Connect with us

Lampung Selatan

Ketua DPRD dan Bupati Lamsel Video Converence Rakor Penanganan Covid 19

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi bersama jajaran Forkopimda Provinsi Lampung dan Para Kepala OPD Provinsi Lampung melakukan koordinasi terkait kesiapan dan penanganan corona virus disease (Covid-19) dengan seluruh Bupati/Walikota Se-Provinsi Lampung, pada Jum’at pagi (3/4/2020).

Melalui Penggilan Video Converence dengan para Bupati/Walikota Se-Lampung, Arinal mengatakan ketua gugus tugas penanganan covid-19 harus diambil alih oleh Kepala Daerah (Bupati/Walikota) dan tidak dapat ditugaskan kepada pejabat yang lain. hal itu sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tanggal 29 maret 2020 tentang pembentukan gugus tugas penanganan Covid-19.

Arinal juga meminta agar seluruh kepala daerah membuat usulan dan melaporkan anggaran dalam konteks pengendalian dan pencegahan terkait covid-19 kepada Kemendagri.

“Perlu saya sampaikan bahwa saat ini Gubernur, Bupati dan Walikota harus menjadi ketua gugus tugas di daerahnya dan tidak dapat digantikan oleh pejabat yang lain, di provinsi saat ini sudah saya ambil alih,” Ujarnya.

“Untuk menangani Covid-19 ini, diperlukan daya dukung pendanaan untuk keperluan gugus tugas yang dibebankan kepada APBD dan APBN. Saya minta kepada bupati/walikota dapat melaporkan langkah-langkah yang sudah dilakukan. Tadi pagi saya sudah berkoordinasi dengan kemendagri agar kita sudah membuat usulan dikaranakan APBD dan APBN dalam kondisi tertentu kita dapat menggunakan, tentu dalam konteks pengendalian dan pencegahan covid-19, maka dari itu wajib kita melaporkan kepada kemendagri apa saja dan jumlahnya berapa,”jelasnya.

Pada saat yang sama, Kapolda Lampung, Irjen Pol. Drs. Purwadi Arianto,M.Si mengatakan, kondisi saat ini sangat berpengaruh besar terhadap masalah kesehatan, politik, ekonomi, sosial, Budaya, pertahanan dan keamanan. Untuk itu Purwadi Arianto berharap dampak yang ditimbulkan ini harus disikapi dengan kesadaran yang tinggi dan tidak menyebarkan isue-isue yang menyebabkan suasana tidak kondusif di masyarakat.

“Dampak yang ditimbukkan covid-19 ini sudah kita rasakan bersama terutama dampak sosial yang berskala besar dan ekonomi. Untuk itu tentunya saya harapkan hal tersebut dapat kita sikapi dengan kesadaran yang tinggi dan tidak menyebarkan isue-isue yang dapat membuat keresahan di masyarakat,”Ujarnya.

Purwadi Arianto juga menyampaikan, meskipun dalam kondisi social distancing dan work from home, pelayanan untuk masyarakat harus tetap berjalan seperti pelayanan kesehatan, rumah sakit, pelayanan kantor pos, unit penanggulangan bencana, unit yang bertanggung jawab di kebun binatang, perushaan-perusahan komersial dan swasta yang berhubungan dengan logistik, operasional perbankan, media layanan informasi teknologi, pelayanan obat-obatan, dan pelayanan transportasi.

Sementara itu Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, yang didampingi oleh Ketua DPRD Lamsel Hendry Rosyadi, Kapolres Lamsel, AKBP. Edi Purnomo, Dandim 0427 Lamsel, Letkol. Robinson O Bessie, serta Sekretaris Daerah Lamsel, Thamrin melaporkan hal-hal yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam pencegahan penyebaran corona virus disease (COVID-19).

Nanang menjelaskan, sebagai daerah yang merupakan pintu gerbang pulau Sumatera yang merupakan jalur utama penyeberangan orang dan barang dari Sumatera ke pulau Jawa atau sebaliknya, telah melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona secara ketat.

Nanang juga menjelaskan telah membentuk Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat Kabupaten. Bahkan, relawan tingkat desa sudah terbentuk dengan sendirinya berkat kesadaran masing-masing masyarakat terhadap bahayanya virus corona.

