Connect with us

Apa Kabar Lampung

Rumdis Bidan Desa di Sidang Muara Jaya Kerap di Bobol Maling

Redaksi LT

Published

on

Mesuji : Rumah puskesdes Sidang Muara Jaya, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji, diduga Kerap Kali di bobol maling dan Bidan Desa tidak mau menunggu lagi tempat tersebut, dikarenakan takut serta trauma terhadap maling yang kerap beroperasi di tempat tersebut.

Diduga kawanan maling yang kerap beroperasi di rumah puskesdes Sidang Muara Jaya tidak pernah terungkap atau itertangkap, sehingga kawanan maling sering berulang kali melakukan aksinya nembuat Bidan Desa kwatir dan takut terhadap maling serta merasa rugi karena barang-barang miliknya digondol maling. 

Dikatakan, Benuang Alitopa Kades Sidang Muara Jaya kalau rumah puskesdes setempat sudah 5 kalai dibobol kawanan maling, berapa kali pihak kesehatan dan kades melaporkan kepihak kapolseksubsektor Rawa jitu utara setiap terjadi kawanan maling berhasil menggondol barang-barang milik rumah puskesdes tersebut, kata Kades Benuang Alitopa. 
 
Bahkan sering kali cek Tempat Kejadian Perkara(TKP) oleh pihak polisi, namun diduga tidak pernah ditindak lanjuti dan berhasil mengungkap atau menangkap kawanan maling yang kerap kali beraksi di rumah puskesdes, lanjut kades Benuang Alitopa menjelaskan kepada krew media.

Lanjut Kades Benuang Alitopa, Barang-barang yang hilang atau berhasil di gondol kawanan maling seperti mesin jenset sudah dua kali hilang, tabung gas, duit dalam tabungan nominal 2 juta dan Alat-alat kesehatan pun di gondol kawanan maling.

Diduga atas kerap kali kejadian itu terulang sampai detik ini Bidan Desa tidak mau lagi menunggu atau menghuni rumah puskesdes tersebut, mengingat diduga sering kali dicuri, seperti itu, ujar Kades Benuang Alitopa menjelaskan pada krew media.

“Saya berharap pihak kapolseksubsektor Rawajitu Utara segera dapat mengungkap serta menangkap para kawanan pelaku pembobol rumah puskesdes yang kerap melakukan tindakan pencurian itu dan saya menghimbau bagi masyarakat setempat dapat membantu untuk mengungkap pencurian ini dan meningkatkan jaga malam atau ronda,” harap Kades Bunuang Alitopa.

Kades Sidang Muara Jaya Benuang Alitopa, berharap agar Bhabinkabtimas begerak kedesa untuk tindak lanjuti keamanan dan kenyamanan Bidan Desa, arti harus Bhabinkabtimas serta Babinsa nya jangan tinggal diam, imbuhnya Kades Sidang Muara Jaya Benuang Alitopa.

Ketika krew media hendak konfirmasi ke Kapolseksektor Rawa Jitu Utara namun krew media tidak punya no WA atau no Hp karena Kapolseksektor tadinya Darlis namun kini diganti dengan Komandan  Yuli, jadi tidak memiliki no Kapolseksektor yang Baru dan krew media pun meminta ke Kades namun tak memiliki no Hpnya juga, ujar Kades Benuang Alitopa.

Lalu krew Konfirmasi minta no WA atau Hp Kapolseksektir Rawa Jitu Utara melalui pesan singkat WhatsApp dengan Kasat Reskrim Polres Mesuji dan langsung konfirmasi terkait hal ini, “ia mengatakan RJU ya, Saya akan ikut lidik kalau ada kayak gitu,” tuturnya Kasat Reskrim Polres Mesuji dengan singkat.

Lanjut Kasat Reskrim Polres Mesuji, terimakasih untuk terkait tindak pidana pencurian akan kami lakukan penyelidikan dan ungkap pelakunya, pungkasnya.

Reporter : Erwan EP
Editor : Red

Apa Kabar Lampung

Nanang Ermanto Sampaikan Nota Pengantar Raperda APBD Lampung Selatan Tahun 2020, Estimasi Anggaran Pendapatan Daerah Sebesar Rp. 2,3 Triliun

