Connect with us

Apa Kabar Lampung

Awali Musrenbang Di Kecamatan Tanjung Bintang, Pemkab Lamsel Kucurkan Anggaran Rp.26 Miliar

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto memimpin langsung kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2020, Senin (3/2/2020).
Musrenbang tingkat kecamatan perdana dilaksanakan di Kecamatan Tanjung Bintang. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Karya Bakti Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang.
Selain Plt Bupati, kegitan Musrenbang tersebut dihadiri Plt Ketua PKK Hj. Winarni, anggota DPRD daerah pemilihan (dapil) VI, Penjabat Sekretaris Daerah Thamrin beserta para pejabat utama dan Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.
Berdasarkan data yang dihimpun tim ini, Pemkab Lampung Selatan mengucurkan anggaran pembangunan untuk Kecamatan Tanjung Bintang sebesar Rp.26.720.290.200.
Dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Lampung Selatan dan APBN itu masih diprioritaskan dibidang infrastuktur dan pendidikan. Selebihnya tersebar dibidang kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan bidang lainnya.
Seperti peningkatan kapasitas struktur ruas Jalan Lematang – Batas Kota Bandar Lampung senilai Rp.5,88 miliar, peningkatan ruas Jalan Sukanegara – Merbau senilai Rp.2,7 miliar, dan peningkatan ruas Jalan Jati Indah – Purwodadi senilai Rp.1,68 miliar.
Kemudian, dibidang pendidikan seperti, pembangunan ruang kelas baru (RKB) beserta perabotnya di SDN 3 Serdang senilai Rp.306 juta, rehabilitasi ruang kelas beserta perabotnya di SMPN 2 Tanjung Bintang senilai Rp.409 juta.
Plt Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto yang membuka secara resmi kegaiatan itu berharap, pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan tidak hanya dijadikan sebagai tahapan didalam proses perencanaan semata.
Ia menekankan, pelaksanaan Musrenbang tersebut dijadikan satu-satunya forum tertinggi dalam menjaring aspirasi masyarakat. Sehingga apa yang dihasilkan merupakan kumpulan kegiatan yang akan menjadi acuan dalam penyusunan program pembangunan tahun 2021.
“Saya berharap, seluruh masyarakat dapat mendukung pemerintah melaksanakan pembangunan. Sehingga tercipta percepatan pencapaian misi Kabupaten Lampung Selatan yang sejahtera, berdaya saing, mandiri dan berakhlak mulia,” kata Nanang.
Berbicara pembangunan, Nanang melanjutkan, tentu tidak terlepas dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang setiap tahun dianggarkan.
Dia menyebut, APBD Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2020 mencapai RP.2,46 triliun naik sebesar 4,38 persen dari tahun 2019. Sehingga hal itu berpengaruh terhadap meningkatnya dana operasional untuk Kecamatan Tanjung Bintang sebesar Rp.1,3 miliar.
“Kita juga patut bersyukur dengan adanya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada setiap desa. Karena sangat membantu masyarakat untuk mewujudkan cita-cita pembangunan yang ada di desa,” katanya.
Sementara itu, dalam kegiatan Musrenbang tersebut juga disertai dengan pembagian 724 sertifikat PTSL, sertifikat hak pakai 29 bidang tanah aset Pemkab Lampung Selatan untuk kepentingan masyarakat desa di Kecamatan Tanjung Bintang.
Selain itu ada juga kegiatan pasar murah, pelayanan perizinan, pelayanan PBB-P2, pelayanan kependudukan dan capil, pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, dan pelayanab KB. (kmf/eko)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Silahkan Tinggalkna Pesan Anda

Apa Kabar Lampung

Agus Istiqlal Daftarkan Diri Secara Online Pada Sensus Penduduk Tahun 2020

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Agus Istiqlal ikut berpartisipasi mensukseskan Program Badan Pusat Statistik yaitu Sensus Penduduk Tahun 2020 secara Online, di ruang Batu Gukhi, Setdakab Pesisir Barat, Kamis (20/02).