“Kami bersama Forkopimda serta instansi terkait telah melakukan upaya pencegahan dengan melakukan penyemprotan Disinfektan hingga tingkat RT,” ujar Nanang.

“Masyarakat juga kini sudah secara swadaya melakukan penyemprotan disinfektan”, tambahnya.

“Tidak hanya itu, kami juga melakukan edukasi kepada masyarakat untuk tetap waspada, tidak panik serta melakukan kontrol kesehatan secara ketat terhadap masyarakat yang baru tiba dari luar daerah, terutama daerah yang masuk zona merah virus corona,”imbuhnya.

Nanang juga mengatakan bahwa Lampung Selatan telah mempersiapkan anggaran penanganan covid-19 sebesar 56 miliar yang dibagi bebearapa claster. Claster pertama sebesar 17,6 miliar dan untuk dampak sosial sebeser 22 miliar serta dampak ekonomi sebesar 16,4 miliar.

Pada kesempatan terakhir video conference, tidak lupa Arinal menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan Walikota yang sudah bekerja secara maksimal dan berpesan agar tetap serius dalam menangani wabah Corona dengan disertai harapan agar wabah Corona segera berakhir. (eko)

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel Dan BPD Tandatangani PKS

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung (Bank Lampung) Cabang Kalianda, Jumat (9/4/2021).
Penandatanganan PKS itu dilakukan antara Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Bank Lampung terkait pengelolaan keuangan kas daerah Pemkab Lampung Selatan, dengan masa waktu 1 tahun.
Kemudian PKS antara BPPRD dan Bank Lampung terkait dengan penunjukan PT. Bank Lampung Cabang Kalianda sebagai bank operasional tempat pembayaran pajak dan retribusi daerah di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, dengan masa waktu 2 tahun.
Kegiatan yang berlangsung di ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan itu, turut disaksikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Supriyanto, S.Sos, MM, dan sejumalah pejabat utama setempat.
Nampak hadir pula Kepala PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung Cabang Kalianda, Mala Tisno, beserta jajaran.
Supriyanto mengatakan, penandatanganan PKS tersebut merupakan tindak lanjut dari berbagai proses kegiatan yang telah dilaksanakan sejak bulan Desember 2020.
“PKS ini tindak lanjut dari proses rangkaian yang kita lalui sejak Desember dan Januari. Karena kerjasama ini, didalamnya juga memuat beberapa poin-poin yang perlu kita sepakati dan telah disepakati,” ujarnya.
Supriyanto berharap, kedepan akan terjalin kembali PKS lainnya antara Pemkab Lampung Selatan dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung Cabang Kalianda. (Eko/kmf)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bersama Nanang Ermanto Keliling Kebun Edukasi, Rektor ITERA : Kami Siap Bantu Kembangkan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima kunjungan silaturahmi Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc, P.hD di Rumah Dinas, Jumat (09/04/2021).
Dalam kesempatan tersebut, Nanang didampingi Sekda Thamrin, Staf Ahli Bidang Keuangan Akar Wibowo, Kadis Pariwisata Rini Ariasih, Plt Staf Ekobang Muhadi dan Plt Kadis Kesehatan Eka Riantinawati.
Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana santai di gazebo halaman samping rumdin tersebut, Rektor ITERA banyak menyampaikan usulan kepada Bupati Lamsel, diantaranya perlu penambahan gedung baru sarana olahraga, beasiswa dan keberlangsungan luring di kampus yang bakal mencetak ahli-ahli di bidang teknologi tersebut. Terkait gedung baru, Rektor ITERA akan membuat gedung tersebut sebagai Icon Lamsel.
Usai berbincang sekitar 1 jam lamanya, rombongan Rektor ITERA diajak berkeliling dan memanen buah semangka di Kebun Edukasi.
“Kami bagian daripada Kabupaten Lampung Selatan, Kampus ITERA adalah milik Lampung Selatan pada hari ini kami bersilaturahim bagaimana dan apa yang bisa kami kerjakan, apa yang ada di kita itu akan kami berikan dengan ikhlas untuk perkembangan Lampung Selatan,” ujar Profesor Ofyar, pakar tranportasi sipil jebolan University Of Birmingham tersebut.
Untuk perkembangan Kebun Edukasi, Profesor Ofyar akan siap membantu mewujudkan keinginan Bupati Lamsel dengan segenap SDM yang dimiliki Kampus Teknologi diluar Pulau Jawa tersebut.
“Banyak sekali Prodi-Prodi dikami itu bisa dimanfaatkan demi kemajuan Lampung Selatan. Banyak hal yang bisa kami lakukan disini, kita banyak mahasiswa, kita banyak dosen yang membutuhkan lapangan, kami akan terjunkan mahasiswa praktek disini khususnya dibidang kebun, kan ada teori dan ada praktek. Yang penting adalah saling menguntungkan,” pungkas Profesor Ofyar. (Eko/Kmf)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Winarni Buka Lomba Senam Jantung Sehat Secara Virtual

