Connect with us

Apa Kabar Lampung

Bupati Lamsel Fasilitasi Warga Ketapang Tawarkan Obat Penyembuh Korona

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Sosok Nyoman Subamio (54) menjadi perbincangan publik. Pasalnya, warga asal Desa Bangun Rejo RT 005 RW 002, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan ini mengklaim menemukan ramuan penyembuh virus korona.
Dirinya menawarkan obat herbal yang diberi nama Mio Kopi yang dijamin bisa menyembukan pasien yang terpapar positif virus korona alias Covid-19 tanpa efek samping.
Disejumlah pemberitaan sebelumnya, ia bahkan dengan lantang meminta Presiden Joko Widodo untuk bisa menerima obat tersebut dan siap dipenjara apabila obat herbal yang ditawarkannya tidak dapat menyembuhkan pasien terinfeksi Covid-19.
Menanggapi hal itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto didampingi Kapolres AKBP Eddie Purnomo dan Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Kav Robinson Oktovianus Bessie mengundang Nyoman Subamio ke kantor bupati setmpat, Senin (8/6/2020).
Tujuannya, untuk memfasilitasi agar obat herbal Mio Kopi milik Nyoman Subamio dapat diteliti dan dilakukan uji laboratorium oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
“Hari ini sudah kami diterima, biar diuji dengan BPOM. Pak Nyoman harus bersabar, ini semua harus ada pembuktian supaya bisa dipatenkan. Jadi usahanya tidak sia-sia,” imbuh Nanang kepada Nyoman Subamio dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerjanya.
Sebagai kepala daerah, Nanang menyatakan sangat mengapresiasi dan akan mendukung setiap karya atau temuan warganya. Terlebih temuan itu bisa bermanfaat bagi orang banyak.
Namun demikian, Nanang meminta masyarakat bisa menyampaikannya dengan bijak dan mengikuti prosedur sesuai dengan ketentuan yang ada.
“Sekarang gak usah bikin kontroversi lagi diluar. Pemerintah daerah sudah menindaklanjuti, karena kalau ada apa-apa ini menyangkut nama baik Lampung Selatan. Saya minta Pak Nyoman tetap tenang dan bersabar, sambil menunggu hasilnya,” ucap Nanang.
Sementara, dalam pertemuan itu, Nyoman Subamio bersedia menyerahkan sampel obat herbalnya untuk diteliti oleh BPOM melalui Bupati Lampung Selatan, Kapolres Lampung Selatan, dan Dandim 0421 Lampung Selatan.
Dalam kesempatan itu, dirinya kembali mengatakan, ramuan herbalnya diyakni bisa menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus korona. Ia bahkan menjamin pasien yang psoitif Covid-19 bisa sembuh dalam tiga hari jika meminum ramuan herbalnya.
“Silahkan diteliti oleh BPOM, seratus persen tanpa efek samping. Virus apapun dan bakteri semua mati. Minum 3-4 setengah gelas sehari, dalam tiga hari saya jamin sembuh. Karena kalau korona tujuh hari terlalu lama. Minum satu (liter) botol sekaligus juga gak apa apa,” kata Nyoman Subamio. (eko/kmf)

Apa Kabar Lampung

KPU Pesibar Resmi Tetapkan Tiga Pasangan Calon Bupati

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Barat resmi menetapkan tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pesbar, untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pesisir Barat pada 9 Desember 2020.

Penetapan ini dilaksanakan di kantor KPU Pesibar dan dilakukan secara tertutup, mengingat dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19, Rabu (23/9/2020).
Terdapt tiga pasangan calon yang ditetapkan oleh KPU Pesbar, yakni pasangan Pieter-H Fahrurrazi , Aria Lukita-Erlina, dan Agus Istiqlal-Zulqoini. Ketiganya ditetapkan setelah dilakukan verifikasi semua berkas administrasi dan persyaratan para calon.

Ketua KPU Pesisir Barat Marlini mengatakan bahwa telah menetapkan tiga pasangan calon berdasarkan rapat pleno internal KPU Pesisir Barat. Dimana ketiganya semua berkas telah memenuhi syarat, ujarnya.

“Tahapannya sudah dilakukan dan hari ini dilakukan rapat pleno tertutup. Setelah selesai nanti, kita akan memberikan salinannya dan dipublikasikan di papan pengumuman atau website resmi KPU Pesibar,” jelas Marlini.

Surat penetapan pasangan calon ini, berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor : 136/PL.02.2-KPt/1813/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat Tahun 2020.

Untuk diketahui, KPU Pesibar besok, Kamis, (24/9/2020) akan melakukan tahapan pengundian nomor urut di Gedung Serba Guna (GSS) Selalaw Labuhan jukung,Krui.

