Connect with us

Apa Kabar Lampung

Pimpinan DPRD Lampung Utara Periode 2019-2024 Di Lantik

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Pimpinan DPRD Lampung Utara periode 2019-2024 resmi diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Lampung Utara, Vivi Purnamawati, Senin (14/10/2019).

Adapun unsur pimpinan DPRD yang baru ini yakni Romli sebagai Ketua DPRD (Partai Demokrat) , Madri Daud sebagai Wakil Ketua I (Gerindra), Dedi Sumirat sebagai Wakil Ketua II (Nasdem), dan Joni Saputra sebagai Wakil Ketua III (PDIP).

Prosesi pengambilan sumpah berlangsung dalam Paripurna Istimewa di Gedung DPRD setempat yang dihadiri Plt. Bupati Lampung Utara Kepala Biro ‎Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Lampung, Hargo Prasetyo Widi, Forkopimda, sejumlah petinggi partai politik dan para pejabat teras di lingkungan Pemkab serta keluarga besar para unsur Pimpinan DPRD.

‎Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Lampung nomor : G/698 / B.01 / HK /2019 yang ditandatangani Gubernur Arinal Djuanidi pada tanggal 11 Oktober 2019.

Sidang Paripurna Istimewa dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD, Rendy Apriansyah ‎didampingi oleh Wakil Ketua Sementara, Nurdin Habim

Usai prosesi pengambilan sumpah, Romli menerima palu sidang paripurna dari Rendy Apriansyah‎ sebagai tanda telah beralihnya kepemimpinan sementara ke kepemimpinan definitif.

“ Sebagai pimpinan DPRD, kami akan berusaha melaksanakan tugas, fungsi, wewenang dan kewajibannya seoptimal mungkin dalam rangka menampung dan menyalurkan aspirasi rakyat,” Ucap Romli.

Ia mengajak seluruh pihak untuk selalu bersinergi dan menyatukan langkah serta persepsi untuk menghasilkan produk hukum daerah yang sejalan dengan program pusat dan provinsi. Tak lupa, Romli turut menyampaikan selamat atas penunjukan Wakil Bupati Lampung Utara, Budi Utomo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Utara.

“ Selamat juga kepada Wakil Bupati Budi Utomo yan saat ini sudah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Bupati,” ‎kata Romli‎

Di sisi lain, Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo berharap keberadaan para unsur pimpinan definitif ini akan membuat sinergitas antara eksekutif dan legislatif akan kian lebih baik di masa mendatang. Dengan demikian, akan dapat terus berjuang bersama dalam membangun Lampung Utara agar aman, agamis, maju dan sejahtera.

“ Selamat bertugas dan semoga dapat mengemban amanah‎ dengan sebaik – baiknya,” Ujar Budi.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Apa Kabar Lampung

Pesan Khusus Budi Utomo ke Sekda Baru

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Pagi tadi, Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, telah melantik Lekok sebagai Sekretaris Daerah Lampung Utara, setelah sekian lama jabatan itu diisi Penjabat (Pj) Sekda, Sofyan.

Sebelum menjadi Sekda, Lekok merupakan Assisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Lekok dikenal sangat piawai dan mumpuni dalam persoalan keuangan hingga disebut-sebut banyak kalangan sebagai ahli keuangan.

Selain Lekok, Budi Utomo juga melantik Tomy Suciadi yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Protokol sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Bagian Hukum Sekretariat Pemerintahan, Hendri sebagai Kepala Dinas Perdagangan Lampung Utara.

Prosesi pelantikan para pejabat penting ini berlangsung di ruang tapis, Kantor Pemerintahan Lampung Utara, Jalan Jendral Sudirman, No.1, Kotabumi.

Budi mengingatkan kepada para pejabat yang baru dilantik terkhusus Sekda yang baru, bahwa jabatan yang diberikan saat ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, sesuai dengan janji dan sumpah jabatan yang telah diikrarkan, serta yang diucapkan dan dituangkan dalam bentuk fakta integritas karena pada dasarnya amanah tersebut harus dipertanggungjawabkan .

” Jabatan merupakan sebuah amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan kejujuran dan keikhlasan. Semua itu harus dijawab dengan prestasi,” Katanya sembari mengatakan pesan ini bukan hanya untuk pejabat yang baru dilantik, tapi untuk semua jajaran pemerintahan Lampung Utara, Senin (6/7/2020).

” Saya minta, Pak Lekok bisa dan mampu menggerakan Organisasi Pemerintahan ini dengan pengalaman disiplin dan ilmu yang saudara miliki,” imbuh Budi.

