Connect with us

Bandar Lampung

Mewakili Pjs. Bupati Pesibar, Audi Marpi Menutup Pelatihan Pendidikan PGNI

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Pjs. Bupati Pesisir Barat, Achmad Chrisna Putra yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi, S.Pd, M.M. menutup acara pelatihan pendidikan Persatuan Guru Ngaji Indonesia (PGNI) di ruang Cukuh Tangkil, Sekretariat Pemkab, pada Jum’at 20 Nopember 2020.

Dalam sambutan Pjs. Bupati yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi, S.Pd, M.M. mengatakan bahwa ini merupakan suatu kebahagiaan. Dengan mengucap rasa syukur Alhamdulillah bahwa serangkaian acara pada kegiatan pelatihan guru ngaji yang diselenggarakan Persatuan Guru Ngaji Indonesia (PGNI) Kabupaten Pesisir Barat selama lima hari ini dapat berjalan lancar, ujarnya.

Semoga kegiatan yang dilakukan selama pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan para peserta serta dan dapat memberikan manfaat bagi seluruh umat, khususnya di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat, ujarnya.

Pada kesempatan yang baik ini perlu disampaikan, bahwa guru ngaji adalah profesi mulia yang mengemban misi agung dalam menyebarluaskan Al-Qur’an sebagi pedoman hidup yang membimbing masyarakat menuju keselamatan dunia akhirat, jelas Audi Marpi. Jatuh bangunnya umat islam pada dasarnya sangat ditentukan oleh optimal tidaknya dalam mengamalkan kitab suci Al-Qur’an, tambahnya.

Sebagimana kita ketahui, untuk menjadi guru ngaji yang baik, bukan hanya menguasai materi pembelajaran Al-Qur’an dengan baik, tetapi juga menguasai berbagai macam strategi pembelajaran dan mampu menerapkannya secara variatif, terampil menggunakan berbagai media pembelajaran, mampu memahami karakter masing-masing peserta didiknya dan menguasai manajemen kesiswaan dengan baik, ujarnya.

Audi Marpi berharap agar para peserta dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh secara optimal, sehingga dapat bermanfaat pada diri sendiri dan juga masyarakat. (Indra/Red)

Apa Kabar Lampung

Hakteknas ke-25 Tahun 2020, Gubernur Arinal Dorong Sinergi Triple Helix Demi Ciptakan Masyarakat Maju dan Berdaya Saing

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG-jejaring09.com-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong sinergi antara pemerintah, industri dan juga lembaga peneliti baik perguruan tinggi maupun independen atau yang lebih dikenal dengan triple helix, untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang maju dan berdaya saing.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, saat mewakili Gubernur dalam Webinar dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 25 dan penyerahan hadiah Lomba Apresiasi Anugerah IPTEK Provinsi Lampung tahun 2020, di Hotel Emersia, Bandarlampung, Selasa (17/11/2020).

“Sejalan dengan visi menciptakan kehidupan masyarakat yang maju dan berdaya saing, Pemprov Lampung terus berupaya mendorong penyatuan sumber sumber daya penghasil teknologi dan peningkatan akses atas informasi, dan keterampilan melalui sinergi tripel helix antara pemerintah, industri dan juga lembaga peneliti baik perguruan tinggi maupun independen,” ujar Gubernur, seperti disampaikam Sekdaprov Fahrizal.

Fahrizal mengatakan bahwa Provinsi Lampung mendapat peringkat ke-2 terbaik dalam penanganan covid-19 di Bulan Juni 2020. Provinsi Lampung juga mendapatkan nominasi pada lomba IGA (Innovative Government Award) sebagai klaster Provinsi terinovatif tahun 2020 bersama 7 Provinsi lainnya.

“Pandemi covid-19 telah menjadi salah satu tantangan terbesar dalam hidup kita. Membuat kita banyak belajar untuk membangun dukungan atas pertumbuhan yang berkelanjutan, inklusif, dan peka terhadap gangguan tiba – tiba, baik di ranah sosial, kerja maupun keluarga. Tentunya hal ini tidak terlepas dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi dari segala lini masyarakat,” ujarnya.

Dalam penanganan Covid-19 Provinsi Lampung juga memiliki strategi mempromosikan gerakan masyarakat berbasis inovasi. Hal ini dilaksanakan melalui sosialisasi gerakan masyarakat dalam penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman covid-19 diantaranya yaitu Saatnya Ikut Ber Gerak Untuk Rakyat (Siger) dan Jumat Barokah.“Dari sisi pengarusutamaan ekosistem inovasi, strategi pengembangan inovasi terkait tatanan normal baru terlihat di Database Inovasi Daerah Lampung juga telah masuk nominasi penghargaan Provinsi terinovatif Kemendagri,” ujarnya.

