Connect with us

Advetorial

Dua Sekolah di Lampura Ikut Serta Dalam Lomba LSS-UKS/M 2019

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Di Lampung Utara ada dua Sekolah yang mengikuti Lomba Sekolah Sehat-Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS/M) Tingkat Nasioanal tahun 2019. Keduanya yakni Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Subik, Kecamatan Abung Tengah dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Abung Semuli, Kecamatan Abung Semuli, yang mewakili Provinsi Lampung dalam ajang lomba tersebut.

Dengan keikutsertaan dua sekolah itu dalam LSS-UKS/M Tingkat Nasional tahun 2019, membuktikan bahwa dibawah kepemimpinan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, sekolah-sekolah di Lampung Utara begitu konsen pada pendidikan yang sekaligus mengimplementasikan kesehatan lingkungan.

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dalam ramah tamah dengan Tim Penilai LSS-UKS/M Tingkat Nasional tahun 2019, di aula Tapis Pemerintahan Lampung Utara, Senin (29/7/2019) malam lalu, mengatakan bahwa pendidikan sangat penting bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa, dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani serta kepribadian yang mantap dan mandiri.

” Lomba UKS merupakan bagian dari penyiapan kader penerus masa depan bangsa. Melalui pembinaan dan pengembangan kebiasaan hidup sehat, yang dilakukan secara terencana, terpadu dan berkelanjutan dengan melibatkan unsur pemerintah, sekolah dan masyarakat, Saya sangat optimis, pemimpin bangsa ke depan akan lahir dari Kabupaten Lampung Utara,” katanya.

Ketua Tim Penilai LSS-UKS/M Tingkat Nasional tahun 2019, Agung Triwayunto beserta rombongan berada di Lampung Utara selama tiga (3) hari, sejak Senin (29/7/2019) hingga Rabu (31/7/2019), guna memberikan penilaian terhadap SDN 2 Subik dan SMAN 1 Abung Semuli. Kriteria penilaian itu di antaranya, lingkungan sekolah harus bersih, indah, tertib, rindang, dan memiliki penghijauan. Selain itu juga, memiliki tempat pembuangan, pengelolaan sampah, air bersih serta ruang dan peralatan UKS yang ideal. Tahun ini, ada 24 provinsi yang ikut lomba LSS-UKS/M, dengan peserta 21 SD dan sederajat, 25 MTS sederajat, 25 SMA sederajat, dan 21 taman kanak-kanak (TK).

Di dampingi Wakil Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, Penjabat Sekda (Pj) Sofyan, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Toto Sumedi dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Penilai LSS-UKS/M mulai melakukan kegiatan penilaiannya di SDN 2 Subik, Selasa (30/7/2019). Dalam kegiatan ini juga, Gubernur Lampung Arinal Junaidi mengutus Kepala Biro Kessos Setprov Lampung, Ratna Dewi, MM.

Ketua Tim Penilai LSS-UKS/M Tingkat Nasional tahun 201, Agung Tri Wahyunto, ‎berharap agar setelah selesainya program ini bisa menyalur kesekolah di sekitarnya dan menjadi contoh bagi sekolah yang lain.

” Semoga sekolah (SDN 2 Subik dan SMAN 1 Abung Semuli) yang mengikuti LSS-UKS/M tahun ini, bisa menjadi contoh pengembangan sekolah sehat dan berkarakter di kabupaten Lampung Utara ini. Dan dbiasakan, agar Kebiasaan makan dan gosok gigi sebaiknya dilakukan sebelum berangkat sekolah,” harapnya.

Ia lalu menjelaskan, kompetisi kali ini mengangkat tema ‘LSS Berkarakter’,yang bertujuan melihat sekolah-sekolah yang mengedepankan karakter setiap peserta didik. LSS UKS-M Tingkat Nasional Tahun 2019 menambahkan katagori baru, yakni Best Attitude.

” Pendidikan karakter merupakan program nawacita dari pemerintah pusat. Sesuai dengan amanat Presiden Jokowi dalam Nawacita, revolusi mental, maka dikuatkan penguatan pendidikan karakter. Sekolah bisa mengembangkan PHBS karakter peserta didik bagus,” terang Agung Tri Wahyunto.