Selain itu, Budi juga mengklaim bahwa pelaksanaan dan pengambilan sumpah jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ini telah melalui proses dan tahapan sesuai dengan mekanisme dan prosedur berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

” Jangan sampai salah persepsi, ketika Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah mengambil kebijakan dan keputusan,” tukasnya.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Kasus JKN, DOP dan BOK belum ada tersangka, Kejaksaan Lampung Utara Tunggu Audit BPKP

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Penanganan perkara Jaminan Kesehatan Nasional, Dana Operasional Puskesmas (DOP), dan Biaya Operasional Kesehatan (BOK) tahun 2018 yang sedang ditangani Kejaksaan Negeri Lampung Utara hingga kini masih jalan ditempat.

Bahkan, korps adhyaksa ini pun belum berani menetapkan para tersangka atas kasus JKN, DOP, dan BOK tahun 2018 di Dinas Kesehatan Lampung Utara.

Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara, Atik beralasan bahwa pihaknya masih menunggu hasil Audit BPKP Lampung terkait perkara JKN, DOP dan BOK di Dinas Kesehatan.

” (Kasus JKN, DOP dan BOK Dinas Kesehatan Lampung Utara) masih ditingkat penyidikan. Kita masih menunggu hasil audit BPK,” Katanya, usai mengikuti pelantikan Sekretaris Daerah Lampung Utara, di Halaman Kantor Pemerintahan, Jalan Jendral Sudirman No. 1, Kotabumi, Senin (6/7/2020).

Diakuinya, pihaknya ingin segera menyelesaikan perkara tersebut. Namun, hingga kini hasil audit belum diterima dari BPKP Lampung.

” Ini sudah sekian bulan. Kami sendiri sangat-sangat berusaha terus, setiap seminggu sekali kami bolak balik ke BPKP,” ungkapnya.

Ketika disinggung soal tersangka dan kerugian negara, Atik menegaskan menunggu hasil audit keuangan BPKP.

” Nanti ya, nanti (tersangka). Kita tunggu dulu hasil perhitungan BPKP turun. Nanti akan saya inikan,” ucapnya.

” Kalau persentasenya sudah 80%. (Kerugian Negara) ada,” imbuhnya sembari berlalu meninggalkan awak media.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Budi Utomo : Program PTSL Bermanfaat Untuk Masyarakat

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, mengapresiasi dan mendukung penuh program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dicanangkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

” Program PTSL ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lampung Utara. Warga tentu mendapatkan ketenangan dalam kepemilikan tanah karena telah terdaftar di Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Utara,” Katanya, saat menghadiri acara Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Secara Virtual, di Aula Tapis, Kantor Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Jum’at (3/7/2020).

Tampak hadir dalam kesempatan itu, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Lampung Utara, Sofyan, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kantor ATR/BPN Lampung Utara Agus Purwanto beserta jajaran dan
perwakilan masyarakat yang akan menerima secara simbolis sertipikat.

Budi Utomo yang akan segera dilantik menjadi Bupati Lampung Utara menggantikan Agung Ilmu Mankunegara yang tersandung kasus korupsi, berharap, dengan adanya sertipikat tanah ini juga dapat meningkatkan nilai manfaat tanah, karena dapat dijadikan kelengkapan prasyarat untuk mendapatkan modal usaha.

” Mudah-mudahan ini (sertipikat) dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Dan dengan melalui jalinan sinergiitas antar lembaga serta berbagai pihak terkait, pelaksanaan program yang menyentuh lapisan masyarakat bawah ini dapat terlaksana dengan lancar tanpa hambatan, sehingga target yang telah direncanakan dapat tercapai secara optimal dan tepat sasaran,” ucapnya.

Sementara, Kepala Kantor ATR/BPN Lampung Utara, Agus Purwanto, menyatakan bahwa pelaksanaan PTSL di Kabupaten Lampung Utara telah berjalan mulai dari tahun 2017 sampai dengan sekarang telah diterbitkan 80.612 bidang. Jumlah bidang tanah yang ada di Kabupaten Lampung Utara 355.529 bidang.

” Telah diterbitkan sertipikat di Lampung Utara sebanyak 277.704 bidang. Sedangkan sisanya, 77.825 bidang akan diselesaikan melalui program PTSL sampai tahun 2023 dengan asumsi setiap tahun menyelesaikan sekitar 25.000 bidang,” Ujarnya.

Menurut Agus, pelaksanaan PTSL di Lampung Utara telah berjalan dengan baik atas dukungan dari Para Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

” Program PTSL di Lampung Utara juga sampai saat ini tidak ada hambatan, berkat dukungan yang luar biasa dari Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif, yang melakukan pendampingan mulai dari perencanaan sampai dengan penyelesaian,” tukasnya.

Continue Reading

Trending