Connect with us

Apa Kabar Lampung

RDP Dugaan Bocornya PPJ, Data Pelanggan Listrik Lampura Menguap

Alex BW

Published

on

Lampung Utara : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Utara merespon cepat laporan Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) terkait dugaan kebocoran dana Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang dikelola PLN ULP Bumi Abung.

Dugaan kebocoran dana PPJ yang notabene disetorkan ke kas daerah Lampung Utara sekitar 8-9 % mulai memasuki babak baru.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Lintas Komisi yang digelar, Kamis (10/9/2020), membahas dugaan kebocoran PPJ, dipimpin Ketua Komisi II, Mulyadi dan Ketua Komisi III, Joni Bedyal. Hadir dalam kesempatan itu, Anggota Komisi II dan Komisi III DPRD Lampung Utara, Humas GMPK Lampung Utara, Adi Rasyid, Perwakilan PLN Lampung Utara, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, Ardiyansyah serta Kepala Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah setempat, Mikhael Saragih.

Dalam RDP itu, Ilyas dan rekannya di Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN Lampung Utara menjadi bulan-bulanan lantaran tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan. Konyolnya, saat Ilyas memberikan data pelanggan yang tidak sesuai dengan data yang disampaikan Manager PLN ULP Bumi Abung, Benni Adenata. Kala itu, Beni mengungkapkan berdasarkan data terakhir bahwa total pelanggan listrik khusus Lampung Utara secara umum berjumlah 140 ribu. ‎

Menurut Ilyas, total pelanggan listrik Lampung Utara ‎berjumlah 91.867 pelanggan. Dengan rincian, 87.825 pelanggan rumah tangga, 2.075 pelanggan sosial (rumah ibadah), 1.858 pelanggan bisnis, 37 pelanggan industri, 71 pelanggan listrik dari pemerintah, 1 pelanggan listrik tarif premium.

” Untuk pelanggan sosial dan pemerintah tidak dikenakan PPJ,” ungkapnya.

Anggota Komisi III DPRD Lampung Utara, Nurdin Habim, meminta kepada pihak PLN untuk memberikan secara transparan dan akuntabel data pelanggan listrik di Lampung Utara.

“Kami minta diberikan data pelanggan secara detil. Mulai dari rincian ‎pelanggan listrik dengan tegangan terkecil hingga yang paling besar berikut total pendapatan dari pelanggan listrik,” pinta Nurdin.

Setali tiga uang, Ketua Komisi II, DPRD Lampung Utara, Mulyadi menginginkan agar PLN dapat memberikan secara detail data pelanggan listrik di Lampung Utara.

” Ada 23 kecamatan di Lampung Utara, kami minta secara detail per-kecamatan, di kelurahan ataupun desa masing-masing, data pelanggan itu,” ucapnya dengan tegas.

Ilyas pun belum dapat memberikanny‎a. Ia beralasan untuk meminta waktu mempersiapkan data itu.

Humas GMPK Lampung Utara, Adi Rasyid menyayangkan penjelasan perwakilan PLN yang tidak mampu menjelaskan secara terbuka persoalan PPJ ini. Terlebih lagi, ketidak-hadiran pejabat teras (Pimpinan) PLN yang lebih suka bersembunyi dibawah ketiak bawahannya.

” Mestinya yang hadir itu sekelas manajer atau yang lebih tinggi sehingga dapat memberikan penjelasan ‎lengkap. Dari data pelanggan saja yang disampaikan ini saja ada selisih sekitar 50 ribu dengan data yang disampaikan melalui media massa,” kata dia.

Akhirnya, RDP Lintas Komisi menjadwalkan kembali pembahasan dugaan kebocoran dana PPJ yang dikelola PLN ULP Bumi Abung.

” Rapat ini akan dilanjutkan dikemudian hari. Kedepan, kami minta yang akan hadir dalam RDP mendatang adalah pimpinan kalian,” tukas Joni Bedyal yang diamini Ketua Komisi II, Mulyadi dan para anggota Komisi II dan III DPRD Lampung Utara.

Apa Kabar Lampung

Antusiasnya Puluhan Anak di Krui Belajar Bahasa Inggris

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Potensi Pariwisata yang telah mendunia, rasanya belum dikatakan berhasil jika tidak memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitarnya. ” Bukan itu saja, potensi pariwisata yang telah mendunia juga tidak akan dikatakan berhasil tanpa pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia di sekitarnya “.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang tenaga pengajar bahasa inggris Freelance, Husin, pada Minggu (27/09/2020), saat ditemui di salah satu obyek wisata pantai Labuhan Jukung Krui.

” Pandemi Covid-19 memang sangat terasa sekali bagi para komunitas selancar yang lebih didominasi oleh para anak muda di Kabupaten ini ” ujar Husin.

” Berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelum terjadi pandemi Covid-19, paling tidak para komunitas selancar masih bisa bekerja sebagai Tour Guide (TG) bagi para Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang berkunjung kesini, ” ujar pemilik lembaga kursus bahasa inggris ” Twin English Course “(TEC) ini.

” Selama pandemi Covid-19 ini, bukan berarti kita harus menyerah untuk tetap mempromosikan Kabupaten ini sebagai destinasi pariwisata, ” tambahnya.

