Connect with us

Apa Kabar Lampung

Resmi Ditutup, Ini Juara Lomba Mural HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pelaksanaan lomba mural dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Kabupaten Lampung Selatan tahun 2020 tuntas sudah.
Perlombaan yang dipusatkan di Kebun Edukasi yang berada di areal rumah dinas bupati Lampung Selatan itu, resmi ditutup bupati, H. Nanang Ermanto, Kamis sore (27/8/2020).
Dari ratusan karya mural yang disajikan peserta, panitia lomba memutuskan beberapa karya mural berhak menjadi pemenang. Keputusan panitia ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Lampung Selatan bernomor B/448/IV.02/HK/2020.
Untuk kategori tingkat SMP/Sederajat, juara 1 diraih SMPN 1 Way Panji, juara 2 diraih SMP Sumbangsih Katibung, juara 3 diraih SMPN Satap Tanjung Bintang, harapan 1 SMPN 1 Sidomulyo, harapan 2 diraih SMPN 2 Jati Agung, dan harapan 3 diraih SMPN Satap 1 Merbau Mataram.
Lalu, kategori tingkat SMA/SMK/Sederajat, juara 1 diraih SMKN 1 Ketapang, juara 2 diraih SMKN 1 Sragi, juara 3 diraih SMAN 1 Sidomulyo, harapan 1 diraih SMAN 1 Tanjung Bintang, harapan 2 diraih SMA PGRI Katibung, dan harapan 3 diraih SMKN 1 Sidomulyo.
Kemudian kategori Perguruan Tinggi, juara 1 diraih peserta dengan identitas Artremore, juara 2 diraih tim Better 1, juara 3 diraih tim Bukan Pelukis, harapan 1 diraih tim Pendekar Warna, harapan 2 diraih tim Art Noovean, dan harapan 3 diraih tim Warna Kita.
Dan untuk kategori Umum, juara 1 diraih peserta tunggal dengan nama Syarifudin Sahri dari Palembang, juara 2 diraih peserta dengan nama Didi Prasetyo dari Way Galih, juara 3 diraih peserta dengan identitas Way Galih Design.
Selanjutnya harapan 1 kategori umum diraih peserta dengan idtentitas Anima Art dari Lampung Selatan, harapan 2 diraih peserta dengan nama Edi Purwanto dari Bandar lampung, dan harapan 3 diraih peserta dengan identitas Kuas Lampung.
Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan perlombaan mural tersebut.
“Terima kasih kepada seluruh pantia pelaksana, Kepala OPD, dan semua pihak yang terlibat, khususnya Dinas Pendidikan. Sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.
Kepada juara, Nanang mengucapkan selamat. Ia berharap dengan kegiatan itu bisa menjadi penyemangat generasi penerus untuk terus berkarya.
“Selamat kepada juara dari Palembang dan luar kota lainnya. Mudah-mudahan datang dalam keadaan sehat dan kembali ke rumah juga dalam keadaan sehat. Dan yang belum juara itu merupakan kemenangan yang tertunda,” tutur Nanang.
Tak sampai disitu, orang nomor satu di kabupaten Khagom Mufakat ini berjanji akan mengadakan kegiatan serupa. Mengingat antusias masyarakat yang tinggi.
“Nanti kita coba adakan kembali. Kita punya dua stadion yang perlu dihias. Mudah-mudahan dengan hiasan-hiasan mural ini bisa memperindah Kabupaten Lampung Selatan,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua Tim Juri lomba mural, Salvator Yen Joenaidy menjelaskan, kriteria penilaian didasarkan pada kesesuaian lukisan mural dengan tema “Indonsia Maju”.
“Kriteria penilaian tentu sudah ada dalam juklak dan juknis pelaksanaan lomba. Pertama sesuai tema yang berkait dengan sub tema yang telah ditentukan. Dari tema Indonesia Maju terserah peserta memilih sub tema yang mana. Ini yang menjadi dasar,” terangnya.
Lalu lanjut dia menjelaskan, kriteria penilaian dilihat dari kemampuan peserta dalam mem-visualkan tema yang telah dipilih tadi kedalam lukisan mural di dinding.
“Ada lagi penilaian mengenai estetika, keindahan. Kemudian menyangkut ke komposisi bidang dan warna yang harmonis. Jadi ada sekali banyak hal-hal yang berkaitan dengan seni rupa hingga mengerucut kepada hasil dari karya mural tersebut,” bebernya.
Seniman asal Bandar Lampung yang telah melanglang buana di dunia seni lukis ini menjamin penilaian yang Ia lakukan dengan dua juri lainnya dilakukan secara objektif.
“Saya sudah ratusan kali menjadi juri, selalu berusaha seobjektif mungkin. Kami tidak melihat asalnya darimana, bahkan ada yang kami kenal tidak masuk juara. Yang kami lihat adalah hasil. Jika diantara juri tidak ada kesepahaman kita lakukan voting,” tandasnya. (eko/kmf)

