Connect with us

Apa Kabar Lampung

UU Dikesampingkan Petunjuk BANGDA Jadi Senjata

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Lampung Utara tahun 2019-2024 dipastikan tidak ditetapkan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Bahkan, DPRD Lampung Utara dalam rapat paripurna penyampaian keterangan Bupati rancangan akhir RPJMD, Sabtu (21/9/2019) malam lalu, telah mengagendakan jadwal Paripurna kembali soal RPJMD pada tanggal 30 September mendatang.

Padahal, besok tanggal 25 september 2019 merupakan batas akhir penetapan Perda RPJMD dan tepat enam bulan Kepemimpinan Agung Ilmu Mangknegara-Budi Utomo sejak dilantik pada 25 Maret 2019 sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara periode 2019-2024. Berdasarkan Undang-Undang, Perda tentang RPJMD ditetapkan paling lama 6 (enam)bulan setelah kepala daerah terpilih dilantik. Apabila Perda tidak ditetapkan sesuai dengan tepat waktu, maka anggota DPRD dan kepala daerah dikenai sanksi administratif berupa tidak dibayarkan hak-hak keuangan selama 3 (tiga) bulan.

Apakah nantinya Bupati dan Anggota DPRD bakal menerima sanksi lantaran disinyalir tidak mematuhi Undang-Undang?

Ketua sementara DPRD Lampung Utara, Rendy Apriansyah, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Direktorat Bina Pembangunan Daerah (BANGDA) Kemendagri. Petunjuknya, yang penting Rancangan Akhir RPJMD Lampung Utara 2019-2024 sudah diterima DPRD sebelum tanggal 25 September 2019, maka tidak ada persoalan.

” Kecuali sebelum tanggal 25 memang enggak kita bahas sama sekali dan belum kita terima (rancangan akhir RPJMD), itu dari BANGDA. Nggak ada masalah lagi dan enggak ada sanksi, enggak ada,” Ucap Rendy, belum lama ini.

Menurut Rendy, Kemendagri memaklumi keterlambatan dalam RPJMD Lampung Utara 2019-2024. Yang penting, rancangan akhir RPJMD sudah dibahas sebelum tanggal 25 dan deadlinenya sampai dibulan september.

” Kita inikan banyak diskresi, banyak masalah terkait dengan ketua sementara karena belum jelasnya ketua sementara kan gitu. Setelah jelas, walaupun terlambat, mereka(kemendagri) pun memaklumi itu,” Ngototnya.

Lucunya lagi, petunjuk BANGDA Kemendagri yang nampaknya dijadikan ‘senjata’ untuk mengenyampingkan UU yang berkaitan dengan Perda RPJMD hanyalah berbentuk lisan.

” (Petunjuk BANGDA soal RPJMD) hanya secara lisan. Rencana kami nanti sepulang dari orientasi, berupaya dan jika memang ada waktunya minta secara tertulis,” kata Rendy.

Wakil Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, saat dimintai tanggapannya terkait batas waktu penetapan RPJMD, menyerahkan sepenuhnya persoalan RPJMD yang dipastikan di luar batas waktu ini kepada pemerintah pusat.

‎” Nanti, pemerintah pusat yang berikan penilaian. Yang penting, program visi dan misi sudah disampaikan,” ujarnya sembari berlalu menuju mobil dinasnya BE 2 J.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Silahkan Tinggalkna Pesan Anda

Apa Kabar Lampung

Road Show ke Pesibar, Ini Pesan Chusnunia Chalim

Redaksi LT

Published

on

CHUSNUNIA CHALIM ROADSHOW KE PESIBAR

Pesisir Barat : Bupati Agus Istiqlal menghadiri acara roadshow Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dan tim gabungan yang berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat, Senin (20/01).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat. 

Saya mengucapkan selamat datang kepada Wakil Gubernur Lampung, ibu Hj. chusnunia chalim beserta tim gabungan OPD Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir melakukan kunjungan kerja  ke Kabupaten Pesisir Barat pada hari ini, ujar Bupati.

Kami sangat berharap, kunjungan ibu Wakil aGubernur membawa berkah dan harapan untuk kemajuan daerah dan perbaikan kesejahteraan masyarakat yang melalui program pengembangan Kabupaten/ Kota layak anak (KLA), gerakan masyarakat Lampung bebas stunting dan pasar murah, tambah Bupati.

