Connect with us

Apa Kabar Lampung

5 Tahun, Pemprov Lampung Targetkan Perbaikan 74 Ribu Lebih Rumah Tak Layak Huni

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Lampung menargetkan perbaikan 74.248 unit rumah tidak layak huni dalam 5 tahun kedepan. Artinya, di 2024 rumah tidak layak huni (RTLH) di Provinsi Lampung turun menjadi 0 persen. Hingga 2018, jumlah RTLH di Provinsi Lampung mencapai 93.752 unit, yang sudah tertangani sebesar 5 persen atau sebanyak 19.504 unit rumah.

Demikian diungkapkan, Pj. Sekretarias Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat membuka Rapat Koordinasi Sinergitas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kamis (11/7/2019) di Hotel Sheraton Bandarlampung,

Selain menargetkan penurunan RTLH menjadi 0 persen, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi juga menargetkan penurunan jumlah backlog (angka kebutuhan) rumah yang masih tinggi di Provinsi Lampung. Dari data yang diperoleh sampai dengan tahun 2018, jumlah backlog kepemilikan rumah mencapai 247ribu lebih sementara backlog penghunian jumlahnya lebih dari 181ribu. Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Tengah adalah dua daerah yang tertinggi jumlah backlognya.

Ini, artinya masih banyak orang yang belum memiliki rumah, ujar Fahrizal. Untuk itu, kami mendorong pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk bersinergi bersama dengan Pemerintah Provinsi Lampung mengatasi masalah backlog ini. “Karena keberhasilan pembangunan menuju Lampung Berjaya diawali dari tingkat rumah , disinilah orang menjadi sehat, produktif pintar. Bagaimana mau pintar jika ia tinggal di kolong jembatan atau rumahnya tidak sehat,” ungkapnya.

Fahrizal melanjutkan, dalam rangka terwujudnya akses masyarakat terhadap perumahan dan permukiman yang layak, sehat, nyaman, dan terjangkau, dalam 5 tahun kedepan Pemprov Lampung juga menargetkan agar akses layanan air minum ditingkatkan menjadi 88 persen naik 15 persen (dari 71 persen di tahun 2018), kemudian akses layanan sanitasi layak juga ditingkatkan menjadi 85 persen (dari 64 persen). Selain itu, Pemprov Lampung juga menargetkan akan menurunkan luas permukiman kumuh perkotaan menjadi 0,20 atau seluas 844,18 hektare.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi Lampung Tyas Nuziar melalui Kasubbag Perencanaan PKP Erwin, mengungkapkan salah satu tujuan terselenggaranya rakor ini adalah terciptanya sinergitas pemerintah provinsi dan kabupaten kota untuk menyepakati pencapaian target pembangunan infrastruktur perumahan di Lampung. PUPR juga diinisiasi agar PUPR untuk ikut serta dalam pembangunan di Provinsi Lampung.

“Hari ini kita akan kolaborasi, sehingga target-target tersebut dapat diselesaikan bersama-sama, dari pemenuhan rumah layak huni hingga sarana dan prasarananya seperti air minumnya dan akses sanitasinya kita penuhi bersama-sama,” jelas Erwin.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Perumahan Rakyat Khalawi Abdul Hamid, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Lampung, Maria Doeni Isa. (Humas Pemprov)

Apa Kabar Lampung

Budi Utomo Serahkan Beras Untuk Warga Kelurahan

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Utara, Budi Utomo menyerahkan bantuan beras bagi warga miskin yang terdampak Covid-19.

Bantuan beras diserahkan secara simbolis kepada sejumlah warga di kantor kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Selasa (2/6/2020) pagi.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Dandim 0412 Lampung Utara, Letkol. Inf. Krisna Pribudi, Pj. Sekda Lampung Utara, Sofyan, Inspektur Inspektorat, Man Kodri, Kepala Dinas PUPR, Syahrizal Adhar, Kepala Dinas Kesehatan, Maya Metissa, dan Plt. Kepala Dinas Kominfo, Sany Lumi.

Budi Utomo mengatakan, dampak dari Wabah Covid-19 begitu melemahkan sendi-sendi perekonomian. Untuk itu, pemerintah telah berupaya keras untuk meringankan beban ekonomi yang begitu berat sejak wabah Covid-19.

