Connect with us

Advetorial

DPRD Tulangbawang Sahkan Raperda APBD 2019

Published

on

TULANGBAWANG : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tulangbawang mengesahkan Reperda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2019, menjadi Perda APBD Sebesar Rp. 1,2 trilyun.

Ketua DPRD tulangbawang Sopi’i Ashari mengatakan jika pengesahan Perda APBD tahun 2019 merupakan wujud komitmen lembaga perwakilan rakyat mendukung penuh berbagai program pembangunan Pemkab  terhadap masyarakat tulangbawang.

“Sesuai jadwal dan tahapan APBD 2019 sudah dibahas APBD sepakat disahkan dengan harapan pemkab segera merealisasikan berbagai program pembangunan diseluruh kampung maupun kebijakan lainya yang benar-benar menyentuh langsung kepentingan masyarakat, ” tegas Sopi’i.

Menurut Sopi’i dalam struktur APBD tahun 2019 pemkab tetap memprioritaskan anggaran dibeberapa sektor seperti Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, dan pemertaan Infrastruktur ,dan bertahap merealisasikan 25 program unggulan sesuai dengan visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022.

“Jadi demi kesejahteraan masyarakat kami sebagai lembaga masyarakat diwajibkan mendukung apa yang menjadi keinginan masyarakat,kami harap apa yang sudah terencana dalam program pembangunan pro rakyat segera direalisasikan dan selaku lembaga pengawasan kami akan terus melakukan pemantauan agar program pembangunan dapat sejalan dengan visi dan misi Pemkab tulangbawang,” ingatnya.

Sementara wakil ketua I Aliasan meminta pemkab tulangbawang segera mengirimkan draf APBD ke Pemerintah Provinsi (Pemprov)  lampung agar krmbali dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap program Pemkab Tulangbawang.

“Mekanismenya jelas setelah disahkan harus dievaluasi oleh pemprov, untuk mensingkronkan program pemkab agar selaras dengan program pemprov maupun pemerintah pusat, sehingga nantinya program yang dijalankan benar pas dan tepat dengan kebutuhan masyarakat,” ingatnya.

Ditempat yang sama  Bupati Tulangbawang Winarti menjelaskan jika dalam 25 program yang dijanjikan oleh dirinya secara bertahap telah terakomodir dalam APBD tahun 2019.

Seperti lanjut Winarti memberikan bantuan 50,unit mobil ambulan 40% dari 147 kampung, 1.000,laptop untuk guru sekolah berpestasi, bea siswa untuk siswa-siswi SD SMP yang berprestasi.

“Dan tahun 2019 akan dibentuk dua  tim panitia satu tim untuk proses Penegerian Universitas Megow Pak Tulang Bawang (UMPTB) dan satu tim lainya mempersiapkan Rencana Pendirian Akademi Kebidanan (Akbid) dikabupaten tulangbawang Insya Allah,mohon dukungan agar apa yang sudah direncanakan akan berjalan sesuai harapan bersama, apalagi ini menyangkut kepentingan seluruh masyarakat tampa partisipasi serta dukungan tentu tidak akan berjalan maksimal,” ujar Winarti.

Selain itu sambung Winarti, ditahun 2019 nantinya dirinya juga akan meralisasikan bantuan pemberian isentif perbulan bagi kader posyandu sebanyak 1.611,isentif sebanyak 550 guru PAUD juga akan memberikan isentif perbulan bagi 1.300,guru honorer.

“Isentif juga akan diberikan kepada seluruh Penghulu, Guru Ngaji, Pengurus Sekolah, dan Pengurus Makam.Bidan Kampung, dan koordinator Bidan, bahkan juga ada program pemberdayaan masyarakat yang memiliki usaha ekonomi produktif,maka akan disalurkan pemberian bantuan modal bagi masing-masing usaha,” paparnya.

Untuk itu Winarti mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang akan mendapat bantuan hendaknya lebih giat bekerja untuk membantu dan menjadikan kabupaten tulangbawang menjadi lebih baik.

“Dan bagi yang belum merasakan saya minta bersabar karena keterbatasan anggaran namun apapun keinginan saudara-saudara  telah masuk dalam 25 program unggulan, yang tertuang dalam visi dan misi lima tahun kedepan,jadi 25 program adalah sebuah janji dan pasti akan saya tepati ,” pungkasnya.(Advertorial).

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advetorial

99 KPM Warga Desa Bandar Anom Terima BLT DD

Published

on

Mesuji – Mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN 2022 terutama mengatur penggunaan dana desa. Perpres tersebut mengamanahkan pemerintah Desa mengalokasikan 40 persen untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD). Sabtu 22/10/2022

Kepala Desa Bandar Anom Bapak Wahyu, Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji, Mengacu (Perpres) diatas hari ini adakan pelaksanaan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang digelar di aula Balai Desa setempat,dengan Prokes yang di perketat.

“Bantuan BLT-DD disalurkan kepada warga setempat sebanyak(99)KPM yang disalurkan bulan Juli, Agustus dan September, jumlah yang diterima 900.000.(sembilan ratus ribu rupiah) per KPM. Penyaluran tersebut akan sampai dengan Desember 2022.

