Connect with us

Apa Kabar Lampung

Sosialisasikan Penggunaan DD Untuk Penanganan Covid-19, Nanang Pinta Kades Bergerak Cepat dan Tepat Sasaran

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, menegaskan kepada Kepala Desa agar pergeseran penggunaan Dana Desa (DD) harus benar-benar bermanfaat untuk masyarakat dalam rangka penanggulangan wabah virus Covid-19 di Lampung Selatan.
Nanang Ermanto juga menegaskan agar semua Kepala Desa bergerak cepat serta memikirkan secara matang penggunaan Dana Desa (DD) dengan memperhatikan penanganan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
Hal itu ditegaskan Nanang Ermanto saat memberikan arahan kepada Kepala Desa dari tiga (3) Kecamatan, Kec.Rajabasa, Kec. Penenghaan dan Kecamatan Palas, yang terbagi dalam tiga session, di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati, Sabtu (11-4-2020).
Nanang meminta Kepala Desa, Sekdes, Pendamping Desa, Petugas Operator Desa, untuk merumuskan pergeseran Dana Desa (DD), berkoordinasi bersama instansi terkait agar dalam pengalokasian Dana Desa tepat sasaran.
“Kita harus bergerak cepat dalam penanganan covid-19 ini. Tujuan kita yang utama adalah, bagaimana cara kita menyelamatkan masyarakat dari wabah covid-19 ini, baik dari sisi kesehatan masyarakat, juga dari dampak ekonomi yang timbul,”ujar Nanang.
“Hilangkan pikiran kita dari niat jahat dalam mengelola anggaran. Pikiran kita hanya satu, bagaimana caranya menyelamatkan rakyat,” tegas Nanang.
Acara yang dipandu Pj. Sekretaris Daerah, Thamrin, S.Sos, M.M tersebut, berlangsung sejak Jum’at (9-4-2020) hingga Rabu mendatang (15-4-2020) dalam rangka menyamakan persepsi tentang penanganan wabah Corona Virus Covid-19 di Desa yang penggunaan anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD).
Para Kepala Desa diberikan arahan dari Dinas/Instansi terkait, seperti Inspektur, Dinas PMD, Dinas Sosial, Direktur RS. Bob Bazar, agar penggunaan Dana Desa tepat sasaran serta tidak menimbulkan dampak hukum dikemudian hari.
Pada kesempatan itu, Nanang Ermanto juga sempat menyinggung erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) yang terjadi pada Jum’at malam (10-4-2020) sekitar pukul 22.35 WIB yang sempat membuat heboh warga pesisir, Kec. Rajabasa, dimana bau belerang yang begitu menyengat membuat sebagian warga pesisir mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.
Nanang meminta kepada Kepala Desa serta Aparatur Desa untuk menenangkan warga setiap kali ada issue yang muncul ditengah-tengah masyarakat, terutama yang dapat menimbulkan keresahan.
Dalam situasi seperti ini, Nanang meminta Kepala Desa untuk secara aktif memantau perkembangan situasi di desanya masing-masing.
“Bukan hanya corona, tetapi juga issue yang lain, seperti GAK yang semalam erupsi. Jaga situasi agar selalu kondusif,” kata Nanang.
“Saya minta masyarakat tetap tenang, jangan mudah percaya informasi yang belum tentu kebenarannya. Jangan menyebar informasi yang bisa membuat kepanikan ditengah masyarakat,” tambahnya.
“Tadi pagi saya bersama Kapolres serta Kepala OPD terkait, melihat aktivitas warga di sekitar Desa Kunjir dan Rajabasa semua normal. Bahkan ada nelayan yang baru pulang melaut. Jadi masyarakat tetap tenang tetapi selalu waspada,” pungkas Nanang. (eko)

Apa Kabar Lampung

Budi Utomo : Program PTSL Bermanfaat Untuk Masyarakat

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, mengapresiasi dan mendukung penuh program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dicanangkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

” Program PTSL ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lampung Utara. Warga tentu mendapatkan ketenangan dalam kepemilikan tanah karena telah terdaftar di Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Utara,” Katanya, saat menghadiri acara Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Secara Virtual, di Aula Tapis, Kantor Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Jum’at (3/7/2020).

Tampak hadir dalam kesempatan itu, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Lampung Utara, Sofyan, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kantor ATR/BPN Lampung Utara Agus Purwanto beserta jajaran dan
perwakilan masyarakat yang akan menerima secara simbolis sertipikat.

