Connect with us

Apa Kabar Lampung

Tudingan Ijazah Palsu, Kuasa Hukum Nanang Ermanto Lapor Polisi

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Tudingan dari Kades Margodadi, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan (Lamsel), Sutrimo atas penggunaan ijazah palsu oleh Bupati Nanang Ermanto, sepertinya berbuntut panjang.
Karenanya, sebagai respon dari Nanang, LBH Sai Bumi Selatan (Sabusel) mengadukan tudingan yang disampaikan Sutrimo ke beberapa media online itu, ke Polres Lamsel.
Pengaduan tersebut disampaikan 7 orang pengacara yang tergabung dalam LBH Sabusel, ke SPKT Polres Lamsel, Rabu (29/7/2020). Sebagai pelapornya yakni Bupati Lamsel, Nanang Ermanto.
“Kami melaporkan Sutrimo selaku Kades Margodadi Jati Agung yang telah diduga memberikan keterangan ke beberapa media online bahwa klien kami (Nanang Ermanto, red) memalsukan ijazah,” ungkap Ketua LBH Sabusel, Hasanudin, SH kepada sejumlah wartawan di Mapolres Lamsel.
Ia melanjutkan, berdasarkan keterang klien mereka, bahwa yang disampaikan Kades Sutrimo adalah keterangan tidak benar. “Klien kami siap membuktikan, jika ijazah yang ia miliki adalah asli,” lanjutnya.
Ketua Divisi Investigasi LBH Sabusel, Merik Havit, SH menambahkan, isu ijazah palsu kerap muncul pada masa menjelang Pilkada Lamsel. Menurut Merik, hal tersebut sangat merugikan kliennya. Karenaya, Kades Sutrimo di polisikan.
“Kita selesaikan masalah ini dengan secara tepat. Untuk itu, kita laporkan Kades Sutrimo ke Polres Lamsel. Apakah data yang disampaikan Sutrimo ke media tersebut dapat dipertanggungjawabkan atau tidak. Kalau klien kami, siap mempertanggungjawabkannya. Siap menghadirkan saksi-saksi bahwa ijazah tersebut asli,” imbuhnya.
Diketahui sebelumnya, pada Senin (27/7/2920) beberapa media online telah menerbitkan pernyataan dari Kades Sutrimo yang menuding bahwa Nanang Ermanto telah diduga memalsukan ijazah.
Dilansir dari salah satu media online lantainews.com, Sutrimo memiliki sejumlah bukti kuat mengenai dugaan ijazah palsu milik Nanang Ermanto.
Dikatakannya, bukti-bukti itu ia dapatkan saat ia menjabat sebagai Ketua DPD Libas. Saat itu, ada seorang anggota DPRD Lamsel yang mendatanginya untuk meminta bantuan untuk membantu menyelidiki keabsahan ijazah SMA Tunas Harapan milik Nanang Ermanto.
Alhasil, setelah dilakukan penyelidikan, ia mendapatkan sejumlah temuan yang dijadikan dasar atas dugaan pemalsuan ijazah oleh Nanang Ermanto. Diantaranya yakni :
– Sidik jari dibagian foto Nanang Ermanto tidak ada.
– Surat Keterangan Lulus ditandatangani Kepala SMA Tunas Harapan Sri widiyati, Spd. Padahal, yang berhak mengeluarkan Surat tersebut adalah SMA N 5 yang menjadi Rayon. Karena SMA Tunas Harapan belum mengadakan ujian Nasional kala itu, lantaran baru terakreditasi di tahun 2016.
– Pernyataan Mujiono yang dulu sebagai siswa di SMA Tunas Harapan yang lulus tahun 1987, menyatakan tidak kenal dan tahu ada siswa alumni 1987 bernama Nanang Ermanto.
Sejumlah poin tersebut membuat Trimo yakin indikasi penggunaan ijazah palsu oleh Nanang Ermanto sangat kuat. Bahkan, Trimo siap bertanggung jawab jika pihak Nanang Ermanto yang menjabat Bupati Lampung Selatan membawa masalah ini keranah hukum. (Eko)

Apa Kabar Lampung

Pengukuhan Tim TPAKD Mesuji, Gubernur Arinal Dorong Kabupaten Mesuji Bangun Pertumbuhan Ekonomi Demi Kesejahteraan Masyarakat

Redaksi LT

Published

on

MESUJI — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mesuji demi kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto saat mewakili Gubernur menyaksikan Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) TA 2020 Kabupaten Mesuji di Rumah Dinas Bupati Mesuji, Rabu (21/10/2020).

