Connect with us

Apa Kabar Lampung

Kemensos Serahkan Jaminan Hidup Korban Longsor di Bogor Senilai 3,7 Miliar Rupiah

Redaksi LT

Published

on

Bogor (27 Juni 2020) – Sebanyak 4.188 Kepala Keluarga (KK) atau 12.403 Jiwa korban tanah longsor di Kabupaten Bogor mendapatkan bantuan jaminan hidup senilai Rp3.720.900.000,- dari Kementerian Sosial RI.

“Jaminan Hidup ini dibagikan sebesar Rp 10 ribu perjiwa perhari selama 1 bulan,” ujar Direktur Perlindungan Sosial Perlindungan Korban Bencana Alam Kemensos RI, Safii Nasution.

Mereka yang mendapat bantuan, lanjut Safii, tersebar di 4 kecamatan yaitu kecamatan Nanggung sebanyak 933 KK atau 3.170 Jiwa. Kecamatan cigudeg sebanyak 536 KK atau 2.051 Jiwa,

“kecamatan Sukajaya sebanyak 2.704 KK atau 7.106 Jiwa dan kecamatan Jasingan sebanyak 15 KK atau 76 Jiwa.” paparnya

Selain itu, lanjut Safii Kemensos juga telah menyerahkan santunan kepada korban meninggal dunia akibat bencana tanah longsor yang terjadi pada awal tahun yaitu sebesar 240 juta rupiah kepada 16 orang ahli waris.

“Setelah dilakukan verifikasi kami temukan 16 orang yang ahli waris yang berhak menerima santunan dari pemerintah,” katanya.

Sebelumnya pada masa tanggap darurat pasca terjadinya bencana, Kemensos RI juga telah menyerahkan bantuan logistik tanggap senilai Rp1.230.000.000 dan bantuan sembako sebanyak 6.000 Paket senilai Rp1.200.000.000.

“Pada masa tanggap darurat kami telah menyerahkan total bantuan sebesar Rp. 2.670.000.000 yang terdiri dari bantuan bantuan logistik, santunan kematian, dan bantuan sembako. Jika ditotal semua dengan bantuan jaminan hidup maka total bantuan kepada Kabupaten Bogor senilai Rp.6.390.900.000,” imbuhnya.

Seperti diberitakan peristiwa bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Januari 2020 yang lalu akibatkan hujan yang berintensitas tinggi pada 4 kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor yaitu Kecamatan Nanggung, Kecamatan Cigudeg, Kecamatan Sukajaya dan Kecamatan Jasinga.

Pasca kejadian tersebut Kemensos RI telah melakukan beberapa langkah penanganan darurat dan penyaluran bantuan sosial dengab pengerahan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) untuk melakukan aktivitas penanganan darurat bencana dan pelayanan dapur umum serta layanan dukungan psikososial.

*Humas Dit. PSKBA*

Apa Kabar Lampung

Budi Utomo : Program PTSL Bermanfaat Untuk Masyarakat

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Plt. Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, mengapresiasi dan mendukung penuh program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dicanangkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

” Program PTSL ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lampung Utara. Warga tentu mendapatkan ketenangan dalam kepemilikan tanah karena telah terdaftar di Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Utara,” Katanya, saat menghadiri acara Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Secara Virtual, di Aula Tapis, Kantor Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Jum’at (3/7/2020).

Tampak hadir dalam kesempatan itu, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Lampung Utara, Sofyan, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kantor ATR/BPN Lampung Utara Agus Purwanto beserta jajaran dan
perwakilan masyarakat yang akan menerima secara simbolis sertipikat.

Budi Utomo yang akan segera dilantik menjadi Bupati Lampung Utara menggantikan Agung Ilmu Mankunegara yang tersandung kasus korupsi, berharap, dengan adanya sertipikat tanah ini juga dapat meningkatkan nilai manfaat tanah, karena dapat dijadikan kelengkapan prasyarat untuk mendapatkan modal usaha.