” Saat pandemi Covid-19 ini juga, saya ingin memberikan apresiasi positif kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat, melalui bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), ” ujar Husin.

” Saat pandemi Covid-19 ini, ada kontribusi program kegiatan mengajar dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat “. ” Program meningkatkan kualitas SDM ini tentunya untuk mengisi kegiatan di tengah pandemi Covid-19 ini, ” tambahnya.

Alhamdulillah kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata melalui bidang Pengembangan SDM telah berjalan sejak bulan Juli 2020 sampai sekarang, dan kegiatan ini terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa inggris, “ujar Husin.

” Tahap awal pelatihan bahasa inggris dari Dinas Pariwisata ini dilaksanakan di Kecamatan Pulau Pisang, ” ujarnya. ” Antusias para anak yang ingin belajar bahasa inggris memang mengalami peningkatan yang sangat signifikan, ” ujar Husin.

” Dari awal jumlah siswa sebanyak 15 orang dan sampai dengan sekarang telah mencapai sebanyak 56 orang, dan umumnya mereka para anak antara usia 8 – 14 tahun, ” tambah Husin.

” Jadwal mengajarnya dilakukan setiap hari Rabu bagi para anak dan Alhamdulillah malam harinya ada juga masyarakat umum yang tertarik untuk mengikuti kursus, ” tambah Husin.

” Sampai saat ini sudah ada 9 orang dari masyarakat yang telah mengikuti kursus bahasa inggris ini, ” ujar Husin. ” Sekali lagi, saya memberikan apresiasi yang positif dengan kegiatan ini “. ” Harapan saya kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat, agar kegiatan ini tetap terus dilakukan berkelanjutan “, ujar Husin. ( Indra )

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Beri Contoh Berdemokrasi Yang Baik, WaRu Turunkan Langsung APKnya

Zuli Ardiansyah

Published

on

www.lampungtoday.com
KABAR LAMPUNG KOTA METRO
#WAHDI QOMARU #SAHABAT WARU #SAHABAT WARU CERIA #KOTA METRO CERIA #METROBISA #WARUBERGERAK #WARU UNTUK METRO #INDEPENDEN

METRO — Pasangan calon Independen, WaRu (Wahdi – Qomaru) nomor 1 langsung menurunkan APKnya berupa Baleho, Banner dan Spanduk dimulai dari Lapangan Hadimulyo 22 Metro Pusat.

Penurunan APK WaRu itu di mulai hari ini, Sabtu (27/9) di Lapangan Hadimulyo dipimpin langsung dr Wahdi SpOG dan Drs Qomaru Zaman MA dibantu Tim Pemenangannya.

Usai menurunkan APK, Wahdi kepada media ini mengatakan, pihaknya sangat komit dengan aturan dan protokol kesehatan. “Kami sangat mendukung aturan kampanye dan memberikan contoh terbaik, ” jelasnya.

Di sisi lain Wahdi maupun Qomaru menambahkan, jika WaRu selalu ingin yang terbaik. Itu semuanya dilakukan untuk menciptakan suasana damai pilkada. “Kalau kita ingin masyarakat tertib, damai dan harmonis maka kita harus berbuat lebih dulu, ” kata Wahdi.

Penurunan APK WaRu sesuai jadwal atau tahapan pilkada serentak 2020. Dan, dr Wahdi – Qomaru saat melakukan penurunan juga, bekerja sendiri, membongkar paku kerangka Baleho, kemudian mereka berdua mengusung baleho, untuk dinaikkan ke mobil terbuka.

Bahkan, masyarakat yang melintasi prapatan 22 Hadimulyo sempat mengacungkan jempol, isyarat memberikan apresiasi kepada WaRu.
WaRu juga mendapat aplusan dari beberapa petugas yang mendampinginya. (Mery).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Septi Istiqlal Sosialisasi Senam Bersama Untuk Cegah Covid-19

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat Hj. Septi istiqlal mengikuti senam bersama, dalam rangka sosialisasi penceghan covid-19 dengan berolahraga di lapangan Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (25/09/2020).

Septi Istiqlal juga menyampaikan bahwa senam bersama ini bertujuan untuk Sosialisasi senam covid-19 sekaligus untuk meningkatkan imun tubuh, agar supaya seluruh pegawai di dinas selalu tetap sehat.

Septi istiqlal mengingatkan agar selalu mengikuti protokol Covid-19, yaitu melaksanakan 4 M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan selalu menghindari kerumunan.

Launching senam covid-19 ini agar dapat dilakukan di di setiap Kecamatan dan di OPD Pesisir Barat, ujarnya.
Septi Istiqlal juga berpesan kepada Karang Taruna agar dapat mensosialisasikan wajib memakai masker sebagai langkah awal untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Acara dilanjutkan dengan pembagian masker kepada para pegurus Karang Taruna di beberapa Kecamatan.

Turut hadir dalam senam bersama tersebut perwakilan seluruh OPD Pesisir Barat, para anggota TP-PKK Pesisir Barat dan para anggota Karang Taruna Pesisir Barat. (Indra)

Continue Reading

Trending