri acara Launnching program sembako di Kecamatan Ngaras, Kamis (27/02/2020).

Bupati menyampaikan bahwa program bantuan sembako ini adalah program pemberian bantuan sosial. Program bantuan sosial ini diberikan kepada keluarga prasejahtera yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial. 

Sedangkan untuk pendataannya diolah oleh pusat data dan informasi kesejahteraan sosial dan ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM), jelas Bupati. 

Program sembako ini merupakan perubahan dari BNPT yang dilakukan dalam rangka mewujudkan penguatan perlindungan sosial dan meningkatkan efektifitas program bantuan sosial pangan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Dengan perubahan tersebut, diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan, dengan memberi gizi yang lebih seimbang kepada KPM. 

Perlu diketahui bahwa Dinas Sosial adalah pelaksana program bantuan sembako ditingkat daerah. Pada  tahun 2020, di Kabupaten Pesisir Barat terdapat 15.363 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dari jumlah tersebut, tersebar di 11 Kecamatan yang terdiri dari 116 pekon dan 2 Kelurahan se-Kabupaten Pesisir Barat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolsek Bangkunat , para kepala OPD, Kabulog Lampung Utara , Pimpinn BRI cabang Liwa , Camat Ngaras, Camat Bangkunat dan Camat Negeri Ratu Ngambur,  para Peratin se Kecamatan Ngaras, para TKSK se Kabupaten dan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Krui Pro World Surf Leaque (WSL) 2020 Mulai di Bahas

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : Even selancar berkelas dunia yang bertajuk Krui Pro 2020 World Surf Leaque (WSL) akan diselenggarakan pada 13 – 19 April 2020 di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Even tahunan tersebut bekerjasama dengan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) dibawah naungan World Surf League (WSL).

Kadis Kominfo Pesisir Barat Tedi Zadmiko menginformasikan, ” terkait hal tersebut, Pemkab. Pesisir Barat membangun sinergitas dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan juga Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait “.

Pemkab. Pesisir Barat telah melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi Lampung, pada Selasa (25/2/ 2020), dan diterima langsung oleh Gubernur Lampung, Ir Arinal Djunaidi, yang di dampingi oleh para pejabat di ruang rapat Gubernur Lampung.

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menyampaikan bahwa penyelenggaraan Krui Pro tahun 2020 ini merupakan penyelenggaraan yang ke 4 (empat). 

Pelaksanaan Krui Pro tahun 2019 lalu,  jumlah peserta sebanyak 131 orang dari 22 negara dan untuk satu orang peserta mengikutisertakan tiga orang baik sebagai crew, pelatih, Kameramen, jelasnya. 

Agus Istiqlal sangat yakin dengan penyelenggaraan even berkelas dunia ini, tentunya akan berpengaruh positif, khususnya dengan destinasi wisata yang ada di Provinsi Lampung. 

Sementara itu, Gubernur Lampung dalam sambutannya menegaskan, bahwa Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh even Krui Pro ini, ” even ini merupakan even unggulan dari Provinsi Lampung dan even berkelas dunia “, tegasnya.

Dalam waktu dekat, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan PSOI akan akan melakukan audiensi di Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dengan harapan, agar Pemerintah Pusat dapat mendukung dengan maksimal penyelenggaraan Krui Pro tahun 2020 ini, tutupnya.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Trending