Connect with us

Apa Kabar Lampung

Natal Berdarah, Bentrok Antar Warga di Mesuji KembaliTerjadi

Redaksi LT

Published

on

Mesuji : Lagi-lagi keributan terjadi di kawasan Register 45 yang selalu menggegerkan nama baik Kabupaten Mesuji makin buruk di mata dunia publik, keributan kali ini terjadi di kawasan register 45 Karya Tani, diduga dipicuh dari kelompok Wayan Ana CS.

Lalu Kapolres AKBP Alim membenarkan, Iya betul, kejadian tadi Pagi, korban Wayan Ana yang mengklaim tanah register 45 yang sudah didirikan Masjid, gereja dan pura, kata AKBP Alim dengan singkat membalas pesan melalui WhatsApp.

Krew media menggali informasi di tempat kejadin perkara keributan setelah dapat kebenaran dari Kapolres Mesuji AKBP Alim dari salah satu warga sekitar kejadian yang enggan ditulis namanya mengatakan, keributan kali ini diduga dipicuh dari kelompok Wayan Ana CS yang sesuka hati mengklaim lahan milik warga Karya Tani.

Keributan terjadi pada hari Selasa 24 Desember 2019 sekitar pukul 08:20 WIB tadi mas, atas keributan antar kolompok Wayan Ana CS dengan Kelompok Karya Tani mengakibatkan satu rumah rusak berat serta satu warga mengalami luka dibagian kepala akibat benda tajam dan yang terluka itu adalah Wayan Ana, ujar salah satu warga sekitar tempat kejadian.

Informasi yang berhasil dihimpun krew media dilapangan, penyerbuan tersebut diduga dipicu perbuatan Wayan Ana Cs yang kerap meresahkan petani. Pasalnya yang bersangkutan tersebut telah menyetop proses pembajakan lahan Fasum Desa yang dikerjakan warga Kelompok Karya Tani KHP Register 45 SBM, lanjutnya.

Masih kata salah satu warga sekitar yang enggan disebutkan namanya. Akhirnya massa yang berjumlah sekitar 200 orang berbekal senjata tajam dan kayu menyatroni kediaman Wayan Ana Cs, sementara pada Sabtu 21 Desember 2019 sebelum penyerbuan, massa sudah menggelar musyawarah antara warga Karya Tani dan kelompok Wayan Ana Cs terkait dengan klaim lahan warga yang dilakukan Wayan Ana Cs.

Kemudian telah disepakati bersama antara kedua belah pihak akan diselesaikan dalam waktu 15 Hari, dengan batas waktu hingga 5 Januari 2020. Namun pada Hari Senin 23 Desember 2019, Wayan Ana Cs kembali melakukan penyetopan bajak lahan. Wayan Ana juga mengklaim lahan Fasum desa seluas 2,5 ha, yang terletak di belakang kediamannya dan di sebelah Masjid Karya Tani KHP Register 45 SBM adalah miliknya.

Akhirnya massa tidak sabar melihat ulah Wayan Ana CS, massa yang berjumlah sekitar 200 orang berbekal senjata tajam dan kayu. Lalu massa menyatroni kediaman Wayan Ana Cs serta berujung keributan tidak bisa dihindarkan kembali.

Hingga kini konsentrasi massa masih terlihat di wilayah Kelompok Karya Tani KHP Register 45 SBM. Polisi dan TNI juga mulai berjaga-jaga dilokasi agar tidak terulang kembali kejadian tersebut.

Reporter : Erwan EP
Editor : Red

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Silahkan Tinggalkna Pesan Anda

Apa Kabar Lampung

BTS Tak Berizin Mulai Marak di Lampung Utara

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Keberadaan menara (tower) seluler yang diduga tidak memiliki izin masih ditemukan di Lampung Utara.

Dari puluhan menara seluler yang beroperasi di wilayah Lampung Utara, terdapat menara yang terletak di wilayah Kecamatan Abung Timur, disinyalir tidak memiliki izin sejak berdiri di tahun 2014.

Jika benar menara seluler tersebut tidak memiliki izin, tentu Pemerintah Lampung Utara sudah kecolongan dan dari segi ekonomi jelas telah dirugikan, lantaran hampir 5 tahun keberadaannya, tidak ada yang masuk ke kas Pemerintah.

Ironininya, Pemerintah Lampung Utara terkesan lamban dalam menyikapi dugaan tidak berizinnya salah satu menara seluler yang tepatnya berada di wilayah Abung Timur itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lampung Utara Sri Mulyana, beralasan bahwa pihaknya belum bisa mengambil langkah atau tindakan atas adanya salah tower yang diduga tidak memiliki izin.

” (belum bertindak) Ya kita menunggu dari Kominfo. Karena Kominfo yang lebih mengetahui titik koordinat tower seluler yang layak diberikan izinnya (IMB),” ucapnya, ketika dihubungi melalui telepon selulernya, selasa (21/1/2020).