Tatanan baru dicanangkan dengan maksud mengurangi kontak fisik dan juga mengangkat teknologi pembantu untuk sterilisasi virus.

“Sejalan dengan visi menciptakan kehidupan masyarakat yang maju dan berdaya saing, kita harus berupaya untuk mendorong penyatuan sumber daya penghasil akses teknologi informasi, dan peningkatan akses atas informasi dan keterampilan. Demi mendukung iklim inovasi yang baik dan mendorong tumbuhnya kreativitas potensial di Provinsi Lampung kita juga perlu meningkatkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan tanggap,” kata Sekdaprov.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis menyampaikan acara ini mengusung tema “Inovasi dan Riset untuk Lampung Berjaya”.
Maksud dan tujuan dari kegiatan kegiatan Webinar tersebut untuk
menyebarluaskan informasi, data, hasil-hasil inovasi dan riset yang ada di Provinsi Lampung, serta menumbuhkembangkan kesadaran pemerintah daerah dan masyarakat tentang perlunya budaya IPTEK dalam kehdupan sehari-hari.

Selain itu, mendorong kreatifitas dan inovasi masyarakat Lampung untuk mendorong peningkatan daya saing daerah dan Sebagai ajang mempromosikan hasil-hasil inovasi Lampung yang menjadi pemenang dalam Lomba Apresiasi Anugerah IPTEK tahun 2020.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Wakil Gubernur Chusnunia Tinjau Ketersediaan Pupuk Dan Pestisida Di Wilayah Lampung Timur

Redaksi LT

Published

on

Lampung Timur — Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia, yang juga Ketua Tim Pengawasan Pupuk dan Pestisida Provinsi Lampung melakukan monitoring ketersediaan pupuk dan pestisida di wilayah Kabupaten Lampung Timur, bertempat di CV Niaga Agro Sentosa (NAS) Kecamatan Batanghari Lampung Timur, Selasa (17/11).

Turut mendampingi Wagub dalam kunjungan monitoring tersebut, Kadis Ketahanan Pangan dan Hortikuktura, Kadis Perindag, Pejabat Struktural pada Biro Perekonomian serta Pejabat Struktural Kabupaten Lampung Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub berdialog langsung dengan Komisaris CV Niaga Agro Sentosa (NAS), Haryono, selaku Distributor Pupuk PT. Pusri dan PT. Petrokimia.

Haryono mengungkapkan bahwa ketersediaan pupuk bersubsidi untuk mencukupi kebutuhan petani di Kabupaten Lampung Timur saat ini yang tersedia di Gudang CV. NAS, yaitu pupuk NPK sebanyak 24 ton, pupuk SP36 sebanyak 24 ton dan pupuk urea sebanyak 50 ton.

Wilayah distribusi untuk Pusri mencakup 5 Kecamatan yaitu Batanghari, Bumi Agung, Mataram Baru, Melinting dan Way Bunggur, sedangkan untuk Petrokimia mencakup 3 Kecamatan yaitu Batanghari, Marga Sekampung dan Pasir Sakti.

Dalam kesempatan kunjungannya, Chusnunia memastikan ketersediaan pupuk dan distribusinya di wilayah Lampung Timur serta berharap dalam penyalurannya betul-betul dapat dimanfaatkan oleh petani.

Pada sesi dialog, Wagub Chusnunia berharap agar dapat dibentuk koperasi petani sebagai upaya menjembatani segala permasalahan pupuk antara petani dan distributor serta meringankan beban petani dengan memberikan permodalan yang ditanggung oleh koperasi. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bank BCA Lampung Siap Dukung Program Pembangunan Gubernur Arinal Djunaidi

Redaksi LT

Published

on

Bandarlampung, mediamerdeka.co-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima audiensi dari Bank BCA Lampung, di Ruang Kerja Gubernur Lampung, Kantor Gubernur, Bandarlampung, Selasa (20/11/2020).

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal mengajak seluruh jajaran perbankan, termasuk Bank BCA Lampung untuk bersinergi membangun Lampung.

Atas ajakan Gubernur ini, Kepala KCU Bandar Lampung Peter Soeryadi menuturkan bahwa Bank BCA Lampung siap bersinergi dan mendukung berbagai program pembangunan Provinsi Lampung.

Adapun yang beraudiensi dari pihak BCA Lampung, yaitu Kepala KCU Bandar Lampung Peter Soeryadi, Kepala KCU Metro Ahmad Ridwan, Kepala Prioritas Bandar Lampung Lisnawati, dan Relationship Officer Henny Liliana.

Audiensi ini dalam rangka menjalin silaturahmi dan memperkenalkan Kepala KCU Bandar Lampung dan Kepala KCU Metro yang baru.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal juga mengingatkan di tengah pandemic Covid-19, pihak BCA Lampung untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan

Continue Reading

Trending