Connect with us

Apa Kabar Lampung

Riana Sari Arinal Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi Provinsi Lampung 2019-2024

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) Muhammad Syarif Bando mengukuhkan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal sebagai Bunda Literasi Provinsi Lampung periode 2019-2024, di Ruang Abung, Balai Keratun, Selasa (8/10/2019).

Syarif Bando mengharapkan Bunda Literasi Provinsi Lampung dapat menjadi panutan dalam membangun sumber daya manusia (SDM) terutama sejak usia dini.

“Selamat mengemban tugas untuk Bunda Literasi Provinsi Lampung. Saya percaya bahwa saudara dapat menjadi role model dan menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat Provinsi Lampung untuk maju bersama rakyat, cerdas, sehat, dan sejahtera,” ujar Syarif.

Perpusnas RI, lanjut Syarif, adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen, yang bertanggungjawab langsung kepada Presiden. Dalam pelaksanaan kewajibannya melakukan promosi perpustakaan dan gemar membaca dalam rangka mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat.

“Perpusnas RI mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang perpustakaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam menyelenggarakan pembinaan dan pelayanan administrasi umum dibidang perencanaan umum, ketatausahaan, organisasi dan tata laksana, kepegawaian, keuangan, kearsipan, persandian, perlengkapan dan rumah tangga,” jelas Syarif.

Syarif juga berharap Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dapat mengemban amanah yang telah diberikan untuk menumbuhkan budaya gemar membaca masyarakat di daerah termasuk mengadakan safari keliling di kabupaten/kota yang ada di Lampung.

Sementara itu, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengucapkan terimakasih kepada Perpustakaan Nasional RI, yang telah memilih Provinsi Lampung sebagai tempat untuk pelaksanaan kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca.

“Kegiatan ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan melalui membaca, hal ini dikarenakan dengan membaca dapat meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, membuka diri terhadap ide dan informasi baru, serta dapat mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan optimal,” ujarnya.

Mewakili Pemprov Lampung, Nunik berharap bunda literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mampu mengoptimalkan budaya baca di seluruh lapisan masyarakat, terutama kepada anak.

“Ibu Riana merupakan orang yang peduli dalam memajukan Sumber Daya Anak. Dengan dikukuhkannya beliau sebagai Bunda Literasi Provinsi Lampung, Pemprov berharap ibu Riana mampu mendongkrak minat baca dengan metode inovatif dan kreatif dalam penumbuh kembangan minat baca pada masyarakat khususnya anak,” ujar Nunik.

Pada kesempatan yang sama, Riana Sari Arinal mengungkapkan bahwa dirinya siap berada hadir dan merangkul seluruh elemen masyarakat termasuk menjadi ibu dalam menumbuh kembangkan minat baca pada anak sejak usia dini.

“Saya siap menjadi Bunda Literasi bagi anak anak usia dini, dimana usia tersebut adalah masa emas atau golden age bagi mereka dalam mengeksplorasi hal hal yang mereka lakukan dan sangat peka terhadap rangsangan sekitar,” ujarnya.

Riana menilai orang tua sangat berperan dalam menumbuhkan minat baca anak, terutama pada masa usia dini. Dimulai dengan membacakan anak buku sebelum tidur, mengajak anak pergi ke toko buku dan membelikannya buku.

“Minat dan kemampuan membaca tidak akan tumbuh secara otomatis, tapi harus melalui latihan dan pembiasaan. Artinya apabila seorang ibu ingin anaknya mempunyai prilaku gemar membaca, kegiatan membaca inilah yang perlu dibiasakan sejak kecil. Karena pada dasarnya kecintaan anak pada kegiatan membaca akan berguna bagi pengembangan pribadi dan akademisnya,” tutupnya. (Humas Prov Lampung)

Apa Kabar Lampung

Pemkot Metro Membenarkan Perjanjian MoU Dengan PT. Nolimax Jaya

Zuli Ardiansyah

Published

on

Atribut HSpace di Tag Marquee LAMPUNGTODAY.COM
APA KABAR LAMPUNG
KOTA METRO

LAMPUNGTODAY.COM_METRO — Pemerintah Kota Metro mengadakan pertemuan antara TNI, POLRI dengan pedagang shopping pertokoan dan kaki lima, Jumat (07/08/20).

