Connect with us

Pesisir Barat

Bupati Pesibar Hadiri Undangan Paduka YM Sultan Sekala Brak

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.H.Agus Istiqlal,SH.,MH menghadiri undangan Paduka YM Sultan Sekala Brak yang dipertuan Ke-23, Pangeran Edwardsyah Pernong, di gedung Dalom Kepaksian Pernong Kabupaten Lampung Barat, Senin 14 Desember 2020.

Turut hadir dan mendapingi Bupati Pesibar dalam undangan tersebut, Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Barat Drs. Miswandi Hasan, MS.i,;Kepala Dinas Koprindag, Kabag Protokol dan Kabag Perekonomian.

Bupati Pesisir Barat secara sengaja diundang oleh SPDB Sultan Skala Brak Yang Dipertuan Ke 23 yang juga merupakan kerabat dekat serta sudah angkon muaghi sejak mereka sama masih muda, baik di kampung halaman maupun di rantauan, ujar Plt. Kadis Kominfo, Miswandi Hasan.

Banyak sekali kenangan sukaduka dari masa lalu sampai sekarang.Pangeran Edwardsyah Pernong bersama Bupati pada tahun 2000an pernah bersama-sama di Bandung, pada saat itu Pun Edward selaku Kapolres Bandung Tengah, sementara Bupati Selaku Kasie Intel Kajati Bandung, tambah Miswandi.

Setelah dari Gedung Dalom Kepaksian Pernong, Bupati Agus Istiqlal bersama Bupati Parosil Mabsus bersama PYM SPDB Sultan Skala Brak Yang Dipertuan ke 23 menuju Pekon Sukabumi, Kecamatan Batu Brak dalam rangka menghadiri prosesi adat Sai Batin pada acara resepsi pernikahan anak dari Raja Jukku yang merupakan salah satu bagian dari struktur adat kepaksisn pernong lampung, tambah Miswandi.

Pada pelaksanaan acara prosesi adat tersebut, Bupati merupakan salah satu tamu kehormatan dari Saibul Hajat dan segenap panitia serta masyarakat adat setempat, tutup Miswandi. (Indra/Red).

Apa Kabar Lampung

Pantai Labuhan Jukung Krui di Tutup Sementara

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Pariwisata melakukan tindakan antisipatif dengan menutup objek wisata di Pantai Labuhan Jukung Krui, Kecamatan Pesisir Tengah. 

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi akan membludaknya para pengunjung yang hendak berwisata di saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Penutupan objek wisata untuk sementara waktu tersebut terhitung mulai hari ini, Kamis 24 Desember 2020 sampai dengan 04 Januari 2021. 

Penutupan ini berdasarkan Surat Edaran dari Dinas Pariwisata Pesisir Barat nomor : 556/433/IV/2020 yang berisi tentang Penutupan Sementara Kawasan Wisata Pantai Labuhan Jukung, ujar Kadis Pariwisata Pesibar, Drs. Gunawan melalui sambungan telepon selulernya.

” Penutupan sementara ini dimaksudkan untuk kesiapsiagaan antisipasi Corona Virus Disease 2019 (Covid -19) di Kabupaten Pesisir Barat, ” ujarnya. ” Hal ini terkait perkiraan di masa libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 akan terjadi lonjakan para wisatawan, ” tambahnya.

” Selain tempat Kawasan Wisata yang ditutup, di dalam surat edaran ini tertulis juga bahwa penghentian sementara kunjungan wisatawan dan penghentian kegiatan dagang (Kuliner, cindera mata dan lainnya) di Labuhan Jukung untuk sementara waktu, ” ujarnya.

” Perlu diketahui bahwa Kawasan Wisata Pantai Labuhan Jukung Krui ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit, terutama bagi para pengunjung lokal maupun dari luar daerah, ” tegas Gunawan.

” Hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi bertambahnya kasus Covid -19, sehingga Pemerintah Kabupaten mengambil langkah yang tepat guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona, ” tutupnya. (Indra/Red)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesibar Tinjau Posko Pengamanan NATARU 2020

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Pesisir Barat DR. Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH meninjau langsung Posko Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021di Pekon Penyandingan Kecamatan Bangkunat, pada Jumat 25 Desember 2020.

Kedatangan Bupati Pesisir Barat DR. Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH ke Posko Pengamanan tersebut didampingi langsung oleh Kadishub Henry Dunan dan Kabid Tibum Pol. PP Tri Heri Purwanto.

Menurut Bupati Pesisir Barat DR. Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH peninjauan dilakukan dengan tujuan untuk melihat langsung kesiapan para Personil Gabungan Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Dalam kunjungan ini Bupati ingin mengetahui seberapa jauh kesiapan Tim Gabungan untuk dapat bekerja dengan efektif demi terjaganya kondusifitas situasi menjelang Natal dan Tahun Baru.

Bupati mengatakan, persiapan dilakukan untuk mewaspadai adanya peningkatan mobilitas saat libur Natal dan Tahun Baru. 

Menurut Bupati, kewaspadaan perlu ditingkatkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Berkaitan dengan peringatan Tahun Baru,  Bupati berharap agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati, saling menjaga sehingga dapat menciptakan ketertiban umum serta tidak boleh melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan.

Bupati berharap kepada Camat agar dapat lebih pro-aktif membantu dan meringankan tugas tim pengamanan ini. 

Bangun komunikasi dan selalu berkoordinasi agar tugas pengamanan dapat berjalan lancar hingga selesai, tukas Bupati. (Indra/Red).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Agus Istiqlal Serahkan Penghargaan Kebudayaan Indonesia Kepada Seniman di Pesibar

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Pesisir Barat Dr. Agus Istiqlal, S.H., M.H membuka acara sekaligus menyerahkan piagam penganugerahan Kebudayaan Indonesia tahun 2020 kepada Mursi (Mamak Laok) untuk bidang tradisi Hahiwang, di ruang rapat Batu Gukhi, Sekretariat Pemkab, pada Senin (21/12/2020).

Tampak hadir pada acara tersebut, Kepala kelompok kerja apresiasi budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kepala Dinas pendidikan, Kepala Dinas Kominfo, dan perwakilan Saibatin 16 Marga.

Bapak Arifin sebagai kepala kelompok kerja apresiasi budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwa dia sangat bersyukur karena bisa mengikuti acara yg bersejarah di Pesisir Barat ini. Acara penyerahan kebudayaan Indonesia 2020 kepada seniman Hahiwang Pesisir Barat Mamak Laok atas usulan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Barat yang kemudian diapresiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ujarnya.

Suatu kebanggaan atas usulan dari Pemerintah dan Disdikbud melampirkan syarat-syarat, dengan kriteria dokumen yang lolos lalu diserahkan dengan tim penilai, dari 111 peserta yg terpilih hanya 8 yang lolos dan salah satu nya Mamak Laok, tambahnya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Barat Dr. Agus Istiqlal, SH.,MH, mengatakan bahwa Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dari Negara kepada seluruh warganya, terutama kepada para penggiat seni, adat istiadat, dan kebudayaan, ujar Bupati.
“ Penghargaan yang diberikan Kemendikbud untuk individu, komunitas, lembaga, dan pemda yang telah berdedikasi untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia, ” tambah Bupati.

Bupati juga menyematkan Pin penghargaan dan memberikan piagam penghargaan kepada Mamak Laok serta memberikan uang bantuan sebesar Rp.100 juta. (Indra/Red)

Continue Reading

Trending