Connect with us

Apa Kabar Lampung

5 Desember Diberangkatkan, 30 Peserta Umrah Pemkab Lampung Selatan Ikuti Manasik

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Sebanyak 30 masyarakat peserta program umrah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mengikuti manasik di Aula Rajabasa kantor bupati setempat, Senin (2/12/2019).
Masyarakat yang akan berangkat umrah ini merupakan para pemenang lomba MTQ, guru mengaji, tokoh masyarakat, tokoh agama, unsur dari Kodim 0421 serta Polres Lampung Selatan.
Kepala Bagian Bina Mental Spiritual dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Lampung Selatan, Drs. A. Kholil menjelaskan, para jamaah tersebut akan melaksanakan ibadah umrah selama 9 hari dan mulai diberangkatkan pada tanggal 5 Desember 2019 mendatang.
“Nanti jemaah umrah ini akan berada di Madinah selama 3 hari dan Mekkah 4 hari, dan 2 hari sisanya di perjalanan. Rencananya para jemaah umrah akan dilepas pemberangkatannya di Masjid Agung Kalianda tanggal 5 besok dan sudah kembali ke tanah air tanggal 13 Desember 2019,” tutur Kholil dalam laporannya.
Menurut dirinya para jemaah umrah nantinya akan mendapatkan koper, tas, kain ihrom sebagai fasilitas pendukung untuk pelaksanaan ibadah umrah tersebut.
Kholil pun berharap, sesampainya di Tanah Suci para jemaah umrah bisa menjaga kekompakan dan nama baik Kabupaten Lampung Selatan.
“Nanti disana jaga kesehatan, jangan lupa doakan Kabupaten Lampung Selatan dan juga Pak Plt Bupati H. Nanang Ermanto supaya selalu diberi kesehatan dan kekuatan untuk memimpin kabupaten kita tercinta ini,” imbuh Kholil.
Sementara, Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Ekonomi Pembangunan Burhanuddin, SH, MH yang membuka secara resmi kegiatan manasik itu meminta agar para peserta umrah benar-benar memahami dan mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh kesungguhan hati.
Sehingga pada saatnya nanti, para peserta umrah dapat menjalankan ibadah di Tanah Suci Mekkah sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan.
“Untuk itu, melalui pelaksanaan bimbingan manasik umrah ini, saya berharap kepada saudara-saudara jemaah peserta umrah Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2019, akan mendapatkan pengetahuan tata cara beribadah umrah yang sesuai dengan ajaran Islam,” ujar Burhanuddin yang menyampaikan sambutan Plt Bupati.
Dalam kesempatan itu, dia juga mengimbau kepada para jemaah peserta umrah, agar selama berada di Tanah Suci Mekkah nanti selalu memelihara dan menjaga kesehatan fisik, serta mental dengan sebaik-baiknya.
“Jangan pernah menganggap remeh untuk memelihara kebugaran jasmani dan mental. Sesampainya disana jangan takabur, hindari pertengkaran dan kemarahan yang hanya akan merusak ibadah yang saudara laksanakan. Jaga kebersamaan dan sikap tolong menolong,” tandasnya. (Eko/kmf)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Silahkan Tinggalkna Pesan Anda

Apa Kabar Lampung

BTS Tak Berizin Mulai Marak di Lampung Utara

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Keberadaan menara (tower) seluler yang diduga tidak memiliki izin masih ditemukan di Lampung Utara.

Dari puluhan menara seluler yang beroperasi di wilayah Lampung Utara, terdapat menara yang terletak di wilayah Kecamatan Abung Timur, disinyalir tidak memiliki izin sejak berdiri di tahun 2014.

Jika benar menara seluler tersebut tidak memiliki izin, tentu Pemerintah Lampung Utara sudah kecolongan dan dari segi ekonomi jelas telah dirugikan, lantaran hampir 5 tahun keberadaannya, tidak ada yang masuk ke kas Pemerintah.

Ironininya, Pemerintah Lampung Utara terkesan lamban dalam menyikapi dugaan tidak berizinnya salah satu menara seluler yang tepatnya berada di wilayah Abung Timur itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lampung Utara Sri Mulyana, beralasan bahwa pihaknya belum bisa mengambil langkah atau tindakan atas adanya salah tower yang diduga tidak memiliki izin.

” (belum bertindak) Ya kita menunggu dari Kominfo. Karena Kominfo yang lebih mengetahui titik koordinat tower seluler yang layak diberikan izinnya (IMB),” ucapnya, ketika dihubungi melalui telepon selulernya, selasa (21/1/2020).