Kepala Desa Bandar Anom Bapak Wahyu, Menyampaikan, Dalam menentukan penerima BLT-DD pihaknya telah melakukan pendataan melalui tingkat RT. Selain itu, sudah melalui verifikasi dan validasi (verval) ada beberapa kriteria bagi calon penerima yang belum tersentuh oleh bantuan apapun seperti, BPNT, PKH, BST ataupun bansos lainnya.

“BLT-DD ini saya berharap bisa di manfaatkan semaksimal mungkin, dan BLT-DD jangan sampai dipergunakan membeli yang tidak bermanfaat ,pergunakanlah dana tersebut untuk kebutuhan yang benar-benar di anggap penting, dan warga yang tidak bisa hadir akan kita antarkan ke rumah masing-masing, dan apa bila ada nama KPM yang sudah terdaftar lalu tidak menerima dana BLT-DD lalu tidak menerima uangnya tolong Laporkan kekami,atau Rt setempat.

Sementara, di tempat yang sama, Warno warga setempat dari salah satu dari (99) KPM Desa setempat, mengatakan, dirinya menghaturkan terima kasih kepada semua pihak terutama bapak kepala Desa Wahyu. sekaligus Pemerintah pusat atau daerah yang telah membantu meringankan beban saat Pandemi Covid-19

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kades Bandar Anom Bapak Wahyu, Perwakilan Camat pak imanudin selaku Sekcam Kecamatan Rawa jitu utara, Pendamping Desa, serta Aparatur Desa setempat. (Agus S)

Continue Reading

Advetorial

Berbaur Dengan Warga, Kades Panggung Jaya Gotong Royong Perbaiki Lapangan

Published

on

Mesuji – Kades Gotong Royong Perbaiki Lapangan Sepak Bola Panggung Jaya Bersama , Ketua RW/RT dan warga setempat Di bantu oleh pemuda Panggung Jaya Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji. 14 Oktober 2022

Melaksanakan kerja bakti dalam rangka penghijauan Lapangan Kelurahan Panggung Jaya, Kecamatan Rawa Jitu Utara.Kegiatan yang dilaksanakan kemaren itu, menimbun lapangan yang masih belum rata permukaan tanahnya.

Diketahui sebelumnya bahwa kondisi lapangan tidak rata dan tak layak untuk di fungsikan sebagai sarana olahraga atau bermain sepakbola.

Bapak Atek selaku Kades Panggung Jaya, memberikan contoh pekerjaan timbun tanah lapangan yang baik dan bagus. Tanah tersebut di ambil dari swadaya masyarakat dan di angkut memakai Alat Hand traktor.

Kita melaksanakan kerja bakti ini untuk membantu masyarakat dalam pembuatan lapangan sepak bola yang kondisi awalnya lapangan tersebut kurang bagus, sehingga kedepan layak untuk digunakan,” ujar Bapak Atek.

Yang dilakukan Kades dan warga setempat memperbaiki lapangan sepak bola, supaya bisa digunakan bermain bola bagi warga sekitar,” kata Kepala Desa Bapak Atek. Jum’at 14 Oktober 2022.

Ditegaskan Pemerintah Desa harus selalu berada di tengah masyarakat dan berbaur dengan masyarakat, sehingga Kemanunggalan Kades dengan Rakyat terjalin semakin erat dan kuat. ( Agus S )

Continue Reading

Advetorial

Hebat, Desa Bandar Anom Bangun Jalan Rabat Beton

Published

on

Mesuji – Melalui musyawarah Desa, Bapak Wahyu selaku Kepala Desa terus optimis untuk membangun Desa nya. Supaya tidak kalah dengan Desa desa lain nya, Menjadikan Desa yang berkembang, Maju serta Kesejahteraan untuk masyarakat Desa Bandar Anom Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji. 14 Oktober 2022

Pembangunan jalan rabat beton sepanjang 150 Meter Lebar 2.5 Meter dan Tinggi 15cm, Dana Anggaran Rp 80.415.880 dengan Menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2022, telah terwujud.Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Desa Bandar Anom Wahyu, ia memaparkan bahwa proses pengerjaan jalan rabat beton ini di kerjakan oleh tenaga kerja dengan sistem padat karya yang melibatkan penduduk setempat dengan sistem Upah harian.

Tujuan kegiatan Padat Karya itu untuk pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi warga setempat. Sehingga hasil pekerjaan rabat beton yang dikerjakan masyarakat itu cukup baik, karena kualitasnya sesuai spek pengerjaan.

Dikonfirmasi terkait pembangunan rabat beton, Kepala Desa Bandar Anom Wahyu mengatakan dalam pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton di Desa Bandar Anom memperhatikan kualitas sesuai yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Hal itu langsung disambut positif oleh masyarakat desa setempat. Jalan yang semula rusak dan langganan becek saat menghadapi musim penghujan, kini jalannya sudah bagus dengan menggunakan kontruksi rabat beton.

Berharap dengan adanya kucuran Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD), kemajuan Desa kian meningkat baik dari segi perekonomian, pendidikan serta kesehatan masyarakat. (Agus S)

Continue Reading

Trending