Connect with us

Lampung Selatan

Kantongi Izin Kemendagri dan Rekom KASN, Nanang Ermanto Lantik Enam Pejabat Hasil Seleksi Terbuka

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto melantik enam pejabat eselon II kepala organisasi perangkat daerah (OPD) hasil seleksi lelang terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).
Hal itu setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, memberikan izin kepada Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto untuk melaksanakan pelantikan pejabat hasil seleksi terbuka JPTP yang telah dilaksanakan pada bulan Desember 2019 lalu.
Surat tertanda Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian bernomor 821/474/SJ tanggal 20 Januari 2020 perihal Persetujuan Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.
Selain itu, pelantikan yang dilaksanakan di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, pada Selasa (21/1/2020) sore itu, menimbang rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor B-4432/KASN/12/2019 tanggal 23 Desember 2019 Hal Rekomendasi Hasil Pelaksaaan Seleksi Terbuka JPTP Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.
Sementara, pejabat yang dilantik yakni, Syahroni, S.E., M.M. sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Yanny Munawarty, S.T. sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Feri Bastian, S.E. sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup.
Kemudian, Ariswandi, S.H., M.H. sebagai Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Bibit Purwanto, S.P., M.M. sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, serta Puji Sukanto, S.E., M.M. sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat.
Dalam arahannya, Nanang menegaskan, pelantikan yang dilakukannya sudah sesuai prosedur, artinya berdasarkan rekomendasi KASN tanggal 23 Desember 2019 dan telah mendapatkan persetujuan tertulis dari Mendagri tanggal 20 Januari 2020.
“Ini (pelantikan) merupakan jawaban dari berbagai kalangan. Yang pasti saya tidak mau menabrak aturan, artinya pelantikan ini berdasarkan rekomendasi dari KASN dan diperkuat dengan izin tertulis dari Mendagri dengan surat bernomor 821/474/SJ tanggal 20 Januari 2020,” tegas Nanang.
Disamping itu, Nanang juga meminta pejabat yang baru nantinya segera menjalankan tugasnya sebagai pelayan maayarakat. “Mudah-mudahan amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada saudara-saudara ini bisa dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab,” tandasnya.
Dari pantauan tim ini, pelantikan tersebut turut disaksikan juga oleh Ketua Bawaslu Lampung Selatan Hendra Fauzi, Ketua KPU Lampung Selatan Titik Sutriningsih, serta dihadiri Penjabat Sekretaris Daerah Thamrin, S.Sos beserta para pejabat di lingkungan Pemkab Lampung Selatan. (Eko/Kmf)

Apa Kabar Lampung

Datang ke Karangsari, Nanang Bawa Berbagai Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto melakukan silaturahmi dengan masyarakat Desa Karangsari, Kecamatan Ketapang, Kamis 24 (24/9/2020).
Nanang Ermanto yang datang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin beserta sejumlah pejabat utama setempat, menyerahkan berbagai bantuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.
Bertempat di Balai Desa Karangsari, Nanang Ermanto menyerahkan bantuan dana stimulus kepada 206 pelaku usaha kecil mikro menengah (UKM) yang terdampak Covid-19 secara simbolis. Masing-masing pelaku UMKM mendapat dana stimulus sebesar Rp. 2 juta.
Selain itu Nanang juga menyerahkan bantuan 15 kilogram beras kepada keluarga penerima manfaat (KPM) secara simbolis. Bantuan beras ini diberikan kepada 53.998 KPM yang tersebar di 17 kecamatan.
Kemudian ada juga bantuan untuk renovasi rumah ibadah sebesar Rp. 5 juta. Bantuan ini dikucurkan bagi 260 rumah ibadah dari berbagai agama yang tersebar di 17 kecamatan. Total bantuan renovasi rumah ibadah ini mencapai Rp. 1,3 miliar.
Terkait dengan bantuan-bantuan tersebut, Nanang mengatakan hal itu merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak musibah diluar bencana alam.
“Mudah-mudahan bantuan stimulus ini bisa bermanfaat untuk melanjutkan perekonomian masyarakat. Khususnya untuk membantu perekonomian dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga penerima manfaat,” ujar Nanang saat memberikan sambutan.
Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, I Ketut Sukerta menjelaskan, bantuan stimulus bagi UMKM diberikan kepada 1.000 pelaku UMKM yang tersebar di 17 kecamatan.
“Hari ini diberikan kepada 206 pelaku UMKM dari Kecamatan Ketapang, Sragi, Bakauheni, dan Penengahan,” ujar Ketut saat menyampaikan laporan.
Ketut menambahkan, bantuan dana stimulus yang bersumber dari APBD Kabupaten Lampung Selatan itu, dapat dipergunakan dengan sebaik-sebaiknya oleh para pelaku UMKM.
“Nanti setelah pulang dari acara ini bapak ibu bisa langsung di cek ke rekening masing-masing. Sudah langsung di payroll (transfer) semua,” kata Ketut. (Eko/Kmf)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

