Connect with us

Apa Kabar Lampung

Rangkaian HUT TNI ke- 74, Gubernur Arinal Ajak Tanam Mangrove di Teluk Pandan

Redaksi LT

Published

on

PESAWARAN : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, diwakili Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Fahrizal Darminto mengajak masyarakat melakukan penanaman mangrove untuk menjaga kelestarian lingkungan. Hal itu disampaikan Pj. Sekdaprov dalam rangka HUT TNI ke- 74 di Pantai Dewi Mandapa, Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Senin (7/10/2019).

Dalam HUT TNI ini, tidak hanya di Provinsi Lampung, dilakukan penanaman mangrove, tapi juga dilakukan serentak diseluruh Indonesia dengan total sebanyak 300.074 pohon. Sehingga ditargetkan kegiatan ini tercatat dalam Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). “Pemprov Lampung sangat mengapresiasi upaya-upaya dari TNI dalam kegiatan penanaman mangrove ini,” ujar Fahrizal.

Pada kegiatan ini ada sebanyak 5.000 pohon mangrove yang ditanam dengan melibatkan ratusan personil dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Pelajar dan elemen masyarakat lainnya. Untuk di Provinsi Lampung sendiri penanaman mangrove ini juga dilakukan di Pantai Queen Artha.

Mengusung tema “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita”, Fahrizal mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menanam serta menjaga kelestarian mangrove.

“Kita juga mendorong semua komponen masyarakat untuk bersama-sama menanam dan menjaga mangrove untuk kelestarian lingkungan. Mari kita menjaga mangrove, mewariskan sumberdaya alam untuk anak cucu kita, manusia jangan bertindak sebagai hama dari mangrove, tetapi harus menjaganya,” katanya.

Dijelaskan Fahrizal, menurut data di Provinsi Lampung kondisi tanaman mangrove sendiri sudah mengalami pengurangan sebanyak kurang lebih 30%. Hal ini akibat dari aktifitas manusia dan kegiatan pembangunan yang tidak memperhatikan keberlanjutan ekosistem sekitar.

“Berbagai penelitian menyebutkan bahwa hutan mangrove mampu menyerap emisi karbo 4-5 kali lebih besar dari pada hutan didaratan. Oleh karena itu meskipun Indonesia hanya memiliki luas hutan mangrove sebesar 2 persen dari total hutan kita namun mampu menyerap 10 persen dari semua emisi yang ada. Dengan demikian hutan mangrove sangat mendukung dalam penurunan emisi gas rumah kaca,” ujarnya.

Menurutnya, mangrove merupakan salah satu ekosistem penting yang ada dilaut dimana mangrove merupakan tempat makan biota laut dan juga sebagai penangkal gelombang laut untuk mencegah abrasi pantai (mitigasi bencana).

“Dari sisi ekonomi pun, mangrove mampu menghasilkan kayu untuk bahan bangunan serta, selain itu menghasilkan buah/biji yang dapat dijadikan bahan makanan dan minuman serta obat-obatan,” katanya.

Dalam menjaga keberlangsungan mangrove, Fahrizal mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung secara bertahap bersama masyarakat bahu membahu untuk memperbaiki ekosistem mangrove yang mengalami kerusakan.

“Dalam pengelolaan ekosistem mangrove selain rehabilitasi juga diperlukan dukungan dari pihak komunitas-komunitas mahasiswa pencinta alam serta kelompok masyarakat untuk saling bersinergi dengan pemerintah dalam menjaga dan meningkatkan ekosistem yang ada di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Fahrizal berharap dari adanya kegiatan ini, ekosistem yang ada di Provinsi Lampung khususnya hutan mangrove lebih terjaga lagi dan berkesinambungan untuk kesejahteraan masa depan bangsa.

“Kiranya setelah kegiatan penanaman mangrove pada hari ini masyarakat lebih peduli dan aktif dalam menjaga dan memelihara ekosistem khususnya mangrove yang ada di lingkungannya masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priyo menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemprov Lampung dan semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

“Terimakasih atas dukungan dan partisipasi dari Pemprov tehadap kegiatan penanaman mangrove serentak dalam rangka HUT TNI Ke 74 ini,” katanya.(Humas Prov Lampung)

Apa Kabar Lampung

Budi Utomo Serahkan Beras Untuk Warga Kelurahan

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Utara, Budi Utomo menyerahkan bantuan beras bagi warga miskin yang terdampak Covid-19.

Bantuan beras diserahkan secara simbolis kepada sejumlah warga di kantor kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Selasa (2/6/2020) pagi.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Dandim 0412 Lampung Utara, Letkol. Inf. Krisna Pribudi, Pj. Sekda Lampung Utara, Sofyan, Inspektur Inspektorat, Man Kodri, Kepala Dinas PUPR, Syahrizal Adhar, Kepala Dinas Kesehatan, Maya Metissa, dan Plt. Kepala Dinas Kominfo, Sany Lumi.

Budi Utomo mengatakan, dampak dari Wabah Covid-19 begitu melemahkan sendi-sendi perekonomian. Untuk itu, pemerintah telah berupaya keras untuk meringankan beban ekonomi yang begitu berat sejak wabah Covid-19.