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan nota keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2020.
Penyampaian penjelasan Raperda itu disampaikan Nanang Ermanto dalam rapat paripurna DPRD Lampung Selatan yang dilaksanakan di ruang sidang utama DPRD setempat, Jumat (15/11/2019).
Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi, SH, MH. Dia didampingi Wakil Ketua I Agus Sartono, Wakil Ketua II Agus Sutanto, dan Wakil Ketua III Darol Kutni. Sementara, rapat paripurna itu dihadiri 45 orang anggota dewan dari 50 anggota DPRD yang ada.
Dalam penyampaiannya Nanang mengungkapkan, total Anggaran Pendapatan Daerah pada Rancangan APBD Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2020 diproyeksi sebesar Rp.2.330.670.777.561,00.
“Anggaran Pendapatan Daerah itu masih didominasi dari dana transfer Pemerintah Pusat dan dana bagi hasil dari Pemerintah Provinsi Lampung,” ujar Nanang.
Nanang menyebut, Anggaran Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2020 terdiri dari, Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp. 334.734.497.799 yang didominasi dari Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan, Pajak Penerangan Jalan, serta BPHTB.
Kemudian Penerimaan dari Dana Perimbangan sebesar Rp. 1.481.414.983.400,00 diantaranya bersumber dari Dana Bagi Hasil Pajak atau Bukan Pajak, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus.
“Lalu penerimaaan dari lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp. 514.521.296.362,0. Diantaranya bersumber dari Pendapatan Hibah Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bagi Hasil Pajak dari Pemerintah Provinsi, serta Bantuan Keuangan dari Pemerintah Pusat yang diperuntukkan untuk Dana Desa,” ucapnya.
Lebih lanjut Nanang menjelaskan, dalam rangka memantapkan substansi program-program prioritas, maka pada Rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 tersebut dialokasikan Anggaran Belanja sebesar Rp.2.465.440.087.850,00.
“Anggaran Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 tersebut dialokasikan untuk dua kelompok belanja yaitu, kelompok Belanja Tidak Langsung sebesar Rp. 1.424.495.976.185,40 dan kelompok Belanja Langsung sebesar Rp. 1.040.944.111.664,00,” beber Nanang.
Turut hadir juga dalam rapat paripurna itu, Sekretaris Daerah Ir. Fredy SM, MM beserta para pejabat utama, Kepala OPD, dan camat dlingkungan Pemkab Lampung Selatan, Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan, serta sejumlah elite partai politik. (kmf/eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Nanang Ermanto Lepas Kontingen Pertikawan Tingkat Nasional Tahun 2019

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto selaku Ketua Mabicab melepas Kontingen Kwarcab Lampung Selatan yang akan mengikuti Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Kalpataru dan Wanabakti (Pertikawan) Tingkat Nasional di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur pada tanggal 18-25 November 2019.
Pelepasan itu berlangsung di halaman kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Jumat (15/11/2019) pagi.
Turut hadir juga Sekretaris Daerah yang juga sebagai Ketua Kwarcab Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM, para pejabat dilingkungan Pemkab Lampung Selatan, Kwartir Ranting, anggota DKC, dan Ketua dan Wakil Ketua DKR se-Lampung Selatan.
Pimpinan Kontingen Kwarcab (Pinkoncab) Lampung Selatan, Anisatus Sa’adah menyebut, kontingen yang akan mengikuti Pertikawan tingkat nasional tahun 2019 berjumlah 31 orang.
Rinciannya, peserta Kalpataru sebanyak 15 orang terdiri 8 putra dan 7 putri, peserta Saka Wanabakti sebanyak 14 orang terdiri dari 8 putra dan 6 putri. Kemudian Pinkoncab 1 orang dan Pinsaka Cabang 1 orang.
“Moto kegiatan ini adalah Satyaku Kudharmakan, Darmaku Kubaktikan dengan tema Lestarikan Bumi, Sejahterakan Masyarakat,” terangnya.
Sementara, dalam kesempatan itu, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menitip pesan moral kepada para kontingen untuk selalu menjaga nama baik dan membawa harum nama Kabupaten Lampung Selatan di kancah nasional.
Nanang juga meminta para kontingen senantiasa untuk menjaga kekompakan, kebersamaan dan gotong royong di antara sesama anggota pramuka, baik secara internal sesama kontingen Lampung Selatan maupun dengan kontingen lainnya.
“Selama ini Kabupaten Lampung Selatan selalu menjadi peserta terbaik di tingkat nasional diberbagai event. Seperti kemarin dibidang olahraga ada atlet kita meraih prestasi di tingkat nasional. Dan yang terbaru juga kita berhasil juara III pada Festival Nusantara di Solo, Jawa Tengah. Ini membuktikan bawha Lampung Selatan itu bisa berprestasi di tingkat nasional,” tegas Nanang dalam arahannya.
Diketahui, Satuan Karya Pramuka Kalpataru dan Wanabakti merupakan dua Satuan Karya Pramuka bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega wadah pembinaan IPTEK dan Kewirausahaan dalam pemanfaaan dan pelestarian hutan sumber daya alam dan lingkungan hidup. (eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Dibuka Jokowi, Nanang Ermanto dan Forkopimda Lampung Selatan Hadiri Rakornas Di Bogor

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pelaksana tugas (Pt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Selatan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia tahun 2019.
Rakornas yang berlangsung di International Convention Center (SICC), Sentul, Bogor, Jawa Barat, dibuka langsung Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (13/11/2019) pagi.
Rakornas yang mengangkat tema “Sinergi Pelaksanaan 5 Prioritas Pembangunan Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Maju” dihadiri para menteri Kabinet Indonesia Maju, gubernur, bupati/walikota dan anggota Forkopimda se-Indonesia.
Adapun topik pembahasan sesuai dengan tema yakni Kebijakan Strategis 2020-2024 meliputi, Pembangunan SDM, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi dan Reformasi Birokrasi, Transformasi Ekonomi, serta Pengawasan dan Penegakan Hukum dan Keamanan.
Sedangkan dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan jajaran pimpinan daerah bisa bersinergi dan berkomunikasi dengan baik.
“Penting sekali menjaga hubungan harmonis Forkopimda di daerah,” kata Jokowi.
Selain itu, Rakornas juga diisi pemaparan dengan narasumber para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Ketua KPK, Ketua BPK dan Kepala BPKP. (kmf/eko)

Continue Reading

Trending