Apa Kabar Lampung

Seolah Tak Takut Aparat, Jambret hingga Curanmor Melakukan Aksi dengan Leluasa di Kota Metro

Zuli Ardiansyah

Published

on

Metro :  Aksi jambret di Kota Metro semakin merajalela, aksinya pun bisa dilakukan kapan saja baik itu siang maupun malam hari, korban incarannya adalah orang yang lemah yakni perempuan hingga ibu-ibu yang sudah lanjut usia. Selain jambret aksi curanmor juga kerap terjadi di Kota Metro dengan leluasanya.

Hal ini yang dialami oleh Lili Suryani, Warga Iringmulyo, Metro Timur, yang hingga saat ini masih mengalami perawatan intensif di Rumah Sakit Imanuel, Bandar Lampung, usai mendapat kekerasan dari aksi jambret pada, Minggu 28 Februari 2021, sekitar pukul 09.00 WIB, di Jalan Terong, 15 A, Iringmulyo, Metro Timur.

Korban yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang ini mendapat aksi jambret ketika berada di jalan depan rumahnya tepatnya di Jalan Terong, 15A Iringmulyo, Metro Timur. Korban tak sempat meminta tolong ketika aksi jambret berlangsung, dikarenakan korban mengalami kekerasan dan terjatuh hingga tak sadarkan diri.

Menurut adik ipar korban, korban dirawat sejak hari Minggu dan sampai hari Kamis mengalami lupa ingatan di ruang perawatan rumah sakit. Diketahui korban membawa harta benda berikut uang di dalam tas yang dijambret kurang lebih Rp 40 juta. “Cici saya lagi dipinggir jalan kemudian dia keluar dari mobil, tidak lama dari itu dijambret dia tarik-tarikan jatuh, terus kebentur kepala,” kata Voni selaku adik ipar korban.

“Hari Senin saya bikin laporan BAP dan hari Senin juga ada yang laporan ke toko menyerahkan dompet kartu di daerah PD (Lampung Tengah), kita kesana melihat TKP, terus ke tempat yang menemukan orang PB, isinya KTP, Kartu ATM, Kartu Kredit, Kartu Flash,” katanya.

Adik ipar korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Metro Timur dengan nomor laporan (LP): B / 06 / III / Reskrim. Menurutnya, pelaku yang berjumlah 1 orang tersebut melakukan aksi dengan leluasa, terlihat dari sejumlah rekaman CCTV yang berada di sekitaran tempat kejadian perkara pelaku seolah mempersiapkan aksinya dengan matang.

Dalam rekaman cctv orang yang diduga jambret tersebut terlihat profesional, karena menggunakan helm fullface, masker, jaket, dan kendaraan bermotor tak diberi plat nomor. Dia berharap pelaku segera ditangkap dan mendapatkan hukuman yang berlaku. “Semoga ditindaklanjuti oleh pihak keamanan, karena kami khawatir di sini banyak cewek-cewek, anak-anak kami khawatir, dikhawatirkan selain penjambretan, perampokan saja berani, saya khawatir nanti sampai terjadi penculikan,” ujarnya.

