Connect with us

Advetorial

Meriah Ribuan Warga Bandar Lampung Hadiri Pembukaan Pekan Raya Lampung 2019

Published

on

BANDARLAMPUNG : Ribuan masyarakat Lampung berbondong-bondong menyaksikan Pekan Raya Lampung 2019 yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Arinal Djunaidi, di PKOR Way Halim, Bandarlampung, Sabtu (3/8/2019) malam.

Masyarakat memadati acara pembukaan pekan raya bergengsi itu, yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur, Wakil Gubernur Chusnunia Chalim, Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, serta jajaran Forkopimda Provinsi Lampung.

Sebelum membuka acara, Gubernur, Wagub, Pj. Sekda, Ketua TP. PKK beserta Forkopimda mengunjungi anjungan Kabupaten/Kota. Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal mengunjungi anjungan Kabupaten Pesawaran, Lampung Timur, Mesuji, dan Pesisir Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal menjelaskan Pekan Raya Lampung 2019 dipersembahkan sebagai apresiasi kepada masyarakat Lampung atas kerjasama mereka dalam bahu membahu mendukung Pemerintah mewujudkan masyarakat Lampung Berjaya.

“Pekan Raya Lampung ini sebagai media informasi pembangunan kepada masyarakat dan media pameran dagang expo dan promosi investasi, pembelajaran, dan wadah interaksi serta sarana hiburan masyarakat,” jelas Gubernur Arinal.

Ia menjelaskan ke depannya kegiatan seperti ini akan terus dikembangkan sebagai upaya dalam memperkenalkan produk dan potensi Provinsi Lampung. “Kegiatan ini tak lepas dari harapan masyarakat untuk mengetahui tentang berbagai hal yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung. Sekaligus sebagai media promosi investasi dalam mendukung Provinsi Lampung berjaya kedepannya,” jelas Gubernur.

Gubernur Arinal menjelaskan Provinsi Lampung memiliki potensi luar biasa. Di antaranya memiliki letak sangat strategis sebagai penghubung Sumatera dan Jawa. Juga merupakan bagian tak terlepaskan dari pusat ekonomi Indonesia, Jakarta.

“Provinsi Lampung juga merupakan bagian tak terlepaskan dari produk Nasional, di antaranya sebagai Lumbung pangan nasional dimana Lampung merupakan penghasil tapioka nomor 1 dunia, pengasil nanas dan pisang nomor 1 dunia, penghasil jagung nomor 3, penghasil beras nomor 7. Lampung juga sebagai lumbung ternak Sumatera dan akan ditingkatkan menjadi lumbuk ternak nasional,” jelas Arinal.

Di sektor pertanian, jelas Gubernur, Lampung juga penghasil lada hitam nomor 1 dunia, penghasil kopi nomor 1 di Indonesia, dan penghasil coklat nomor 2 di Indonesia. Di sektor perikanan, Lampung merupakan penghasil udang terbesar di Asia.

“Namun pada kenyataannya rakyat masih belum berjaya. Untuk itu, pada rakor bupati/walikota kedepan, saya akan mengeluarkan kartu petani berjaya agar perekonomian kerakyatan dapat lebih baik lagi. Dan insha Allah ini menjadi pintu awal Lampung berjaya,” tuturnya.

Gubernur Arinal menegaskan pihaknya akan mengambil alih Ketua Forum Komunikasi Petani, ehingga dapat merasakan perih sakitnya para petani.

“Ini saya lakukan agar dapat merasakan secara langsung apa yang dirasakan petani, dan saya mengajak para bupati untuk menjadi ketua forum petani di daerahnya masing-masing,” ungkap Gubernur Arinal.

Dalam kesempatan itu, Gubernut Arinal juga menjelaskan bahwa pertumbuhan perekonomian Lampung menunjukkan hal positif, karena pertumbuhannya berada di atas rata-rata nasional.