Untuk itu, menurut Sri, jika memang nantinya hasil dari kominfo bahwa salah satu tower seluler yang ada diwilayah Abung Timur tidak sesuai dengan titik koordinat, maka ia memastikan akan menindaklanjutinya sesuai aturan.

” Kalau dari Kominfo sudah ada (hasil titik koordinat menara seluler). Maka, kami akan turunkan bidang Wasdal (pengawasan) untuk mengecek langsung tower seluler tersebut,” tukasnya.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Road Show ke Pesibar, Ini Pesan Chusnunia Chalim

Redaksi LT

Published

on

CHUSNUNIA CHALIM ROADSHOW KE PESIBAR

Pesisir Barat : Bupati Agus Istiqlal menghadiri acara roadshow Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dan tim gabungan yang berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat, Senin (20/01).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat. 

Saya mengucapkan selamat datang kepada Wakil Gubernur Lampung, ibu Hj. chusnunia chalim beserta tim gabungan OPD Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir melakukan kunjungan kerja  ke Kabupaten Pesisir Barat pada hari ini, ujar Bupati.

Kami sangat berharap, kunjungan ibu Wakil aGubernur membawa berkah dan harapan untuk kemajuan daerah dan perbaikan kesejahteraan masyarakat yang melalui program pengembangan Kabupaten/ Kota layak anak (KLA), gerakan masyarakat Lampung bebas stunting dan pasar murah, tambah Bupati.

Dalam rangka mendukung percepatan pembangunan, Kabupaten Pesisir Barat telah menjalan beberapa program yaitu:

Pengembangan Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA), dan pencanangan KLA Kabupaten Pesisir Barat mulai dilaksanakan pada tahun 2017, yang anggotanya terdiri dari 30 wakil dinas/ lembaga terkait, ujar Bupati. 

Demi mewujudkan KLA ada beberapa indikator yang telah dipenuhi, diantaranya yaitu:

1. Dengan melakukan sosialisasi ke Kecamatan dan Pekon.

2. Mendorong peran orangtua dalam menjaga anak-anak serta menjamin pemenuhan pendidikan anak.

3. Pemberian makanan tambahan untuk anak dibeberapa sekolah dasar sebagai upaya meningkatkan kesehatan gizi anak.

4. mendorong masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan ramah untuk anak-anak.

Kedepannya Kabupaten Pesisir Barat akan terus mengupayakan terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA) dan menjadikan Kabupaten Pesisir Barat memjadi lebih baik lagi, ujar Bupati lagi.

Selain itu beberapa upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi stunting. upaya tersebut adalah:
1. peningkatann6 penyediaan air minum dan sanitasi berupa akses air minum yang aman dan sanitasi yang layak.

2. peningkatan akses keluarga berencana dan kualitas pelayanan gizi dan kesehatan.

3. peningkatan kesadaran, komitmen, dan praktek pengasuh gizi ibu dan anak melalui sosialisasi dan penyuluhan dinas kesehatan.

4. penyediaan makanan tambahan yang bergizi serta pemberian suplemen gizi pada ibu hamil dan anak balita.

5. peningkanutan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Dengan harapan nantinya, masyarakat Kabupaten Psisir Barat akan terbebas dari masalah stunting termasuk dengan telh dilaksanakannya pasar murah beberapa kali di Kabupaten ini, tegasnya. 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan masyarakat, saya mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada ibu wakil gubernur beserta rombongan atas kunjungan kerjanya, tutup Bupati.

Hadir pada kesempatan tersebut para kepala OPD beserta jajaranya, forkopimda Kab. Pesisir Barat dan Lampung Barat,  para Camat, dan masyarakat setempat.

Reporter : Indra
Editor Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Ishak : Insya Allah Masyarakat Lampung Selatan Sejahtera

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : Drs. Ishak MM memastikan diri sebagai Bakal Calon Bupati Lampung Selatan pada Pilkada yang akan di gelar 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ishak dihadapan puluhan wartawan pada jumpa pers yanh di gelar di Rumah Makan Begadang Resto Bandar Lampung.

Ishak menegaskan Lampung Selatan memeiliki segudang potensi yang hingga kini belum tergali secara maksimal dan ia berjanji akan memaksimalkan potensi yang ada dengan harapan masyarakat sejahtera.

Tak hanya itu untuk sektor pembangunan Ishak berjanji akan mempercepat pembangunan insprastruktur seperti akses jalan yang ada di pedesaan termasuk pengembangan sektor wisata yang hingga saat ini belum tergali maksimal.

“Niat saya mencalonkan diri sebagai Bupati Lampung Selatan untuk masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi”. Tegas Ishak Minggu (19/01/2020).

Reporter : Alfian
Editor : Red

Continue Reading

Trending