Connect with us

Apa Kabar Lampung

Kadisdik Lampura : Mudah-mudahan DAK 2019 Tidak Dipihak Ketiga kan…?

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Toto Sumedi, mengklaim pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Tahun 2019 di Lampung Utara dikerjakan secara swakelola.

” DAK Bidang Pendidikan wajib Swakelola, tidak melalui pihak ketiga,” kata dia, kepada awak media, diruang kerjanya, baru-baru ini.

Disebutkan Toto, pelaksanaan DAK secara Swakelola sudah disosialisasikan ke satuan pendidikan yang menerima bantuan itu. Jadi, tidak dibenarkan jika pelaksanaan DAK nantinya melalui pihak ketiga.

” (Pelaksanaan DAK) Mudah-mudahan tidak ada melalui pihak ketiga. Ikuti petunjuk pelaksanaan dan petunjuk tekhnis (Juklak dan Juknis) tentang pelaksanaan DAK serta Permendikbud nomor 1 tahun 2019. Ikuti ini, jangan menyimpang dari aturan,” ucapnya normatif.

Pelaksanaan DAK tahun 2019, lanjut Dia, juga melibatkan Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang (PUPR) sesuai dengan aturan perundang-undangan. Hal ini diperlukan, untuk Harga Perkiraan Sendiri (HPS), Provisional Hand Over ( PHO ) atau serah terima pertama dan Final Hand Over ( FHO ) atau Serah Terima Akhir.

” Terlibatnya Dinas PU sesuai dengan petunjuk tekhnis dalam Permendikbud nomor 1 tahun 2019. Sedangkan perencanaannya, melibatkan Tim Fasilitator,” kata Toto yang pernah menjabat Kadispenda Kabupaten Pesawaran.

Menurutnya, DAK Bidang Pendidikan Lampung Utara tahun 2019 nilainya mencapai Rp. 21 Miliar. Dengan jumlah satuan pendidikan yang menerima DAK itu sebanyak 85 Sekolah dengan rincian Taman Kanak-Kanak (6), Sekolah Dasar (70), Sekolah Menengah Pertama (8) dan Sanggar Kegiatan Belajar (1).

” (21M) ini diperuntukkan pembangunan ruang kelas baru (rkb)+meubelair, rehabilitasi+meubelair dan pengadaan buku melalui e-katalog. Untuk satuan pendidikan nilai DAKnya bervariasi, saya nggak hapal, kalau yang tertinggi ada yang mencapai 500 juta, dan yang terendah 88 juta. Pencairan dilakukan secara bertahap,” ulas Toto.

Ditambahkan dia, penerima DAK bidang pendidikan sesuai berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang meliputi Sarana/Prasarana, Siswa, dan Pendidik dan Tenaga Pendidikan (PTK). Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

” Dapodik ini langsung diverifikasi Kemendikbud, untuk mendapatkan skala prioritas. Dan yang menentukan satuan pendidikan yang menerima DAK adalah dari Kementerian,” imbuhnya.

Disinggung, kapan pelaksanaan DAK Bidang Pendidikan tahun 2019 mulai dikerjakan? Toto mengatakan, pelaksanaan DAK tinggal menunggu MoU satuan pendidikan.

” Insyaallah, pelaksanaan DAK diawal agustus inilah (2019). Tinggal menunggu MoU Satuan Pendidikan yang disusun oleh tim Fasilitator, dan kini sedang ada perbaikan beberapa draf MoU. Secepatnya diselesaikan, lalu, MoU dikirim ke Kemendikbud,” jawabnya.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apa Kabar Lampung

Riana Sari Arinal : Saya Akan Lindungi Kaum Ibu

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyatakan komitmennya terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan pendekatan langsung dengan para ibu.

“Saya akan melindungi kaum Ibu sebagai teman curhat dan sahabat,” ujarnya. Hal itu disampaikan ketika menyempatkan diri bersilaturahmi dengan Masyarakat Panjang untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019, Jumat (23/8/2019).

Ketika mereka merasa dekat, Riana yakin masyarakat tidak akan takut dan sungkan untuk mengutarakan keluhan serta permasalahan yang mereka hadapi kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung ini.

“Misalnya program jembatan yang putus disini belum, atau bu ada program kesehatan tidak sampai ke saya. Aspirasi dari mereka ini nantinya yang akan saya bicarakan ke bapak Gubernur. Jadi ini memang benar-benar suara dari mereka, jadi Insya Allah programnya akan efektif,” ungkap Riana.