Untuk proses penilaian sendiri, lanjut dia, berbeda dengan tahun sebelumnya, yang sekali datang langsung dinilai. Menurut Agung Tri Wahyunto, penilaian dilakukan secara bertahap, bulan ini datang untuk dinilai dan September kembali dinilai, hingga 28 Oktober 2019 baru diketahui hasil penilaian.

” Proses penilaian bukan sesaat, tapi penilaian intens. Proses agak lama, tapi berkualitas, karena berpedoman pendidikan karakter yakni olahrasa, olahpikir, olahhati dan olahraga,” ucapnya.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Toto Sumedi, meyakini SDN 2 Subik dan SMAN 1 Abung Semuli siap dalam menghadapi perlombaan ini.

” Keduanya (SDN 2 Subik dan SMAN 1 Abung Semuli) sudah juara ditingkat provinsi, jadi Saya yakin meraih hasil terbaik dalam lomba UKS (LSS-UKS/M) tahun ini, ” katanya.

Usai melakukan penilaian di SDN 2 Subik, Ketua Tim Penilai LSS-UKS/M Tingkat Nasional tahun 2019, Agung Tri Wahyunto beserta rombongan, pada Rabu (31/7/2019), mengunjungi SMAN 1 Abung Semuli.

Tampak hadir, Gubernur Lampung yang diwakili Asisten I Pemprov Lampung, Irvan Sihar Marpaung, Wakil Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda), Sofyan, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Toto Sumedi, dan sejumlah Kepala OPD serta Kepala Sekolah se-Lampung utara. (ADV) Alex

Advetorial

Bersama Kadin, Umar Ahmar Optimis Tuba Barat Lebih Maju

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang barat-lampungtoday.com : Buapati Umar Ahmad, S.P. menyambut kedatangan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan daerah Anindya N. Bakrie pada acara “Kadin Lampung Berbagi Berkah Ramadhan” yang berlangsung di Sesat Agung Bumi Gayow, Sabtu (24/04).

Dalam acara Kadin Lampung Berbagi Berkah Ramadhan, Anindya N. Bakrie membagikan bingkisan kepada anak yatim, di lanjutkan dengan sholat magrib bersama di Masjid Baitus Shobur di lanjutkan dengan berbuka puasa bersama di Berugo Cottage

Tampak terlihat Bupati Tubaba Umar Ahmad,SP di dampingi Sekretaris Daerah Novriwan Jaya beserta seluruh kepala OPD menyambut kedatangan Ketua Umum Kadin Lampung Dr. Muhammad Kadafi S.H., M.H. dan ketua Umum Kadin Provinsi kabupaten beserta jajaran.

Dalam sambutan Bupati Umar Ahmad,SP mengatakan.sangat mengapresiasi silaturahmi Wakil Ketua Umum Kadin Anindya N. Bakrie yang pulang ke kampung halaman nya di lampung dan menyempatkan diri untuk mengunjungi Tubaba.

“saya sangat berharap kepada kadin dan Tubaba bisa terjalin hubungan yang lebih dekat dan bisa menemani Tulang Bawang Barat menuju Tubaba yang lebih baik lagi”.kata nya

Di tempat yang sama.Dalam sambutan nya wakil ketua umum Kamar Dagang dan industri indonesia (kadin) bidang organisasi keanggotaan dan pemberdayaan daerah Anindya Bakri, sangat mengapresiasi hasil dari konsep pembangunan di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

“Konsep pembangunan budaya yang di rancang oleh Bupati Umar Ahmad,SP patut jadi percontohan,sebab konsep ini berdampak kepada semua pelestarian budaya dan sangat berdampak pada optimalisas untuk pengembangan pembangunan wisata di tubaba”tutup nya.Advetorial(Advetorial/Jonsi Putra)

Continue Reading

Advetorial

DPRD Lampura Gelar Paripurna LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2020

Redaksi LT

Published

on

Lampung UTara : DPRD Lampung Utara menggelar Sidang Paripurna terkait Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati Lampung Utara Tahun Anggaran 2020, Rabu (21/4/2021).