Bertempat di Aula Pemkot Metro membeberkan mengenai perjanjian MoU dengan PT. Nolimax Jaya sejak tahun 2007 sebagai pihak ke-3 (tiga).

Asisten II Yerri Ehwan mengatakan, untuk mencapai kesepakatan bersama maka Pemkot Metro bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan melakukan pengukuran yang diawasi oleh masyarakat atau pedagang.

“Untuk pengukuran akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus, untuk penerbitan Hak Guna Bangunan (HGB) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sedangkan hak PT. Nolimax Jaya seluas 1296 m2 yang sudah mencakup parkir,” ujarnya.

Wakapolres Metro Gusti Iwan Wijaya, menyatakan bahwa TNI dan POLRI tidak memihak kepada PT. Nolimax Jaya ataupun kepada para pedagang.

“Yang kami lakukan sebagai pengamanan yang sesuai dengan aturan hukum. Kami juga minta kepada yang terkait untuk bersepakat guna perekonomian terus berkembang, pusat perdagangan tetap bertumbuh,” ungkap Wakapolres.

Sedangkan dari perwakilan pedagang Pasar Shopping Metro Toro, menuturkan akan mendukung pembangunan ekonomi di Kota Metro. “Kami akan mendukung semua pembangunan, namun pertimbangkan lagi dalam proses pembangunan, jika itu mempersulit kami,” katanya.

Rls (Samsul)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

WaRu Pasang Wifi di Banyak Titik di Kota Metro, Jadikan Kota Metro Cerdas dan Kreaktif Berbasis Digital

Zuli Ardiansyah

Published

on

Atribut HSpace di Tag Marquee LAMPUNGTODAY.COM
APA KABAR LAMPUNG
KOTA METRO

LAMPUNGTODAY.COM_METRO — Semangat WaRu (Wahdi dan Qomaru) dalam membentuk Kota Metro menjadi Kota cerdas dan kreatif berbasis digital, kini WaRu sudah memasang Wifi di banyak titik di Kota Metro.

Hampir seluruh sudut Kota Metro dapat dijangkau jaringan Wifi yang dipasang oleh WaRu. Kini, masyarakat Metro tidak perlu direpotkan dengan mahalnya pulsa/kuota internet (Terlebih keperluan belajar dari rumah di masa pandemi).

Degan mudahnya akses internet, diharapkan warga Kota Metro lebih mudah dalam memperoleh informasi dan lebih optimal bagi anak-anak muda untuk terus mengembangkan kreativitasnya.

WaRu sudah membangun komitmen untuk menjadikan warga Kota Metro lebih cerdas dan berpengetahuan.

Tercatat sampai saat ini, Jum’at (07/08/2020) sudah puluhan titik yang sudah terpasang oleh Wifi WaRu, dan bisa diakses oleh seluruh masyarakat Kota Metro.

Rls (Samsul)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesibar Terima Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Lampung

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melakukan audiensi bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Provinsi Lampung, di Or Batu Gughi, Kamis (06/08/2020).
Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham, Danan Purnomo menyampaikan ucapan terimakasih atas waktu dan kesempatannya pihak jajaran Pemda bisa bertemu langsung untuk beraudiensi terkait optimalisasi pelayanan Hukum dan HAM di Kabupaten Pesibar.

Selain itu, Bupati Agus Istiqlal mengucapkan selamat datang kepada Kakanwil Kemenkumham Provinsi Lampung beserta rombongan di Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama.

Bupati juga mendukung penuh atas dedikasi, loyalitas dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Pesibar, khususnya dalam hal harmonisasi peraturan daerah, layanan HAM serta pelayanan keimigrasian dan pemasyarakatan, kata Bupati.

Tidak hanya itu, Bupati juga menyampaikan bahwa, Pemkab Pesibar mendukung Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung untuk meraih predikat WBK dan WBBM.

Sementara itu, Kepala Devisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fatmawati mengatakan terkait pembangunan yang ada merupakan salah satu bukti keseriusan Pemda. Diantaranya telah direalisasikannya jaringan listrik bawah laut di Kecamatan Pulau Pisang, dengan demikian pihak Kemenkumham mendukung otimalisasi pelayanan Hukum dan HAM di Wilayah Kemenkumham Provinsi Lampung.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau kantor Imigrasi Kelas 3 Cabang Kotabumi, didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sekretaris DPRD dan Kaban Bappeda.

Continue Reading

Trending