Connect with us

Apa Kabar Lampung

Penggunaan Dana Desa di Desa Negeri Jemanten Tidak Transparan

Redaksi LT

Published

on

Lampung Timur : Desa Negeri Jemanten dinilai tidak transparan dan tidak melibatkan perwakilan masyarakat Desa, hal itu terungkap pada sidang musyawarah ulang pembangunan Desa di aula BPU Kecamatan Marga Tiga Lampung Timur.

Kepala Desa Marga Tiga Didik Sumardiyono membenarakan hal tersebut pada Senin (29/07/19) di aula Kecamatan, dimana pada saat itu Didik dengan jelas menyampaikan pengakuanya selama ini dirinya tidak pernah melibatkan Badan Permusawaratan Desa (BPD)

Hadir dalam musawarah tersebut. kepala Bdan Kebangpol, PMD, perwakilan Kejaksaan Negri Sukadana, Camat setempat, Danramil, Kapolsek beserta para tokoh adat dan BPD Negri Jemanten Marga Tiga Lampung Timur.

Persoalan tersebut bermula dari adanya program pembangunan Kantor Desa yang telah berjalan 40 persen, sayangnya, pemabngunan tersebut dituding tidak pernah bermusawarah dengan masyarakat bahkan BPD.

Dimana, DD tahun 2019 Desa Negri Jemanten membangun Kantor Desa di bagian belakang Desa, atau tepatnya tersembunyi di jalan buntu, padahal sebelumnya masyarakat dan tokoh adat telah menyampaikan keinginan agar pembangunan kantor Desa di tempat strategis.

“Kami sebelumnya sudah pernah meminta agar kantor desa dibangun di jalan depan (poros red) dan kami juga telah siapkan lahanya, bukan seperti sekarang ini. Masak kantor Desa adanya ujung jalan buntu lagi, masak kantir desa nyelip atau nyumput, lalu bagaimana mau maju Desa kalau kantonya saja terbelakang,” kata Ismail salah satu tokoh Adat masyarakat Begri Jemanten, di sela-sela rapat kepada para awak media.

Menurutnya, kesalahan dalam program pembangunan di Desa Negri Jemanten terjadi sejak awal, dimana para tokoh adat dan BPD tidak pernah dilibatkan dalam musawarah pemabangunan Desa, karenanya, masyarakat adat meminta pertanggung jawaban Kepala Desa atas program DD tersebut.

Pada kesempatan yang sama juga salah satu Kepala Dusun 7 Desa Negri Jemanten Alim Bangsawan tegas di hadapan ruang sidang musawarah mengatakan bahwa selama ini Kepala Desa tidak pernah melibatkanya saat musawarah pembangunan Desa,

Senada dengan para tokoh masyarakat lainya, Suyanto Ketua BPD Negri Jemanten. Sesuai Peraturan Daerah, tentang musyawarah pembangunan Desa.

“Kami selaku BPD serba tidak tau, termasuk perihal tanah yang audah dibangun untuk Kantor Desa itu,” tandas Suyanto.

Reporter : Mandra
Editor : Red

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Silahkan Tinggalkna Pesan Anda

Apa Kabar Lampung

Jelang OPS. Zebra Krakatau 2019, Polres Mesuji Gencar Sosialisi

Redaksi LT

Published

on

MESUJI – Menjelang pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau Tahun 2019 dalam rangka menyambut hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Mesuji gencar lakukan sosialisasi ke masyarakat pengguna jalan raya.

Seperti diungkapkan Kasat Lantas Polres Mesuji. AKP.Hadly Nasution, mewakili Kapolres Mesuji. AKBP Eddie Purnomo.SIK., bahwa Operasi Zebra Krakatau 2019 akan dimulai tanggal 23 Oktober sampai 5 November 2019 mendatang.

“Oleh sebab itu, kami gencar melakukan sosialisasi guna menghimbau seluruh masyarakat para pengguna jalan raya, agar senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas, gunakan helm SNI, dan untuk pengemudi kendaraan roda empat (R4) selalu pakai sabuk pengaman dan jangan kebut-kebutan,”Ujar Kasat Lantas, Selasa(15/10/2019).

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan agar sebelum berkendara, masyarakat diminta untuk mengecek kelengkapan surat kendaraan bermotor (STNK), serta Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Kami juga menghimbau, agar masyarakat dalam berkendara wajib hukumnya membawa kelengkapan STNK dan SIM nya. Apabila masa berlaku STNK telah habis, segera diperpanjang atau diurus dengan mendatangi kantor SAMSAT Polres Mesuji. Sementara bagi masyarakat yang belum memiliki SIM, dapat membuat Smart SIM di Kantor SATPAS 2536 di Desa Simpang Mesuji, tepatnya di samping Mapolsek Simpang Pematang dan jika SIM nya telah mati, segera lakukan perpanjangan,” Tandasnya.

