Connect with us

Lampung Selatan

Terima Anggaran Rp.48,82 Miliar, Pemkab Lamsel Bangun 524 Hunian Tetap di Sembilan Lokasi

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Dana dan lokasi untuk pembangunan hunian tetap (huntap) bagi warga yang rumahnya hilang akibat bencana tsunami di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, telah tersedia.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mendapatkan bantuan hibah dana untuk realisasi pembangunan huntap tersebut. Jumlah hunian yang akan dibangun bagi korban bencana sebanyak 524 unit di sembilan lokasi.
Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemkab Lampung Selatan Priyanto Putro mengungkapkan, bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
“Pemerintah pusat melalui BNPB telah menggelontorkan dana untuk pembangunan huntap dan fasilitas lainnya sebesar Rp.48,820 miliar. Artinya apa ? kita dinilai sangat cepat didalam proses penyelesaian huntap ini,” ujar Priyanto, Selasa (14/1/2020).
Mantan Kepala Bappeda Pemkab Lampung Selatan ini menyatakan, digelontorkannya bantuan tersebut juga tidak terlepas dari arahan Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto serta kerja sama dan koordinasi yang baik dengan semua pihak.
“Ini (anggaran) kami selalu koordinasi dengan BNPB, dan juga berkat komitmen Pak Plt Bupati dan pemerintah pusat. Tetapi kita juga selalu berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, serta stake holder terkait yang ada di Kabupaten Lampung Selatan,” tambahnya.
Namun demikian kata Priyanto, meskipun dana telah tersedia, pembangunan huntap tidak serta merta langsung dilaksanakan. Ada tahapan-tahapan atau proses yang harus dilalui.
Dia menjelasakan, untuk membangun huntap, pemerintah daerah terlebih dahulu harus menyiapkan lahan yang ditetapkan dengan keputusan Bupati Lampung Selatan.
Kemudian setelah penentuan lokasi, dilakukan pengukuran lahan bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) serta inventarisasi lahan dan penentuan nilai lahan oleh tim appraisal hingga sosialisasi kepada warga yang lahannya akan dipakai untuk pembangunan huntap.
“Tahapan ini sudah kita laksanakan semua. Bagi warga yang telah setuju lahannya dibebaskan, dananya sudah kita transfer ke rekening masing-masing. Bagi yang belum setuju, ya kita stop cari yang lain. Kan ini untuk membangun rumah tetangga mereka juga,” imbuhnya.
Priyanto menegaskan, meskipun upaya pembelian lahan huntap tidak sepenuhnya berjalan dengan mulus, hal itu tidak membuat rencana pembangunan huntap menjadi terhambat.
Sebab kata dia, Pemkab Lampung Selatan memastikan akan terus mendampingi warga terdampak bencana sampai pembangunan huntap diselesaikan dengan baik hingga warga bisa menempati huntap sesuai standar yang ditetapkan Kementerian PUPR dan BNPB.
“Kita terus bergerak tidak ada yang mandek. Walaupun ada tanah yang belum menemui kata sepakat, ini tidak menghentikan langkah kita untuk terus bergerak. Karena bagaimana pun rakyat yang terdampak harus kita tangani dan dampingi terus,” tandasnya. (Eko/kmf)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Lampung Selatan

Ratusan Pelajar SMK YPI Lamsel di Buat Ngakak

Published

on

Lampung Selatan : Master Hipnoterapi Lampung Eko Jaya Saputra, SE, C.Ht berhasil membuat ratusan pelajar SMK YPI Lampung Selatan terbahak-bahak melihat master hipnoterapi yang satu ini beraksi.

Ratuan pelajar tersebut merasa terhibur dan termotivasi dengan materi yang di sampaikan Eko Jaya Saputra selaku Master Hipnoterapi Lampung.

Dalam materinya Master Hipnoterapi Lampung Eko JS memberikan pemahaman, sugesti dan semangat untuk tidak sama sekali ataupun coba-coba menggunakan narkoba.