“Tentunya hal ini akan terus ditingkatkan guna mendukung dan meningkatkan perekonomian rakyat Lampung. Di antaranya dengan meningkatkan produksi hilirisasi komoditas pertanian, peningkatan ekonomi kreatif, dan mendukung SDM-nya,” ujarnya.

Selain Pekan Raya Lampung, dalam waktu dekat Provinsi Lampung juga akan menggelar acara puncak Lampung Festival Krakatau pada 23-25 Agustus 2019.

“Lampung kaya akan festival. Perhelatan pekan raya Lampung dan Lampung krakatau Festival merupakan salah satu dari 33 janji kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung. Hal ini guna mendukung pariwisata Lampung dan upaya peningkatan ekonomi kreatif Lampung,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto menjelaskan bahwa Pekan Raya Lampung 2019 akan berlangsung 16 hari, mulai dari 3 agustus sampai 18 Agustus 2019, bertempat di PK.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto menjelaskan bahwa Pekan Raya Lampung 2019 akan berlangsung 16 hari, mulai dari 3 agustus sampai 18 Agustus 2019, bertempat di PKOR Way Halim, Bandarlampung.

Pekan Raya Lampung ini, jelas Fahrizal, juga bertujuan sebagai sarana untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang hasil-hasil pembangunan atau prestasi yang telah dicapai dan yang akan dilaksanakan da|am berbagai sektor sebagai informasi tentang potensi daerah. Selain itu, sebagai media Pameran dagang, promosi investasi dan ekspo, serta menyajikan hiburan untuk masyarakat Provinsi Lampung.

Untuk memeriahkan Pekan Raya Lampung, Pemprov Lampung menghadirkan sederet artis ternama seperti Ayu Ting Ting yang akan tampil pada malam pembukaan ini, Band Kotak pada 5 Agustus, Band Hijau Daun 9 Agustus, Didi Kempot 11 Agustus, Band Republik 12 Agustus, dan Nassar KDI pada malam penutupan.

Acara ini diikuti 14 anjungan dan 253 stand, baik itu dari pemkab, pemkot, Pemprov Lampung, BUMN, BUMD, UKM, dan lainnya. (Humas Prov)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advetorial

99 KPM Warga Desa Bandar Anom Terima BLT DD

Published

on

Mesuji РMengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN 2022 terutama mengatur penggunaan dana desa. Perpres tersebut mengamanahkan pemerintah Desa mengalokasikan 40 persen untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD). Sabtu 22/10/2022

Kepala Desa Bandar Anom Bapak Wahyu, Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji, Mengacu (Perpres) diatas hari ini adakan pelaksanaan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang digelar di aula Balai Desa setempat,dengan Prokes yang di perketat.

“Bantuan BLT-DD disalurkan kepada warga setempat sebanyak(99)KPM yang disalurkan bulan Juli, Agustus dan September, jumlah yang diterima 900.000.(sembilan ratus ribu rupiah) per KPM. Penyaluran tersebut akan sampai dengan Desember 2022.

Kepala Desa Bandar Anom Bapak Wahyu, Menyampaikan, Dalam menentukan penerima BLT-DD pihaknya telah melakukan pendataan melalui tingkat RT. Selain itu, sudah melalui verifikasi dan validasi (verval) ada beberapa kriteria bagi calon penerima yang belum tersentuh oleh bantuan apapun seperti, BPNT, PKH, BST ataupun bansos lainnya.

“BLT-DD ini saya berharap bisa di manfaatkan semaksimal mungkin, dan BLT-DD jangan sampai dipergunakan membeli yang tidak bermanfaat ,pergunakanlah dana tersebut untuk kebutuhan yang benar-benar di anggap penting, dan warga yang tidak bisa hadir akan kita antarkan ke rumah masing-masing, dan apa bila ada nama KPM yang sudah terdaftar lalu tidak menerima dana BLT-DD lalu tidak menerima uangnya tolong Laporkan kekami,atau Rt setempat.