Riana berharap setiap pertemuan yang dilakukannya dengan para ibu dapat memberikan energy positif, semangat dan motivasi kepada mereka.

“Karena saya yakin kalau perempuan-perempuan di Provinsi Lampung ini ibu ibunya sampai di pelosok desa ini berdaya Insya Allah Lampung akan Berjaya,” harapnya.

Riana Sari yang juga Ketua Dekranasda Provinsi Lampung menyatakan komitmennya untuk selalu turun ke bawah bersama masyarakat. “Saya akan tetap berupaya bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar. Insya allah tidak akan pernah kami ingkari. Seperti pada moment hari Kemerdekaan hari ini, kami mengadakan acara lomba dengan warga sekitar panjang,” ujar Bunda PAUD Provinsi Lampung yang sekaligus Ketua IIPG (Ikatan Istri Partai Golkar) Ini.

Ditambahkannya, IIPG juga akan berperan bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung untuk mensukseskan pembangunan yang akan di canangkan.

“Di dalam IIPG juga kita memiliki berbagai program, seperti program sosial, keagamaan, pendidikan, dan lainnya. Bukan hanya itu terlepas dari unsur pemerintahan sebagai Ketua TP PKK, Dekranasda, dan Bunda PAUD saya juga akan melakukan kunjungan ke suatu daerah untuk bergabung dengan masyarakat,” tambahnya.

Sementara Lisa yang merupakan warga panjang begitu mengagumi sosok ibu Riana Sari Arinal yang tidak sungkan untuk turun langsung mengikuti perlombaan bersama mereka.

“Saya tidak menyangka ibu Riana bisa bersama sama berbaur dengan kami mengikuti berbagai macam perlombaan serta dengan begitu ramah untuk makan bersama masyarakat kecil seperti kami,” ujarnya antusias. (Humas Pemprov).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Lampung Berjaya, Program Lampung Mengaji Siap Di Launching

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi terus bergerak untuk mewujudkan visinya “Lampung Berjaya” dan mewujudkan janji kerja gubernur dan wagub Lampung periode 2019-2024.

Oleh karena itu, pekan depan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, akan melakukan peresmian Lampung Mengaji dan Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Lampung.

Kegiatan keagamaan ini mulai dilaksanakan pada Selasa (27/8/2019), di Bagas Raya Sukarame Bandarlampung. Peresmian Program ini akan mengundang akademisi juga dai kondang Dr. H. Das’ad Latif, MSi, Ph.D Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanudin Makassar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar saat dimintai keterangan, Jumat (23/8/2019), membenarkan kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan, Program Lampung Mengaji dan Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Lampung, merupakan implementasi dari program Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi-Chusnunia, Lampung Berjaya dalam bidang keagamaan dan pengembangan budaya lokal.

Peresmian Program Lampung Mengaji dan Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Lampung akan dihadiri perwakilan guru mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Provinsi Lampung.

Lebih lanjut Sulpakar menjelaskan, tujuan dan sasaran Program Gerakan Lampung Mengaji yaitu: Mengembalikan budaya gemar mengaji masyarakat Lampung melalui kegiatan pembelajaran di sekolah, di rumah dan di masyarakat (Tri Pusat Pendidikan).

Membebaskan masyarakat Lampung dari Buta Aksara AI-Qur’an. Membimbing peserta didik agar mampu mengaji Al-Qur’an dengan lancar sesuai makhraj dan tajwid. Membimbing peserta didik agar memiliki hafalan minimal 20 surat pendek bagi peserta didik reguler. Membimbing peserta didik agar memiliki hafalan minimal 1 juz bagi peserta didik yang mengikuti program Ekstra kurikuler Tahfidz.

Menumbuhkan gerakan membaca AI-Quran, baik secara individu maupun bersama-sama. Membentuk kepribadian berdasarkan AI-Qur’an dan mencegah kerusakan moral.

Sulpakar menambahkan, sasaran dari program Lampung Mengaji yaitu; Peserta didik muslim, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah, orang tua peserta didik dan masyarakat Lampung. (Humas Pemprov)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Wabup Lampura Pimpin Rapat TPID

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Wakil Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E.,M.M, memimpin Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2019.

Rapat ini dilakukan bersama Ketua Tim Harian TPID Kabupaten Lampung Utara H. Sofyan, S.P.,M.M, dan Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Melly Ika Permata, di Ruang Siger, Kamis (22/8/2019).

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading

Trending