Budi Utomo yang akan segera dilantik menjadi Bupati Lampung Utara menggantikan Agung Ilmu Mankunegara yang tersandung kasus korupsi, berharap, dengan adanya sertipikat tanah ini juga dapat meningkatkan nilai manfaat tanah, karena dapat dijadikan kelengkapan prasyarat untuk mendapatkan modal usaha.

” Mudah-mudahan ini (sertipikat) dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Dan dengan melalui jalinan sinergiitas antar lembaga serta berbagai pihak terkait, pelaksanaan program yang menyentuh lapisan masyarakat bawah ini dapat terlaksana dengan lancar tanpa hambatan, sehingga target yang telah direncanakan dapat tercapai secara optimal dan tepat sasaran,” ucapnya.

Sementara, Kepala Kantor ATR/BPN Lampung Utara, Agus Purwanto, menyatakan bahwa pelaksanaan PTSL di Kabupaten Lampung Utara telah berjalan mulai dari tahun 2017 sampai dengan sekarang telah diterbitkan 80.612 bidang. Jumlah bidang tanah yang ada di Kabupaten Lampung Utara 355.529 bidang.

” Telah diterbitkan sertipikat di Lampung Utara sebanyak 277.704 bidang. Sedangkan sisanya, 77.825 bidang akan diselesaikan melalui program PTSL sampai tahun 2023 dengan asumsi setiap tahun menyelesaikan sekitar 25.000 bidang,” Ujarnya.

Menurut Agus, pelaksanaan PTSL di Lampung Utara telah berjalan dengan baik atas dukungan dari Para Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

” Program PTSL di Lampung Utara juga sampai saat ini tidak ada hambatan, berkat dukungan yang luar biasa dari Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif, yang melakukan pendampingan mulai dari perencanaan sampai dengan penyelesaian,” tukasnya.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Budi Utomo : Jangan Kerja Yang Biasa-Biasa

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, mengingatkan agar seluruh pegawai yang telah menerima Surat Keputusan (SK) 100% dapat menguasai tugas pokok dan fungsi kerjanya.

Hal ini dikatakannya saat memberikan SK 100% kepada puluhan CPNS Pemerintah Daerah Lampung Utara melalui jalur khusus dan pegawai tidak tetap tahun 2018, di Aula Tapis, Kantor Pemerintahan Lampung Utara, Jalan Jendral Sudirman, No.1, Kotabumi, Kamis (2/7/2020).

Menurut Budi, para pegawai yang telah menerima SK 100% tidak lagi belajar, namun telah siap bekerja.

” Jangan kerja yang biasa-biasa saja, tunjukkan semangatmu, jemput bola, dan berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Diketahui, para CPNS Pemerintah Lampung Utara yang telah menerima SK tersebut diantaranya, formasi umum jalur khusus 40 orang, tenaga guru 21 orang, tenaga kesehatan 14, tenaga tekhnis 5. Sedangkan untuk formasi tenaga honorer katagori II dan pegawai tidak tetap dari Guru 40 dan Bidan 10 orang.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesisir Barat Hadiri Syukuran Hut Bhayangkara ke- 74

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menghadiri syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke Tujuh Puluh Empat (74) di Mapolres Lampung Barat, Rabu (01/07/2020).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan Dirgahayu Bhayangkara ke-74, semoga Polri tetap berjaya dan semakin dicintai masyarakat.

Bupati juga berterimakasih dan memberikan apresiasi atas kerja keras Kepolisian Republik Indonesia dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di masa Pandemi Covid-19.

Bupati Agus Istiqlal juga berharap agar sinergisitas dan kemitraan yang sudah terjalin baik antar polres lampung barat dan pemerintah kabupaten pesisir barat tetap terjaga.

Bupati juga berharap agar Polres Lampung Barat ke depannya bisa jauh lebih baik lagi dan lebih sigap, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat selalu siap bekerjasama dalam mendukung program kepolisian dalam mengayomi, melayani dan melindungi masyarakat.

Semoga dengan semangat Bhayangkara ini kita semua diberikan kekuatan dan bimbingan. Sehingga setiap gerak langkah dalam membangun negeri khususnya di Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat senantiasa mendapat ridho dan lindungan dariAllah SWT, tutup Bupati.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Trending