Bupati mendaftarkan diri secara online yang di dampingi langsung oleh Kepala BPS Lampung Barat.

Bupati mengajak masyarakat Kabupaten Pesisir Barat untuk mensukseskan dan berpartisipasi mendaftarkan diri melalui sensus penduduk 2020 secara online, melalui laman sensus.bps.go.id dari tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020.

Bupati mengatakan, pastikan dirimu tercatat, menuju Indonesia maju, masyarakat Pesisir Barat Madani, mandiri dan sejahtera.

Turut mendampingi juga Sekdakab, Lingga Kusuma, Asisten Administrasi Umum dan seluruh Kepala Bagian Setdakab. Pesisir  Barat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Agus Istiqlal Ajak Tim Kejagung Ri Kunjungi Pulau Pisang

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Agus Istiqlal mendampingi rombongan tim Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kajagung RI) ke Kecamatan Pulau Pisang. Kunjungan tersebut juga dalam rangka mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (20/02/2020).

Rombongan yang terdiri dari Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Lampung yang diwakili oleh Asisten Deputi Bidang Hukum dan HAM dan Aparatur Negara, Sekretariat Kabinet, Purnomo Sucipto, Kabag. Organisasi dan Tata Laksana, Biro Perencanaan Kejagung, Eko Siwi Iriyani, dan Asisten Pembinaan Kejati Provinsi Lampung, Yulitaria.

Bupati memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, khususnya sektor wisata yang ada di Kecamatan Pulau Pisang. Bupati mengatakan bahwa di Pulau Pisang ini bukan hanya daerah pantainya saja yang indah.

Pulau Pisang juga memiliki histori sendiri, seperti halnya kerajinan tenun tapis, perkebunan cengkeh yang pernah jaya pada tahun 90an, ujarnya.

Tidak hanya itu, Bupati juga memperkenalkan kuliner khas dari Pulau Pisang, serta bangunan pada peninggalan jaman Belanda saat menjajah Indonesia masa silam dan bangunan sekolah yang sudah ada sejak jaman Belanda, jelas Bupati.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Kabiro Perencanaan Kejagung RI Apresiasi Positif Pembangunan Kantor Kacabjari Di Pesibar

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Agus Istiqlal menghadiri acara ramah tamah bersama tim Kejaksaan Agung RI  dan Kejaksaan Tinggi Prov. Lampung di Lamban Yoso, Rabu malam (19/02).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan selamat datang kepada biro perencanaan Kejagung RI, Kejati Lampung. 

Mudah – mudahan dengan adanya kunjungan kerja ini dapat mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dengan jajaran kejaksaan dan sekretariat kabinet Republik Indonesia, tegasnya.

Tampak hadir pada acara ramah tamah, Ketua DPRD Pesisir Barat, Nazrul Arif dan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi atas rencana perubahan status Kantor Cabang Kejaksaan Negeri di Krui menjadi Kajari Pesisir Barat. 

Nazrul Arif juga menyampaikan, atas nama DPRD Pesisir Barat dan masyarakat mendukung  sepenuhnya rencana tersebut.

Sementara itu Kabiro Perencanaan Kejagung RI, Eko Siwi Iriyani dalam sambutannya mengatakan bahwa, ” Setelah rapat dan dilakukan peninjauan langsung kantor Kacabjari di Pekon Way Redak, akan segera menyampaikan kepada Sekretariat Kabinet RI.

Eko Siwi Iriyani juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah Pesisir Barat serta DPRD Pesisir Barat.

Turut hadir Tim Biro Perencanaan , Kasubag Tata Laksana, calon perencanaan lavia Anjani, sedangkan dari Seskab yakni Asdep Bidang Hukum HAM dan Aparatur Negara, Kasubag Bidang Sumber Daya Aparatur, para anggota DPRD, Sekretaris Daerah dan Para Kepala OPD.

Continue Reading

Trending