Dalam rangka mendukung percepatan pembangunan, Kabupaten Pesisir Barat telah menjalan beberapa program yaitu:

Pengembangan Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA), dan pencanangan KLA Kabupaten Pesisir Barat mulai dilaksanakan pada tahun 2017, yang anggotanya terdiri dari 30 wakil dinas/ lembaga terkait, ujar Bupati. 

Demi mewujudkan KLA ada beberapa indikator yang telah dipenuhi, diantaranya yaitu:

1. Dengan melakukan sosialisasi ke Kecamatan dan Pekon.

2. Mendorong peran orangtua dalam menjaga anak-anak serta menjamin pemenuhan pendidikan anak.

3. Pemberian makanan tambahan untuk anak dibeberapa sekolah dasar sebagai upaya meningkatkan kesehatan gizi anak.

4. mendorong masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan ramah untuk anak-anak.

Kedepannya Kabupaten Pesisir Barat akan terus mengupayakan terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA) dan menjadikan Kabupaten Pesisir Barat memjadi lebih baik lagi, ujar Bupati lagi.

Selain itu beberapa upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi stunting. upaya tersebut adalah:
1. peningkatann6 penyediaan air minum dan sanitasi berupa akses air minum yang aman dan sanitasi yang layak.

2. peningkatan akses keluarga berencana dan kualitas pelayanan gizi dan kesehatan.

3. peningkatan kesadaran, komitmen, dan praktek pengasuh gizi ibu dan anak melalui sosialisasi dan penyuluhan dinas kesehatan.

4. penyediaan makanan tambahan yang bergizi serta pemberian suplemen gizi pada ibu hamil dan anak balita.

5. peningkanutan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Dengan harapan nantinya, masyarakat Kabupaten Psisir Barat akan terbebas dari masalah stunting termasuk dengan telh dilaksanakannya pasar murah beberapa kali di Kabupaten ini, tegasnya. 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan masyarakat, saya mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada ibu wakil gubernur beserta rombongan atas kunjungan kerjanya, tutup Bupati.

Hadir pada kesempatan tersebut para kepala OPD beserta jajaranya, forkopimda Kab. Pesisir Barat dan Lampung Barat,  para Camat, dan masyarakat setempat.

Reporter : Indra
Editor Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Ishak : Insya Allah Masyarakat Lampung Selatan Sejahtera

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : Drs. Ishak MM memastikan diri sebagai Bakal Calon Bupati Lampung Selatan pada Pilkada yang akan di gelar 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ishak dihadapan puluhan wartawan pada jumpa pers yanh di gelar di Rumah Makan Begadang Resto Bandar Lampung.

Ishak menegaskan Lampung Selatan memeiliki segudang potensi yang hingga kini belum tergali secara maksimal dan ia berjanji akan memaksimalkan potensi yang ada dengan harapan masyarakat sejahtera.

Tak hanya itu untuk sektor pembangunan Ishak berjanji akan mempercepat pembangunan insprastruktur seperti akses jalan yang ada di pedesaan termasuk pengembangan sektor wisata yang hingga saat ini belum tergali maksimal.

“Niat saya mencalonkan diri sebagai Bupati Lampung Selatan untuk masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi”. Tegas Ishak Minggu (19/01/2020).

Reporter : Alfian
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Lampung Memanas, Foto Dang Ike di Sandingkan Dengan Raja Keraton Agung Sejagad

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : Postingan foto Ike Edwin yang di sandingkan dengan foto Raja Kraton Agung Sejagad di Media Sosial Facebook membuat warga Lampung emosi dan meminta kepada pemilik akun bernama Pokrol Bamboe meminta maaf dan mencabut postingan tersebut.

Nitizen menilai postingan tersebut tidak pantas dan menghina Irjen. Pol. Dr. H. Ike Edwin, S.I.K., S.H., M.H., M.M. dimana dalam postingan tersebut menyebutkan bahawa salah satu tokoh berpengaruh di Bumi Lampung itu mirip dengan Raja Kraton Agung Sejagad R.Toto Santoso.

Selain itu warganet juga menilai postingan yang akun bernama Pokrol Bamboe dinilai menyesatkan dan membuat opini negatip di masyarakat Lampung dan Indonesia.

“Kami minta anda segera mencabut postingan anda” Ujar salah satu warga net di komentar facaebook Pokrol Bamboe

Sumber : Akun Facebook POKROL BAMBOE
EDITOR : Red

Continue Reading

Trending