Untuk itu, menurut Sri, jika memang nantinya hasil dari kominfo bahwa salah satu tower seluler yang ada diwilayah Abung Timur tidak sesuai dengan titik koordinat, maka ia memastikan akan menindaklanjutinya sesuai aturan.

” Kalau dari Kominfo sudah ada (hasil titik koordinat menara seluler). Maka, kami akan turunkan bidang Wasdal (pengawasan) untuk mengecek langsung tower seluler tersebut,” tukasnya.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Road Show ke Pesibar, Ini Pesan Chusnunia Chalim

Redaksi LT

Published

on

CHUSNUNIA CHALIM ROADSHOW KE PESIBAR

Pesisir Barat : Bupati Agus Istiqlal menghadiri acara roadshow Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dan tim gabungan yang berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat, Senin (20/01).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat. 

Saya mengucapkan selamat datang kepada Wakil Gubernur Lampung, ibu Hj. chusnunia chalim beserta tim gabungan OPD Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir melakukan kunjungan kerja  ke Kabupaten Pesisir Barat pada hari ini, ujar Bupati.

Kami sangat berharap, kunjungan ibu Wakil aGubernur membawa berkah dan harapan untuk kemajuan daerah dan perbaikan kesejahteraan masyarakat yang melalui program pengembangan Kabupaten/ Kota layak anak (KLA), gerakan masyarakat Lampung bebas stunting dan pasar murah, tambah Bupati.

Dalam rangka mendukung percepatan pembangunan, Kabupaten Pesisir Barat telah menjalan beberapa program yaitu:

Pengembangan Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA), dan pencanangan KLA Kabupaten Pesisir Barat mulai dilaksanakan pada tahun 2017, yang anggotanya terdiri dari 30 wakil dinas/ lembaga terkait, ujar Bupati. 

Demi mewujudkan KLA ada beberapa indikator yang telah dipenuhi, diantaranya yaitu:

1. Dengan melakukan sosialisasi ke Kecamatan dan Pekon.

2. Mendorong peran orangtua dalam menjaga anak-anak serta menjamin pemenuhan pendidikan anak.

3. Pemberian makanan tambahan untuk anak dibeberapa sekolah dasar sebagai upaya meningkatkan kesehatan gizi anak.

4. mendorong masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan ramah untuk anak-anak.

Kedepannya Kabupaten Pesisir Barat akan terus mengupayakan terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA) dan menjadikan Kabupaten Pesisir Barat memjadi lebih baik lagi, ujar Bupati lagi.

Selain itu beberapa upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi stunting. upaya tersebut adalah:
1. peningkatann6 penyediaan air minum dan sanitasi berupa akses air minum yang aman dan sanitasi yang layak.

2. peningkatan akses keluarga berencana dan kualitas pelayanan gizi dan kesehatan.

3. peningkatan kesadaran, komitmen, dan praktek pengasuh gizi ibu dan anak melalui sosialisasi dan penyuluhan dinas kesehatan.

4. penyediaan makanan tambahan yang bergizi serta pemberian suplemen gizi pada ibu hamil dan anak balita.

5. peningkanutan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Dengan harapan nantinya, masyarakat Kabupaten Psisir Barat akan terbebas dari masalah stunting termasuk dengan telh dilaksanakannya pasar murah beberapa kali di Kabupaten ini, tegasnya. 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan masyarakat, saya mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada ibu wakil gubernur beserta rombongan atas kunjungan kerjanya, tutup Bupati.

Hadir pada kesempatan tersebut para kepala OPD beserta jajaranya, forkopimda Kab. Pesisir Barat dan Lampung Barat,  para Camat, dan masyarakat setempat.

Reporter : Indra
Editor Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Ishak : Insya Allah Masyarakat Lampung Selatan Sejahtera

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : Drs. Ishak MM memastikan diri sebagai Bakal Calon Bupati Lampung Selatan pada Pilkada yang akan di gelar 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ishak dihadapan puluhan wartawan pada jumpa pers yanh di gelar di Rumah Makan Begadang Resto Bandar Lampung.

Ishak menegaskan Lampung Selatan memeiliki segudang potensi yang hingga kini belum tergali secara maksimal dan ia berjanji akan memaksimalkan potensi yang ada dengan harapan masyarakat sejahtera.

Tak hanya itu untuk sektor pembangunan Ishak berjanji akan mempercepat pembangunan insprastruktur seperti akses jalan yang ada di pedesaan termasuk pengembangan sektor wisata yang hingga saat ini belum tergali maksimal.

“Niat saya mencalonkan diri sebagai Bupati Lampung Selatan untuk masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi”. Tegas Ishak Minggu (19/01/2020).

Reporter : Alfian
Editor : Red

Continue Reading

Trending