Connect with us

Apa Kabar Lampung

Inspektorat Lampung Utara siap perkarakan ‘oknum-oknum’ Dana Desa

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Inspektorat Lampung Utara terus memperketat pengawasan Dana Desa di 232 desa se Lampung Utara. Pengawasan ini melibatkan tim auditor Inspektorat Lampung Utara yang disebar diseluruh desa. Bahkan, Inspektorat pun tak mau main-main dalam pengawasan ini.

” Ya saat ini (pengawasan yang dilakukan) tim kami (tim auditor Dana Desa) tengah bekerja. Insyaallah, dipertengahan bulan Februari mendatang, hasil pengawasan (pemeriksaaan) tim auditor di Desa-Desa sudah rampung dan dapat diketahui hasilnya,” kata Inspektur Inspektorat Lampung Utara, Man Kodri, Senin (27/1/2019).

Ditegaskan Man Kodri, jika hasil dalam pengawasan tim auditor, ditemukan adanya Dana Desa yang dikerjakan tidak sesuai, maka dengan tupoksI Inspektorat, mengeluarkan rekomendasi pengembalian uang bagi pembangunan yang tidak sesuai atau dapat juga berupa perbaikan pembangunan fisik.

” Tapi, saya ingatkan sekali lagi, kalau…. Masih Ada…… oknum-oknum yang membandel… yang mengindahkan rekomendasi, Inspektorat tidak berkompromi dan akan merekomendasikan temuan itu ke penegak hukum (Polisi dan Kejaksaan), ingat itu,” kata dia.

Bahkan, terus dia, dari laporan sementara tim auditor kepadanya, ada beberapa desa yang mengerjakan pembangunan fisik Dana Desa yang tidak sesuai.

” Ada laporan seperti itu (pekerjaan fisik yang tidak sesuai). Nanti, akan kami keluarkan rekomendasi terkait temuan – temuan itu,” ucap Man Kodri.

” Para aparatur desa diberikan waktu selama enam puluh hari untuk menindaklanjuti rekomendasi Inspektorat, terhitung sejak rekomendasi dikeluarkan. ‎Jika lewat batas waktu masih tidak diindahkan, temuan itu akan diteruskan kepada penegak hukum. Jadi, kita tidak mau main-main,” imbuhnya.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Silahkan Tinggalkna Pesan Anda

Apa Kabar Lampung

Fantastis, Anggaran Penanganan Covid 19 Lampung Utara Rp. 32 Milyar Lebih

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Penjabat Sekretaris Daerah Lampung Utara, Sofyan selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengatakan, anggaran sebesar 32,3 miliar diambil dari biaya perjalanan dinas dan rapat-rapat, Dana Insentif Daerah, Dana Desa diploting 13,9 miliar dan dana lainnya.

” Awalnya kan 8,8 miliar, namun melihat perkembangan yang terjadi dalam penanganan Covid-19, kita (pemerintah) merencanakan anggaran sekitar 32,2 miliar,” katanya kepada lampungtoday.com, di Kotabumi, Jum’at (10/4/2020).

” Karena perintah Gubernur dan Menteri, anggaran apa saja harus standby untuk Covid-19,” tambah Sofyan.

Lalu, akan dipergunakan untuk apa saja anggaran Covid-19?

” Ya untuk penanganan Covid-19,” katanya singkat.

Sofyan tidak menjelaskan detil kegunaan anggaran penanganan Covid-19. Tapi, yang pasti di antaranya yaitu pengadaan Alat Pelindung Diri (APD).

” Kita sudah beli langsung 120 APD lengkap. Dan kita lagi pesan kembali 400 APD dengan Provinsi Lampung. Waktu itu, kita sudah dapet dari Provinsi, 78 APD,” ucapnya

Disinggung, berapa besaran anggaran sesungguhnya yang diperlukan dalam penanganan Covid 19 ini? Sofyan menjelaskan, pihaknya tidak bisa memastikan berapa anggaran yang dibutuhkan.

” Artinya kebutuhan anggaran melihat perkembangan yang terjadi di lapangan. Nanti, kita update terus kebutuhan anggaran Covid-19,” tukasnya.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Dua Warga Lampung Utara Positif Terinfeksi Covid 19

Redaksi LT

Published

on

Lampumg Utara : Keterangan ini disampaikan secara langsung Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo yang juga selaku Ketua Gugus tugas Covid-19 dikabupaten ini melalui video conference dari Rumah Dinas Wakil Bupati Lampung Utara kepada awak media yang berada di media center Posko Gugus Tugas Covid-19, Kamis (9/4/2020).