KPU Tetapkan Paslonkada Lampung Selatan Nanang-Pandu Nomor Urut 1

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan menggelar rapat pleno penetapan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Lampung Selatan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.
Rapat pleno tersebut dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor KPU setempat, Kamis (24/9/2020). Penetapan nomor urut yang hanya dihadiri satu pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut turut disaksikan ketua dan anggota Bawaslu Lampung Selatan.
Berbeda dari biasanya, dalam prosesi penetapan nomor urut kali ini tanpa dilakukan pengundian terlebih dahulu.
Ketua KPU Lampung Selatan, Ansurasta Razak langsung menetapkan nomor urut bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati H. Nanang Ermanto-Pandu Kesuma Dewangsa.
“Pasangan calon bupati dan wakil bupati H. Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa nomor urut 1,” kata Ansurasta Razak dalam rapat pleno tersebut.
Pria yang akrab disapa Aan ini menjelaskan, sesuai dengan surat KPU RI Nomor 788, jika hanya terdapat satu pasangan calon bupati dan wakil bupati, maka secara otomatis pasangan tersebut ditetapkan sebagai nomor urut 1.
“Dalam surat KPU RI itu disebutkan, apabila hanya ada satu pasangan calon dan pasangan lainnya masih dalam proses pemulihan Covid-19, ya otomatis pasangan yang sudah ditetapkan mendapat nomor 1,” terang Aan usai rapat pleno.
Sedangkan untuk pasangan bakal calon lainnya yakni Tony Eka Candra dan Antoni Imam, penetapannya baru akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2020. Tahapan bagi pasangan ini diundur, karena bakal calon wakil bupati Antoni Imam positif Covid-19 saat proses pendaftaran.
“Penetapan pasangan Tony Eka Candra dan Antoni Imam tanggal 1 Oktober. Untuk penetapan nomor urut tanggal 2 Oktober 2020,” tandasnya.
Diketahui, dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Lampung Selatan 2020 belum ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati oleh KPU Lampung Selatan.
Dua pasangan tersebut yakni Hipni-Melin Haryani yang diusung PAN, Gerindra, PKB dan Tony Eka Candra-Antoni Imam yang diusung Golkar, PKS, Demokrat
Sebelumnya, KPU Lampung Selatan telah menggelar rapat pleno tertutup penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Lampung Selatan di Kantor KPU setempat, Rabu 23 September 2020.
Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Hipni-Melin Haryani gagal ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Lampung Selatan 2020.
Komisioner KPU Lampung Selatan Divisi Hukum Mislamudin mengatakan, pasangan calon bupati dan wakil bupati Hipni-Melin dinyatakan tidak memenuhi syarat pencalonan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2020 tentang perubahan keempat PKPU nomor 3 tahun 2020, tentang pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota.
Dia menjelaskan, dalam Pasal 4 ayat (2d) menyatakan bahwa, jangka waktu lima tahun selesai menjalani pidana penjara, sebagaimana yang dimaksud pada ayat 2 a terhitung sejak bakal calon yang bersangkutan, selesai menjalani pidana hingga saat pendaftaran.
“Untuk pasangan bakal calon wakil Melin Haryani Wijaya, belum lima tahun selesai menjalani pidana setelah kasusnya tahun 2015 lalu. Jadi kami hanya menetapkan Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa,” kata Mislamudin dikutip dari berbagai media.
Sementara itu, pasangan calon bupati dan wakil bupati H. Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa yang diusung oleh PDI-P, Nasdem, Hanura, dan Perindo mengaku bersyukur mendapat nomor urut 1.
“Alhamdulillah kita bersyukur. Nomor 1 ini mencerminkan persatuan. Bagaimana dengan persatuan ini kita bangun Kabupaten Lampung Selatan kedepan lebih baik lagi,” ujar Nanang Ermanto usai mengikuti rapat pleno itu. (Eko/Kmf)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Hari Pertama Pendaftaran Pilkada Lampung Selatan, Dua Peserta Mendaftar ke KPU

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Calon kepala daerah (kada) peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 Kabupaten Lampung Selatan mulai mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat.
Pantauan media ini, berlangsung di Aula KPU Kabupaten Lampung Selatan, Jum’at (04/09), paslon kada yang diusung Lima partai politik (Parpol), yakni PDIP, Nasdem, Hanura, Perindo, PPP, Nanang Ermanto – Pandu Kesuma Dewangsa, peserta pendaftar pertama.
Rombongan paslon kada tersebut, tiba di KPU setempat pukul 13.00 WIB, dengan penerapan protokol kesehatan, mereka memasuki aula KPU dan menyerahkan berkas pendaftaran ke panitia.
Paslon kada Nanang – Pandu datang ke KPU ditemani sejumlah perwakilan partai pengusung serta 5 Marga Sai Batin. Sedangkan simpatisan dari PDI P yang mengawal seperti, Srikandi, BMI dan lainnya menunggu di luar KPU. Sambil meneriaki dengan semangat kata-kata yel yel “Nanang Lanjutkan, Nanang Lanjutkan”.
Usai paslon kada tersebut, paslon kada Hipni-Melin pendaftar kedua ke KPU setempat. Mereka tiba sekitar pukul 16.00 WIB, langsung menyerahkan berkas pendaftaran ke panitia.
Pasalon kada yang didukung sejumlah partai pengusung yakni, PAN, Partai Gerindra, PKB, Partai Garuda, Partai Gelora, dan PBB, datang ke KPU ditemani sejumlah simpatisan yakni, 13 ormas dan LSM, Klub motor, K2P, komunitas mobil willys, pelaku kesenian daerah.
Sementara itu, peserta pilkada lainnya yakni Toni Eka Candra – Antoni Imam dikabarkan akan mendaftar ke KPU setempat, pada Sabtu (5/09/2020). Hal ini sesuai kesepakatan dengan KPU setempat tentang pendaftaran peserta Pemilukada serentak di Lampung Selatan. (Eko)

Continue Reading

Trending