Sementara, di tempat yang sama, Warno warga setempat dari salah satu dari (99) KPM Desa setempat, mengatakan, dirinya menghaturkan terima kasih kepada semua pihak terutama bapak kepala Desa Wahyu. sekaligus Pemerintah pusat atau daerah yang telah membantu meringankan beban saat Pandemi Covid-19

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kades Bandar Anom Bapak Wahyu, Perwakilan Camat pak imanudin selaku Sekcam Kecamatan Rawa jitu utara, Pendamping Desa, serta Aparatur Desa setempat. (Agus S)

Continue Reading

Advetorial

Berbaur Dengan Warga, Kades Panggung Jaya Gotong Royong Perbaiki Lapangan

Published

on

Mesuji – Kades Gotong Royong Perbaiki Lapangan Sepak Bola Panggung Jaya Bersama , Ketua RW/RT dan warga setempat Di bantu oleh pemuda Panggung Jaya Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji. 14 Oktober 2022

Melaksanakan kerja bakti dalam rangka penghijauan Lapangan Kelurahan Panggung Jaya, Kecamatan Rawa Jitu Utara.Kegiatan yang dilaksanakan kemaren itu, menimbun lapangan yang masih belum rata permukaan tanahnya.

Diketahui sebelumnya bahwa kondisi lapangan tidak rata dan tak layak untuk di fungsikan sebagai sarana olahraga atau bermain sepakbola.

Bapak Atek selaku Kades Panggung Jaya, memberikan contoh pekerjaan timbun tanah lapangan yang baik dan bagus. Tanah tersebut di ambil dari swadaya masyarakat dan di angkut memakai Alat Hand traktor.

Kita melaksanakan kerja bakti ini untuk membantu masyarakat dalam pembuatan lapangan sepak bola yang kondisi awalnya lapangan tersebut kurang bagus, sehingga kedepan layak untuk digunakan,” ujar Bapak Atek.

Yang dilakukan Kades dan warga setempat memperbaiki lapangan sepak bola, supaya bisa digunakan bermain bola bagi warga sekitar,” kata Kepala Desa Bapak Atek. Jum’at 14 Oktober 2022.

Ditegaskan Pemerintah Desa harus selalu berada di tengah masyarakat dan berbaur dengan masyarakat, sehingga Kemanunggalan Kades dengan Rakyat terjalin semakin erat dan kuat. ( Agus S )

Continue Reading

Advetorial

Hebat, Desa Bandar Anom Bangun Jalan Rabat Beton

Published

on

Mesuji – Melalui musyawarah Desa, Bapak Wahyu selaku Kepala Desa terus optimis untuk membangun Desa nya. Supaya tidak kalah dengan Desa desa lain nya, Menjadikan Desa yang berkembang, Maju serta Kesejahteraan untuk masyarakat Desa Bandar Anom Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji. 14 Oktober 2022

Pembangunan jalan rabat beton sepanjang 150 Meter Lebar 2.5 Meter dan Tinggi 15cm, Dana Anggaran Rp 80.415.880 dengan Menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2022, telah terwujud.Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Desa Bandar Anom Wahyu, ia memaparkan bahwa proses pengerjaan jalan rabat beton ini di kerjakan oleh tenaga kerja dengan sistem padat karya yang melibatkan penduduk setempat dengan sistem Upah harian.

Tujuan kegiatan Padat Karya itu untuk pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi warga setempat. Sehingga hasil pekerjaan rabat beton yang dikerjakan masyarakat itu cukup baik, karena kualitasnya sesuai spek pengerjaan.

Dikonfirmasi terkait pembangunan rabat beton, Kepala Desa Bandar Anom Wahyu mengatakan dalam pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton di Desa Bandar Anom memperhatikan kualitas sesuai yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Hal itu langsung disambut positif oleh masyarakat desa setempat. Jalan yang semula rusak dan langganan becek saat menghadapi musim penghujan, kini jalannya sudah bagus dengan menggunakan kontruksi rabat beton.

Berharap dengan adanya kucuran Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD), kemajuan Desa kian meningkat baik dari segi perekonomian, pendidikan serta kesehatan masyarakat. (Agus S)

Continue Reading

Trending