“Besok tahapan selanjutnya pengundian nomor urut paslon, kami menghimbau untuk tidak membawa massa, sesuai intruksi dan surat yang kami berikan kepada setiap pasangan calon, setiap pasangan calon hanya boleh membawa 7 orang saja, yaitu, 2 orang Calon Bupati dan Wakil, 1 LO, 2 Partai pengusung, 2 team sukses, dan tetap menggunakan masker,” himbau Ketua KPU Pesibar.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Kadiskes Pesibar : Hasil Tracing Sementara Terdapat 17 Orang Dinyatakan Reaktif

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Kadiskes Pesibar memberikan klarifikasi sememntara bahwa setelah Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), N. Lingga Kusuma positif Covid-19, terdapat sejumlah 17 orang telah dinyatakan Reaktif dari hasil Tracing.
Hal itu berdasarkan Surat Laporan Hasil Pemeriksaan Metode Pemeriksaan RT-PCR Real Time nCov 2019.Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Pesibar telah melakukan tracing rapid test di hari kedua kepada 221 orang terdiri dari pejabat, staf dan pegawai di lingkungan Sekretariat Pemkab Pesibar.
“Hasilnya, ada 17 orang reaktif, lalu diteruskan dengan pengambilan Swab,” ujar Juru Bicara TGTPP sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Pessibar, Tedi Zadmiko, Rabu (23/9/2020).
Dijelaskan, Dinas Kesehatan Pesisir Barat bahwa proses Tracing akan terus dilakukan di sekretariat pemkab maupun orang yang berintersksi secara langsung dengan sekdakab, sampai batas waktu yang belum ditentukan.
“Pemeriksaan telah melakuakn Swab dari 17 orang tersebut, hasilnya dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, ” ujar Tedi. ” Kita tunggu hasilnya sambil terus memberikan edukasi dan informasi ke semuanya setelah isolasi mandiri dilakukan sambil menunggu hasil swab,” terang Tedi.
Tracing akan terus dilakukan dari permintaan yang pernah bertemu kontak dengan sekdakab, yang secara fisik terlihat sehat tanpa gejala.
“Sekarang ini pak sekda sedang melakukan isolasi selama 10 hari, sesuai pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 sejak pengambilan sample Swab. Terhitung hari Minggu sudah selesai,” ungkapnya.
Disampaikan Tedi bahwa, dengan adanya kasus ini, berarti masih ada tanda yang belum menjalankan protokol kesehatan dengan dengan benar.
“Kita berharap masyarakat menjaga diri, keluarga dan lingkungannya dengan wajib memakai masker, cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, berjemur sinar matahari pagi, menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga secara teratur, istrahat yang cukup, ” jelasnya. ( Indra )

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Tim Penggerak PKK Kornelia Umar Gowes Bersepeda Kunjungi Sekolah di Way Kenanga

Redaksi LT

Published

on

Tulang bawang barat – Ketua Tim Penggerak PKK Tulang Bawang Barat, Ny. Korenelia Umar berkeliling menggunakan sepeda mengunjungi sekolah di Kecamatan Way Kenanga.

gowes di mulai di Lapangan Tiyuh Mercubuana pada pukul 7.30 Wib.di hadiri Kepala Dinas Pendidikan Tubaba Budiman Jaya, Camat Way Kenanga Iskandar SE MM, dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemkab setempat.23/09/20 Ketua Tim Penggerak PKK Ny Kornelia Umar mengatakan.

Kunjungan ke sekolah-sekolah tersebut di lakukan guna untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah berjalan dengan baik. “hari ini kita berkeliling mengunjungi di beberapa sekolah, yang pertama SDN 01 Mercubuana, SDN 01 Balam Jaya, SMPN 1 Way Kenanga, SDN 01 Pagarbuana, dan SDN 01 Balam Asri.

di sela kunjungan ini kita memberi sejumlah pertanyaan dengan murid,nanti nya, bagi yang bisa menjawab pertanyaan akan kita berikan hadiah kepada para pelajar”kata nya Kornelia Umar berpesan kepada anak-anak sekolah dan warga agar tetap mentaati protokol kesehatan dengan memakai masker dalam setiap kegiatan.

“rajin cuci tangan guna memutus sebaran covid-19, serta selalu melakukan ibadah agar Tuhan yang Maha Esa senantiasa menjaga kita semua dari marabahaya”ujar nya

Di tempat yang sama. Kepala Dinas Pendidikan Budiman Jaya.berharap kepada seluruh jajaran guru dan siswa yang berada di kabupaten Tubaba, dapat benar mentaati protokol kesehatan.

“guna mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini masih terus melanda indonesia,makabdari itu mari bersama-sama kita patuhi prakol kesehatan”tutup nya( Jonsi Putra)

Continue Reading

Trending