” Semoga bantuan beras ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Diketahui, Pemerintah Lampung Utara akhirnya hanya bisa memberikan bantuan berupa beras kepada masyarakatnya yang terdampak wabah Covid-19. Bantuan beras yang disalurkan untuk saat ini, akan disebar di 15 Kelurahan se-Kabupaten Lampung Utara.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Terapkan New Normal, Pemkab Lampung Selatan Gelar Apel Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Apel Gelar Pasukan Gugus Tugas Tugas Covid-19 di Lapangan Korpri, Pemkab setempat, pada Selasa pagi (2/6/2020).
Apel yang dipimpin langsung Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto itu dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan pada masyarakat menuju tatanan kehidupan baru atau new normal di wilayah Kabupaten Lampung Selatan ditengah pandemi Covid-19.
Dalam apel itu, Bupati Lampung Selatan didampingi Kapolres, AKBP Eddie Purnomo dan Dandim 0421/LS Lektol Kav Robinson Oktovianus Bessie. Selain diikuti Tim Gugus Tugas Covid-19, apel juga diikuti jajaran TNI dan Polri serta dinas intansi terkait lainnya.
Dalam arahannya, Nanang Ermanto mengatakan, keberhasilan negara yang sukses menekan penyebaran Covid-19 atau virus korona, adalah negara yang mampu mengarahkan masyarakatnya untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
Protokol kesehatan itu kata Nanang, seperti tidak keluar rumah atau berpergian apabila tidak mendesak, menjaga jarak aman antar manusia dan menghindari kerumunan atau physical distancing, rajin mencuci tangan setelah berkativitas dan selalu mamakai masker.
Lebih lanjut mengatakan, sebagai pelaksana Gugus Tugas di daerah, tim Gugus Tugas harus melaksanakan secara optimal semua kebijakan terkait percepatan penanganan Covid-19.
Sebab menurutnya, virus korona merupakan bencana nasional non alam yang perlu ditangani secara bersama-sama yang melibatkan berbagai lintas sektoral.
“Untuk itu kita harus mampu mengarahkan masyarakat mematuhi strategi ini. Sebab tingkat kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang situasi ini tidaklah sama. Perlu adanya upaya yang lebih represif tetapi humanis agar kebijakan ini bisa dipahami masyarakat,” ujar Nanang.
Selanjutnya, dalam kesempatan itu, Nanang meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan semua instansi vertikal serta lembaga-lembaga mulai dari desa sampai tingkat kabupaten, untuk dapat menyediakan fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer.
“Saya mengimbau seluruh masyarakat serta penanggungjawab tempat keramaian seperti, pasar, mini market, lembaga keuangan atau Bank, dapat menyediakan temat cuci tangan yang mudah dijangkau. Agar penularan virus korona bisa kita cegah sedini mungkin,” imbuh Nanang.
Meski tugas Gugus Tugas adalah melakukan proses perubahan nilai, sikap dan prilaku masyarakat menuju new normal, dirinya mengingatkan bahwa kegiatan melawan Covid-19 belum berakhir. Walaupun pemerintah pusat telah melonggarkan PSBB dibeberapa daerah.
“Saya percaya kita semua dapat melaksanakan kebijakan ini secara optimal. Untuk itu saya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh petugas yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Covid-19 yang telah bekerja dengan baik, mengutamakan keselamatan masyarakat tana mengabaikan keselamatan diri,” pungkas Nanang. (Eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Muktamar NU, Nanang Ermanto Dukung Penggalangan Coin

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, mendukung kegiatan penggalangan koin NU Provinsi Lampung dalam rangka mensukseskan muktamar NU ke-34 pada Oktober 2020 mendatang.
Menurut Nanang, dukungan tersebut akan dilakukakan dalam bentuk aksi langsung bersama seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan aparatur kecamatan hingga desa.
“Segera akan kita lakukan sosialisasi dan aksi terhadap kegiatan penggalangan koin NU ini dalam setiap kegiatan pemerintah baik dikabupaten maupun di desa,” kata Nanang saat menerima kunjungan Direktur Penggalangan dana koin NU propinai Lampung, Andi Warisno, dirumah dinas bupati setempat, Jumat (29/05/2020).
Selain itu, Nanang juga merasa tergerak untuk ikut serta mensukseskan kegiatan tersebut, karena Provinsi Lampung menjadi tuan rumah pada kegiatan itu.
“Lampung sebagai tuan rumah membuat saya merasa terpanggil untuk turut mensukseakan acara muktamar tingkat nasional ini,” jelas Nanang.
Sementara itu, Direktur Penggalangan dana koin NU Provinsi Lampung, Andi Warisno, mengucapkan rasa terima kasih atas undangan dan dukungan penuh yang disampaikan oleh Bupati Lampung Selatan itu.
“Dukungan yang disampaikan pak bupati kepada kami, seakan-akan menambah ringan pekerjaan NU Propinsi Lampung dalam mensukseskan Muktamar NU ke- 34 Oktober mendatang,” ujarnya.
Dijelaskannya, pada kegiatan puncakbmuktamar NU ke-34 nanti, diperkirakan akan dihadiri oleh ribuan peserta yang datang dari seluruh Indonesia.
“Diperkirakan ada 6.500 peserta, belum ditambah undangan dari organisasi Islam tingkat internasional,” jelasnya.
Dirinya berharap, semoga apa yang dilakukan oleh Bupati Lampung Selatab itu, bisa menjadi contoh kepala daerah lainnya di Provinsi Lampung.
“Semoga langkah pak bupati Nanang diikuti juga oleh kepala daerah lainnya,” tambah Andi yang juga Rektor An-Nur ini. (eko)

Continue Reading

Trending