Budi Utomo mengatakan, dari laporan tim gugus tugas penanggulangan COVID-19 Kabupaten Lampung Utara, telah teridentifikasi 2 (dua) kasus konfirmasi COVID-19.

Kedua kasus ini sesuai hasil laboratorium pemeriksaan kedua swab orofaring dan nasofaring (apusan hidung dan tenggorokan) yang dikeluarkan oleh laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Provinsi Sumatera Selatan.

” Kasus ini disebut dengan kasus nomor 1 Lampung Utara dan Kasus Nomor 2 Lampung Utara. Keduanya melakukan perjalanan bersama ke Sulawesi,” katanya.

” Berkaitan dengan peristiwa ini, saya langsung memerintahkan kepada seluruh OPD terkait, untuk dapat menindaklanjuti kasus ini sebagaimana prosedur,” Imbuh Budi.

Ia juga mengajak masyarakat Lampung Utara agar lebih meningkatkan kepedulian antar sesama dan tidak mengucilkan individu atau keluarga terdampak, melainkan memberikan dukungan moril dan materiil bila mampu.

” Janganlah kita langsung bereaksi dengan mengucilkan keluarga maupun individu terdampak Covid-19. Jangan panik, tetap tenang, mari bersama-sama memberikan dukungan baik moril maupun materil,” ucapnya.

Budi juga mengimbau agar masyarakat dengan kesadaran dari diri sendiri berjuang melawan wabah ccovid.

Berikut himbauan Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo kepada masyarakatnya:

Dapat menahan diri dari bepergian ke luar rumah kecuali ada kepentingan yang mendesak.

Mempertahankan jarak aman dengan para anggota keluarga di tempat tinggal saat ini, dalam bersosialisasi dengan tetangga setidaknya 1 meter.

Senantiasa mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer bila tidak tersedia air dan sabun.

Menerapkan etika batuk, bersin dan menguap, yaitu menutup mulut dan hidung menggunakan masker, atau bagian dalam lengan dan membuang ludah di tempat tertutup.

Meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, memperbanyak minum air putih dan olah raga secara individu.

Mengenakan masker bila terpaksa harus keluar rumah.

Terakhir dan terpenting, yaitu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah di rumah saja.

Semoga Allah SWT senantiasa melindungi segenap masyarakat Lampung Utara.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Lawan Korona, Nasdem Lampura Galang Ratusan Ribu Masker

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Plt. Ketua DPD Partai Nasional Demokrat Lampung Utara, Imam Suhada mengajak seluruh lapisan masyarakat bergerak bersama guna memutus mata rantai wabah Covid-19. Gerakan bersama ini dapat dilakukan dengan mengadakan masker untuk Lampung Utara.

” Jadi kita tidak lagi bicara siapa yang melakukan dan yang belum melakukan. Gerakan ini juga bukan hanya masker tapi gerakan-gerakan lainnya yang kita lakukan bersama melawan wabah korona. Gerakan bersama ini bukan hanya partai Nasdem saja. Insan pers dan semua unsur, dapat melakukan gerakan bersama mengantisipasi sedini mungkin penyebaran wabah virus korona ini,” katanya, usai pembagian masker, hand sanitizer dan desinfektan dikantor Partai Nasdem Lampung Utara di jalan Lintas Tengah Sumatera, Soekarno Hatta, Selasa (8/4/2020) pagi.

Menurut anggota Komisi III DPRD Provinsi Lampung ini, berdasarkan hitungan Partai Nasdem, Lampung Utara membutuhkan sekitar 200.000 masker. Untuk itu, pihaknya mengajak anggota DPRD Lampung Utara menyisihkan gajinya untuk pengadaan masker dalam menangani pandemi Covid-19.

” Jadi kalau 45 anggota DPRD Lampung Utara, satu anggotanya mengadakan 500 masker, sudah puluhan ribu masker yang bisa kita berikan untuk Lampung Utara yang kita cintai ini guna melawan wabah korona ini,” kata Imam.

” Hari ini akan kita coba komunikasikan soal masker ini kepada Pimpinan DPRD Lampung Utara,” imbuhnya.

Tidak hanya anggota DPRD Lampung Utara, Imam berharap masing-masing Partai menyumbang 10.000 masker dan aparatur Sipil Negara (ASN) dari golongan II dan III dapat juga memberikan sumbangsihnya untuk masker ini.

” Kami juga siap menggalang masker ini dengan mengajak tokoh-tokoh Lampung Utara yang ada diluar atau juga kontraktor-kontraktor lokal. Saya merasa mereka akan siap membantu gerakan bersama ini,” ucapnya.

Reporter : Alex BW
Editor : Red

Continue Reading

Trending