Connect with us

Apa Kabar Lampung

Jelang Pensiun, 312 ASN Pemkab Lamsel Dilatih Kewirausahaan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Sebanyak 312 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mendapat pelatihan kewirausahaan jelang masa purnabhakti atau pensiun.

Acara pelatihan yang dilaksanakan di Aula Rajabasa, Kantor Bupati Lampung Selatan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemkab Lampung Selatan, Priyanto Putro.

Turut hadir Sekretaris Dewan Pengurus Korpi Kabupaten Lampung Selatan Nurmali Rizal AR, SE, M.Si serta sejumlah perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan pemkab setempat.

Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Lampung Selatan, Nurmali Rizal menjelaskan, peserta pelatihan kewirausahaan tersebut terdiri dari dinas, badan, kantor, bagian, kecamatan, dan dewan guru yang sudah dan akan memasuki pensiun pada tahun 2019.

Adapun, tujuan dari kegiatan itu kata dia, untuk meberikan ilmu pengetahuan kepada ASN yang memasuki masa purnabhakti.

“Maksud dan tujuan pelatihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan diri, dan memberi bekal atau keterampilan untuk berusaha, serta mempersiapkan mental para ASN dalam menghadapi purnabhakti,” ujar Nurmali Rizal dalam laporannya.

Sementara, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerntahan Hkum dan Politik, Priyanto Putro berharap, melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan serta wawasan bagi ASN dibidang kewirausahaan.

Sehingga nantinya, dengan pengetahuan yang didapat bisa memberikan manfaat dalam mengisi waktu luang setelah pensiun serta dapat memberikan nilai ekonomi bagi kehidupannya.

“Saat ini muncul berbagai konsep usaha yang beragam dan menarik, dengan menawarkan keuntungan yang besar. Dan tentunya, dengan pelatihan ini diharapkan dapat mengenalkan lebih dalam akan seluk beluk dunia wirausaha,” kata Priyanto.

Lebih lanjut Priyanto menyampaikan, melalui pelatihan itu diharapkan juga para ASN yang memasuki purnabhakti, akan mempunyai persiapan yang lebih baik. Terutama dalam mengisi waktu luang yang dapat memberikan dampak enkonomi untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Pada dasarnya, pelatihan ini ingin memberikan motivasi dan pencerahan, bahwa kesuksesan akan diraih bila pilihan aktivitas sesuai dengan potensi diri. Pelatihan ini diharapkan juga mampu mendorong peserta untuk menemukan gagasan dan ide baru guna memulai usaha, khususnya usaha kecil menengah (UKM),” tutur mantan Kepala Bappeda Pemkab Lampung Selatan ini.

Selain itu Priyanto mengatakan, purnabhakti bukanlah sebuah akhir dari pengabdian, akan tetapi masa itu hendaknya dapat dipandang sebagai momentum sekaligus titik tolak baru dalam menyiapkan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

“Kita tentunya patut bersyukur bisa mencapai masa ini. Karena masa purnabhakti merupakan bukti keberhasilan seseorang melewati tahapan kehidupan yang paripurna sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasubag Olahraga Seni Budaya Mental dan Rohani Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Lampung Selatan, Emilia Susana, SE, MM menambahkan, ASN yang memasuki masa purnabhkati tersebut juga diberi tali asih.

“Secara simbolis tadi sudah diserahkan kepada ASN yang memasuki purnabhakti. Totalnya 312 orang, dan masing-masing ASN yang memasuki purnabhakti mendapatkan tali asih sebesar Rp.750.000,” ucapnya.

Sedangkan, dalam kegiatan itu para ASN yang memasuki purnabhakti diberi pelatihan materi mengenai pemanfaatan lahan pekarangan melalui budidaya tanaman sayuran dan buah-buahan yang disampaikan Des Rahyumi TJ, SP Kabid Holtikutura Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura setempat.

Selanjutnya dimateri kedua, ASN diberi pengetahuan tentang program budidaya air tawar yang disampaikan oleh Dwi Jatmiko, SPi yang juga merupakan Sekretaris Dinas Perikanan Pemkab Lampung Selatan. (Eko/Kmf)

Apa Kabar Lampung

Riana Sari Arinal : Saya Akan Lindungi Kaum Ibu

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyatakan komitmennya terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan pendekatan langsung dengan para ibu.

“Saya akan melindungi kaum Ibu sebagai teman curhat dan sahabat,” ujarnya. Hal itu disampaikan ketika menyempatkan diri bersilaturahmi dengan Masyarakat Panjang untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019, Jumat (23/8/2019).

Ketika mereka merasa dekat, Riana yakin masyarakat tidak akan takut dan sungkan untuk mengutarakan keluhan serta permasalahan yang mereka hadapi kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung ini.