Menurut Gubernur, seperti disampaikan Sekdaprov, dalam melakukan pembangunan pertumbuhan ekonomi harus melihat indikator-indikator yang mencerminkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

“Inilah yang menjadi cita-cita Bapak Gubernur dan Bapak Bupati,” ujar Fahrizal yang juga Koordinator TPAKD Provinsi Lampung.

Sekdaprov Fahrizal berharap dengan niat baik dan semangat bersama maka pembangunan di Kabupaten Mesuji akan semakin baik dari hari ke hari.

Sebab, menurutnya, Kabupaten Mesuji memiliki visi yang selaras dengan Pemerintah Provinsi Lampung dimana semua fokus pembangunan ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kalau kita berbicara pembangunan hanya pertumbuhan ekonomi saja itu tidak cukup, tetapi kita juga harus melihat indikator-indikator yang mencerminkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Fahrizal menjelaskan seluruh masyarakat harus membangun Lampung dengan penuh semangat dalam berbagai bentuk program kerja salah satunya TPAKD sebagai upaya menghidupkan kegiatan ekonomi masyarakat termasuk UMKM.

“Dengan akses keuangan semoga semua faktor produksinya dapat terpenuhi sehingga produksinya bisa lebih menjadi produktif menghasilkan nilai tambah dan nilai tambah inilah yang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Fahrizal juga meminta kepada Dinas Disdukcapil Kabupaten Mesuji untuk melakukan peningkatan terhadap perekaman KTP masyarakat.

“Karena masyarakat begitu tidak mempunyai KTP maka tidak akan mempunyai akses untuk mendapatkan bantuan sosial dan tidak bisa juga mempunyai akses terhadap lembaga keuangan,” katanya.

Pengukuhan Tim Percepatan ini dilakukan langsung oleh Bupati Mesuji Saply TH. Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin ditunjuk sebagai Koordinator TPAKD Kabupaten Mesuji dan selaku Ketua yakni Asisten Bidang Perekonomi dan Pembangunan Setdakab Mesuji Beddi.

Sementara itu, Bupati Mesuji Saply TH mengatakan terhadap tim TPAKD yang dikukuhkan untuk terus meningkatkan intensitas penyebaran informasi, pendampingan dan inovasi lainnya dalam rangka memperluas akses keuangan masyarakat.

“Selamat kepada TPAKD Kabupaten Mesuji yang telah dikukukan semoga dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Saply.

Saply mengatakan Kabupaten Mesuji dalam rangka percepatan akses keuangan daerah melakukan pendampingan kepada dunia usaha khususnya UMKM agar dapat mengakses permodalan kepihak perbankan termasuk kepada para petani.

Ia menyebutkan termasuk menjalin komunikasi dalam berbagai forum dengan pihak perbankan.

“Semua ini kami laksanakan demi meningkatkan aksesbilitas keuangan dunia usaha kepada lembaga keuangan sehingga mampu menggerakkan sektor ril dan mampu memacu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mesuji,” katanya.

Pada kesempatan itu, diserahkan juga penerima program KUR dari Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau serta penyerahan Asuransi Usaha Tanam Padi.

Ada yang istimewa dari kegiatan ini, Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto mendapatkan kejutan berupa kue ulang tahun dan nasi tumpeng karena tepat hari ini dirinya berusia 56 Tahun.

Ucapan selamat serta doa terus disampaikan dari jajaran Pemerintah Kabupaten Mesuji dan para tamu undangan yang hadir

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Gubernur Arinal Dorong Pengembangan Koperasi dan UMKM Lampung

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung, —– Gubernur Arinal didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari memberikan arahan pada kegiatan coffee morning yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Lampung, bertempat di Hotel Sheraton Lampung, Rabu (21/10/2020).

Coffee Morning yang mengusung tema Transformasi Koperasi dan UMKM Lampung Pasca Pandemi Covid-19 Mendorong Sektor Riil dan Digitalisasi UMKM diadiri oleh unsur Kanwil Dirjen Pajak, Kepala OJK, Pimpinan Perbankan, BUMN dan BUMD dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dalam laporannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Taufik Hidayat mengungkapkan bahwa acara coffee morning merupakan acara rutin yg diselenggarakan sebagai wadah komunikasi antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan dunia usaha, UMKM, perbankan dan sektor riil.