Aksi jambret hingga curanmor di Kota Metro memang kerap terjadi, dari data yang dihimpun media ini, pelaku seolah tak takut dengan keberadaan aparat penegak hukum hingga melakukan aksinya dengan santai meskipun terekam kamera CCTV. Diketahui, aksi kejahatan juga pernah terjadi sebelumnya di sepanjang Jalan Terong, 15A, Iringmulyo, Metro Timur tersebut. Diharapkan aparat penegak hukum meningkatkan keamanan di wilayah hukum setempat guna menciptakan rasa aman masyarakat.

Pewarta Mery

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Walikota dan Wakil Walikota Tinjau Korban Angin Puting Beliung Di Tejo Agung

Zuli Ardiansyah

Published

on

Metro :  Walikota Metro Wahdi bersama Wakil Walikota Qomaru Zaman meninjau secara langsung rumah korban puting beliung di RT 21/RW 08, Kelurahan Tejo Agung Kecamatan Metro Timur, Kamis (4/3/2021).

Dalam kunjungannya, Walikota Metro Wahdi mengatakan bahwa akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi kemarin mengakibatkan atap rumah salah satu warga mengalami kerusakan kecil ,namun kaena kesigapan warga disekitarnya dengan bergotong royong bersama-sama diperbaiki .

“Saya bersama pak Wakil, turut prihatin atas musibah ini, dan tidak lupa juga kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat, RT, RW, dan pak Lurah,camat dan BNPB  yang telah membantu keluarga korban sehingga rumahnya telah diperbaiki dan dapat ditempati kembali,” ucap Wahdi.

Selanjutnya, Wahdi juga mengatakan bahwa semua terlaksana dengan cepat dikarenakan budaya gotong royong masyarakat di Kota Metro masih besar.

“Inilah salah satu tugas kita, melihat kebawah bagaimana keadaan masyarakat. Alhamdulillah, berkat gotong royong kerusakan kecil telah selesai. Disinilah dapat kita lihat bahwa nilai-nilai gotong royong harus dipertahankan. Musibah kapan pun bisa terjadi. jadi, kita harus melihat kaedah-kaedah dalam membangun. Dan bantuan yang kita berikan mudah-mudahan dapat meringankan beban keluarga korban,” pungkas Wahdi.

Sementara itu, Warsiyem mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan Walikota dan Wakil Walikota ke rumahnya.

“Terimakasih pak Wali dan pak Wakil atas kunjungan dan perhatiannya kepada kami. Alhamdulillah, rumah kami sudah diperbaiki dan dapat ditempati kembali. Dan terimakasih juga kepada warga sekitar yang telah ikut membantu kami. Semoga Allah yang membalas semua kebaikannya. Amin,” tutur Warsiyem. (*)

Pewarta: Mery

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Umar Ahma Launching Pusat Oleh-Oleh Khas Tubaba

Redaksi LT

Published

on

Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad, SP .Launching Pusat oleh-oleh hasil kerajinan Kabupaten Tubaba di Rest Area Km 215, Kecamatan Way Kenanga. Selasa (02/03).

Turut adir Wakil Bupati Fauzi Hasan, Sekdakab Novriwan Jaya, Ketua Dekranasda Kabupaten, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten, Ketua Dharma Wanita, pimpinan PT. Hutama Karya, Kadis Koperindag, Kadis Kominfo serta Camat Way Kenanga.

Bupati Umar Ahmad mengatakan.Berdirinya stan Dekranasda tersebut diawali pertemuan ketua Dekranasda Kabupaten Tubaba dengan pimpinan PT. Hutama Karya dengan Kabupaten Tulang Bawang Barat sehingga di berikan tempat di Rest Area 215.

“Stand Dekranasda ini merupakan Etalase Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk menampilkan produk – produk unggulan ciri khas Kabupaten Tubaba”.katanya

Lanjut Bupati umar Ahmad.Di sisi lain kita juga bisa mempromosikan destinasi wisata dan kebudayan.” yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat agar dapat dikenal oleh daerah lain, khususnya oleh pengguna jalan tol Trans Sumatra”pungkas nya.(jonsi putra)

Continue Reading

Trending