Reporter : Erwan EP
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Ketua DPRD Lampung Utara, Kunjungi Warga Penderita Kaki Gajah

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Mendengar ada masyarakatnya terkena penyakit kaki gajah, Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, langsung menunjukkan empatinya dan mengajak Kasubag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD, Rahadian Aksa, berkunjung ke kediaman Nirwanto si pengidap kaki gajah, warga Kelurahan Kelapa Tujuh, Kotabumi.

Setibanya dikediaman Nirwanto, dengan menumpangi mobil dinas SUV BE 3 J, Romli yang baru saja duduk dikursi Ketua DPRD Lampung Utara pada Senin (14/10/2019) kemarin, terlihat berbincang hangat dengan pihak keluarga Nirwanto yang langsung menerima kedatangan politisi asal partai Demokrat ini. Keakraban yang tanpa dibuat-buat begitu kentara antara sang pucuk pimpinan legislatif ini dengan Nirwanto dan keluarganya. Bahkan, tanpa ada rasa jijik dan lainnya, Romli tak sungkan memegang dan mengelus bagian tubuh Nirwanto yang terkena penyakit kaki gajah atau filariasis limfatik yang telah dideritanya sejak 20 tahun yang lalu.

Melihat kondisi Nirwanto yang sangat memprihatinkan, rasa haru tampak terlihat sangat di wajah sang Ketua DPRD Lampung Utara periode 2019-2024. Romli pun secepatnya akan melakukan koordinasi kepada pihak terkait seperti dinas kesehatan dan dinas sosial.

“ Secepatnya nanti kita akan mencarikan solusi atau penanganan terbaik untuk kesembuhan Nirwanto,” tandas Romli, Selasa (15/10/2019).

Romli juga merasa miris lantaran sampai saat ini belum ada bantuan dari pihak manapun dan dirinya akan langsung mengambil langkah tercepat untuk kesembuhan warga Kelurahan Kelapa Tujuh tersebut.

Kakak Nirwanto yang tak mau disebut namanya pun merasa bersyukur dan bahagia atas kunjungan Ketua DPRD Lampung Utara, Romli.

” Ya baru ini , (Ketua DPRD) pejabat yang melihat adik kami. Dan kami berharap adik bungsunya ini bisa mendapatkan penanganan yang terbaik untuk kesembuhannya, ” katanya.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pimpinan DPRD Lampung Utara Periode 2019-2024 Di Lantik

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Pimpinan DPRD Lampung Utara periode 2019-2024 resmi diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Lampung Utara, Vivi Purnamawati, Senin (14/10/2019).

Adapun unsur pimpinan DPRD yang baru ini yakni Romli sebagai Ketua DPRD (Partai Demokrat) , Madri Daud sebagai Wakil Ketua I (Gerindra), Dedi Sumirat sebagai Wakil Ketua II (Nasdem), dan Joni Saputra sebagai Wakil Ketua III (PDIP).

Prosesi pengambilan sumpah berlangsung dalam Paripurna Istimewa di Gedung DPRD setempat yang dihadiri Plt. Bupati Lampung Utara Kepala Biro ‎Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Lampung, Hargo Prasetyo Widi, Forkopimda, sejumlah petinggi partai politik dan para pejabat teras di lingkungan Pemkab serta keluarga besar para unsur Pimpinan DPRD.

‎Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Lampung nomor : G/698 / B.01 / HK /2019 yang ditandatangani Gubernur Arinal Djuanidi pada tanggal 11 Oktober 2019.

Sidang Paripurna Istimewa dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD, Rendy Apriansyah ‎didampingi oleh Wakil Ketua Sementara, Nurdin Habim

Usai prosesi pengambilan sumpah, Romli menerima palu sidang paripurna dari Rendy Apriansyah‎ sebagai tanda telah beralihnya kepemimpinan sementara ke kepemimpinan definitif.

“ Sebagai pimpinan DPRD, kami akan berusaha melaksanakan tugas, fungsi, wewenang dan kewajibannya seoptimal mungkin dalam rangka menampung dan menyalurkan aspirasi rakyat,” Ucap Romli.

Ia mengajak seluruh pihak untuk selalu bersinergi dan menyatukan langkah serta persepsi untuk menghasilkan produk hukum daerah yang sejalan dengan program pusat dan provinsi. Tak lupa, Romli turut menyampaikan selamat atas penunjukan Wakil Bupati Lampung Utara, Budi Utomo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Utara.

“ Selamat juga kepada Wakil Bupati Budi Utomo yan saat ini sudah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Bupati,” ‎kata Romli‎

Di sisi lain, Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo berharap keberadaan para unsur pimpinan definitif ini akan membuat sinergitas antara eksekutif dan legislatif akan kian lebih baik di masa mendatang. Dengan demikian, akan dapat terus berjuang bersama dalam membangun Lampung Utara agar aman, agamis, maju dan sejahtera.

“ Selamat bertugas dan semoga dapat mengemban amanah‎ dengan sebaik – baiknya,” Ujar Budi.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading

Trending