Dalam kegiatan tersebut dibahas berbagai Program dan stimulus yang ditujukan untuk mendorong pengembangan Koperasi dan UMKM untuk terus menjalankan usahanya di tengah Pandemi Covid-19 dan membangun siinergi dengan penggiat Koperasi dan pelaku UMKM Provinsi Lampung.

Sementara itu dalam arahannya, Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Lampung terus berusaha dengan berbagai upaya untuk mendorong pengembangan Koperasi dan UMKM.

“Saya harus menyerap aspirasi, karena pembangunan di Provinsi Lampung harus dilakukan bersama – sama, Pemerintah memberikan perhatian yang besar kepada UMKM,” ungkap Gubernur.

Menurut Arinal, Provinsi Lampung saat ini merupakan lokomotif pertanian dan ketahanan pangan di Indonesia yang mendukung pemenuhan kebutuhan pangan di Indonesia, disamping Lampung sebagai penghasil komoditi pertanian dan perkebunan, sektor UMKM terus dikembangkan, hilirasi produk pertanian dan perkebun harus diperankan oleh UMKM, pengembangannya sangat bergantung kepada cara pengelolaan dan penanganannya.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh usaha dan upaya yang terus dikembangkan oleh Koperasi dan UMKM yang ada di Provinsi Lampung.

“Pemerintah terus mendorong pengembangan koperasi dan UMKM untuk memajukan usaha kerakyatan di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Lebih lanjut Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa Pandemi Covid-19 saat ini justru diharapkan menjadi pemicu kebangkitan bagi UMKM, dimana saat ini pemasaran dan transaksi cenderung dilakukan dengan mengadopsi teknologi digital.

“Saya berharap agar pelaku usaha dapat melakukan berbagai penyesuaian, termasuk menjajaki ruang – ruang digital,” harapnya.

Gubernur Arinal juga berpesan kepada seluruh pelaku usaha untuk tetap selalu menerapkan protokol kesehatan dengan penuh kesadaran dimasa Pandemi covid-19 ini.

Dalam kegiatan coffee morning ini, pelaku usaha juga mengharapkan fasilitasi pemasaran produk – produk UMKM baik nasional maupun ekspor.

“Hari ini saya mengumpulkan UMKM, untuk keluarkan kesulitan, keluarkan potensi, sehingga Pemerintah dapat mendengar dan memberi jalan keluar,” ungkap Gubernur Arinal.

Pengembangan UMKM dibidang kelautan dan Perikanan juga menjadi sorotan Gubernur disela – sela arahannya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Program PANSIMAS Di Kampung Tri Mulya Jaya Berjalan Sukses

Redaksi LT

Published

on

TULANG BAWANG, LAMPUNG TODAY : Program PANSIMAS Di Kampung Tri Mulya Jaya, Yang terletak di Dusun 04/Rt02 berjalan lancar tanpa Kendala sedikit pun. Program tersebut di kerjakan sesuai juknis pekerjaan yang sudah tersusun di APBN. Rabo 21/10/2020

Pembangunan Tower Air Minum, Perpipaan 1074 meter, Tempat cuci tangan 2 Unit, Kegiatan PHBS di masyarakat dan operasinal KKM dan Satlak. Pelatihan KKM dan Satlak, pelatihan KP – SPAMS serta Pelatihan DISABILITAS K3 COVID 19. Sumber dana dari APBN dengan rincian nya yaitu:

INCASH 4% Rp 11.014.650
INKIND 16% Rp 44.058.6000
Total Dana Rp 275.366.250

Program tersebut Untuk kesejahteraan masyarakat, di kala di musim kemarau supaya tidak kekurangan air bersih. Karna kebersihan adalah salah satu dari kesehatan, dan fasilitas tersebut buat masyarakat Kampung Tri Mulya Jaya Khusus nya. Ujar Bapak Sulis

Masyarakat sangat senang sekali dengan adanya bangunan PANSIMAS, yang saat ini berdiri di Kampung nya. Karna saat musim kemarau tiba Kami selaku masyarat tidak kwatir kekurangan air bersih karna air adalah salah satu bahan pokok untuk kebutuhan sehari hari. Ungkapnya salah satu warga. (Agus)

Continue Reading

Trending