” Mudah-mudahan ini (sertipikat) dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Dan dengan melalui jalinan sinergiitas antar lembaga serta berbagai pihak terkait, pelaksanaan program yang menyentuh lapisan masyarakat bawah ini dapat terlaksana dengan lancar tanpa hambatan, sehingga target yang telah direncanakan dapat tercapai secara optimal dan tepat sasaran,” ucapnya.

Sementara, Kepala Kantor ATR/BPN Lampung Utara, Agus Purwanto, menyatakan bahwa pelaksanaan PTSL di Kabupaten Lampung Utara telah berjalan mulai dari tahun 2017 sampai dengan sekarang telah diterbitkan 80.612 bidang. Jumlah bidang tanah yang ada di Kabupaten Lampung Utara 355.529 bidang.

” Telah diterbitkan sertipikat di Lampung Utara sebanyak 277.704 bidang. Sedangkan sisanya, 77.825 bidang akan diselesaikan melalui program PTSL sampai tahun 2023 dengan asumsi setiap tahun menyelesaikan sekitar 25.000 bidang,” Ujarnya.

Menurut Agus, pelaksanaan PTSL di Lampung Utara telah berjalan dengan baik atas dukungan dari Para Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

” Program PTSL di Lampung Utara juga sampai saat ini tidak ada hambatan, berkat dukungan yang luar biasa dari Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif, yang melakukan pendampingan mulai dari perencanaan sampai dengan penyelesaian,” tukasnya.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Budi Utomo : Jangan Kerja Yang Biasa-Biasa

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, mengingatkan agar seluruh pegawai yang telah menerima Surat Keputusan (SK) 100% dapat menguasai tugas pokok dan fungsi kerjanya.

Hal ini dikatakannya saat memberikan SK 100% kepada puluhan CPNS Pemerintah Daerah Lampung Utara melalui jalur khusus dan pegawai tidak tetap tahun 2018, di Aula Tapis, Kantor Pemerintahan Lampung Utara, Jalan Jendral Sudirman, No.1, Kotabumi, Kamis (2/7/2020).

Menurut Budi, para pegawai yang telah menerima SK 100% tidak lagi belajar, namun telah siap bekerja.

” Jangan kerja yang biasa-biasa saja, tunjukkan semangatmu, jemput bola, dan berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Diketahui, para CPNS Pemerintah Lampung Utara yang telah menerima SK tersebut diantaranya, formasi umum jalur khusus 40 orang, tenaga guru 21 orang, tenaga kesehatan 14, tenaga tekhnis 5. Sedangkan untuk formasi tenaga honorer katagori II dan pegawai tidak tetap dari Guru 40 dan Bidan 10 orang.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesisir Barat Hadiri Syukuran Hut Bhayangkara ke- 74

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menghadiri syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke Tujuh Puluh Empat (74) di Mapolres Lampung Barat, Rabu (01/07/2020).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan Dirgahayu Bhayangkara ke-74, semoga Polri tetap berjaya dan semakin dicintai masyarakat.

Bupati juga berterimakasih dan memberikan apresiasi atas kerja keras Kepolisian Republik Indonesia dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di masa Pandemi Covid-19.

Bupati Agus Istiqlal juga berharap agar sinergisitas dan kemitraan yang sudah terjalin baik antar polres lampung barat dan pemerintah kabupaten pesisir barat tetap terjaga.

Bupati juga berharap agar Polres Lampung Barat ke depannya bisa jauh lebih baik lagi dan lebih sigap, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat selalu siap bekerjasama dalam mendukung program kepolisian dalam mengayomi, melayani dan melindungi masyarakat.

Semoga dengan semangat Bhayangkara ini kita semua diberikan kekuatan dan bimbingan. Sehingga setiap gerak langkah dalam membangun negeri khususnya di Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat senantiasa mendapat ridho dan lindungan dariAllah SWT, tutup Bupati.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Trending