” Semoga bantuan beras ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Diketahui, Pemerintah Lampung Utara akhirnya hanya bisa memberikan bantuan berupa beras kepada masyarakatnya yang terdampak wabah Covid-19. Bantuan beras yang disalurkan untuk saat ini, akan disebar di 15 Kelurahan se-Kabupaten Lampung Utara.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Terapkan New Normal, Pemkab Lampung Selatan Gelar Apel Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Apel Gelar Pasukan Gugus Tugas Tugas Covid-19 di Lapangan Korpri, Pemkab setempat, pada Selasa pagi (2/6/2020).
Apel yang dipimpin langsung Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto itu dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan pada masyarakat menuju tatanan kehidupan baru atau new normal di wilayah Kabupaten Lampung Selatan ditengah pandemi Covid-19.
Dalam apel itu, Bupati Lampung Selatan didampingi Kapolres, AKBP Eddie Purnomo dan Dandim 0421/LS Lektol Kav Robinson Oktovianus Bessie. Selain diikuti Tim Gugus Tugas Covid-19, apel juga diikuti jajaran TNI dan Polri serta dinas intansi terkait lainnya.
Dalam arahannya, Nanang Ermanto mengatakan, keberhasilan negara yang sukses menekan penyebaran Covid-19 atau virus korona, adalah negara yang mampu mengarahkan masyarakatnya untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
Protokol kesehatan itu kata Nanang, seperti tidak keluar rumah atau berpergian apabila tidak mendesak, menjaga jarak aman antar manusia dan menghindari kerumunan atau physical distancing, rajin mencuci tangan setelah berkativitas dan selalu mamakai masker.
Lebih lanjut mengatakan, sebagai pelaksana Gugus Tugas di daerah, tim Gugus Tugas harus melaksanakan secara optimal semua kebijakan terkait percepatan penanganan Covid-19.
Sebab menurutnya, virus korona merupakan bencana nasional non alam yang perlu ditangani secara bersama-sama yang melibatkan berbagai lintas sektoral.
“Untuk itu kita harus mampu mengarahkan masyarakat mematuhi strategi ini. Sebab tingkat kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang situasi ini tidaklah sama. Perlu adanya upaya yang lebih represif tetapi humanis agar kebijakan ini bisa dipahami masyarakat,” ujar Nanang.
Selanjutnya, dalam kesempatan itu, Nanang meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan semua instansi vertikal serta lembaga-lembaga mulai dari desa sampai tingkat kabupaten, untuk dapat menyediakan fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer.
“Saya mengimbau seluruh masyarakat serta penanggungjawab tempat keramaian seperti, pasar, mini market, lembaga keuangan atau Bank, dapat menyediakan temat cuci tangan yang mudah dijangkau. Agar penularan virus korona bisa kita cegah sedini mungkin,” imbuh Nanang.
Meski tugas Gugus Tugas adalah melakukan proses perubahan nilai, sikap dan prilaku masyarakat menuju new normal, dirinya mengingatkan bahwa kegiatan melawan Covid-19 belum berakhir. Walaupun pemerintah pusat telah melonggarkan PSBB dibeberapa daerah.
“Saya percaya kita semua dapat melaksanakan kebijakan ini secara optimal. Untuk itu saya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh petugas yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Covid-19 yang telah bekerja dengan baik, mengutamakan keselamatan masyarakat tana mengabaikan keselamatan diri,” pungkas Nanang. (Eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Muktamar NU, Nanang Ermanto Dukung Penggalangan Coin

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, mendukung kegiatan penggalangan koin NU Provinsi Lampung dalam rangka mensukseskan muktamar NU ke-34 pada Oktober 2020 mendatang.
Menurut Nanang, dukungan tersebut akan dilakukakan dalam bentuk aksi langsung bersama seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan aparatur kecamatan hingga desa.
“Segera akan kita lakukan sosialisasi dan aksi terhadap kegiatan penggalangan koin NU ini dalam setiap kegiatan pemerintah baik dikabupaten maupun di desa,” kata Nanang saat menerima kunjungan Direktur Penggalangan dana koin NU propinai Lampung, Andi Warisno, dirumah dinas bupati setempat, Jumat (29/05/2020).
Selain itu, Nanang juga merasa tergerak untuk ikut serta mensukseskan kegiatan tersebut, karena Provinsi Lampung menjadi tuan rumah pada kegiatan itu.
“Lampung sebagai tuan rumah membuat saya merasa terpanggil untuk turut mensukseakan acara muktamar tingkat nasional ini,” jelas Nanang.
Sementara itu, Direktur Penggalangan dana koin NU Provinsi Lampung, Andi Warisno, mengucapkan rasa terima kasih atas undangan dan dukungan penuh yang disampaikan oleh Bupati Lampung Selatan itu.
“Dukungan yang disampaikan pak bupati kepada kami, seakan-akan menambah ringan pekerjaan NU Propinsi Lampung dalam mensukseskan Muktamar NU ke- 34 Oktober mendatang,” ujarnya.
Dijelaskannya, pada kegiatan puncakbmuktamar NU ke-34 nanti, diperkirakan akan dihadiri oleh ribuan peserta yang datang dari seluruh Indonesia.
“Diperkirakan ada 6.500 peserta, belum ditambah undangan dari organisasi Islam tingkat internasional,” jelasnya.
Dirinya berharap, semoga apa yang dilakukan oleh Bupati Lampung Selatab itu, bisa menjadi contoh kepala daerah lainnya di Provinsi Lampung.
“Semoga langkah pak bupati Nanang diikuti juga oleh kepala daerah lainnya,” tambah Andi yang juga Rektor An-Nur ini. (eko)

Continue Reading

Trending