Usai memberikan materi, Eko JS memberikan hiburan berupa Stage Hypnosis kepada pelajar SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Selain memberikan hiburan Hypnosis di sesi terakhir sang master Hypnoterapi memberikan terapi kepada ratusan pelajar SMK YPI Lampung Selatan dengan harapan para pelajar terhindar dari pengunaan dan peredaran narkoba.

Hadir dalam acara tersebut, Sekertaris Komisi II DPRD Lampung, BNN Lampung dan tamu undangan lainnya. (Arek/Red).

Continue Reading

Lampung Selatan

Lesty Putri Utami : Jangan Pernah Gunakan Narkoba

Published

on

Lampung Selatan : Sekertaris Komisi II DPRP Lampung Lesty Putri Utami secara tegas meminta kepada para pelajar di Lampung Selatan khususnya Siswa SMK YPI Lampung Selatan untuk tidak sama sekali menggunakan narkoba jenis appaun.

Dihadapan para pelajar SMK YPI Lampung Selatan, Putri dari Anggota DPR RI Muchlis Basri ini menyebut bahwa narkoba merupakan barang terlarang dan dilarang oleh agama dan negara.

Dalam sosialisasi perda nomor I Tahun 2019 yang di gelar di SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan tersebut Lesti sapaan akrabnya menyebut saat ini pengguna narkoba di Provinsi Lampung mencapai sekitar 31 ribu dan 30 persennya adalah dari kalangan pelajar.

Untuk itulah ia meminta kepada para pelajar di Lampung Selatan khususnya siswa SMK YPI Lampung Selatan untuk tidak menggunakan narkoba.

Hadir dapam sosialisasi perda tersebut perwakilan BNN Lampung, Master Hipnoterapi Lampung Eko Jaya Saputra dan undangan lainnya. (Arek/Red).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pulang Kampung, M. Yamin Jabat Panitera PN Kalianda

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Ketua Hakim Pengadilan Negeri Kalianda Kelas I B Nataline Setyowati mengambil sumpah jabatan dan melantik M. Yamin, SH sebagai Panitera PN Kalianda Kelas I B.
Pelantikan berlangsung di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Kalianda Kelas I B, Jum’at (18/11/2022), dihadiri para Hakim, Sekretaris, para pejabat struktural fungsional, Staf, PPNPN dan TKS Pengadilan Negeri Kalianda.

Ketua PN Kalianda Kelas I B Nataline Setyowati, yang juga memimpin acara pelantikan tersebut menyampaikan sambutan, kepada Panitera yang baru saja dilantik dapat membawa perubahan kearah positif khususnya bagi PN Kalianda Kelas I B.
“Pertama-tama saya ucapkan selamat datang sekaligus pulang kampung Bapak M. Yamin. Saya berharap, bapak mampu menghadapi tantangan-tantangan,” katanya.
Ia menambahkan, pergantian atau penyegaran jabatan dilingkungan institusi naungan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia yang biasa terjadi. Diharapkan kepada Panitera yang baru, dapat membawa perubahan yang positif, serta peningkatan integritas dan profesionalitas.
“Saya yakin, bisa membawa perubahan yang positif PN Kalianda. Begitu juga dengan ibu, bisa meningkatkan silaturahmi anggota PN Kalianda,” bebernya.
Dilain sisi, Panitera PN Kalianda Kelas I B M. Yamin, SH pada sambutannya mengatakan, kerjasama baik dengan para hakim beserta jajaran sangat diperlukan. Dengan harapan, kata pria kelahiran Kota Kalianda ini, terciptanya kolaborasi kinerja yang positif.
“Saya berharap mendapatkan arahan-arahan dan bimbingan para hakim serta jajaran PN Kalianda Kelas I B. Dengan harapan, tercapainya visi dan misi MA RI,” ujarnya.
Sebagai informasi, Panitera PN Kalianda Kelas I B yang baru M. Yamin, SH menggantikan Sugandi Syarif, S.H., M.H. (Eko)

Continue Reading

Trending