Ketua DPRD Lampung Utara, Romli membuka sidang paripurna tersebut sekitar pukul 10.28 WIB dengan didampingi Wakil Ketua I, Madri Daud dan Wakil Ketua II, Dedi Sumirat dengan dihadiri 23 anggota DPRD Lampung Utara.. Tampak hadir Bupati Lampung Utara, Budi Utomo beserta jajarannya dan unsur Forkopimda.

Dalam penyampaian keterangannya soal LKPJ Tahun Anggaran 2020, Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, secara garis besar menyampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2020 yang saat ini sedang diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuamgan.

” Pendapatan Daerah Lampung Utara (2020) ditargetkan sebesar Rp. 1.732.810.552.734.00 dan terealisasi Rp. 1.662.246.842.555.15,” Ucapnya.

” Pendapatan daerah ini terdiri dari pendapatan asli daerah, dana perimbangan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah,” lanjut Budi.

Diakui Budi, meskipun masih terdapat hal yang perlu dimaksimalkan dalam pelaksanaan program dan kegiatan, namun, secara umum program dan kegiatan dari masing-masing urusan tersebut terlaksana dengan baik.

” Keberhasilan yang telah dicapai ini, tentu merupakan hasil kerjasama yang baik antara DPRD dan Pemerintahan Lampung Utara serta semua pihak yang ikut membantu membangun Lampung Utara yang lebih baik,” katanya.

Ketua DPRD Lampung Utara, Romli mengatakan, berdasarkan keinginan seluruh Fraksi di DPRD Lampung Utara, bahwa pemandangan umum Fraksi diserahkan ke Panitia Khusus (Pansus) LKPJ. Maka, sidang paripurna kali ini akan langsung dilanjutkan dengan pembentukan panitia khusus LKPj.

“ Sesuai keinginan fraksi – fraksi untuk meniadakan pemandangan umum fraksi ‎maka sidang akan dilanjutkan pada 30 April mendatang. Dengan ini sidang saya skors,” ujarnya mengakhiri sidang paripurna LKPJ Bupati Lampung Utara Tahun Anggaran 2020. (ADEVTORIAL/ALEX).

Continue Reading

Advetorial

Ny. Novianti Novriwan Kukuhkan Pengurs Dharma Wanita Persatuan Tubaba 2021-2024

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang Barat : Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan, Unsur Pelaksana Badan/ Dinas/ Kantor dan Kecamatan Kabupaten Tulang Bawang Barat masa bhakti 2021 – 2024. oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tulang Bawang Barat Ny. Novianti Novriwan. Di Aula Sekretariat Pemkab setempat, Kamis (08/04).

Hadir acara tersebut.Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tulang Bawang Barat Ny Devi Fauzi Hasan, Pengurus DWP Kabupaten Tulang Bawang Barat, Pengurus DWP OPD dan Kecamatan se- Kabupaten Tulang Bawang Barat dan anggota.

Dalam sambutan nya Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tulang Bawang Barat Ny. Novianti Novriwan mengatakan.Kepada semua pengurus yang hari ini telah di kukuhkan agar dapat melahirkan ide-ide terbaik untuk berkreasi, berinovasi dan bekerja dengan sunguh-sunguh melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan AD/ART dan amanat organisasi.

“Serta bersinergi dengan berbagai pihak dan pemerintah daerah untuk mendukung pembangunan di Tubaba tercinta dengan semangat kebersamaan, nilai nilai dasar Nenemo (nemen, nedes, nerimo) dan prinsip sederhana, setara dan Lestari”kata nya

Ny. Novianti Novriwan menjelaskan Organisasi Dharma Wanita Persatuan mempunyai tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggotanya untuk mendukung tujuan nasional berdasarkan pancasila dan Undang-undang dasar 1945.

“Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan penguatan organisasi baik internal maupun external sesuai dengan AD/ART organisasi, selanjutnya merancang rencana-rencana strategis dan program kerja proritas secara komprehensif, berkesinambungan, terukur, operasional dan tepat sasaran”.tutup nya(ADVETORIAL/Jonsi Putra).

Continue Reading

Trending