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, membuka secara resmi kegiatan lomba Senam Jantung Sehat secara virtual.
Pembukaan lomba itu, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Winarni dan disaksikan oleh seluruh peserta lomba melalui aplikasi zoom meeting.
Kegiatan tersebut berlangsung di Heliped rumah dinas bupati lampung selatan, Rabu (31/3/2021) pagi.
Lomba yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) YJI Cabang Lampung Selatan ke-4 itu, diikuti oleh seluruh Klub Jantung Sehat (KJS) se-Lampung Selatan.
Dalam sambutannya, Winarni berharap kegiatan lomba itu dapat memberikan dampak yang positif terhadap tingkat kesadaran masyarakat, terutama mengenai kesehatan jasmani.
“Mudah-mudahan kegiatan kita hari ini akan menambah semangat kita, bagaimana kita bersama-sama mengajak masyarakat untuk memberdayakan olahraga, menyadari bahawa kesehatan itu sangatlah penting,” harapnya.
Winarni juga mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi semangat seluruh KJS se-Lampung Selatan, yang dibina oleh Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa.
“Saya mengucapkan terimakasih, atas kekompakan dan kebersaannya, semangat seluruh KJS yang telah mengikuti kegiatan lomba senam jantung sehat ini,” ungkapnya.
Mengulas sejarah, Winarni menceritakan sekilas mengenai perjuangan seluruh tim dalam menciptakan organisasi KJS di Lampung Selatan.
Dimana dalam prosesnya, diperlukan pengorbanan dari seluruh stakeholder.
“Bagaimana pedih perihnya kita empat tahun yang lalu, untuk berdirinya sebuah organisasi. Maka jangan pernah berhenti, jangan pernah patah semangat,
Oleh karena itu, Winarni meminta kepada seluruh KJS agar tetap semangat dalam melaksanakan olahraga setiap hari. Terlebih, senam jantung sehat merupakan senam yang terarah dan terukur untuk menyehatkan jantung.
“Ini adalah salah satu olahraga untuk menyehatkan tubuh kita, dimana disituasi Covid-19 seperti sekarang ini sangatlah penting untuk meningkatkan imunitas,” kata Winarni.
Sementara, Ketua Pelaksana Lomba Senam Jantung Sehat, Ariswandi, SH. MH., mengatakan kepengurusan YJI Cabang Lampung Selatan dikukuhkan sejak tahun 2018, tepatnya di kecamatan Jati agung.
Pada saat itu, kata Aris, Winarni ditunjuk sebagai ketua YJI Cabang Lampung Selatan.
“Ketika itu, ibu Winarni menjabat sebangai ibu wakil bupati Lampung Selatan dan beliau ditunjuk selaku ketua, hasil dari musyawarah seluruh KJS yang ada di Lampung Selatan,” ungkapnya.
Menurut Aris, KJS merupakan organisasi yang luar biasa. Dimana, selama empat tahun terakhir selalu aktif dengan berbagai kegiatan yang positif.
Bahkan kini, organisasi KJS semakin digandrungi oleh kaum wanita terutama ibu-ibu di seluruh desa se-Lampung Selatan.
“Ini artinya, organisasi ini tidak ada matinya, terus berkembang. Kita bersyukur mempunyai ketua yang benar-benar mengayomi, membimbing dan membina serta terus mengajarkan kita bagaimana cara berorganisasi yang baik,” kata Aris. (eko/kmf)

Continue Reading

Trending