“Misalnya program jembatan yang putus disini belum, atau bu ada program kesehatan tidak sampai ke saya. Aspirasi dari mereka ini nantinya yang akan saya bicarakan ke bapak Gubernur. Jadi ini memang benar-benar suara dari mereka, jadi Insya Allah programnya akan efektif,” ungkap Riana.

Riana berharap setiap pertemuan yang dilakukannya dengan para ibu dapat memberikan energy positif, semangat dan motivasi kepada mereka.

“Karena saya yakin kalau perempuan-perempuan di Provinsi Lampung ini ibu ibunya sampai di pelosok desa ini berdaya Insya Allah Lampung akan Berjaya,” harapnya.

Riana Sari yang juga Ketua Dekranasda Provinsi Lampung menyatakan komitmennya untuk selalu turun ke bawah bersama masyarakat. “Saya akan tetap berupaya bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar. Insya allah tidak akan pernah kami ingkari. Seperti pada moment hari Kemerdekaan hari ini, kami mengadakan acara lomba dengan warga sekitar panjang,” ujar Bunda PAUD Provinsi Lampung yang sekaligus Ketua IIPG (Ikatan Istri Partai Golkar) Ini.

Ditambahkannya, IIPG juga akan berperan bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung untuk mensukseskan pembangunan yang akan di canangkan.

“Di dalam IIPG juga kita memiliki berbagai program, seperti program sosial, keagamaan, pendidikan, dan lainnya. Bukan hanya itu terlepas dari unsur pemerintahan sebagai Ketua TP PKK, Dekranasda, dan Bunda PAUD saya juga akan melakukan kunjungan ke suatu daerah untuk bergabung dengan masyarakat,” tambahnya.

Sementara Lisa yang merupakan warga panjang begitu mengagumi sosok ibu Riana Sari Arinal yang tidak sungkan untuk turun langsung mengikuti perlombaan bersama mereka.

“Saya tidak menyangka ibu Riana bisa bersama sama berbaur dengan kami mengikuti berbagai macam perlombaan serta dengan begitu ramah untuk makan bersama masyarakat kecil seperti kami,” ujarnya antusias. (Humas Pemprov).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Lampung Berjaya, Program Lampung Mengaji Siap Di Launching

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi terus bergerak untuk mewujudkan visinya “Lampung Berjaya” dan mewujudkan janji kerja gubernur dan wagub Lampung periode 2019-2024.

Oleh karena itu, pekan depan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, akan melakukan peresmian Lampung Mengaji dan Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Lampung.

Kegiatan keagamaan ini mulai dilaksanakan pada Selasa (27/8/2019), di Bagas Raya Sukarame Bandarlampung. Peresmian Program ini akan mengundang akademisi juga dai kondang Dr. H. Das’ad Latif, MSi, Ph.D Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanudin Makassar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar saat dimintai keterangan, Jumat (23/8/2019), membenarkan kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan, Program Lampung Mengaji dan Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Lampung, merupakan implementasi dari program Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi-Chusnunia, Lampung Berjaya dalam bidang keagamaan dan pengembangan budaya lokal.

Peresmian Program Lampung Mengaji dan Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Lampung akan dihadiri perwakilan guru mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Provinsi Lampung.

Lebih lanjut Sulpakar menjelaskan, tujuan dan sasaran Program Gerakan Lampung Mengaji yaitu: Mengembalikan budaya gemar mengaji masyarakat Lampung melalui kegiatan pembelajaran di sekolah, di rumah dan di masyarakat (Tri Pusat Pendidikan).

Membebaskan masyarakat Lampung dari Buta Aksara AI-Qur’an. Membimbing peserta didik agar mampu mengaji Al-Qur’an dengan lancar sesuai makhraj dan tajwid. Membimbing peserta didik agar memiliki hafalan minimal 20 surat pendek bagi peserta didik reguler. Membimbing peserta didik agar memiliki hafalan minimal 1 juz bagi peserta didik yang mengikuti program Ekstra kurikuler Tahfidz.

Menumbuhkan gerakan membaca AI-Quran, baik secara individu maupun bersama-sama. Membentuk kepribadian berdasarkan AI-Qur’an dan mencegah kerusakan moral.

Sulpakar menambahkan, sasaran dari program Lampung Mengaji yaitu; Peserta didik muslim, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah, orang tua peserta didik dan masyarakat Lampung. (Humas Pemprov)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Wabup Lampura Pimpin Rapat TPID

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Wakil Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E.,M.M, memimpin Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2019.

Rapat ini dilakukan bersama Ketua Tim Harian TPID Kabupaten Lampung Utara H. Sofyan, S.P.,M.M, dan Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Melly Ika Permata, di Ruang Siger, Kamis (22/8/2019).

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading

Trending